Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat – Alami dan Medis

Advertisement

Mendapati kulit dihiasi dengan segala sesuatu tentang jerawat memang tidak diinginkan oleh semua orang di berbagai lapisan usia. Sayangnya, karena ada banyak penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal, maka jerawat akan sangat sulit untuk dihindari kemunculannya. Parahnya, jerawat dapat meninggalkan noda hitam bekas jerawat yang dapat menimbulkan dampak psikologis akibat jerawat, yaitu menurunnya rasa percaya diri seseorang saat bertemu dengan orang lain. Namun tenang saja, karena di artikel ini Anda dapat melihat berbagai macam cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat baik secara alami maupun dengan pengobatan medis. Berikut ulasannya untuk Anda.

Penyebab Noda Hitam Bekas Jerawat

Sebelum Anda melihat berbagai macam cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat, maka akan lebih baik jika sebelumnya Anda mengetahui mengapa noda hitam bekas jerawat dapat terjadi. Nah, berikut merupakan faktor-faktor penyebab noda hitam bekas jerawat dapat terjadi:

  • Sinar Matahari. Ini merupakan salah satu faktor utama yang paling sering menimbulkan noda hitam bekas jerawat di kulit Anda. Paparan sinar UVA dan UVB ke kulit Anda akan menyebabkan hiperpigmentasi di jerawat Anda atau bekas jerawat di kulit Anda. Hiperpigmentasi inilah yang nantinya akanmembuat noda hitam bekas jerawat dapat muncul.
  • Minyak Berlebih. Selain sinar matahari, minyak berlebih di kulit akan menyebabkan munculnya noda hitam bekas jerawat. Minyak berlebih ini dapat timbul karena faktor genetis, dan faktor hormon, yang akan menyebabkan ciri-ciri jerawat karena hormon seperti misalnya fase menstruasi yang menyebabkan ciri-ciri jerawat haid. Minyak berlebih, ketika berinteraksi dengan bekas jerawat, maka akan menyebabkan bekas jerawat berubah warna menjadi hitam.
  • Kosmetik yang Tidak Cocok. Kosmetik yang tidak cocok dengan tipe kulit Anda atau memakai kosmetik yang tidak jelas akan menyebabkan bekas jerawat berubah berwarna hitam atau jerawat aktif Anda akan meninggalkan noda hitam bekas jerawat. Hal ini karena kosmetik yang salah akan menyebabkan jerawat aktif Anda menjadi tidak dapat bernapas dan akan mengalami peradangan yang dapat meninggalkan noda hitam bekas jerawat.

Baca: Cara Menghilangkan jerawat Akibat Salah Kosmetik

Nah, setelah Anda mengetahui berbagai faktor penyebab munculnya noda hitam bekas jerawat, maka sekarang saatnya Anda mengetahui berbagai cara menghilangkan noda hitam bekas jerawta, baik dengan menggunakan bahan alami maupun dengan pengobatan medis. Berikut ulasannya.

1. Madu

Cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat dengan menggunakan madu memang sudah tidak diragukan lagi keampuhannya. Berikut ini merupakan manfaat masker madu untuk jerawat dan cara membuatnya.

  • Madu akan memicu pengeluaran senyawa hidrogen peroksida yang akan mempercepat penyembuhan kulit terhadap suatu luka, sehingga akan sangat bermanfaat untuk mempercepat penghilangan noda hitam bekas jerawat.
  • Madu merupakan probiotik alami yang akan dengan ampuh menghilangkan berbagai flek hitam bekas jerawat serta mencegahnya untuk datang kembali dikemudian hari.

Berikut ini cara menggunakan madu untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat

  • Siapkan madu murni, kemudian oles disekitar kulit Anda yang terdapat noda hitam bekas jerawat.
  • Akan lebih baik jika Anda mengoleskannya pada malam hari sebelum Anda tidur, sehingga Anda dapat mencucinya pada pagi hari setelah Anda bangun tidur.
  • Untuk hasil yang maksimal, gunakan masker madu sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Madu dan Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Madu

2. Putih Telur

Siapa yangtidak mengenal manfaat putih telur untuk jerawat yang sangat ampuh? Ya, putih telur memiliki berbagai macam kebaikan untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Berikut manfaat putih telur untuk wajah berjerawat dan cara menghilangkan jerawat dengan masker putih telur.

  • Putih telur merupakan sumber dari berbagai nutrisi dan asam amino yang akan sangat bermanfaat untuk memicu regenerasi sel secara cepat, sehingga segala noda hitam bekas jerawat dapat tersamarkan dengan cepat.
  • Putih telur memiliki sifat eksfoliate, dimana hal ini membuat putih telur dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati di kulit dan noda hitam bekas jerawat pun akan tersamarkan.

