Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Komedo dengan Garam Secara Cepat dan Ampuh

Advertisement

Dewasa ini, segala sesuatu tentang jerawat memanglah sangat menyebalkan karena tentunya adanya jerawat ataupun komedo di kulit akan menyebabkan kita mengalami dampak psikologis akibat jerawat, yaitu menurunnya rasa percayadiri ketika bertemu dengan orang lain. Nah, salah satu jenis jerawat yang sangat sering menimpa diri kita adalah komedo.

Biasanya, hal yang menjadi penyebab komedo putih dan penyebab komedo hitam di wajah adalah minyak berlebih di wajah. Ketika produksi minyak berlebih, maka tentu saja minyak tersebut akan menyumbat pori-pori kulit sehingga akhirnya munculah komedo. Komedo secara umum ada 2 jenis, yaitu komedo hitam (blackhead) dan komedo putih (whitehead). Komedo hitam biasanya sangat tampak, dimana biasanya pori-pori kulit kita akan membesar dan tampak bintik-bintik hitam disana akibat komedo teroksidasi dengan udara. Sedangkan komedo putih akan kita temukan dengan menekan pori-pori kulit, sehingga penampakannya tidak begitu terlihat dengan mata telanjang.

Manfaat Garam Untuk Menghilangkan Komedo

Sebelum Anda mengetahu berbagai macam cara menghilangkan komedo dengan garam, ada baiknya Anda mengetahui berbagai macam manfaat garam untuk jerawat dan komedo. Apa sajakah manfaat garam untuk menghilangkan komedo? Berikut ulasannya untuk Anda.

  • Garam akan sangat ampuh untuk membunuh berbagai bakteri penyebab jerawat dan juga komedo yang dapat menyumbat pori-pori kulit.
  • Garam mengandung banyak vitamin dan mineral yang akan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan, sehingga akan meminimalkan resiko munculnya komedo tambahan di kemudian hari.
  • Garam dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati, debu, dan juga kotoran yang menyumbat pori-pori, sehingga tentu saja garam sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai cara menghilangkan komedo dengan cepat.
  • Garam juga dapat mendetoksifikasi tubuh dari berbagai macam zat beracun dan juga darah kotor, sehingga mencegah resiko timbulnya komedo akibat faktor internal. Atas alasan inilah, garam juga bisa disebut sebagai tips membersihkan darah kotor penyebab jerawat.
  • Garam dapat mengendalikan kadar sebum di kulit Anda, sehingga dapat meminimalkan resiko munculnya komedo akibat minyak berlebih yang menyumbat pori-pori kulit.
  • Garam juga dapat memperlancar sistem peredaran darah di tubuh Anda, sehingga segala vitamin dan mineral yang didapat dari makanan yang Anda konsumsi dapat diterima dengan baik oleh seluruh tubuh, termasuk kulit Anda. Hasilnya, komedo pun tidak akan muncul di kulit Anda.

Nah, sekarang setelah Anda mengetahui berbagai macam manfaat garam untuk mengatasi komedo, maka sekarang saatnya Anda mengetahui berbagai macam cara menghilangkan komedo dengan garam. Penasaran bagaimanakah cara mengatasi komedo dengan garam? Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Mencampurkan Garam dengan Air

Cara paling simpel untuk menghilangkan komedo di kulit wajah dengan menggunakan garam adalah dengan mencampurkannya dengan air. Penasaran dengan cara menghilangkan komedo dengan campuran garam dan air? Berikut panduannya untuk Anda.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Campuran Garam dan Air

  • Campurkan garam dan juga air hangat dengan rasio yang sama, misalkan Anda ingin menggunakan 1 sendok teh garam, maka campurkan dengan 1 sendok teh air.
  • Cuci kulit wajah Anda dengan air hangat, sehingga pori-pori kulit terbuka.
  • Kemudian oleskan campuran garam dan air hangat ke area kulit yang terkena komedo.
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian segera cuci kulit Anda dengan mengaplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat dan keringkan dengan segera.
  • Setelah itu, jangan lupa berikan pelembab kulit kepercayaan Anda agar kulit tidak menjadi terllau kering.
  • Ulangi langkah diatas secara rutin setiap hari untuk hasil maksimal.

