Sponsors Link
     Sponsors Link

5 Cara Mengobati Jerawat dengan Madu Paling Efektif

Advertisement

Madu merupakan cairan yang berasal dari sari bunga yang didapat oleh lebah dari bunga yang sedang bermekaran ditaman – taman. Jenis bunga yang diambil nektarnya oleh lebah juga memperngaruhi rasa dari madu. Namun manfaat dari madu tetap sama dan sudah sejak lama dipercaya baik untuk kesehatan tubuh dan menjaga kecantikan kulit secara keseluruhan. Madu bisa didapatkan ditoko, apotik dan minimarket karena banyaknya produksi madu oleh usaha – usaha menengah hingga besar. Madu memiliki kandungan seperti :

  • Karbohidrat yang tinggi sekitar 82,4 mg.
  • Fruktosa yang membuat rasa madu manis alami.
  • Air yang memberi kekentalan yang pas untuk madu.
  • Kalori yang berjumlah setara dengan empat buah pisang yang dikonsumsi sekaligus.
  • Zat besi yang membantu meregenerasi kulit dan menggantinya dengan sel kulit yang baru.

Kandungan dari madu ini berasal dari madu asli yang harganya lebih mahal karena kualitas dan kuantitas yang dimilikinya. Sedangkan jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang umum tumbuh pada kulit remaja dan memasuki usia dewasa awal. Jerawat disebabkan karena banyak faktor dan faktor yang mempengaruhi timbulnya jerawat diwajah adalah sebagai berikut  :

1.Genetika

Faktor keturunan sangat berperan hampir 80 % untuk menentukan mucnulnya jerawat pada wajah. Hingga saat ini genetika memang tidak bosa dilepaskan namun bisa diminimalisasi kenungkinanny6a dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

Artikel terkait :

2. Makanan

Sebaiknya Anda mulai rajin mengkonsumsi buah dan syuran demi mendapatkan kulit yang cantik dan terawat. Karena memang orang yang dikatakan cantik itu adalah merekan yang memiliki kulit yang sehat dan terawat. Perlu diketahui untuk merawat kulit tidak hanya dari luar dengan menggunakan produk – produk dengan harga selangit. Namun juga memerlukan perawatan dari adalam. Agar kecantikan yang terpancar pada diri Anda adalah kecantikan luar dan dalam secara keseluruhan.

Artikel terkait :

3. Mental

Kesehatan psikis dan mental juga diperlukan agar tidak menganggu proses metabolisme didalam tubuh. Metabolisme yang tidak lancar didalam tubuh akibat stres yang Anda rasakan berdampak bagi kesehatan kulit. Kulit bisa menjadi kusam, pucat dan berjerawat. Belum lagi metabolisme tubuh yang terganggu mengakibatkan setiap organ dalam tubuh tidak bekerja dengan baik yang akan memeprngaruihi kesehatan Anda.( Baca juga : Dampak psikologi akibat jerawat )

4. Jarang berolahraga

Mungkin Anda merupakan tipe karyawan yang lebih banyak bekerja karena tuntutan daripada memberikan waktu luang sedikit untuk berolahraga. Walaupun terlihat sepele sebenarnya olahraga baik untuk kesehatan dalam jangka pangjang. Berikut ini manfaat olahraga secara keseluruhan yaitu melancarkan peredaran darah didalam tubuh, meningkatkan imunitas tubuh, memperbaiki mood Anda dalam menjalankan aktifitas sehari – hari dan mencegah timbulnya penyakit kronis akibat gaya hidup yang tidak sehat.

Ads

Itulah beberapa faktor yang dapat menimbulkan masalah pada kulit terutama jerawat. Jika Anda memiliki jerawat yang timbul diwajah langkah pertama sebaiknya jangan pernah memencet jerawat dengan tujuan mengeluarkan isi dari jerawat agar jerawat segera sembuh. Ini merupakan salah satu kebiasaan yang tidak sehat dan contoh penanganan jerawat yang salah. Justru saat Anda memencet jerawat dengan tangan bisa menimbulkan infeksi pada jerawat.

Baca juga :

Jerawat menjadi lebih banyak akibat air yang mengalir disekitar kulit yang semula belum ditumbuhi jerawat dan mengakibatkan bopeng. Bopeng merupakan kondisi dimama kulit wajah terlihat berlubang akibat ulah memencet jerawat sehingga lapisan kulit luar menjadi terluka. Bopeng pada jerawat sangat tidak bisa dihilangkan dan bersifat permanen pada kulit wajah. ( Baca juga : Cara menghilangkan bekas jerawat akibat dipencet , Obat bopeng jerawat)

Ada baiknya jika Anda ingin mengobati jerawat yang sudah terlanjur dikulit menggunakan bahan alami seperti madu. Madu bisa mengatasi jerawat pada wajah Anda. Sebelum menggunakan madu ada baiknya mengetahui bahwa madu yang Anda gunakan sebagai masker memang berasal dari madu asli 100 %. Berikut ini ciri – ciri madu yang asli yaitu :

  • Madu asli tidak pernah dikerubuti oleh semut saat tetesan dari madu terletak diatas meja Anda.
  • Madu asli juga tidak akan mengalami pembekuan saat disimpan didalam lemari pendingin untuk menyimpannya.

