Sponsors Link
     Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat Dengan Cepat dan Ampuh

Advertisement

Dewasa ini, segala sesuatu tentang jerawat dan bekasnya memanglah sangat mengganggu penampilan seseorang. Akibat jerawat dan bekasnya, maka seseorang dapat mengalami dampak psikologis akibat jerawat, yaitu rasa minder, menurunnya tingkat kepercayaan diri, dan bahkan yang paling parah keinginan untuk bunuh diri. Nah, salah satu hal yang cukup membuat stress adalah lubang bekas jerawat, karena umumnya bekas jerawat tipe ini sangat sulit dihilangkan dan penampakannya sangat terlihat dengan mata telanjang. Jika sudah terlanjur, lalu bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat berlubang? Di artikel ini, Anda akan melihat berbagai macam cara mengatasi lubang bekas jerawat. Berikut ulasannya.

Penyebab Lubang Bekas Jerawat

Sebelum Anda melihat berbagai macam cara yang ampuh untuk mengatasi lubang bekas jerawat, maka pertama-tama Anda perlu untuk mengetahui sebenarnya apa saja faktor yang menyebabkan timbulnya lubang bekas jerawat. Nah, faktor utama mengapa bekas jerawat berlubang di kulit Anda adalah kebiasaan memegang dan memencet jerawat saat jerawat tersebut sedang aktif-aktifnya di kulit Anda.

Seringkali kita merasa gemas ketika melihat ada jerawat merah atau jerawat batu di kulit kita, sehingga rasanya kita ingin menghancurkannya secara seketika. Namun ketika Anda memencet jerawat yang masih aktif, maka tentu saja Anda akan mengalami bahaya memencet jerawat sembarangan, yaitu jerawat tersebut akan pecah, dan kulit Anda akan menjadi luka serta membentuk cekungan. Oleh karena itu, Anda tidak disarankan untuk memegang apalagi memencet jerawat yang masih aktif, walaupun Anda sudah sangat gemas.

Nah, setelah Anda mengetahui penyebab utama mengapa bisa ada lubang bekas jerawat di kulit Anda, maka sekarang saatnya Anda mengetahui berbagai macam cara mengatasi lubang bekas jerawat tersebut. Pada dasarnya, lubang bekas jerawat tidak bisa diatasi dengan pemakaian obat penghilang jerawat di apotik, sehingga dibutuhkan obat herbal jerawat dan teknologi medis untuk menanganinya. Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Tomat

Jika Anda memiliki bekas jerawat yang berlubang, maka menggunakan bahan herbal seperti tomat akan sangat bermanfaat untuk Anda. Nah, untuk penjelasan lengkapnya, berikut manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat dan cara menghilangkan bekas jerawat dengan tomat untuk Anda.

  • Tomat ini memilikikemampaun untuk menyembuhkan kulit hingga ke sel-sel yangterkecil, sehingga tentu saja lubang pada bekas jerawat akan sangat cepat diatasi.
  • Tomat memiliki kemampuan untuk memperkecil pori-pori dan juga menghaluskan kulit berkat kandungan Vitamin A,C, E, K, dan B kompleksnya. Hasilnya, lubang bekas jerawat akan semakin tersamarkan.

Cara Mengatasi Lubang Bekas Jerawat dengan Tomat:

  • Siapkan 1 buah tomat, kemudian tumbuk halus secara manual atau dengan menggunakan bantuan blender.
  • Setelah itu, oleskan masker tomat ke area kulit Anda yang terdapat lubang bekas jerawat.
  • Diamkan selama 30 menit, kemudian cuci kulit dengan air bersih dan bilas hingga bersih.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan masker tomat ini sekali sehari secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Masker Tomat Untuk Wajah Berjerawat

2. Putih Telur

Untuk mengatasi berbagai masalah bekas jerawat, maka putih telur merupakan bahan herbal yang dapat Anda Andalkan. Nah, putih telur memiliki berbagai macam nutrisi yang sangat berguna untuk kesehatan kulit Anda. Berikut manfaat putih telur untuk wajah berjerawat dan cara menghilangkan bekas jerawat dengan putih telur.

  • Putih telur memiliki kemampuan untuk memperkecil pori-pori kulit sehingga akan sangat bermanfaat untuk menyamarkan lubang-lubang bekas jerawat di kulit.
  • Putih telur juga mengandung banyak protein dan asam amino yang memicu pertumbuhan sel-sel kulit baru, sehingga lubang bekas jerawat pun akan semakin tersamarkan.