Berikut ini cara menggunakan putih telur untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat:

  • Siapkan 1 butir telur, kemudian pisahkan putih telur dengan kuningnya. Gunakan hanya bagian putihnya saja.
  • Oleskan putih telur ke area kulit Anda yang terdapat noda hitam bekas jerawat, kemudian diamkan selama 1 jam hingga telur tersebut mengering.
  • Bilas dengan menggunakan air bersih, dan segera keringkan dengan handuk bersih.
  • Gunakan masker putih telur stiap hari untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dengan cepat.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Putih Telur

ads

3. Jeruk Nipis

Jika berbicara tentang segala jenis bekas jerawat, maka menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan jeruk nipis merupakan cara paling ampuh untuk itu. Berikut manfaat jeruk nipis untuk jerawat dan cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis.

  • Jeruk nipis memiliki sifat bleaching agent yang akan mencerahkan kulit secara seketika dan juga akan menyamarkan noda hitam bekas jerawat dengan cepat.
  • Jeruk nipis memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C ini akan menyehatkan kulit secara umum dan juga merangsang produksi kolagen. Kolagen akan bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan noda hitam bekas jerawat dengan cepat.

Berikut ini cara menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat:

  • Siapkan 2 buah jeruk, kemudian peras airnya, dan campur air perasan jeruk nipis ke dalam air bersih.
  • Oleskan campuran perasan jeruk nipis dan sedikit air tersebut ke area kulit Anda yang terdapat bekas jerawat.
  • Setelah 20 menit, segera bersihkan dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil maksimal, maka Anda perlu untuk menggunakannya sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Jeruk Nipis

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memang biasanya digunakan sebagai bahan masakan. Namun, ternyata minyak kelapa memiliki manfaat untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Berikut ulasannya.

  • Minyak kelapa dapat menghentikan proses oksidasi dan dapat mempercepat proses penyembuhan luka, termasuk noda hitam bekas jerawat sehingga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam.
  • Minyak kelapa mengandung asam kaprat dan Vitamin E dan K yang akan memicu proses tumbuhnya sel-sel kulit baru yang sehat.

Berikut ini cara menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat:

  • Teteskan minyak kelapa pada jari Anda, kemudian dengan jari Anda tersebut oleskan minyak kelapa ke area kulit yang terdapat noda hitam bekas jerawat.
  • Diamkan selama 10 menit hingga mengering, kemudian setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih.
  • Alternatif lain, Anda bisa mengoleskannya malam hari sebelum Anda tidur, dan mendiamkannya semalaman penuh.

Baca Juga: Manfaat Minyak Biawak Untuk Jerawat

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang suatu bahan herbal yang sudah dikenal secara luas akan manfaatnya untuk kulit Anda, terlebih lagi untuk mengatasi hal yang berkaitan dengan bekas jerawat. Berikut manfaat minyak zaitun untuk jerawat sekaligus cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun.

  • Minyak zaitun memiliki sifat eksfoliate, dimana minyak zaitun akan mengeluarkan segala racun dan juga kotoran sehingga bekas jerawat menjadi tersamarkan.
  • Minyak zaitun mengandung antioksidan yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka di kulit, termasuk noda hitam bekas jerawat, dan dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Berikut ini cara menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat:

  • Teteskan minyak zaitun ke jari telunjuk Anda, kemudian oleskan ke area kulit Anda yang terkena noda hitam bekas jerawat dengan gerakan memutar dan memijat.
  • Oleskan pada malam hari sebelum Anda tidur, kemudian segera bilas dengan air pada pagi hari dengan menggunakan air bersih.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Minyak Zaitun

6. Baking Soda

Baking soda memang biasa digunakan sebagai bahan baku untuk membuat kue, namun, ternyata baking soda ini juga akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Berikut manfaat dan cara menghilangkan jerawat dengan soda kue.

  • Baking soda dapat memicu produksi kolagen pada kulit. Manfaat kolagen untuk jerawat adalah dapat menghaluskan kulit Anda dan dapat mengembalikan kemulusan kulit Anda seperti semula, sehingga noda hitam bekas jerawat akan semakin tersamarkan.
  • Baking soda dapat berperan sebagai pembersih pori dan juga sebagai peeling alami, dimana baking soda akan mengelupaskan bagian kulit terluar dan menggantinya dengan yang baru, sehingga noda hitam bekas jerawat menjadi cepat menghilang.