Baca juga ( Manfaat masker madu untuk jerawat dan cara membuatnya, Cara menghilangkan jerawat dengan madu, Cara menghilangkan bekas jerawat dengan madu )

Dan untuk membuat masker madu untuk mengatasi jerawat Anda bisa mencampurkan madu dengan beberapa bahan alami lainnya. Berikut ini ulasan campuran bahan alami dengan madu untuk Anda :

ads

1. Madu dan kayu manis

Madu memiliki kandungan anti bakteri dan kayu manis memiliki kandungan anti peradangan. Kedua kandungan yang terdapat pada bahan alami untk mengobati jerawat pada kulit. Kayu manis yang digunakan dapat dihaluskan terlebih dahulu. Namun agar praktis Anda dapat menggunakan bubuk dari kayu manis. Cara untuk membuat masker dari madu dan kayu manis ini adalah tuangkan satu sendok makan madu kedalam piring kecil. Tambahkan bubuk kayu manis setengah sendok makan diatasnya. Aduk hingga merata baru kemudian ditempelkan pada bagian yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit sampai dengan 15 menit. Baru setelah itu dibilas hingga bersih. Penggunaan masker ini dapat dilakukan satu kali sehari dalam masa pengobatan. Lakukan dengan teratur agar mendapatkan hasil yang memuaskan. ( Baca juga : Cara menghilangkan jerawat secara tradisonal )

2. Madu dan yogurt

Selanjutnya bahan alami yang mampu untuk mengatasi jerawat adalah campuran madu dan yogurt. Caranya juga sama tambahkan yogurt pada madu dan aduk hingga merata kedua bahan tadi. Sebelum mengaplikasikannya pada wajah ada baiknya membersihkan wajah terlebih dahulu dan buka pori agar masker dapat teresap secara merata. Buka pori – pori pada wajah dengan menggunakan uap air panas dengan hati – hati. Tempelkan masker selama 10 menit sampai dengan 15 menit. Biarkan masker teresap pada kulit secara sempurna. Sesudah itu dapat dibilas dengan aor dingin yang bertujuan untuk menutup kembali pori – pori pada wajah. ( Baca juga : Scrub alami untuk wajah berjerawat dan berminyak serta cara penggunaanya)

3. Madu dan strawberrry

Buah strawberry berwarna merah muda dengan ukuran yang kecil dan memiliki rasa yang asam. Strawberry bermanfaat dibidang kecantikan untuk mengatasi penuaan dini dengan meremajakan sel kulit karena buah ini mengandung antioksidan yang baik untuk kulit. Dengan demikian saat strawberry dihaluskan kemudian dicampur dengan madu bisa menjadi masker yang berguna untuk mengobati jerawat. Penggunaan masker ini dapat dilakukan sendiri dirumah asalkan Anda sabar dan telaten maka masker ini akan membuat Anda mendapatkan hasil yang memuaskan.

4. Madu dan alpukat

Alpukat memiliki fungsi untuk melembapkan kulit karena kandungan minyak alami yang terdapat pada buahnya. Campuran madu dan alpukat juga sudah banyak yang membuktikan mampu mengobati jerawat secara alami dan bebas efek samping. Cara untuk membuat masker dari bahan madu dan alpukat ini cukup ambil daging buah alpukat kemudian dihaluskan. Gabungkan madu dan alpukat yang sudah dihaluskan tadi kemudian ditempelkan pada kulit wajah. Tunggu hingga 10 sampai dengan 15 menit. Baru kemudian dapat dibilas dengan menggunakan air yang bersih.

5. Madu dan oatmeal

Bahan alami berikutnya yang mampu mengobati jerawat adalah campuran madu dan oatmeal. Caranya adalah dengan menuangkan madu pada piring kecil lalu masukkan oatmeal kedalamnya. Aduk hingga merata kedua bahan tadi. Oleskan untuk mengobati jerawat pada wajah. Diamkan selama 10 sampai dengan 15 menit baru kemudian dibilas wajah dengan air yang bersih. Penggunaan masker ini dapat dilakukan sendiri dirumah dan lebih aman dari dampak negatif pada kulit dalam jangka waktu yang panjang.

Artikel terkait :

Demikianlah ulasan mengenai campuran madu dan bahan alami lainnya untuk mengobati jerawat. Adapun jika Anda hanya ingin menggunakan madu saja tinggal mengoleskan madu pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 sampai dengan 15 menit. Baru kemudian dibila wajah hingga benar – benar bersih. Pakai masker madu ini secara teratur dan lihatlah perbedaannya. Kulit akan menjadi lebih sehat dan jerawat perlahan – lahan mulai sembuh. Yuk buktikan !

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 19th, November 2016 / 04:33 Oleh :
Kategori : Pengobatan