Sponsors Link

6 Cara Menghilangkan Komedo Akut Alami dan Paling Mudah

Sponsors Link

Komedo akut adalah istilah untuk komedo yang telah hampir memenuhi seluruh bagian wajah terutama di bagian hidung, pipi dan dagu. Komedo akut pada umumnya susah untuk dihilangkan meskipun telah menggunakan berbagai macam cara untuk menghilangkannya. Sebelum di ulas mengenai cara menghilangkan komedo akut ini mari kita mengenal sedikit tentang apa itu yang disebut dengan komedo. Komedo merupakan masalah kulit yang terjadi disebabkan oleh produksi kelenjar minyak yang berlebih pada wajah sehingga menimbulkan komedo. Komedo merupakan lanjutan dari permasalahan kulit sebelum jerawat. Jadi saat komedo bertambah parah berulah kemudian berubah menjadi jerawat. Secara jenisnya komedo juga di bagi menjadi dua bagian antara lain :

Sponsors Link
  • Komedo hitam merupakan komedo yang terletak pada lapisan kulit luar sehingga berwarna hitam yang muncul akibat dari debu yang banyak bertebaran di udara.
  • Komedo putih adalah komedo yang terletak di bawah lapisan permukaan kulit atau yang dikenal dengan istilah epidermis. Komedo putih menimbulkan bintil kecil yang akan terasa jika di raba.

Dan dari munculnya komedo pada wajah ada beberapa penyebab munculnya yaitu karena :

  • Faktor Genetik
    Genetik memperhatikan riwayat keluarga secara keseluruhan, jadi faktor genetik ini mempengaruhi hampi 90 % munculnya komedo pada wajah anda.
  • Faktor Hormon
    Hormon juga berperan menjadi penyebab munculnya komedo pada wajah. Ketidakseimbangna hormon yang terjadi di dalam tubuh karena faktor pertumbuhan juga. Jadi yang rentan berkomedo umumnya adalah remaja dan orang dewasa.
  • Faktor Obat
    Untuk faktor obat sendiri jarang terjadi namun adakalanya komedo ikut muncul saat anda mengkonsumsi obat tertentu.
  • Faktor Kosmetik
    Tidak semua kosmetik cocok untuk kulit. Ini karena beberapa orang cenderung memiliki jenis kulit yang sensitif sehingga munculnya komedo disebabkan karena alergi pada kulit. Jika memang tidak cocok untuk kulit baiknya pemakaian kosmetik segera dihentikan.
  • Faktor Psikilogis
    Memiliki banyak kegiatan dengan waktu yang terbatas kadang membuat anda stres. Ketahuilah bahwa stres terhadap pekerjaan juga menjadi faktor munculnya komedo pada wajah. Ini karena saat stres anda cenderung tidak peduli dengan penampilan apalagi dengan kebersihan wajah.
  • Faktor Lingkungan
    Lingkungan yang banyak debu juga menjadikan wajah mudah ditumbuhi komedo. Jadi lingkungan yang bersih lebih aman untuk kulit ketimbang lingkungan yang dipenuhi oleh debu.

Itulah beberapa ulasan mengenai faktor penyebab komedo dengan mengetahui penyebabnya anda jadi tahu bagaimana cara untuk menghilangkan komedo akut ini pada wajah. Cara menghilangkan komedo bisa menggunakan berbagai cara namun untuk penanganan yang lebih aman banyak yang memilih menggunakan bahan alami. Sebelumnya tampil cantik memang sudah merupakan kewajiban bagi setiap wanita. Untuk meperjuangkan kata cantik itu sendiri tidak sedikit pengorbanan yang dilakukan. Karena pada dasarnya wanita senang jika di bilang cantik. Untuk cantik memerlukan perawatan untuk kulit.

Dasarnya memang yang membuat seseorang tampak cantik di pandang mata adalah kulit yang bersih dari komedo dan putih merona. Namun jika komedo akut menyerang wajah anda makan ada beberapa obat alami yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan komedo akut ini. Berikut ini ulasan cara menghilangkan komedo akut untuk anda :

1. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya mengandung gel yang berfungsi sebagai zat anti inflamasi dan zat anti peradangan yang baik untuk menyembuhkan komedo akut pada wajah anda. Cara untuk mendapatkan gel dari lidah buaya adalah sebagai berikut :

  • Sediakan satu batang tanaman lidah buaya yang batangnya besar dab biarkan mengalirkan getah yang berwarna kuning dari batang lidah buaya.
  • Setelah getah tidak ada kupas kulit lidah buaya dan bilas menggunakan air yang bersih.
  • Ambil gelnya untuk langsung dioleskan pada kulit wajah.
  • Biarkan selama 15 menit baru kemudian dicuci.
ads

Pemakaian gel lidah buaya ini dapat dilakukan sendiri di rumah anda dan bisa di pakai menjelang malam hari sebelum tidur.

