Sponsors Link

5 Cara Menghilangkan Komedo Tertutup Secara Alami dan Cepat

Sponsors Link

Komedo merupakan salah satu masalah pada kulit yang umumnya di jumpai pada setiap orang terutama para remaja. Penyebab komedo terutama komedo tertutup adalah produksi kelenjar minyak yang berlebih dicampur dengan bakteri yang terperangkap di bawah lapisan kulit. Komedo tertutup banyak tumbuh di daerah seperti pipi dan dagu. Komedo putih tertanam di lapisan bawah kulit dan tampak seperti benjolan kecil jika di lihat dari dekat apalagi diraba. Sehingga kulit menjadi kurang mulus akibat komedo tertutup ini. Adapun jika di lihat dari jauh memang komedo putih tidak terlalu terliha karena warnanya yang hampir sama dengan warna kulit.

Sponsors Link

Banyak cara menghilangkan komedo tertutup ini bisa menggunakan bahan alami ataupun obat yang berfungsi untuk menghilangkan komedo putih atau komedo yang tertutup ini. Namun ada baiknya untuk menghilangkan komedo tertutup dengan menggunakan bahan yang alami karena bebas dari efek samping. Sedangkan jika menggunakan obat yang di oleskan mungkin memang bereaksi cepat hanya saja untuk jangka lama bisa menimbulkan komplikasi bagi kesehatan seperti kanker kulit. Berikut ini ulasan untuk menghilangkan komedo tertutup dengan menggunakan bahan yang alami antara lain :

1. Air mawar

Air mawar telah lama dipercaya baik untuk menutrisi kulit karena kandungan dari air mawar. Air mawar bisa digunakan untuk menghilangkan komedo tertutup sehingga baik untuk menunjang kecantikan kulit dalam waktu yang relatif singkat.Membersihkan wajah menggunakan air mawar ini bisa dilakukan dengan menyiapkan bunga mawar. Lalu taburkan bunga mawar tersebut ke dalam air dan basuhkan pada wajah. Cara ini dapat dilakukan sebanyak satu kali sehari sesuai dengan keinginan anda. Namun ada juga yang mencampurkan air mawar ini dengan beras untuk dibuatkan bedak berasnya.

Cara membuar bedak beras dengan menggunakan air mawar adalah sebagai berikut :

  • Beras di larutkan di dalam air kemudian tunggu hingga semalam agar beras menjadi lunak sehingga mudah untuk di giling.
  • Giling beras yang sudah direndam tersebut baru kenudian dicampurkan dengan air mawar yan juga sudah dibiarkan selama semalam. Dibirkan selama semalam agar kandungan yang terdapat pada bunga mawar tersebut dapat terserap menyatu dengan air yang ada.
  • Gilingan bedak beras dicampurkan dengan air mawar dan asuk hingga merata secara keseluruhan.
  • Setelah di aduk baru kemudian dibulatkan dan bisa juga dipipihkan sesuai dengan keinginan.
  • Jemur bedak beras tadi di bawah sinar matahari sampai mengering.

Setelah kering baru bisa digunakan dengan memberikan air pada bedak beras tersebut dan oleskan pada wajah anda.

2. Pasta gigi

Menggunakan pasta gigi juga aman bagi kulit untuk menghilangkan komedo yang membandel di pipi. Banyak yang telah lama menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan komedo yang putih. Caranya menggunakan pasta gigi adalah sebagai berikut :

  • Oleskan pasta gigi pada bagian kulit yang ditumbuhi oleh komedo.
  • Biarkan selama lebih kurang 5 menit hingga pasat gigi kering di kulit.
  • Lalu bilas dengan air yang bersih.

ads
Bagi anda yang memiliki tipe kulit jenis sensitif mungkin awalnya bisa saja merasakan panas namun jika di biarkan rasa panas tersebut akan hilang dengan sendirinya. Pasta gigi mengandung senyawa flouride yang membersihkan kulit secara keseluruhan.

Artikel terkait :

3. Masker tomat

Buah merah yang satu ini tidak hanya baik untuk dikonsumsi namun juga bisa dibuat sebagai masker untuk menghilangkan komedo tertutup yang membandel. Cara untuk membuat masker tomat adalah sebagai berikut :

  • Pilih buah tomat yang masih segar.
  • Cuci hingga bersih kemudian baru di blender.
  • Setelah di blender baru oleskan pada wajah dan biarkan selama kurang lebih lima belas menit.
  • Baru kemudian di bilas dengan air yang bersih.

