Sponsors Link

8 Cara Menyembuhkan Jerawat Nanah secara Alami

Sponsors Link

Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat menganggu. Semua aspek tampaknya ikut seperti mulai hilang percaya diri. Bagaimana tidak kulit yang awalnya mulus dan bersih tiba – tiba ditumbuhi benjolan kecil. Tentu ini bisa menjadi penyebab hilangnya rasa percaya diri. Namun dibalik itu semua untuk melakukan pencegahan dari jerawat lebih penting dan utama. Jerawat berdasarkan bentuk dan jenisnya juga memiliki perbedaan. Kali ini kita akan membahas mengenai jerawat yang bernanah. (Baca juga : Macam – macam jenis jerawat dan cara mengatasinya )

Sponsors Link

Jerawat bernanah mulanya terjadi akibat produksi kelenjar minyak yang berlebih pada wajah terutama kulit wajah yang berminyak dan berpori – pori besar. Selain itu faktor penyebab jerawat bernanah adalah tingginya hormon testoteron didalam tubuh. Untuk itu ada beberapa pencegahan yang sebaiknya Anda terapkan dirumah agar kondisi jerawat bernanah tidak semakin meradang seperti :

  • Perbanyak minum air putih yang cukup utntuk tubuh, selingi juga dengan konsumsi buah dan sayuran setiap harinya.
  • Tidak boleh meraba jerawat dengan tangan, karena khawatir tangan dalam kondisi yang tidak bersih sehingga dapat mengakibatkan infeksi pada jerawat.
  • Memilih produk pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulit wajah Anda. Setelahnya lakukan pembersihan kulit wajah sebanyak dua kali dalam sehari. ( Baca juga : Perawatan wajah berjerawatn dan berminyak secara alami )

Awalnya kondisi jerawat sama seperti jerawat pada umumnya berwarna merah dan meradang. Namun kondisi ini lambat laun akan  berubah menjadi nanah karena terjadinya infeksi. Adapun untuk mengetahui penyebab jerawat menjadi bernanah adalah sebagai berikut :

  • Terlalu banyak memakan makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Keberadaan gula didalam tubuh bisa menjadi faktor penyebab jerawat bernanah.
  • Infeksi akibat sering memencet jerawat dan merabanya dengan tangan. ( Baca juga : Bahaya infeksi jerawat )
  • Memencet jerawat dengan bertujuan mengeluarkan isinya. Tindakan ini hanya akan menyebabkan jerawat menjadi lebih banyak karena saat memencet cairan yang keluar akan menyebar hampir kesemua kulit dan menimbulkan jerawat baru lagi. ( Baca juga : Cara menghilangkan bekas jerawat akibat dipencet)

Sebenarnya banyak langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat bernanah. Banyak yang memilih menggunakan bahan alami karena terbukti mampu mengobati jerawat lebih aman tanpa efek samping berupa ketergantungan. Bahan alami juga tidak memerlukan biaya yang banyak terutama untuk Anda yang memang mencari jalan menghilangkan jerawat tanpa biaya yang banyak.

Artikel terkait :

Berikut ini bahan – bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menyembuhkan jerawat nanah secara alami :

1. Tomat

Buah yang berwarna merah ini kaya akan licopene yang berfungsi untuk mejaga kekenyalan kulit wajah. Selain itu kandungan vitamin c yang tinggi didalam tomat mampu menyembuhak jerawat bernanah secara alami. Untuk menggunakan buah tomat sebagai obat alami terlebih dahulu Anda harus membuatnya sebagai masker. Berikut ini cara membuat masker dari tomat :

  • Sediakan buah tomat yang sudah matang kemudia dicucui terlebih dahulu.
  • Masukkan kedalam blender untuk dihaluskan. Sesudah itu tuangkan kedalam piring.
  • Oleskan pada wajah secara merata. Dan diamkan selama 30 menit.
  • Bilas wajah Anda dengan air yang bersih.
Sponsors Link

Bila masker dari buah tomat ini masih bersisa bisa disimpan dulu didalam kulkas untuk digunakan besoknya. Dalam rangka menyembuhkan jerawat bernanah sebaiknya gunakan masker tomat ini setia hari.

Artikel terkait :

2. Lidah buaya

Tanaman yang satu ini memiliki nama latin yaitu aloe vera. Lidah buaya megandung pelembap alami yang dapat melembapkan kulit yang kering. Selain itu dalam gel lidah buaya terdapat antibakteri dan antiperadangan yang baik untuk menyembuhkan jerawat bernanah secara alami. Untuk mendapatkan gel dari lidah buaya dapat dilakukan langkah – langkah sebagai berikut ini :

  • Potong batang lidah buaya dengan pisau kemudian bersihkan dai getahnya yang berwarna kuning. Getah lidah buaya dapat mengakibatkan rasa gatal pada kulit jika mengenai kulit.
  • Bersihkan dengan air baru kemudian kupas kulitnya dan ambil bagian gel dari lidah buaya.
  • Oleskan pada wajah yang berjerawat secara merata hingga 30 menit.
  • Sesudah itu baru dibilas dengan menggunakan air yang bersih.