Berikut ini cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat:

  • Campur 2 senodk makan baking soda dengan 1 sendok makan air, kemudian aduk hingga campuran merata.
  • Kemudian, oleskan baking soda yang sudah cair tersebut ke area kulit Anda yang terdapat noda hitam bekas jerawat.
  • Diamkan selama kurang lebih 10 menit, kemudian cuci bersih dengan menggunakan air bersih.
  • Gunakan masker baking soda 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Bruntusan Secara Alami

7. Lidah Buaya

Tanaman herbal ini memang memiliki berbagai macam khasiat bagi kesehatan tubuh kita, termasuk untuk kulit kita. Nah, berikut ini merupakan manfaat lidah buaya untuk jerawat dan cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya:

  • Lidah buaya memiliki sifat penyembuh yang dpaat mempercepat proses penghilagan noda hitam bekas jerawat.
  • Lidah buaya memiliki kandungan antioksidan yang akan mempercepat hilangnya noda hitam bekas jerawat. Selain itu, Vitamin C dan E dalam lidah buaya akan menyamarkan noda hitam bekas jerawat dengan cepat.

Berikut ini cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat:

  • Siapkan lidah buaya, potong bagia ujung lidah buaya hingga Anda menemukan gel pada bagian dalam lidah buaya tersebut.
  • Oleskan gel pada lidah buaya ke area kulit yang terkena noda hitam bekas jerawat, kemudian diamkan hingga mengering.
  • Anda dapat menggunakan gel lidah buaya ini sehari sekali secara rutin untuk hasil yang cepat.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Lidah Buaya

8. Es Batu

menggunakan cara simpel seperti es batu yang dapat kita buat sendiri di rumah ternyata akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Penasaran apa manfaat es batu untuk menghilangkan bekas jerawat? Berikut manfaat serta cara menghilangkan bekas jerawat dengan es batu.

  • Fungsi utama es bat adalah dapat menguangi pembengkakan dan peradangan yang terjadi pada jerawat. Efek dingin pada es batu terbukti mampu menghilangkan peradangan pada jerawat.
  • Efek dingin pada es batu juga dapat menyamarkan noda hitam bekas jerawat karena akan mempercepat proses penghilangan bekas jerawat.

Berikut ini cara menggunakan es batu untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat:

  • Siapkan beberapa bongkah es batu beserta dengan handuk atau kain bersih.
  • Bungkus beberapa bongkah es batu tersebut ke dalam handuk atau kain bersih yang telah Anda siapkan.
  • Kemudian tempelkan handuk atau kain bersih berisi es batu tersebut ke area kulit Anda yang terdapat noda hitam bekas jerawat beberapa kali dalam sehari.

Baca Juga: Manfaat Gula untuk Menghilangkan Jerawat

9. Kentang

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang akan dengan ampuh dapat menghilangkan noda bekas jerawat. Nah, apa sebenarnya khasiat kentang unntuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat? Berikut ulasannya untuk Anda.

  • Kentang memiliki kandungan Vitamin C yang bagus. Manfaat Vitamin C untuk bekas jerawat adalah memicu produksi kolagen yang akan menghaluskan kulit sekaligus sebagai antioksidan yang dpaat mempercepat proses penghilangan noda hitam bekas jerawat.
  • Kentang juga memiliki kandungan Vitamin B kompleks yang mampu berperan untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati, hingga kemudian noda hitam bekas jerawat menjadi tersamarkan. Maka tak heran jika kentang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bintik hitam bekas jerawat.

Berikut ini cara menggunakan kentang untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat:

  • Siapkan kentang, kelupas kulitnya, kemudian tumbuk kentang tersebut hingga halus, dan campurkan dengan sedikit air bersih.
  • Oleskan kentang yang sudah halus tersebut ke area kulit yang terdapat noda hitam bekas jerawat, kemudian diamkan selama 20 menit.
  • Cuci kulit Anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera.
  • Gunakan masker kentang ini cukup 3 kali saja dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: Manfaat Masker Beras Untuk  Bekas Jerawat

Sponsors Link

10. Aspirin

Mungkin selama ini Anda sering menggunakan aspirin sebagai obat untuk penyakit ringan seperti pusing dan lain-lain. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata aspirin akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat secara cepat? Berikut ini ulasannya untuk Anda.

  • Aspirin memiliki kandungan asam salisilat yang akan sangat bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati di kulit sehingga noda hitam bekas jerawat pun akan semakin cepat tersamarkan.
  • Sifat anti-inflamasi aspirin akan membuat Anda terhindar dari munculnya jerawat parah dikemudian hari sekaligus mencegah terjadinya bahaya infeksi jerawat.