Baca Juga: Manfaat Masker Beras Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

2. Mencampurkan Garam dengan Madu

Jika berbicara tentang masalah komedo dan berbagai jenis jerawat, maka madu merupakan salah satu bahan alami yang memiliki tingkat keampuhan yang sangat tinggi. Ada berbagai macam manfaat masker madu untuk jerawat. Madu merupakan antiseptik alami yang mampu mengurangi penampakan komedo dan juga bekas jerawat. Selain itu, madu memiliki berbagai macam antioksidan yang memicu pengelupasan sel kulit mati, sehingga komedo akan cepat dihilangkan.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Campuran Garam dan Madu

  • Pertama, campurkan 1 sendok teh garam, 1 sendok teh madu murni, dan juga 2 sendok teh air hangat.
  • Kemudian aduk campuran itu hingga merata.
  • Oleskan campuran tersebut ke area kulit wajah Anda yang terkena komedo.
  • Diamkans elama 15 menit. Kemudian, segera cuci kulit Anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan campuran tersebut sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bopeng Jerawat dengan Madu dan Cara Menghilangkan Jerawat dengan Madu

3. Mencampurkan Garam dengan Minyak Zaitun

Garam akan sangat bermanfaat jika dicampurkan dengan minyak zaitun. Hal itu disebabkan karena minyak zaitun memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan kulit dan cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun pun sangat mudah. Minyak Zaitun dapat berperan sebagai eksfoliate alami yang akan menyingkirkan berbagai debu, kotoran, maupun bakteri yang menyumbat pori. Hasilnya, tentu saja komedo akan cepat menghilang.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Campuran Garam dan Minyak Zaitun

  • Campurkan 2 sendok teh garam dengan 1 sendok teh minyak zaitun, kemudian aduk campuran hingga merata.
  • Cuci kulit wajah Anda terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat.
  • Oleskan campuran tersebut ke area kulit wajah Anda yang terkena komedo dengan gerakan melingkar.
  • Diamkan selama 5 menit, kemudian segera cuci kulit Anda denganair bersih dan keringkan dengan segera.
  • Lakukan langkah diatas secara rutin sehari sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Minyak Zaitun

ads

4. Mencampurkan Garam dengan Baking Soda

Garam juga akan bermanfaat jika dicampurkan dengan baking soda. Nah, mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan baking soda memiliki kemampuan yang bagus untuk menyingkirkan debu, kotoran, sel kulit mati, dan bakteri yang menutup pori-pori, sehingga komedo bisa dihilangkan dengan segera. Selain itu, baking soda juga bagus untuk memicu produksi kolagen, dimana manfaat kolagen untuk jerawat dan komedo adalah kulit akan mendapat pasokan protein cukup, sehingga komedo cepat menghilang dari kulit. Berikut adalah cara menghilangkan komedo dengan campuran garam dan baking soda.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Campuran Garam dan Baking Soda

  • Campurkan 1/8 sendok teh garam, ½ sendok teh baking soda, dan beberapa tetes air sehingga garam dan baking soda bisa bertekstur layaknya pasta.
  • Oleskan campuran tersebut ke area kulit wajah Anda yang terdapat komedo dengan gerakan melingkar danmemijat.
  • Diamkan hingga campuran tersebut mengering.
  • Segera cuci kulit Anda dengan air hangat dan kemudian segera keringkan dengan handuk bersih.
  • Gunakan pelembab kulit kepercayaan Anda agar kulit tidak terlalu kering.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan campuran tersebut sehari sekali secara rutin

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Soda Kue dan Bahaya Baking Soda Untuk Jerawat

5. Mencampurkan Garam dengan Lemon

Selain madu, lemon tidak bisa dipungkiri menjaid bahan alami yang akan sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai jenis masalah kulit, seperti jerawat dan komedo. Manfaat lemon untuk bekas jerawat dan manfaat lemon untuk jerawat serta komedo ada banyak sekali. Lemon memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi sehingga dapat memicu kolagen dan juga menyehatkan kulit secara keseluruhan. Selain itu, asam sitrat pada lemon akan bermanfaat untuk menyingkirkan segala kontaminan yang menyumbat pori-pori kulit, sehingga komedo tentu saja akan menghilang dengan cepat.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Campuran Garam dan Lemon

  • Siapkan 2 sendok teh garam dengan 1 sendok teh air perasan lemon, kemudian aduk hingga merata.
  • Cuci kulit Anda dengan menggunakan air hangat dan kemudian keringkan dengan segera.
  • Aplikasikan campuran garam dan lemon ke area kulit wajah Anda yang mengalami komedo.
  • Diamkan selama 5 hingga 10 menit, kemudian segera cuci bersih kulit Anda dengan air dan juga setelah itu keringkan dengan segera.
  • Aplikasikan pelembab kulit kepercayaan Anda agar kulit tidak menjadi terlalu kering.
  • Untuk hasil maksimal, cukup aplikasikan campuran garam dan lemon ini 2 kali dalam seminggu.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Lemon dan Madu dan Manfaat Jeruk Nipis Untuk Jerawat