Artikel terkait :

2. Putih telur

Cara menghilangkan komedo akut selanjutnya adalah dengan menggunakan masker dari putih telur ayam kampung. Cara untuk membuat masker dari putih telur ini adalah dengan menyiapkan satu butir telur ayam kampung, kemudian belah dua dan pisahkan antara kuning telur dengan putih telur. Oleskan putih telur pada wajah dan biarkan hingga mengering dengan tanda kulit ikut mengencang dan mengalami peregangan.

Artikel terkait :

3. Madu

Selanjutnya adalah dengan menggunakan madu alami untuk menghilangkan komedo akut. Madu merupakan bahan alami yang kaya akan vitamin dan antioksidan. Manfaat antioksidan yang terdapat pada madu ini membantu menghilangkan komedo akut. Caranya cukup mudah hanya tinggal mengoleskan madu tersebut pada wajah yang berkomedo dan tunggu selama 15 menit baru kemudian di bilas dengan air yang bersih.

Artikel terkait :

4. Garam

Garam memiliki rasa yang asin karena terbuat dari air laut yang dikeringkan menggunakan bantuan cahaya matahari. Namun dibalik itu garam tidak ha=nya di manfaatkan untuk membuat makanan lebih lezat namun juga bermanfaat di bidang kecantikan salah satunya untuk menghilangkan komedo akut. Berikut ini cara membuat masker dari garam :

  • Sediakan garam sebanyak satu sendok teh. Kalau bisa garam halus namun jika tidak ada lebih baik dihaluskan terlebih dahulu.
  • Masukkan garam tadi ke dalam piring kecil yang telah berisi air mineral.
  • Aduk hingga garam menyatu dengan air.
  • Oleskan ke kulit yang berkomedo dan biarkan selama 15 menit.

Cukup mudah bukan untuk membuat garam sebagai obat alami penghilang komedo akut. Cara ini bisa anda lakukan dirumah hingga komedo benar-benar hilang. (Baca juga : Cara menghilangkan jerawat dengan garam)

5. Jeruk nipis

Bahan alami berikutnya berguna untuk menghilangkan komedo akut dari kulit wajah adalah jeruk nipis. Buah yang ssatu ini bersifat asam karena kandungan yang terdapat di dalamnya. Jeruk nipis juga banyak digunakan untuk bisang kecantikan karena memang sudah terbukti bermanfaat. Adapun cara untuk menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan komedo akut adalah :

  • Sediakan satu buah jeruk nipis.
  • Belah menjadi dua bagian jeruk nipis tersebut.
  • Peras untuk mengeluarkan airnya karena yang akan anda gunakan adalah air dari jeruk nipis ini.
  • Oleskan pada bagian yang berkomedo dan tunggu hingga 15 menit baru kemudian di bilas dengan air yang bersih.
Sponsors Link

Pemakaian jeruk nipis ini kadang akan menimbulkan rasa nyeri yang sangat dikulit yang berkomedo namun anda tidak perlu khawati karena rasa nyeri ini hanya berkisar selama 60 detik kemudian akan hilang dengan senirinya.

Artikel terkait :

6. Es batu

Es batu dapat dilakukan dengan membeku air mineral ke dalam kulkas. cara menggunakan es batu untuk menghilangkan komedo yang akut adalah dengan menempelkan es batu ke wajah. Agar tiak terlalu dingin dapat dilakukan dengan cara membalut es batu dengan kain baru kemudian di tempelkan pada bagian yang berkomedo. Lakukan hal ini sebanyak 2 kali sehari saat sedang santai.

Itulah beberapa bahan alami yang banyak digunakan untuk cara menghilangkan komedo akut pada wajah anda. Karena terbuat dari bahan alami sehingga aman digunakan untuk kulit dalam jangka waktu yang lama. Ini karena bahan alami tidak menyebabkan efek ketergantungan pemakaian. Ini berbeda dengan penggunaan krim untuk kulit karena dapat membuat ketergantungan ketika pemakaian dihentikan. Kelebihan dari bahan alami juga memberikan hasil yang lebih maksimal asalkan dilakukan dengan teliti dan teratur dalam pemakaiannya. Selain itu menggunakan bahan alami juga bahan – bahan untuk membuatnya mudah didapatkan karena banyak yang menjual. Selain mudah di dapat bahan alami juga tidak membuat anda mengeluarkan banyak uang karena bahan alami harganya mudah terjangkau. Yuk mulai sekarang lebih memilih menggunakan bahan alami yang bersumber dari alam yang ada dilingkungan sekitar kita.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 14th, October 2016 / 04:40 Oleh :
Kategori : Pengobatan