Sponsors Link

13 Cara Menghindari Jerawat pada Wajah

Advertisement

Jerawat merupakan salah satu bentuk masalah pada wajah yang banyak dialami oleh para remaja. Namun walau begitu, tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang telah dewasa juga mengalaminya. Penyebab Jerawat umumnya muncul akibat berlebihnya produksi minyak dari wajah serta adanya penyumbatan pada kelenjar subaceous. Dengan melakukan perawatan yang tepat, jerawat dapat dihilangkan dan dapat pula dicegah kedatangannya. Ada banyak sekali hal yang dapat memunculkan jerawat yang harus anda hindari seperti gemar mengkonsumsi makanan cepat saji, jarang menjaga kebersihan wajah dan lain sebagainya..

Bagi anda yang ingin mendapatkan wajah bersih terbebas dari jerawat, ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menghindari jerawat, seperti berikut ini :

1. Bersihkan Wajah

Membersihkan wajah merupakan sebuah keharusan yang tidak boleh ditawar-tawar lagi. Membersihkan wajah menghindarkan anda dari kotoran-kotoran yang dapat membuat jerawat timbul. Saat membersihkan wajah dapat menggunakan pembersih wajah yang cocok bagi kulit wajah anda. Penggunaan pembersih membantu dalam mengangkat kotoran-kotoran yang menempel pada wajah secara menyeluruh. Mengingat ada banyak sekali jenis pembersih wajah yang ada, sebaiknya anda tidak mudah tergiur dengan harga yang murah. Pastikan pembersih wajah anda memiliki manfaat untu menghindari jerawat, atau gunakan pembersih wajah alami yang lebih aman.

2. Penggunaan handuk yang bersih

Saat membersihkan wajah tentu perlu mengelap wajah supaya tetap kering. Dalam menggunakan handuk, sebaiknya gunakan handuk yang benar-benar bersih. Penggunaan handuk yang kotor dapat membuat kotoran menempel pada wajah anda sehingga, dapat membuat penyebab timbulnya jerawat. Hindari menggunakan handuk yang kasar supaya tidak menyakiti wajah. Bersihkan wajah dengan cara menekan-nekan handuk dan tidak mengusapnya secara kasar.

3. Tidak berlebihan saat menggunakan make up

Saat menggunakan make up ada baiknya , ika tidak perlu berlebihan. Gunakan make up seperlunya saja dan tidak perlu terlalu menor. Perlu diketahui jika di dalam sebuah produk kacantikkan umumnya mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan terutama bagi wajah. Penggunaan secara tidak wajar atau terlalu banyak dapat membuat kulit mudah mengalami iritasi serta timbulnya jerawat terlebih jika produk yang digunakan tidak sesuai dengan jenis kulit wajah.

Jika anda tidak sedang ingin keluar rumah dan hanya berada di dalam rumah saja, maka dapat meminimalkan penggunaan make up atau bahkan tak perlu menggunakannya. (baca juga : cara menghilangkan jerawat akibat salah kosmetik)

4. Menggunakan pelembab

Menggunakan pelembab dapat membuat kulit wajah senantiasa terjaga dan terhindar dari kulit kering. Namun perlu diingat tidak sembarang pelembab cocok digunakan melainkan, ada beberapa yang tidak cocok sehingga malah memberi dampak buruk. Jika tidak tahu jenis kulit anda merupakan jenis yang bagaimana, sebaiknya memilih pelembab yang cocok bagi segala jenis kulit. Penggunaan pelembab dapat melindungi kulit anda dari sinar UV sehingga, terhindar dari kult yang kering. Beragamnya jenis pelembab sekarang ini, harus dipilih secara baik supaya tidak malah menimbulkan masalah pada wajah.

ads

5. Hindari kontak langsung dengan tangan yang kotor

Tahukah anda jika ternyata kebersihan tangan berpengaruh pula pada kebersihan wajah? Ketika tangan kotor dan menggunakan tangan tersebut untuk mengusap wajah, maka resiko timbulnya jerawat akan semakin besar. Ketika ingin mengusap muka, sebaiknya cuci dulu tangan anda hingga bersih. Terlebih jika wajah merupakan tipe wajah yang sensitif, maka jerawat dapat dengan mudah muncul akibat bakteri yang berasal dari tangan. (baca juga : mitos tenteng timbulnya jerawat)

6. Jaga diri saat berada di luar

Panasnya sinar matahari yang menyengat tidak hanya membuat suasana menjadi gerah meiankan juga menimbulkan gejala buruk bagi wajah. Penggunaan tabir surya dan pelembab mampu mengurangi dampak buruk tersebut. Gunakan tabir surya ketika anda ingin keluar dari rumah terlebih di atas jam 9 pagi. Selain menggunakan tabir surya, anda dapat pula menggunakan topi, masker atau kerudung supaya tidak terkena dampak langsung dari sinar matahari.