6. Mencampurkan Garam pada Air Yang Direbus

Tidak bisa dipungkiri jika metode uap atau memanfaatkan uap air merupakan salah satu cara tradisional menghilangkan komedo yang sangat ampuh. Nah, metode uap ini akan jauh lebih ampuh ketika Anda mencampurkannya dengan garam. Metode uap akan membuka pori dan menyingkirkan berbagai sel kulit mati, debu, dan kotoran yang menyumbat pori-pori sekaligus mampu menekan produksi sebum di kulit. Maka tidak heran bukan jika metode uap dapat digunakan sebagai cara menghilangkan komedo putih dan cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat yang efektif?

Cara Menghilangkan Komedo dengan mencampurkan Garam pada Air Yang Direbus

  • Pertama, cuci kulit Anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Kemudian siapkan panci yang sudah diisi oleh 4 gelas air, kemudian rebuslah air tersebut dan tunggu hingga mendidih.
  • Sebeulum mendidih, campurkan 3 sendok teh garam ke air tesebut.
  • Setelah mendidih, matikan kompor, kemudian dekatkan wajah Anda ke dekat panci tersebut sehingga uap air dan garam dapat menembus masuk ke pori-pori kulit Anda.
  • Kemudian setelah 5 menit, jauhkan wajah Anda dari uap air tersebut, dan keringkan dengan handuk kering.
  • Ulangi langkah diatas beberapa kali secara rutin dalam sehari untuk hasil maksimal.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat 

7. Mencampurkan Garam dengan Lidah Buaya

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah bisa garam dicampur dengan lidah buaya? Tentu saja bisa. Justru, lidah buaya dan garam ini jika dicampurkan akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan komedo dengan cepat. Ada banyak manfaat lidah buaya untuk jerawat dan cara menghilangkan komedo dengan lidah buaya juga sangat mudah.

Lidah buaya memiliki kandungan polisakarida dan juga giberelin yang akan bermanfaat untuk memicu pertumbuhan sel kulit baru dan menyingkirkan sel kulit mati. Selain itu, lidah buaya merupakan astringent alami yang membuat tanaman herbal ini bermanfaat untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati, debu, kotoran, dan minyak berlebih yang dapat menutup pori-pori kulit.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Campuran Garam dan Lidah Buaya

  • Campurkan 1 sendok teh garam dengan 2 sendok teh gel yang dapat Anda temukan di dalam tanaman lidah buaya.
  • Oleskan campuran tersebut ke area kulit wajah yang terdapat komedo dengan gerakan melingkar dan memijat.
  • Diamkan hingga campuran tersebut mengering.
  • Segera cuci kulit Anda dengan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil maksimal, Anda dapat menggunakan campuran ini sekali sehari secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Lidah Buaya dan Cara Menghilangkan Jerawat dengan Lidah Buaya

8. Mencampurkan Garam dengan Teh Hijau

Salah satu cara ampuh lainnya untuk mengatasi komedo dengan menggunakan garam adalah dengan mencampurkannya ke dalam teh hijau. Nah, mengapa harus teh hijau? Hal tersebut dikarenakan teh hijau memiliki berbagai kandungan yang sangat bermanfaat untuk mengatasi komedo.

Teh hijau memiliki katekin, suatu antioksidan yang sangat bagus untuk menyembuhkan sel kulit yang rusak dengan cepat. Selain itu, teh hijau mempunyai kemampuan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat hingga 50% lebih ampuh dibandingkan benzoil peroksida, suatu senyawa yang biasanya terkandung pada obat penghilang jerawat di apotik dan cream obat penghilang bekas jerawat yang ada di apotik.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Campuran Garam dan Teh Hijau

  • Pertama, buatlah teh hijau seperti Anda membuat teh pada umumnya.
  • Jika sudah jadi, maka Anda dapat mencampurkan 1 sendok makan garam dengan 1/2 sendok makan teh hijau.
  • Oleskan campuran tersebut ke area kulit Anda yang terkena komedo, kemudian diamkan hingga mengering.
  • Cuci kulit Anda dengan air hangat dan keringan dengan segera.
  • Jika ada teh hijau yang tersisa, maka Anda dapat mengkonsumsinya dengan segera.
  • Ulangi langkah diatas sehari sekali secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: Obat Herbal Jerawat dan Obat Jerawat Parah

