Sponsors Link
     Sponsors Link

6 Cara Menghilangkan Komedo di Jidat Secara Alami

Advertisement

Jidat merupakan salah satu bagian kulit yang terletak paling atas di wajah. Secara umum karakteristik dari kulit jidat adalah lembut dan lunak. Sehingga munculnya komedo di jidat akan tampak jelas sekali. Komedo yang muncul pada jidat bisa menyebabkan jidat jadi kurang sedap dipandang karena terdapat benjolan – benjolan kecil yang akan terasa jika di raba. Komedo disebabkan oleh minyak berlebih pada kulit yang menyumbat pori – pori. Ukuran komedo juga beragam ada yang besar dan kecil seperti bulir pasir. Untuk warnanya sendiri komedo juga dikenal dengan dua jenis yaitu : (Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo dengan Baking Soda , Manfaat Lemon untuk Wajah Berjerawat)

  • Komedo hitam yang terletak dipermukaan wajah. Warna komedo ini hitam terjadi karena terkena oksidasi dari debu yang bertebaran di udara. Komedo hitam ini terletak di permukaan kulit.
  • Komedo putih adalah komedo yang tersembunyi di lapisan epidermis. Untuk mengatasi komedi ini cukup sulit karena letaknya tersebut. Namun jika di lakukan perawatan dan pencegahan dengan teratur komedo ini dapat hilang dengan sendirinya.

Baca juga :

Penyebab timbulnya komedo pada jidat

Ada beberapa sebab yang bisa menyebakan tumbulnya komedo hitam ataupun komedo putih pada jidat antara lain adalah :

  • Produksi minyak yang berlebihan didaerah yang dikenal dengan t zone ini bisa menjadi akar masalahnya. Beberapa makanan yang dapat meningkatkan produksi lemak seperti gorengan dan kacang lebih baik untuk di hindari.
  • Regenerasi kulit yang berjalan tidak lancar. Kulit dapat melakukan proses generasi secara alami. Namun dalam beberapa masalah kulit yang ditemui regenerasi kulit juga memerlukan bantuan dari luar seperti makanan dan masker untuk membantu komedo di hilangkan pada jidat.
  • Tempat aktifitas yang berada di luar ruangan juga dapat menyebabkan mudah timbulnya komedo pada kulit jidat.
  • Pemakaian produk kecantikan yang tidak sesuai juga memicu timbulnya komedo pada kulit jidat. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Kecil-kecil di Jidat , Cara Menghilangkan Jerawat di Dahi)

Sampai saat ini masalah komedo hampir sama dengan jerawat yaitu menganggu penampilan. Memang pada umunya komedo dari jarak yang jauh tidak akan terlihat mata. Namun beda jika di lihat dari jarak yang dekat. Sekarang sudah banyak cara yang dilakukan guna menghilangkan komedo di jidat seperti mengunjungi klinik kecantikan. Disana anda akan mendapat perawatan untuk menghilangkan komedo menggunakan bantuan alat. Alat tersebut sama seperti pinset namun ujungnya berbentuk bulat. Dengan alat ini komedo dapat dikeluarkan sehingga jidat anda kembali menjadi bersih dan mulus lagi. Selain mengunjungi klinik kecantikan komedo di jidat juga dapat dihilangkan dengan menggunakan bahan – bahan alami. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo Agar Tidak Kembali Lagi , Cara Menghilangkan Komedo Akut)

ads

Cara Menghilangkan Komedo di Jidat Menggunakan Bahan Alami

1. Jeruk nipis

Jeruk nipis dikenal memiliki kandungan asam yang bisa membantu mengangkat kulit mati termasuk mengeluarkan komedo secara alami pada bagian jidat. Pemakaian jeruk nipis sebagai masker lebih baik di dahului dengan membersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan pembersih wajah yang anda pakai. Kemudian beri uap air panas pada dahi untuk membuka pori agar komedo mudah keluar. Setelah itu belah dua bagian jeruk nipis dan peras hingga airnya keluar. Air dari jeruk nipis itu kemudian di aplikasikan pada bagian jidat dan tunggu hingga 15 menit. Setelah 15 menit baru kemudian di bilas dengan air bersih. Untuk langkah terakhir dapat di bilas dengan batu es yang bertujuan untuk menutup pori – pori. Lebih air dari jeruk nipis masih bisa di simpan untuk digunakan pada pemakaian selanjutnya. Untuk menjaga tetap segar ada baiknya di simpan di dalam kulkas.

Artikel terkait :

2. Putih telur

Bagian dari telur yang juga memiliki manfaat untuk menghilangkan komedo pada dahi adalah putih telur. Bagian dari telur ini mengandung protein yang berguna untuk meregenerasi sel – sel kulit mati pada wajah. Sehingga wajah bebas dari debu dan kotoran yang menempel. Untuk memakai putih telur sebagai masker caranya antara lain :

  • Pecahkan satu butir telur untuk diambil bagian putihnya saja.
  • Tuangkan ke dalam piring kecil kemudian oleskan pada wajah terutama dahi secar merata.
  • Diamkan selama 30 menit. Sambil menunggu masker putih telur ini perlahan juga akan membantu wajah menjadi kencang.
  • Setelah 30 menit baru kemudian di bilas wajah dengan air hingga bersih.