Cara Mengatasi Lubang Bekas Jerawat dengan Putih Telur

  • Siapkan 1 butir telur, kemudian pisahkan antara putihnya dan kuningnya, gunakan bagian putihnya saja.
  • Oleskan putih telur ke area kulit yang terdapat lubang bekas jerawat, kemudian diamkan hingga mengering.
  • Setelah itu, segera cuci kulit dengan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan masker putih telur sekali sehari secara rutin.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Putih Telur dan Manfaatnya

3. Madu

Sama seperti putih telur, madu merupakan bahan alami yang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai jenis masalah jerawat dan bekas jerawat. Kandungan nutrisi di dalam madu memang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Nah, berikut ini merupakan manfaat masker madu untuk jerawat dan cara menghilangkan bekas jerawat dengan madu.

  • Madu merupakan antiseptik alami yang akan sangat membantu daalm proses peremajaan kulit, sehingga lubang bekas jerawat akan semakin tersamarkan.
  • Madu memiliki banyak mineral dan vitamin yang akan menjamin kesehatan kulit Anda dan memicu regenerasi sel kulit secara berkala. Hasilnya, lubang bekas jerawat akan semakin tersamarkan.

Cara Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat dengan Madu

  • Pertama, siapkan madu murni.
  • Setelah itu, oleskan madu murni ke area kulit Anda yang terdapat lubang bekas jerawat.
  • Oleskan madu murni pada malam hari sebelum Anda tidur, sehingga paginya Anda dapat mencucinya secara langsung menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan masker madu ini setiap malam sebelum Anda tidur.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bopeng Jerawat dengan Madu

ads

4. Lidah Buaya

Menggunakan tanaman herbal seperti lidah buaya juga akan sangat ampuh untuk mengatasi bekas jerawat yang berlubang. Nah, mengapa lidah buaya sangat ampuh untuk mengatasi lubang pada bekas jerawat? Berikut penjelasan manfaat lidah buaya untuk jerawat dan cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya.

  • Lidah buaya mengandung antioksidan yang luar biasa. Nah, antioksidan pada lidah buaya akan sangat bermanfaat untuk meregenerasi sel-sel kulit, sehingga tidak diragukan lagi jika lubang pada bekas jerawat akan menghilang dengan cepat.
  • Lidah buaya memiliki kandungan giberelin yang membantu untuk mempercepat proses pertumbuhan sel-sel kulit baru, sehingga lubang bekas jerawat akan tersamarkan dengan cepat.

Cara Mengatasi Lubang Bekas Jerawat dengan Lidah Buaya

  • Siapkan 1 buah tanaman lidah buaya, kemudian potong bagian ujungnya, sehingga Anda menemukan adanya gel di dalam tanaman tersebut.
  • Oleskan gel tersebut ke area kulit Anda yang terdapat lubang bekas jerawat.
  • Tunggu hingga mengering, kemudian bilas kulit dengan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan gel lidah buaya setiap hari secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo dengan Lidah Buaya

5. Baking Soda

Menggunakan bahan yang biasa digunakan sebagai pengembang kue juga akan sangat bermanfaat untuk mengatasi lubang pada bekas jerawat. Kandungan yang dimiliki baking soda memang sangat pas untuk mengatasi masalah bekas jerawat. Nah, penasaran mengapa baking soda ampuh untuk mengatasi bekas jerawat berlubang? Berikut penjelasannya beserta cara menghilangkan jerawat dengan soda kue.

  • Baking soda mampu memicu kulit untuk memproduksi kolagen. Nah, kolagen ini merupakan protein kulit yang akan sangat bermanfaat untuk menghaluskan kulit seperti sedia kala. Hasilnya, lubang bekas jerawat akan menghilang dengan seketika.
  • Baking soda mampu berperan sebagai peeling alami yang akan mengelupas sel kulit mati dan menggantinya dengan sel yang baru. Hasilnya, bekas jerawat Anda tentu akan emnghilang.

Cara Mengatasi Lubang Bekas Jerawat dengan Baking Soda

  • Campurkan 1 sendok teh baking soda dengan 1 sendok teh air hangat, kemudian aduk hingga merata.
  • Oleskan baking soda ke area kulit yang terdapat lubang bekas jerawat, diamkan selama 15 menit.
  • Segera bilas kulit dengan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan baking soda sekali sehari secara rutin.

Baca Juga: Bahaya Baking Soda Untuk Jerawat

6. Kentang

Tahukah Anda bahwa kentang ternyata sangat ampuh untuk mengatasi lubang pada bekas jerawat? Ya, kentang merupakan salah satu bahan alami yang nyatanya sangat ampuh untuk mengatasi lubang pada beas jerawat. Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Kentang memiliki kandungan Vitamin C yang bagus. Nah, manfaat Vitamin C untuk bekas jerawat adalah akan memicu produksi kolagen yang akan menghaluskan kulit Anda dengan cepat. Hasilnya, lubang bekas jerawat akan semakin cepat tersamarkan.
  • Kentang memiliki kandungan mineral seperti fosfor, kalium, dan sulfur yang akan emicu produksi elastin yang akan bermanfaat untuk mengecangkan kulit. Hasilnya, lubang bekas jerawat akan semakin tersamarkan juga.