Ads

9. Mencampurkan Garam dengan Suplemen Vitamin E

Mencampurkan garam dengan suplemen Vitamin E ternyata juga akan sangat ampuh untuk mengatasi komedo dalam waktu yang sangat singkat. Nah, kira-kira mengapa suplemen Vitamin E bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi komedo? Ternyata, vitamin E sangat mudah untuk diserap oleh kulit dan vitamin ini akan memicu pertumbuhan sel-sel baru sekaligus juga memperbaiki sel kulit yang sudah rusak. Hasilnya, komedo di kulit Anda tentu saja akan cepat menghilang. Selain untuk mengatasi komedo, Vitamin E sangat bermanfaat sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam dan cara menghilangkan bekas jerawat berwarna hitam.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Campuran Garam dan Suplemen Vitamin E

  • Campurkan 1 sendok teh garam dengan 2 kapsul Vitamin E yang didalamnya biasanya terdapat minyak Vitamin E.
  • Oleskan campuran tersebut ke area kulit wajah Anda yang terdapat komedo, kemudian diamkan selama 20 menit.
  • Kemudian segera cuci kulit Anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan cara ini sekali sehari secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Natur E untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dan Manfaat Gambir Untuk Menghilangkan Jerawat

10. Menjadikan Garam Sebagai Cleanser

Cara terakhir yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan komedo dengan garam adalah menjadikannya sebagai cleanser atau pembersih wajah alami. Dengan cara ini, maka Anda akan mendapatkan segala kebaikan dan manfaat garam untuk mengatasi komedo seperti yang telah dijelaskan diatas. Nah, bagaimana cara menjadikan garam sebagai cleanser? Berikut ulasannya.

Cara Menjadikan Garam Sebagai Cleanser Untuk Mengholangkan Komedo

  • Campurkan ½ sendok teh garam ke sabun wajah yang biasa Anda gunakan.
  • Kemudian, oleskan cmapuran sabun wajah dan garam tersebut ke area kulit Anda yang terkena komedo.
  • Bilas kulit Anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil maksimal, Anda dapat menambahkan garam setiap kali Anda membersihkan wajah dengan sabun wajah kepercayaan Anda.

Baca Juga: Scrub Alami Untuk Wajah Berjerawat dan Berminyak Serta Cara Penggunaannya

Tips Menghilangkan Komedo Dengan Garam

Nah, setelah Anda mengetahui berbagai macam cara menghilangkan komedo dengan garam, maka sekarang saatnya bagi Anda untuk mengetahui berbagai macam tips perihal penggunaan garam untuk menghilangkan komedo. Dengan begitu, proses penghilangan komedo Anda akan berlangsung dengan efektif dan juga cepat. Berikut tips-tipsnya.

  • Walaupun garam akan bermanfaat untuk mengatasi komedo, jangan mengusapkan garam di kulit secara kasar, karena hal tersebut justru akan membuat kulit Anda mengalami iritasi dan luka. Akibatnya, komedo justru akan semakin rentan terjadi. Jika kulit anda mengalami iritasi, maka lakukan cara menghilangkan kemerahan pada jerawat.
  • Karena menggunakan garam biasanya akan membuat kulit Anda menjadi kering, maka jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak kepercayaan Anda setelah menggunakan garam.
  • Jangan membiarkan garam menempel dalam waktu yang terlalu lama di kulit Anda. Jika garam menempel terlalu lama di kulit Anda, maka kulit Anda akan rentan mengalami iritasi dan alergi. Jika sudah terlanjur, maka lakukan cara menghilangkan jerawat karena alergi.
  • Anda juga bisa menggunakan sabun yang berbahan dasar garam. Sabun yang berbahan dasar garam belakangan sangat ngetren digunakan karena memang garam sangat bermanfaat untuk kulit. Nah, Anda dapat membeli sabun berbahan dasar garam di berbagai toko atau supermarket.
  • Pastikan bahwa garam yang Anda gunakan adalah garam laut. Jangan menggunakan garam meja karena ada kemungkinan garam meja justru akan menjadi penyebab timbulnya jerawat di wajah maupun komedo di kulit Anda.
  • Selain menggunakan garam, maka pastikan Anda juga melakukan berbagai macam pola hidup sederhana yang dapat atasi jerawat, misalnya mengkonsumsi makanan pencegah jerawat dan makanan penghilang jerawat, serta banyak olahraga, dan menghindari stress.

Baca Juga:

Sekarang Anda sudah mengetahui kan berbagai macam cara menghilangkan komedo dengan garam? Selain itu, sekarang and ajuga sudah mengetahui manfaat garam untuk komedo beserta tips penggunaannya untuk menghilangkan komedo. Jangan lupa aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 04th, September 2016 / 18:54 Oleh :
Kategori : Herbal