Sponsors Link

Cara Menghilangkan Komedo dengan Masker Lemon

Advertisement

Buah lemon merupakan jenis jeruk yang berwarna kuning dengan rasanya yang asam. Lemon banyak digunakan untuk di buatkan jus dan juga sebagai campuran dari minuman. Namun ternyata dibalik manfaatnya itu lemon juga bisa di aplikasikan pada wajah untuk menghilangkan komedo yang tidak mau hilang. Bagi anda yang memiliki masalah kulit seperti komedo dapat mencoba menggunakan bahan alami tersebut.

Sebagaimana diketahui komedo merupakan kumpulan dari produksi minyak yang berlebih pada wajah. Untuk jenisnya sendiri komedo terbagi menjadi dua jenis yaitu komedo hitan dan komedo putih. Komedo berubah warna menjadi hitam saat teroksidasi dengan debu yang ada di jalan. Karena pada umumnya komedo hitam terdapat pada permukaan kulit wajah sehingga mudah terkena debu. Dan untuk komedo putih merupakan komedo yang tesimpan pada lapisan bawah kulit. Untuk jenis komedo ini memang sedikit sulit untuk dihilangkan dan diperlukan ketelatenan anda dalam menggunakan penghilang komedo ini. Namun jangan khawatir jika anda rajin maka untuk menghilangkan komedo untuk mendapatkan kulit yang sehat bukan lagi hanya sekedar impian.

Dari beberapa penyebab komedo yang muncul di wajah yang harus diperhatikan sekali adalah pengobatan komedo yang banyak dipilih dengan menggunakan bahan alami seperti buah lemon. Ini karena bahan yang alami jarang memiliki efek samping yang terlalu berbahaya di banding dengan menggunakan cream. Banyak bahan – bahan alami yang memiliki fungsi sama untuk menghilangkan komedo namun pilihlah bahan alami yang coco untuk kulit andaDan bahan alami juga tidak menyebabkan ketergantungan pemakaian dalam arti kata jika sudah tidak digunakan lagi maka tidak akan menyebabkan kulit menjadi banyak ditumbuhi komedo kembali.

Artikel terkait :

Adapun kandungan yang terdapat pada buah lemon untuk menghilangkan komedo adalah :

  • Polifenol bermanfaat sebagai zat antioksidan yang berguna untuk melawan serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit.
  • Terpenes berguna untuk mencegah dan pengobatan gangguan pada kulit yang bisa saja terkena pada kulit anda.
  • Naringin hampir sama dengan flanovoid yang mana tugasnya adalah untuk meregenerasi sel – sel kulit mati agar dapat cepat meregenerasi. Dan membuat sel – sel kulit muda sebelumnya dapat tampil ke permukaan kulit.
  • Hesperidin merupakan senyawa yang tidak pahit dan banyak terdapat pada kulit buah lemon.
  • Diosmin juga memiliki fungsi yang sama dengan hesperidin
  • Asam sitrat berfungsi untuk menimbulkan rasa nyeri jika air perasan lemon terkena pada kulit.

Itulah beberapa kandungan yang terdapat pada buah lemon yang baik untuk kulit agar dapat menghilangkan komedo

ads

Cara membuat Masker Lemon

Untuk membuat masker dari lemon ini sangat mudah sekali dan dapat di coba di rumah. Untuk ketersediaan dari lemon dimana buah ini mudah di dapatkan dimanapun karena sudah banyak yang menjual terutama di toko buah. Berikut ini langkah – langkahnya :

  • Sediakan satu buah lemon dengan ukuran yang sedang. Kemudian belah dua buah lemon tersebut dengan menggunakan pisau.
  • Ambil piring kecil untuk meletakkan air perasan lemon nanti. Selanjutnya ambil buah lemon kemudian peras buah lemon tersebut.
  • Air perasan lemon di letakkan pada wajah bisa menggunakan kapas dan tangan yang sudah bersih.

Baca Juga:

Dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal untuk sebelum mengoleskan perasan lemon pada wajah, baiknya cuci wajah terlebih dahulu dengan sabun pembersih kemudian uapkan wajah pada air panas yang tidak terlalu panas untuk membuka pori – pori. Baru kemudian di oleskan perasan lemon tersebut dan diamkan pada wajah selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah 15 menit baru cuci kembali wajah dan balurkan es batu pada wajah untuk menutup kembali pori – pori yang telah di buka tadi. (Baca juga : Manfaat lemon untuk wajah jerawat)

Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Kulit Lainnya

Manfaat buah lemon juga banyak untuk kesehatan kulit tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan komedo namun juga dapat memberikan manfaat sebagai berikut :