Cara Mengatasi Lubang Bekas Jerawat dengan Kentang

  • Siapkan 1 buah kentang, kemudian kelupas bagian kulitnya.
  • Setelah itu, tumbuk halus kentang secara manual atau bisa juga dengan bantuan blender.
  • Oleskan kentang yang sudah ditumbuk halus ke area kulit yang terdapat bekas jerawat berlubang.
  • Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Untuk hasil maksimal, gunakan masker kentang setiap hari secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Masker Beras Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

7. Menggunakan Teknik Punch

Teknik punch merupakan teknik yang akan sangat bermanfaat untuk mengatasi lubang pada bekas jerawat. Secara umum, ada 3 jenis teknik yang akan digunakan oleh ahli dermatologis saat melakukan teknik punch, masing-masing adalah punch excision, punch grafting, dan punch elevation. Semua teknik tersebut memiliki kesamaan fungsi, yaitu untuk meratakan permukaan kulit Anda seperti sedia kala, sehingga teknik ini akan bermanfaat sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam.

Mengapa Menggunakan Teknik Punch Dapat Mengatasi Lubang Bekas Jerawat?

Seperti yang dijelaskan tadi, teknik punch adalah teknik yang dikhususkan untuk meratakan permukaan kulit Anda. Berikut penjelasan dari masing-masing jenis teknik punch:

  • Punch Excision: teknik ini berfungsi untuk mengangkat bekas jerawat, kemudian luka pada kulit akan ditutup sehingga nanti akan memicu kulit untuk memproduksi sel-sel kulit baru. Hasilnya, lubang bekas jerawat akan menghilang.
  • Punch Grafting: teknik ini juga sama dengan punch excision, yaitu bekas jerawat akan diangkat, kemudian cekungan yang timbul akan diisi dengan potongan kulit dari bagian tubuh yang lain. Bagian potongan kulit yang paling sering diambil untuk mengisi cekungan bekas jerawat adalah bagian belakang telinga.
  • Punch Elevation: teknik dari punch ini adalah dengan pengangkatan bekas jerawat yang berlubang dengan metode medis, sehingga nantinya cekungan pada lubang bekas jerawat akan terangkat dan sejajar dengan permukaan kulit lainnya. Hasilnya, kulit Anda akan menjadi halus dan merata.

Baca Juga: Manfaat Dermatix untuk Bekas Jerawat

8. Perawatan Laser

Perawatan laser tentu sjaa menjadi cara yang paling ampuh untuk mengatasi lubang pada bekas jerawat dengan seketika. Nah, menggunakan metode ini memang akan memberikan dampak secara seketika, namun tentu saja Anda harus menyiapkan dana lebih jika ingin menggunakan metode ini. Berikut alasan mengapa metode perawatan laser akan sangat bermanfaat untuk bekas jerawat yang berlubang.

Mengapa Perawatan Laser Dapat Mengatasi Lubang Bekas Jerawat?

Menggunakan perawatan laser ini memang benar-benar menggunakan teknologi terkini, sehingga bekas jerawat tipe apapun bisa disembuhkan dengan cara ini. Nah, laser ini memiliki sejenis daya vakum yang akan mengangkat sel-sel kulit mati, debu menyebabkan jerawat, kotoran, dan bakteri yang menempel di pori-pori kulit, sekaligus akan menembakkan sinar laser untuk menghaluskan kulit. Proses penembakkan laser sendiri bisa dibedakan jadi 2, yaitu laser ablatif atau non ablatif.

  • Laser Ablatif: Sinar laser akan ditembakkan ke area kulit yang memiliki bekas jerawat berlubang, sehingga nantinya permukaan kulit Anda akan menjadi rata.
  • Laser Non-Ablatif: Perawatan laser ini dimaksudkan untuk memicu kulit untuk memproduksi kolagen. Manfaat kolagen untuk jerawat dan bekas jerawat adalah sebagai protein kulit yang akan membuat kulit menjadi halus dan mulus.

Baca Juga: Jenis-Jenis Laser Jerawat dan Efek Sampingnya

9. Filler Injection

Menggunakan filler injection juga akan sangat bermanfaat untuk mengatasi lubang bekas jerawat dalam waktu yang sangat singkat dan juga digunakan sebagai cara menghilangkan bopeng bekas jerawat. Nah, apakah Anda penasaran dengan manfaat filler injection untuk mengatasi lubang bekas jerawat? Berikut ulasannya untuk Anda.

Mengapa Perawatan Filler Injection Dapat Mengatasi Lubang Bekas Jerawat?