Masker dari lidah buaya ini dapat dipakai sebanyak dua kali dalam seminggu untuk menyembukan jerawat bernanah secara alami.

Artikel terkait :

3. Putih telur

Putih telur didalamnya mengantung protein hewani yang baik untuk kulit dan menyembuhkan jerawat bernanah. Protein membantu untuk mengencangkan kulit dan meregenerasi kulit mati menjadi kulit baru yang lebih segar dan bersih. Untuk menggunakan putih telur ini sebagai masker Anda hanya perlu menyediakan satu butir telur ayam kampung. Pecahkan dan ambil bagian putihnya saja. Tuangkan kedalam piring kecil dan oleskan pada wajah bisa menggunakan kapas atau tangan yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Diamkan hingga mengering dan masker meresap secara sempurna baru kemudian bilas kembali wajah Anda untuk membersihkannya.

Artikel terkait :

4. Air lemon

Lemon memiliki kandungan asam didalamnya yang juga berguna untuk menyembuhkan jerawat bernanah secara alami. Untuk mengambil air lemon dari buahnya tinggal membelah buah lemon dan peras airnya. Perasan air tersebut dioleskan pada jerawat bernanah. Biasanya saat mengolekskan air lemon kewajah akan terasa perih namun biarkan saja karena rasa perih tersebut tidak akan berlangsung lama.

Artikel terkait :

5. Jagung

Manfaat jagung selain sebagai pengganti makanan poko seperti nasi juga bisa dijadikan sebagai masker untuk menyembuhkan jerawat bernanah. Cara untuk menggunakan masker dari jagung ini adalah sebagai berikut :

  • Ambil satu buah jagung kemudian direbus dengan air tanpa menambahkan apapun.
  • Setelahnya kupas kulit jagung dan ambil isinya saja.
  • Isi dari jagung kemudian dihaluskan dan tempelkan secara merata pada wajah Anda.
  • Diamkan selama 30 menit baru bilas wajah anda hingga bersih.

Untuk menggunakan masker dari jagung ini dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari.

Artikel terkait :

6. Kentang

Kentang juga bisa digunakan untuk menyembuhak jerawat bernanah secara alamu. Untuk membuat masker kentang ini dapat dilakukan cara sebagai berikut :

  • Sediakan satu buah kentang kemudian kupasa kulitnya terlebih dahulu baru dicuci dengan air yang bersih.
  • Setelahnya parut kentang hingga halus dan oleskan secara merata pada wajah Anda.
  • Diamkan selama 30 menit baru kemudian bilas wajah Anda hingga bersih.

Gunakan masker kentang ini setiap hari sekali untuk mengobati jerawat bernanah. ( Baca juga : Obat tradisional yang mujarab)

Sponsors Link

Itulah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat bernanah secara alami.

Jus untuk Menyembuhkan Jerawat Bernanah dari Dalam

Untuk mengobati jerawat bernanah memang memerlukan penanganan dan pengobatan yang serius. Adapun untuk mengobati tidak hanya dari luar namun juga dari dalam. Untuk pengobatan dari dalam Anda bisa memilih meminum jus dari bahan alami yang bisa membersihkan darah kotor didalam tubuh. Berikut ini jus yang dapat diminum untuk menyembuhkan jerawat bernanah yaitu :

1.Daun pepaya

Untuk membuat minuman herbal dari daun pepaya ini cukup mudah. Ambil daun pepaya yang memiliki bungan berangkai. Bersihkan daun pepaya terlebih dahulu dan tambahkan air kedalam pancinya. Remas daun pepaya tersebut sampai air berubah menjadi hijau dan saring. Lalu minum sebanyak satu kali dalam seminggu.

2. Jahe

Jahe mengandung antibakteri yang baik untuk memyembuhkan jerawat bernanah dari dalam. Air jahe ini dapat diminum sebanyak dua kali dalam seminggu secara ruti. Tinggal rebus jahe berserta air dan tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih saring airnya dan langsung diminum saat sudah hangat kuku.

Itulah beberapa jus atau minuman yang dapat membantu menyembuhkan jerawat bernanah dari dalam tubuh secara alami.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 25th, November 2016 / 03:33 Oleh :
Kategori : Pengobatan