Berikut ini caramenggunakan aspirin untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat:

  • Siapkan beberapa tablet aspirin, sekitar 3 hingga 4 tablet, kemudian tumbuk halus, dan campurkan dengan menggunakan air bersih hingga teksturnya halus.
  • Oleskan aspirin yang telah halus tersebut ke area kulit Anda yang memiliki noda hitam bekas jerawat, diamkan selama 20 menit, kemudian cuci dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil maksimal, Anda cukup menggunakan masker aspirin ini 2 kali saja dalam seminggu.

Baca Juga: Cream Obat Penghilang Bekas Jerawat Yang Ada di Apotik

 11. Menggunakan Krim Wajah

Penggunaan krim wajah merupakan salah satu perawatan wajah yang dapat Anda gunakan untuk memudarkan noda hitam bekas jerawat di kulit Anda. Namun, tentu saja Anda tidak bisa memilih krim wajah secara sembarangan karena perlu penyesuaian terhadap tipe kulit Anda dan jenis jerawat yang dihadapi.

Jika Anda memiliki noda merah bekas jerawat, maka Anda dapat menggunakan krim steroid atau kortison, karena krim dengan kandungan tersebut dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat merah. Lain halnya jika Anda memiliki noda hitam bekas jerawat, dimana memilih krim wajah yang mengandung arbutin dan Vitamin C akan lebih cocok, karena senyawa tersebut merupakan cara menghilangkan bekas jerawat berwarna hitam yang ampuh.

Mengapa menggunakan krim wajah yang mengandung Vitamin C dan arbutin?

  • Vitamin C tentu saja merupakan bleaching agent atau agen pencerah kulit yang bukan hanya akan menyehatkan dan memutihkan kulit secara natural, namun juga akan menyamarkan bekas jerawat hitam dengan cepat.
  • Senyawa arbutin akan bekerja dengan menghambat enzim-enzim yang menstimulus sel-sel yang memproduksi pigmen. Seperti yang diketahui, kelebihan pigmen merupakan alasan mengapa noda bekas jerawat Anda menghitam. Nah, karena ada arbutin ini, maka noda hitam bekas jerawat Anda akan memudar.

Baca Juga: Obat Jerawat Batu dan Obat Jerawat Batu yang Ada di Apotik

 12. Menggunakan Tabir Surya

Menerapkan kebiasaan yang simpel seperti menggunakan tabir surya sebelum Anda beraktivitas outdoor tentu saja akan membantu untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat dalam jangka panjang. Nah, apakah Anda penasaran mengapa menggunakan tabir surya akan membantu menghilangkan noda hitam bekas jerawat? Berikut ulasannya.

Mengapa menggunakan tabir surya dapat menghilangkan noda hitam bekas jerawat?

Pertama, perlu diketahui bahwa salah satu faktor pemicu timbulnya noda hitam beka sjerawat adalah karena paparan sinar matahari yang berlebih. Nah, ketika kita beraktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama, tentu saja sinar UVA dan UVB dari matahari akan memberikan dampak buruk bagi kulit, yaitu adanya hiperpigmentasi pada kulit dan jerawat. Hiperpigmentasi merupakan penyebab jerawat meradang, dimana akan membuat jerawat Anda menjadi menghitam dan bekas jerawat Anda juga akan menjadi hitam. Oleh karena itu, diperlukan suatu produk yang dapat menangkal bahaya sinar UVA dan UVB di kulit Anda dan tabir surya merupakan produk yang dapat Anda gunakan.

Baca Juga: Cara Merawat Kulit Berjerawat

 13. Teknologi Dermabrasi

Jika Anda ingin menghilangkan noda bekas jerawat di kulit Anda dengan cepat, maka menggunakan suatu metode pengobatan yang sudah canggih tentu saja menjadi pilihan. Teknologi dermabrasi merupakan salah satu cara yang dapat menghilangkan noda hitam bekas jerawat dengan cepat.

Mengapa teknologi dermabrasi dapat menghilangkan noda hitam bekas jerawat?

Teknologi dermabrasi disebut sebagai salah satu cara penghilangan bekas jerawat karena teknologi ini akan mengangkat  lapisan atas pada kulit dengan menggunakan laser, dan memicu kulit untuk melakukan regenerasi kulit dengan menggantinya dengan sel-sel kulit yang baru. Nah, hal ini tentu saja akan membuat noda hitam bekas jerawat Anda dapat tersamarkan secara cepat dan teknologi ini dapat dikatakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat batu di hidung.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Saat Hamil

14. Peeling

Peeling merupakan salah satu cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat yang paling cepat jika memang Anda ingin segera menghilangkan noda hitam bekas jerawat di kulit Anda. Nah, peeling merupakan suatu prosedur untuk menghilangkan lapiasan kulit atas dan merangsang pertumbuhan sel-sel yang baru dengan menggunakan bahan kimia.

