Sponsors Link

10 Cara Mengobati Jerawat Bernanah Secara Tradisional dan Medis

Sponsors Link

Berbagai jenis jerawat yang timbul di kulit dan segala sesuatu tentang jerawat merupakan suatu bencana bagi setiap orang. Hal ini karena jerawat akan menyebabkan penampilan seseorang menjadi kurang menarik dan seseorang akan mengalami dampak psikologis akibat jerawat, seperti kepercayaan diri yang menurun. Nah, hal yang paling menyebalkan adalah ketika jerawat bernanah muncul, karena memang jerawat tipe ini merupakan salah satu jerawat yang paling berbahaya. Faktor penyebab jerawat bernanah hampir sama dengan penyebab jerawat batu, yang informasinya dapat anda lihat dibawah ini. Selain itu, apakah anda penasaran bagaimanakah cara mengobati jerawat bernanah yang tepat? Jika ‘ya’, maka baca informasi berharga dibawah ini.

Sponsors Link

Penyebab Jerawat Bernanah

Sebelum anda melihat berbagai macam cara yang ampu untuk menghilangkan jerawat bernanah, maka ada baiknya anda terlebih dahulu melihat penyebab-penyebab jerawat bernanah. Berikut ini ulasannya untuk anda.

  • Bakteri. Bakteri penyebab jerawat merupakan faktor utama mengapa jerawat bernanah dapat muncul di kulit anda. Nah, nanah yang ada di kulit anda biasanya terjadi karena adanya infeksi yang diakibatkan oleh bakteri penyebab jerawat. Nah, jika nanah ini pecah, maka infeksi bakteri akan menyebar ke area di sekitar jerawat nanah tersebut di kulit anda.
  • Faktor Makanan. Mengkonsumsi makanan yang tidak tepat akan juga akan menyebabkan timbulnya jerawat bernanah. Nah, ketika anda mengkonsumsi makanan seperti makanan berminyak, junk food, atau makanan pedas, maka produksiminyak di kulit akan bertambah dengan cepat dan hal ini akan menimbulkan peradangan pada jerawat anda. Hasilnya, jangan heran jika kulit anda ditumbuhi jerawat bernanah.
  • Kurang Menjaga Kebersihan Wajah. Jika anda termasuk orang yang jarang memperhatikan kebersihan wajah, maka tentu saja akan terkena jerawat bernanah. Hal ini karena jika wajah tidak sering dibersihkan, maka segala kotoran, debu menyebabkan jerawat, serta polusi yang menempel di kulit wajah anda akan berinteraksi dengan jerawat anda yang masih aktif, dan akan menimbulkan jerawat bernanah.
  • Faktor Genetik dan Hormon. Jika anda memiliki orang tua yang memiliki kulit yang berminyak, maka kemungkinan besar kulit anda juga akan berminyak. Kulit yang berminyak juga akan menyebabkan jerawat bernanah. Selain itu, ketidakseimbangan jenis-jenis hormon penyebab jerawat yang diakibatkan oleh stress, pubertas, atau kuranya waktu beristirahat juga akan meninkatkan produksi minyak yang akan menyebabkan jerawat bernanah.

Baca Juga: Ciri-Ciri Jerawat Karena Hormon dan Cara Mengatasinya

Nah, setelah anda mengetahui berbagai penyebab jerawat bernanah, maka sekarang saatnya anda mengetahui berbagai macam cara mengobati jerawat bernanah. Berikut ulasannya.

1. Lemon

Ketika anda mendapat jerawat yang bernanah di kulit anda, maka cara herbal yang harus anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan menggunakan cara herbal, salah satunya lemon. Nah, apakah manfaat lemon untuk jerawat dan bagaimanakah cara menggunakan lemon utnuk menghilangkan jerawat? Berikut ulasannya untuk anda.