1. Mencerahkan kulit

Wanita mana yang tidak ingin memiliki kulit yang cerah sehingga tampak merona di bawah sinar matahari. Semua wanita ingin memiliki kulit yang indah dan cerah. Dan ini bisa di dapatkan dengan menggunakan buah lemon sebagai masker pada wajah. Berikut ini manfaat pertama yang didapat dari buah lemon ini untuk kulit wajah adalah untuk mencerahkan warna kulit sehingga kulit tampak bersinar dan bercahaya. Itulah kenapa buah lemon juga ampuh untuk menyamarkan noda – noda hitam yang ada pada kulit wajah. Caranya cukup mudah dengan cara mengoleskan perasan air lemon pada wajah anda dan diamkan selama 15 menit. (Baca juga : Cara membuat kulit wajah mulus tanpa bekas jerawat)

2. Mengecilkan pori – pori

Memiliki pori – pori pada wajah yang terlalu besar memang tidak baik untuk kulit karena efeknya adalah mudahnya masuk kotoran pada kulit dan menimbulkan jerawat maupun komedo. Pori – pori yang besar bisa disebabkan karena faktor genetik dan juga tubuh yang kekurangan vitamin a. Pori – pori berguna untuk pernafasan pada kulit wajah. Nah cobalah gunakan masker dari buah lemon untuk mengecilkan pori – pori wajah. Karena buah lemon berasal dari bahan alami anda tidak perlu takut menggunakannya. Namun batasi penggunaan agar tidak terlalu membuat kulit menjadi kering dan bersisik. Karena kulit yang kering dan bersisik dapat menyebabkan penampilan kurang enak untuk dipandang. (Baca Juga: Perawatan Wajah Berjerawat dan Berminyak)

3. Kaya vitamin c

Buah lemon merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin c. Tahu sendirikan manfaat vitamin c bagi tubuh dan juga kecantikan kulit. Jawabannya hanya satu sangat banyak. Karena itu banyak sekali produk – produk di pasaran yang menjadikan buah yang kaya vitamin c sebagai bahan dasar dari produk mereka agar menarik minat para konsumen. Namun jika anda tipe orang yang lebih nyaman menggunakan bahan – bahan alami maka buah lemon bisa menjadi salah satu jawabannya. Buah ini kaya sekali akan vitamin c yang memberikan dampak positif bagi kulit. (Baca Juga: Manfaat Vitamin C Untuk Bekas Jerawat)

4. Menghilangkan jerawat

Salah satu lagi manfaat dari buah lemon yang didapat adalah untuk menghilangkan jerawat. Jerawat merupakan masalah kulit yang terjadi karena produksi minyak yang berlebih pada wajah dan bercampur dengan debu hingga menimulkan benjolan dan terasa sakit jika di raba. Jerawat umunya terjadi di suia remaja karena faktor hormonal. Jadi jerawat bisa sembuh dengan sendirinya saat kondisi tubuh mulai bisa beradaptasi. Namun hal yang perlu diperhatikan saat kulit wajah berjerawat adalah jangan pernah memencet jerawat dengan tangan. Karena ini akan menimbulkan bopeng pada wajah yang dapat merusak penampilan anda pada kemudian hari.

Ads

Artikel terkait :

Efek Samping

Manfaat buah lemon untuk menghilangkan komedo memang telah terbukti karena mampu untuk menghilangkan komedo yang mebandel pada kulit wajah. Namun disamping itu ada efek samping yang mungkin saja terjadi pada anda saat menggunakan perasan air lemon ini antara lain adalah :

  • Perasan buah lemon dapat menjadikan kulit terlalu kering sehingga jika tipe kulit anda memang kering maka akan menjadi bertambah kering.
  • Buah lemon mengandung senyawa asam sitrat dimana asam sitrat inilah yang kadang membuat kulit terasa seperti nyeri saat di oleskan pada kulit yang berkomedo.
  • Hindari perasna lemon pada daerah mata karena berbahaya. Karena bisa saja saat mengoleskannya pada wajah terpecik dan terkena mata. Jika terlanjur terkena segera bilas menggunakan air yang bersih.

(Baca Juga: Efek Samping Suntik Jerawat Batu , Efek Samping Laser Wajah Jerawat)

Itulah beberapa efek samping saat menggunakan masker lemon untuk menghilangkan komedo pada kulit wajah anda. Bagaimanpun ingin menggunakan bahan alami atau menggunakan cream yang banyak di jual di apotik tetap harus hati – hati karena semua bahan – bahan bisa saja menimbulkan laergi pada kulit anda. Untuk mencegah itu semua baiknya konsultasikan dulu pemakaiannya dengan dokter kecantikan. Dan jika di dapat tidak cocok dengan kulit anda maka segera hentikan pemakaian karena tiap jenis kulit setiap orang berbeda – beda. Bisa saja cocok dengan kulit teman anda namun ternyata tidak cocok jika anda yang menggunakannya.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 07th, October 2016 / 00:34 Oleh :
Kategori : Pengobatan