Gunakan masker tomat ini pada malam hari menjelang tidur baru kemudian pagi harinya dicuci atau bisa juga dipakai pada siang hari setelah lima belas menit baru kemudian di bilas.(Baca juga : Cara menghilangkan jerawat dengan tomat)

4. Masker kentang

Kentang merupakan salah satu jenis umbi – umbian yang berfungsi sebagai sumber energi karena kaya akan karbon hidrat. Sampai sekarang kentang masih digunakan sebagai makanan penganti nasi. Nah ternyata di balik energi yang diberikannya kentang juga bermanfaat di bidang kecantikan yaitu untuk menghilangkan komedo tertutup. Berikut ini ulasan untuk membuat masker kentang di rumah yaitu :

  • Pilih kentang yang bagus kemudian kupas kulitnya.
  • Setelah dikupas lalu di blender atau di lumatkan baru kemudian dioleskan pada wajah secara merata.
  • Biarkan selama kurang lebih lima belas menit atau dipakai pada malam hari dan biarkan semalaman baru kemudian di bilas dengan air yang bersih.

Masker kentang mudah di buat di rumah karena kentang bisa di dapatkan dimanapun karena bahan ini mudah didapatkan di warung – warung terdekat.

5. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya ini berfungsi untuk menghilangkan jerawat dan juga menghilangkan komedo putih. Cara untuk menggunakan tanaman lidah buaya ini aga bisa menghilangkan komedo adalah ambil tanaman ini dari rumpunnya adalah :

  • Cuci bersih tanaman lidah buaya kemudian dikupas kulitnya dan bilas dengan air yang mengalir.
  • Gel yang keluar dari tanaman ini kemudian dioleskan pada kulit wajah

Gunakan gel lidah buaya ini setiap hari di wajah anda secara bersih agar komedo ini dapat dihilangkan. (Baca juga : Manfaat lidah buaya untuk jerawat)

Jadi itulah manfaat dari masker – masker alami yang bisa di buat di rumah untuk menghilangkan komedo tertutup yang membandel.

Cara Mencegah Komedo Tertutup

Setelah anda mengetahui masker alami yang bisa menghilangkan komedo ada beberapa cara bagi anda untuk melakukan pencegahan agar komedo tertutup ini tidak muncul lagi pada wajah anda berikut ini yang harus diperhatikan adalah :

  • Makanan

Satu lagi masalah makanan masih menjadi indikator penentu kesehatan kulit yang anda miliki. Seperti semboyan kulit kamu adalah apa yang kamu makan. Jadi untuk memiliki kulit yang sehat maka pastikan makanan yang masuk ke dalam perut kamu untuk kemudian di cerna adalah makanan yang sehat seperti sayur – sayuran dan buah – buahan. Karena keduanya mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat. Makanan yang kurang baik untuk kesehatan kulit adalah makanan yang cepat saji sehingga kadang kurang dapat dicerna oleh sistem pencernaan dalam tubuh. Untuk mendapatkan kulit yang cantik rajinlah mengonsumsi makanan yang mengandung beta karoten yang bekerja dari dalam untuk menghilangkan komedo tertutup.(Baca juga : Makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus)

  • Kebersihan muka

Kebersihan muka diperlukan untuk mencegah datangnya komedo tertutup lagi. Kadang muka yang memproduksi banyak minyak menjadi faktor utama munculnya komedo tertutup. Karena itu perlu bagi anda untuk mencegah muka yang kotor dengan melakukan pembersihak muka maksimal tiga kali dalam sehari setelah seharian beraktifitas. Terutama juga untuk anda yang memiliki banyak pekerjaan yang berhubungan di lapangan pasti debu yang bertebangan di udara mudah sekali menempel pada wajah. Dan untuk mencegah muka yang kotor coba gunakan masker pada wajah anda. (Baca juga : Perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara alami)

Sponsors Link

  • Ekstrasi 

Ekstrasi adalah dengan cara mengeluarkan isi dari komedo putih atau bisa juga disebut dengan pengangkatan. Namun jika anda menggunakan cara ekstrasi ini baiknya dilakukan di klinik kecantikan yang sudah terkenal agar lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping. Yang perlu diperhatikan adalah jangan melakukan cara ekstrasi ini sendiri dirumah dengan tangan karena takutnya nanti menimbulkan infeksi bagi wajah yang ada hanya memperparah kondisi kulit wajah. Terlebih kulit wajah sangat lembut dan sensitif.

  • Penguapan

Langkah terakhir untuk membersihkan wajah adalah dengan melakukan penguapan untuk membuka pori – pori wajah agar kotoran yang menempel pada wajah bisa dibersihkan dan mencegah timbulnya kembali komedo pada wajah anda. Dan setelah penguapan tutup kembali dengan es batu agar mengecilkan kembali pori – pori wajah.

Nah, itulah cara – cara yang bermanfaat untuk mencegah munculnya kembali komedo tertutup pada wajah anda. Sehingga untuk memiliki wajah yang mulus dan bersih bukan lagi impian tapi sudah berupa kenyataan.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 28th, September 2016 / 06:14 Oleh :
Kategori : Pengobatan