  • Lemon mengandung Vitamin C yang sangat tinggi yang membuat lemon mampu memicu produksi kolagen pada kulit. Manfaat kolagen untuk jerawat pada kulit akan menghaluskan dan menyembuhkan jerawat secara cepat, karena memang kolagen ini semacam protein bagi kulit.
  • Selain itu, kandungan Vitamin C lemon akan mencegah radikal bebas dan mengobati peradangan yang dilakukan oleh bakteri penyebab jerawat.
  • Asam sitrat pada lemon akan berperan sebagai eksfoliate agent yang akan menyingkirkan berbagai sel kulit mati serta dapat berperan sebagai peeling alami bagi wajah, sehingga jerawat bernanah akan semakin cepat untuk dihilangkan.

Cara mengobati jerawat bernanah dengan meggunakan lemon

  • Pertama, siapkan 1 buah lemon dan 1 buah air bersih.
  • Kemudian campurkan air perasan lemon ke dalam air dengan alasan agar sifat asam dari lemon tidak akan terlalu menyebabkan rasa perih bagi kulit anda.
  • Kemudian anda dapat memulai mengoleskan air perasan lemon ini ke area kulit anda yang terdapat jerawat bernanah.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka ada baiknya anda menggunakan lemon ini sebelum anda tidur pada malam hari.
  • Pada pagi harinya, segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka anda dapat menggunakan lemon ini sehari sekali, bahkan saat jerawat bernanah sudah menghilang.

Baca Juga: Manfaat Lemon untuk Bekas Jerawat

2. Bawang Putih

Selain menggunakan lemon, bawang putih juga merupakan bahan alami yang akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat bernanah. Nah, berikut ini manfaat bawang putih untuk jerawat bernanah serta cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih.

  • Bawang putih memiliki kandungan sulfur yang bernama thiacremonon. Thiacremonon ini memiliki kemampuan untuk mengeringkan jerawat meradang, termasuk jerawat bernanah, secara cepat, sehingga jerawat bernanah dapat segera menghilang dari kulit anda.
  • Bawang putih memiliki sifat yang lengkap, mulai dari anti-bakteri, anti-jamur, dan antiseptik alami yang akan sangat bermanfaat untuk menyembuhkan kuman dan bakteri penyebab jerawat.

Cara menghilangkan jerawat bernanah dengan menggunakan bawang putih

  • Pertama, siapkan 3 hingga 4 siung bawang putih, kemudian tumbuk halus bawang putih tersebut menjadi butiran-butiran bubuk, kemudian tambahkan dengan sedikit air.
  • Setelah itu, anda dapat mengoleskan bawang putih tersebut ke area kulit anda yang terdapat jerawat bernanah.
  • Diamkan masker bawang putih tersebut meresap di kulit anda selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu segera cucikulit anda dengan menggunakan air bersih dan ekringkan dengan segera.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan masker bawang putihini sehari sekali secara rutin hingga jerawat bernanah di kulit anda menghilang.

Baca Juga: Bahaya Bawang Putih untuk Jerawat dan Bahaya Menghilangkan Tahi Lalat dengan Bawang Putih

ads

3. Daun Sirih

Berbicara tentang jerawat bernanah, maka cara yang juga akan sangat ampuh untuk menghilangkannya adalah dengan menggunakan daun sirih. Daun sirih merupakan daaun tradisional yang memiliki manfaat bukan hanya untuk jerawat, namun kesehatan tubuh anda secara keseluruhan. Nah, apakah anda penasaran apa sajakah manfaat daun sirih untuk jerawat batu dan jerawat bernanah dan bagaimanakah cara menghilangkan jerawat dengan daun sirih? Berikut ini ulasannya untuk anda.

  • Daun sirih memiliki kandungan Vitamin C yang sudah tidak diragukan lagi, sehingga membuat daun sirih ini memiliki kemampuan yang luar biasa untuk menangkal radikal bebas dan juga dapat memicu produksi kolagen sehingga dapat menghaluskan kulit.
  • Daun sirih memiliki kandungan bernama betlephenol yang akan berperan sebagai anti-bakteri, sehingga akan membasmi segala bakteri penyebab jerawat yang dapat menyebabkan jerawat bernanah.

Cara menghilangkan jerawat bernanah dengan menggunakan daun sirih.