Mengapa Chemical Peeling dapat menghilangkan noda hitam bekas jerawat?

Seperti yang telah dijelaskan, dengan menggunakan bahan kimia, maka lapisan kulit Anda yang paling atas akan dikelupas sehingga memicu kulit untuk melakukan regenerasi sel-sel kulit yang baru, sehingga noda hitam bekas jerawat akan semakin tersamarkan. Untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat, disarankan melakukan chemical peeling bertipe medium, dimana nantinya lapisan kulit epidermis dan dermis akan dikelupas. Namun, ingatlah jika Anda perlu mengunjungi rumah sakit yang profesional untuk melakukan chemical peeling.

Baca Juga: Bahaya Chemical Peeling Untuk Wajah Jerawat

 15. Menggunakan Laser

Ini merupakan cara yang paling praktis sekaligus cepat jika memang Anda ingin menghilangkan noda hitam bekas jerawat dengan cepat. Hal ini karena teknologi ini akan menyamarkan dan memudarkan noda hitam dengan seketika. Nah, penasaran apa manfaat laser untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat? Berikut ulasannya.

Mengapa laser dapat menghilangkan noda hitam bekas jerawat?

Secara umum, teknologi laser ini bertujuan untuk merangsang produksi kolagen di kulit secara seketika, dimana kolagen inilah yang nantinya akan menghaluskan kulit dan memudarkan noda hitam bekas jerawat Anda. Secara umum, teknologi dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Laser ablatif, dimana pada teknologi ini, laser akan ditembakkan secara langsung ke noda hitam bekas jerawat, sehingga nantinya noda hitam bekas jerawat Anda akan menghilang dan kulit Anda menjadi halus.
  • Laser non-ablatif akan membantu merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak kolagen, namun laser tipe ini tidak akan mengganggu permukaan kulit Anda jika dibandingan laser ablatif.

Sebelum anda melakukan metode ini, ada baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter Anda sehingga Anda tidak akan mengalami efek samping laser wajah jerawat.

Baca Juga: Jenis-Jenis Laser Jerawat dan Efek Sampingnya

Tips Pendukung Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Setelah Anda mengetahui berbagai macam cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat baik dengan menggunakan bahan herbal dan menggunakan pengobatan medis, maka sekarang Anda juga harus mengetahui berbagai tindakan pendukung yang harus Anda lakukan agar noda hitam bekas jerawat Anda menjadi cepat menghilang.

  • Batasi Paparan Sinar Matahari Secara Langsung. Tentu Anda sudah mengetahui bahwa sinar matahari akan menyebabkan hiperpigmentasi yang akan membuat jerawat dan bekasnya berubah warna menjadi hitam. Oleh karena itu, batasi paparan sinar matahari secara langsung, walaupun Anda sudah menggunakan tabir surya sekalipun.
  • Perhatikan Makanan Yang Anda Konsumsi. Tanpa disadari, makanan merupakan salah satu faktor yang membuat noda hitam bekas jerawat menjadi muncul. Jika Anda mengkonsumsi makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus seperti makanan berminyak, makanan pedas, makanan bersantan, dan junk food, maka produksi sebum akan meningkat. Minyak berlebih di kulit akan mengubah bekas jerawat Anda akan menjadi hitam. (Baca: Makanan Penghilang Jerawat)
  • Hindari Stress. Menghindari stress merupakan salah satu hal yang harus Anda lakukan jika memang Anda ingin mempercepat penghilangan noda hitam bekas jerawat. Hal ini karena stress akan menyebabkan ketidakseimbangan jenis hormon penyebab jerawat yang akhirnya akan meningkatkan produksi sebum di kulit. Sebum yang berlebih tentu saja akan menimbulkan noda hitam bekas jerawat.
  • Perhatikan Penggunaan Kosmetik. Menggunakan kosmetik yang tidak tepat merupakan salah satu pemicu timbulnya noda hitam bekas jerawat karena kosmetik tertentu akan menutup pori-pori kulit. Oleh karena itu, gunakan daftar kosmetik untuk wajah berjerawat seperti bedak yang cocok untuk kulit berjerawat dan foundation untuk kulit berjerawat.

Baca Juga Artikel Tentang Jerawat Lainnya:

Nah, itulah tadi berbagai cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat sekaligus tips-tips pendukung yang akan mempercepat proses penghilangan noda hitam bekas jerawat. Jangan lupa juga untuk selalu mengaplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 11th, August 2016 / 20:04 Oleh :
Kategori : Pengobatan