Pemakaian masker dari putih telur ini bisa digunakan sebanyak satu kali sehari untuk menghilangkan komedo pada dahi dan untuk mencegah pakai masker putih telur sebanyak dua kali seminggu.

Artikel terkait :

3. Lemon

Buah lemon hampir sama dengan jeruk nipis karena masih satu jenis. Hanya lemon lebih berukuran besar. Lemon juga mengandung asam yang baik untuk mengecilkan pori pada wajah sehingga kotoran yang menyebabkan komedo tidak masuk ke dalam kulit jidat. Caranya juga cukup mudah dan dapat di buat di rumah sendiri. Belah dua buah lemon kemudian peras airnya. Gunakan perasan dari buah lemon pada bagian dahi yang ditumbuhi komdo secara merata. Diamkan selama 30 menit setelah itu baru dibilas dengan air yang bersih. Lebih dari perasan air buah lemon dapat disimpan di dalam lemari es.

Artikel terkait :

4. Pepaya

Selanjutnya bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan komedo pada jidat adalah pepaya. Pepaya mengadung enzim yang disebut papain dan juga kaya akan vitamin c. Vitamin c bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan menjaga kesehatan kulit. Buah yang berasal dari meksiko ini dapat di buat sebagai masker dengan cara sebagai berikut : (Baca Juga: Manfaat Vitamin C Untuk Bekas Jerawat)

  • Pilih buah pepaya yang matang kemudian kupas kulitnya dan pisahkan antara daging pepaya dengan biji pepaya.
  • Isi dari pepaya di haluskan bisa dengan tangan atau menggunakan blender.
  • Oleskan pepaya yang isinya sudah dihaluskan tersebut secara merata pada wajah terutama bagian jidat.
  • Diamkan selama 30 menit.
  • Setelah itu baru kemudian di bilas dengan air yang bersih.

Masker pepaya ini cocok untuk kulit semua jenis kulit karena tidak memberikan efek apapun kepada kulit.

Artikel terkait :

5. Uap air panas

Uap air panas biasanya digunakan untuk membuka pori – pori pada wajah. Dengan demikian ukuran pori akan perlahan melebar sehingga memudahkan untuk mengeluarkan debu dan kotoran yang tersumbat di pori – pori. Jadi langkah untuk menggunakan uap air panas bisa untuk pencegahan dan juga menghilangkan komedo pada dahi. Namun dalam melakukannya harus berhati – hati agar tidak sampai mengenai kulit. (Baca Juga: Cara Mengecilkan Pori Pori Bekas Jerawat)

Ads

6. Bengkuang

Buah yang berwarna putih ini berguna juga untuk menghilangkan komedo pada jidat anda. Apalagi bengkuang juga mudah untuk di dapatkan sehingga bisa di buat sendiri di rumah. Bagi anda yang ingin membuat masker dari bengkuang ini cara untuk membuatnya adalah : (Baca Juga: Akibat Jerawat Meradang , Cara Menghilangkan Jerawat Batu)

  • Kupas buah bengkuang hingga bersih kemudian bersihkan dengan air yang mengalir.
  • Setelah itu blender bengkuang hingga halus.
  • Blender dari bengkuang tersebut di letakkan  pada suatu wadah kemudian tambahkan air. Remas – remas daging dari bengkuang tersebut untuk mengeluarkan saripati dari bengkuang tersebut. Dapat di remas selama 15 menit sesudah itu pisahkan antara airnya dan ampas bengkuangnya.
  • Biarkan air bengkuang tadi selama 1 jam. Setelah 1 jam baru kemudian buang airnya dan anda akan melihat endapan dari sari bengkuang di bawah wadah tadi.
  • Ambil untuk dipindahkan ke dalam piring yang kecil.

(Baca Juga: Obat Jerawat Tradisional Yang Mujarab , Obat Jerawat Tradisional)

Jika anda ingin membuatnya sebagai tepung maka dapat di bulatkan semuanya lalu pada siang harinya di jemur hingga kering. Setelah itu cara mengaplikasikannya pada wajah adalah sebagai berikut :

  • Oleskan sari bengkuang tadi pada wajah dengan cara memberinya air untuk melunakkannya.
  • Berikan pada bagian jidat yang ada komedonya atau bisa juga keseluruh wajah.
  • Diamkan selama 30 menit.
  • Setelah itu baru kemudian di bilas dengan bersih. (Baca Juga:Cara Menghilangkan Jerawat dengan Air Hangat)

Pakai selama satu kali sehari untuk membantu menyingkirkan komedo dari jidat.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu menghilangkan komedo pada jidat. Lakukan secara konsisten agar hasilnya memuaskan.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Friday 04th, November 2016 / 12:06 Oleh :
Kategori : Pengobatan