  • Pertama, siapkan 9 helai daun sirih, kemudian tumbuk halus daun sirih tersebut hingga halus, dan campurkan dengan sedikit air sehingga teksturnya akan sangat cocok untuk dijadikan masker.
  • Setelah itu, segera oleskan daun sirih tersebut ke area kulit anda yang terdapat jerawat bernanah dengan lembut.
  • Setelah itu, diamkan masker daun sirih tersebut di kulit anda selama kurang lebih 15 menit hingga 20 menit.
  • Setelah itu segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih dan segera keringkan. Setelah itu, lebih baik gunakan pelembab kulit kepercayaan anda.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan daun sirih cukup 3 kali dalam seminggu secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Daun Sirih

4. Jahe

Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk menagtasi jerawat bernanah adalah jahe. Nah, ternyata selain digunakan sebagai rempah-rempah, jahe akan merupakan cara menghilangkan jerawat bernanah yang ampuh. Berikut ini merupakan beberapa manfaat jahe untuk  jerawat:

  • Jahe mengandung senyawa gingerols, shogaols, zingibain, dan bermacam-macam senyawa bermanfaat lainnya yang sangat ampuh untuk mengurangi rasa perih serta iritasi yang disebabkan oleh jerawat batu dan jerawat bernanah.
  • Jahe memiliki kandungan antioksidan yang akan sangat bermanfaat untuk mencegah radikal bebas sekaligus untuk menghilangkan bakteri peneyab jerawat bernanah.

Cara menghilangkan jerawat bernanah dengan menggunakan jahe.

Cara mengobati jerawat bernanah dengan menggunakan jahe ada 2 cara, yaitu dengan cara dikonsumsi atau dengan cara dioleskan ke kulit. Untuk mengkonsumsi jahe, maka anda cukup siapkan jahe, kemudian keluas kulitnya dan segera masukkan jahe tersebut dengan dicampurkan dengan air ke dalam sebuah blender. Tunggu hingga campuran jahe tersebut halus dan segera minum. Nah, jika anda ingin mengoleskan di kulit, maka ini caranya.

  • Pertama, siapkan 1 atau 2 buah jahe, kemudian jangan lupa kelupas kulitnya. Kemudian tumbuk halus jahe tersebut hingga halus, kemudian campur dengan menggunakan air.
  • Setelah itu, segera oleskan jahe tersebut ke area kulit anda yang terdapat jerawat bernanah.
  • Diamkan jahe tersebut selama kurang lebih 20 menit, kemudian segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih dan aplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat. Jangan lupa keringkan dengan segera.
  • Nah, untuk dapat menghasilkan hasil yang maksimal, maka anda dapat menggunakan jahe ini sehari sekali secara rutin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Kunyit

5. Minyak Zaitun

Tahukah anda bahwa selain digunakan sebagai bahan masakan, minyak zaitun juga memiliki kemampuan yang luar biasa untuk menghilangkan  jerawat bernanah? Berikut ini merupakan beberapa manfaat minyak zaitun untuk menghilangkan jerawat dan cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun.

  • Minyak zaitun merupakan anti-bakteri alami, yang membuat minyak zaitun ini dapat mengatasi berbagai macam bakteri penyebab jerawat yang dapat menjadi penyebab jerawat bernanah.
  • Minyak zaitun mengandung senyawa polifenol yang akan mencegah serta menyembuhkan peradangan jerawat yang merupakan faktor utama penyebab munculnya jerawat bernanah.
  • Minyak zaitun mengandung asam lemak esensial yang akan memperbaiki bagian-bagian kulit yang rusak, sehingga jerawat bernanah akan segera hilang dan digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam.

Cara menghilangkan jerawat bernanah dengan menggunakan minyak zaitun.

  • Pertama, siapkan minyak zaitun, kemudian segera oleskan minyak zaitun tersebut ke area kulit anda yang terkena jerawat bernanah dengan menggunakan jari telunjuk anda.
  • Ada baiknya anda mengoleskan minyak zaitun ini pada malam sebelum tidur, kemudian anda segera mencuci kulit anda dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, maka anda dapat menggunakan minyak zaitun ini sekali setiap hari secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Minyak Ular untuk Jerawat dan Manfaat Minyak Biawak untuk Jerawat

6. Menggunakan Sabun Wajah Yang Sesuai

Menggunakan sabun wjaah yang sesuai juga merupakan salah satu cara yang sederhana, namun memiliki peranan penting untuk menghilangkan jerawat bernanah di kulit anda. Jika anda memiliki wajah yang berjerawat dan berminyak, maka lebih baik jika anda menggunakan sabun muka yang memang ditujukan untuk wajah berjerawat dan berminyak, serta menggunakan pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak.