7. Hindari stres

Stres ternyata dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah. Agar terhindar dari dampak stres tersebut tentu membutuhkan manajemen stres yang baik supaya tidak berdampak pada wajah. Cari waktu luang untuk melakukan rekreasi atau melakukan hobi yang menyenangkan. Stres merupakan salah satu dampak dari beban pikiran akibat adanya banyak tekanan. Ada banyak sekali penyebab stres yang pastinya harus segera anda carikan solusinya supaya tidak berdampak negatif pada pikiran maupun kesehatan.

Tanamkan pada diri sendiri untuk tetap berpikir secara positif sehingga terhindar dari wajah kusam dan menyebabkan jerawat. (Baca juga : dampak psikologis akibat jerawat)

8. Rajin berolahraga

Ada banyak sekali jenis olahraga menyenangkan yang dapat dilakukan. Beragam olahraga ternyata bukan hanya menyehatkan tubuh saja melainkan juga, baik untuk cara menghilangkan jerawat secara alami dan menghindarinya. Tidak perlu melakukan jenis olahraga berat yang mengeluarkan banyak uang, namun cukup olahraga yang ringan dan dilakukan secara rutin untuk menghindari datangnya jerawat. Olahraga memiliki banyak sekali manfaat seperti menyegarkan tubuh, menghilangkan lemak yang menumpuk serta baik untuk menghindarkan stres.

9. Hindari makanan cepat saji

Tahukah anda jika ternyata makanan cepat saji yang banyak digemari merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat? Beragam makanan penyebab jerawat ini banyak mengandung zat tidak sehat yang buruk bagi kesehatan dan wajah. Sebagai ganti konsumsi makanan cepat saji, anda dapat memperbanyak makan sayur serta buah yang bagus untuk kesehatan dan bagus untuk menghindarkan anda dari jerawat. Makanan cepat saji memang merupakan jenis makanan yang terlalu menggoda untuk dilewatkan. Bentengi diri anda dengan baik supaya tidak mudah tergoda merupakan cara ampuh untuk melewatinya.

10. Melakukan konsultasi ke dokter

Cara yang satu ini menjadi salah satu cara efektif yang dapat dilakukan untuk menghindari datangnya jerawat. Berkonsultasi pada dokter membantu anda untuk menjaga wajah anda supaya tetap mulus dan bersih juga terhindar dari jerawat. Dokter ahli akan membantu anda dengan memberi rekomendasi cara mencegah jerawat secara tepat.

Ads

11. Gunakan masker

Penggunaan masker wajah tidak hanya baik untuk menjaga kelembaban wajah melainkan juga dapat menghindarkan anda dari jerawat. Dalam menggunakan masker alami untuk wajah berjerawat anda dapat memilih jenis masker yang alami. Ada banyak bahan alami yang dapat anda gunakan sebagai masker seperti bengkoang, tomat atau alpukat. Gunakan bahan-bahan alami tersebut secara rutin untuk merawat wajah anda sehari-hari. Selain itu anda juga dapat memanfaatkan putih telur serta minyak zaitun untuk merawat wajah anda.

12. Istirahat yang teratur

Istirahat yang teratur ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Istirahat yang teratur membantu tubuh terasa lebih segar dan yang pasti terhindar dari kelelahan juga beban pikiran. Bagi yang memiliki banyak sekali tugas menumpuk entah di kantor atau tugas sekolah, tentu perlu menyiapkan dan merubah jadwal dengan memasukkan jadwal tidur yang cukup. Gunakan jam tidur dengan baik supaya tidak menimbulkan kulit kusam pada wajah serta munculnya jerawat.

13. Mengonsumsi banyak air putih

Air putih tidak hanya bagus untuk tubuh melainkan juga mampu menghindarkan wajah dari jerawat. Air putih membantu tubuh anda dalam melarutkan lemak dan minyak yang ada dalam tubuh. Dengan pencernaan serta wajah yang sehat mampu menghindarkan anda dari wajah kusam dan jerawat. Mengonsumsi air putih dapat dilakukan sebanyak 8 gelas pada tiap harinya. Selain itu hindari minuman yang tidak sehat seperti minuman bersoda dan minuman dengan campuran bahan berbahaya lainnya karena buruk bagi kesehatan anda.

Bagi yang memiliki banyak jerawat, tidak perlu merasa khawatir karena ada banyak sekali cara untuk mengobati jerawat mulai dari bahan alami hingga dengan cara-cara yang modern sekalipun.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 30th, December 2015 / 09:17 Oleh :
Kategori : Pencegahan