Teknologi filler injection memang merupakan perawatan wajah yang memang dikhususkan bagi Anda yang memiliki bekas jerawat yang berlubang. Metode ini dilakukan dengan cara menyuntikkan filler yang bermanfaat untuk mengisi cekungan pada lubang bekas jerawat. Nah, akibat terisinya cekungan lubang oleh filler, maka permukaan kulit Anda pun akan kembali halus dan merata. Biasanya, setelah melaukan metode ini kulit Anda akan memerah, namun hal tersebut akan membaik seiring dengan berjalannya waktu.

Baca Juga: Manfaat Bioplacenton untuk Jerawat

Ads

10. Dermabrasi

Selain dengan menggunakan metode filler injection, menggunakan teknik dermabrasi juga akan sangat bermanfaat untuk mengatasi bekas jerawat yang berlubang dengan cepat dan bisa juga digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Dermabrasi biasanya dilakukan dengan menggunakan sikat khusus atau bahkan sinar laser, sehingga ketika Anda ingin menggunakan teknik ini, maka yang menangani Anda haruslah ahli dermatologi yang sudah profesional.

Mengapa Metode Dermabrasi Dapat Mengatasi Lubang Bekas Jerawat?

Metode dermabrasi secara umum memiliki tujuan yang hampir sama dengan chemical peeling, yaitu mengangkat bagian sel kulit terluar dengan tujuan agar proses regenerasi sel kulit akan berlangsung lebih cepat. Dengan begitu, maka nantinya akan dihasilkan permukaan kulit yang rata dan juga lebih halus dibandingkan dengan sebelumnya. Nah, setelah menggunakan teknik ini, maka kulit Anda nantinya akan memerah dan membengkak, namun hal itu adalah hal yang wajar dan keadaan tersebut akan membaik seiring dengan berjalannya waktu.

Baca Juga: Bahaya Chemical Peeling untuk Wajah Jerawat

Tips Mempercepat Proses Pengobatan Bekas Jerawat Berlubang

Nah setelah Anda mengetahui berbagai macam cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi bekas jerawat berlubang, maka sekarang saatnya Anda mengetahui berbagai tips pendukung yang akan mempercepat proses pengobatan bekas jerawat yang berlubang. Apa sajkah tips-tips tersebut? Berikut ulasannya untuk Anda.

  • Mengkonsumsi Makanan Sehat. Cara simpel yang harus Anda lakukan untuk mempercepat penyembuhan bekas jerawat berlubang adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Mengkonsumsi makanan pencegah jerawat dan makanan penghilang jerawat seperti sayuran dan buah-buahan akan sangat bermanfaat untuk mempercepat peneymbuhan jerawat. Sayuran dan buah-buahan memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk menyokong kesehatan kulit dan memicu produksi kolagen secara alami.
  • Batasi Paparan Sinar Matahari. Ketika Anda terlalu lama beraktivitas di ruangan outdoor, maka tentu paparan sinar matahari akan memperlambat proses penyembuhan lubang pada bekas jerawat Anda, dan bahkan justru akan memperburuk kondisi bekas jerawat Anda. Oleh karena itu, sebisa mungkin batasi paparan sinar matahari. Jika tidak memungkinkan, selalu gunakan tabir surya untuk mengatasi hal tersebut dan juga sebagai cara mencegah jerawat tumbuh lagi.
  • Jika Ada Jerawat, Jangan Dipencet. Ketika Anda memiliki jerawat di kulit wajah Anda, maka jangan dipencet karena hal tersebut justru akan menambah jerawat berlubang di wajah Anda. Memencet jerawat akan membuat Anda mengalami bahaya memencet jerawat sembarangan dan efek akibat jerawat dipencet, yaitu luka pada kulit yang menimbulkan lubang pada bekas jerawat. (Baca: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Akibat Dipencet)
  • Konsumsi Suplemen Vitamin E. Jika Anda memiliki lubang pada bekas jerawat, maka perbanyaklah konsumsi supelemen Vitamin E. Vitamin E merupakan vitamin yang sangat mudah diserap oleh kulit dan juga akan memaksimalkan penyerapan nutrisi-nutrisi makanan ke sel-sel kulit Anda. Hasilnya, tentu saja lubang bekas jerawat akan semakin cepat teratasi. (Baca: Manfaat Natur E Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat)

Baca Juga Artikel Tentang Jerawat Lainnya:

Nah, itulah tadi berbagai macam cara menghilangkan lubang bekas jerawat dan juga tips-tips untuk mempercepat penyembuhan lubang pada bekas jerawat. Jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan pola hidup sederhana untuk atasi jerawat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 09th, September 2016 / 11:29 Oleh :
Kategori : Pengobatan