Selain itu, ada baiknya anda menggunakan sabun muka yang mengandung asam salisilat karena senyawa ini memiliki kemampuan untuk menyembuhkan jerawat bernanah secara perlahan. Asam salisilat akan mencegah menutupnya pori-pori dari debu, kotoran, dan polusi yang dapat menyebabkan jerawat bernanah. Namun, asam salisilat tidak dapat membunuh jerawat yang dapat menyebabkan jerawat bernanah. Oleh karena itu, selain menggunakan sabun muka yang mengandung asam salisilat, jangan lupa kombinasikan dengan metode pengobatan yang lain.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Caladine

7. Obat Antibiotik

Selain menggunakan cara alami, maka proses pengobatan jerawat bernanah juga dapat dilakukan dengan menggunakan pengobatan. Metode pengobatan yang sering digunakan untuk menyembuhkan jerawat bernanah adalah dengan menggunakan obat antibiotik dari dokter, baik itu antibiotik topikal atau antibiotik oral.

Bagaimanakah antibiotik menyembuhkan jerawat bernanah?

  • Antibiotik akan secara cepat mampu membunuh berbagai bakteri yang merupakan salah satu faktor utama mengapa jerawat bernanah dapat muncul. Selain itu, bakteri yang menutup pori-pori pun akan menghilang dengan cepat.
  • Antibiotik memiliki kemampuan untuk mencegah peradangan yang ditimbulkan oleh berbagai macam bakteri penyebab jerawat.

Nah, biasanya antibiotik yang berupa salep hanya dapat digunakan untuk mengobati jerawat bernanah yang tidak begitu parah. Namun, jika anda memiliki jerawat bernanah berukuran besar dan parah, maka sebaiknya anda memilih antibiotik oral. Jangan lupa konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu perihal dosis penggunaan yang tepat jika anda tidak ingin merasakan bahaya antibiotik jerawat. Salah satu contoh antibiotik yang terdapat dalam bentuk oral dan topikal adalah cindala.

Baca Juga: Manfaat Obat jerawat Cindala dan Manfaat Amoxicillin Untuk Jerawat

8. Obat Isotretinoin

Dalam dunia medis, obat isotretinoin dianggap sebagai obat jerawat yang paling ampuh jika memang anda memiliki jerawat parah, termasuk jerawat bernanah. Nah, jika anda penasaran bagaimana isotretinoin ini menghilangkan jerawat, berikut ini ulasannya.

Bagaimanakah isotretinoin menyembuhkan jerawat bernanah?

  • Isotretinoin akan menghilangkan atau mengurangi peradangan pada jerawat parah di kulit anda, termasuk jerawat bernanah, dengan cepat. Maka tak heran jika Isotretinoin ini merupakan obat jerawat batu yang ada di apotik yang paling ampuh.
  • Isotretinoin memiliki kemampuan untuk mengurangi produksi minyak berlebih di kulit, sehingga kemungkinan peradangan jerawat akibat minyak berlebuh akan berkurang dan dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kemerahan pada jerawat.

Nah, oleh karena obat ini memiliki tingkat keampuhan yang tinggi, maka anda harus memiliki rekomendasi dari dokter sebelum menggunakan obat ini. Selain itu, obat ini juga memiliki efek samping yang lebih banyak dibandingkan dengan obat antibiotik.

Sponsors Link

9. Injeksi Steroid

Injeksi steroid merupakan metode yang biasanya digunakan untuk mengobati jerawat parah seperti jerawat batu atau jerawat bernanah. Nah, injeksi steroid ini biasanya dilakukan dengan cara menyuntikkan bahan kimia bernama steroid ke area kulit anda yang terdapat jerawat. Nah, cairan steroid ini memiliki sifat anti-inflammasi yang akan menyembuhkan peradangan jerawat serta dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat tanpa bekas.

Jika anda memiliki jerawat bernanah, maka nanah akan terlebih dahulu dikeluarkan dengan menggunakan jarum suntik, kemudian baru cairan steroid disuntikkan ke bagian jerawat di kulit anda. Jika anda memiliki jerawat bernanah yang terdapat di 1 atau 2 tempat di kulit anda, maka cara ini merupakan cara yang efektif. Namun, jika anda memiliki jerawat yang sangat banyak di kulit, maka dokter pasti akan merekomendasikan cara lain karena berbagai efek samping yang akan dihasilkan oleh metode ini.

Baca Juga: Bahaya Injeksi Jerawat

10. Menggunakan Metode Laser

Menggunakan metode laser untuk menyembuhkan jerawat bernanah merupakan metode yang paling ampuh sekaligus merupakan metode yang paling cepat. Selama ini, laser merupakan obat jerawat meradang yang paling ampuh. Dengan menggunakan laser, maka jerawat bernanah anda beserta bekasnya akan menghilang dari kulit anda. berikut ini ulasan mengenai bagaimana laser akan mengobati jerawat bernanah.

Bagaimanakah laser menyembuhkan jerawat bernanah?

  • Laser memiliki daya vakum yang akan menyedot segala debu, kotoran, maupun polusi yang dapat menyebabkan jerawat bernanah dan komedo hingga ke bagian pori-pori yang dalam.
  • Metode laser juga akan mematikan berbagai bakteri penyebab jerawat serta memicu wajah untuk memproduksi kolagen secara seketika yang akan sangat bermanfaat untuk menghaluskan kulit sehingga proses penyembuhan jerawat akan berlangsung dengan cepat.

Baca Juga: Jenis-Jenis Laser Jerawat dan Efek Sampingnya

 Tips Menghilangkan Jerawat Bernanah

Nah, setelah anda mengetahui berbagai macam cara menghilangkan jerawat bernanah dengan menggunakan bahan alami dan metode pengobatan, maka anda juga perlu memperhatikan berbagai tips berikut ini agar proses menghilangkan jerawat bernanah anda akan semakin maksimal.

  • Minum Banyak Air Putih. Meminum banyak air putih akan mendetoksifikasi berbagai macam racun yang terdapat di tubuh anda, termasuk darah kotor yang terdapat berbagai macam bakteri penyebab jerawat. Dengan meminum air, maka tubuh anda akan terbebas dari darah kotor yang merupakan penyebab munculnya jerawat bernanah di kemudian hari. Maka tak heran jika air putih merupakan tips membersihkan darah kotor penyebab jerawat.
  • Konsumsi Makanan Yang Tepat. Jika anda mendapati jerawat bernanah di kulit anda, maka jangan sesekali memakan makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus seperti makanan pedas, makanan berminyak, junk food, atau makanan bersantan. Makanan tersebut akan membuat produksi minyak di kulit menjadi berlebih dan akhirnya, jerawat bernanah akan menjadi semakin parah. Ada baiknya anda mengkonsumsi makanan penghilang jerawat seperti sayuran dan buah-buahan.
  • Melakukan Olahraga Secara Rutin. Melakukan olahraga secara rutin juga akan sangat bermanfaat untuk mempercepat proses penghilangan jerawat bernanah. Nah, mengapa demikian? Karena dengan berolahraga secara rutin, maka sirkulasi darah akan semakin bak dan darah kotor yang menyebabkan jerawat bernanah akan keluar dari tubuh anda.
  • Bersihkan Wajah Anda 2 Kali Sehari. Mencuci kulit secara rutin sebanyak 2 kali sehari juga akan sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit anda dan juga akan menghindarkan anda dari berbagai penyebab jerawat meradang. Membersihkan wajah dengan sabun muka akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan berbagai kotoran, debu, dan polusi yang akan berpotensi untuk membuat peradangan pada jerawat bernanah.

Baca Juga:

Nah, sekarang anda sudah mengetahui segala cara yang diperlukan untuk menghilangkan jerawat bernanah serta berbagai tips untuk menghilangkan jerawat bernanah. Jangan lupa aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 20th, July 2016 / 08:28 Oleh :
Kategori : Pengobatan