Sponsors Link
     Sponsors Link

12 Cara Merawat Kulit Berjerawat Secara Alami dan Sederhana

Advertisement

Memiliki kulit berjerawat memanglah sangat mengesalkan. Segala sesuatu tentang jerawat sudah umum ditemui bagi para pemilik kulit wajah berjerawat dikarenakan berbagai penyebab jerawat. Untuk mencegah jerawat di wajah pun sangat sulit, karena ada berbagai faktor penyebab timbulnya jerawat di wajah, penyebab jerawat di hidung, penyebab jerawat di pipi, dan penyebab jerawat di dagu. Nah, lalu bagaimanakah metode perawatan kulit berjerawat yang tepat agar jerawat di kulit dapat menghilang dan kulit menjadi terbebas dari munculnya jerawat baru? Jika Anda masih bingung, maka tenang saja karena Anda akan menemukan jawabannya pada ulasan artikel di bawah ini.

Faktor Penyebab Jerawat

Sebelum Anda mengetahui berbagai cara merawat kulit berjerawat, tentu saja Anda harus mengetahui sebenarnya hal-hal apa sajakah yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Berikut ulasannya.

  • Faktor Genetik. Salah satu hal yang paling sering menyebabkan jerawat adalah faktor genetik. Faktor genetik bawaan dari orang tua yang memang sudah memiliki kulit berminyak dan berjerawat kemungkinan besar akan menurun kepada anaknya. Jika sudah begitu, maka tak ada hal yang bisa dilakukan untuk mencegah jerawat selain secara rutin merawat kulit Anda melalui cara yang akan Anda lihat dibawah ini. Melakukan perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara alami akan sangat bermanfaat.
  •  Faktor Hormon. Faktor hormon yang tidak seimbang ketika seseorang mengalami masa pubertas atau masa menstruasi juga akan memunculkan jerawat. Hal tersebut karena masa pubertas dan menstruasi akan meningkatkan produksi jenis hormon penyebab jerawat, yaitu hormon androgen, yang akan menyebabkan kulit memproduksi sebum berlebih, dan akhirnya memunculkan ciri-ciri jerawat karena hormon tanpa bisa dihindari.
  • Kurang Menjaga Kebersihan Wajah. Hal lain yang akan memunculkan jerawat adalah kurangnya Anda dalam menjaga kebersihan wajah. Padahal membersihkan wajah merupakan salah satu perawatan kulit berjerawat yang sangat penting. Debu menyebabkan jerawat, kotoran, bakteri, dan polutan lain akan menimbulkan jerawat di kulit jika tidak segera dibersihkan secara berkala setiap harinya.
  • Bakteri. Adanya infeksi bakteri yang menempel di kulit juga merupakan penyebab munculnya jerawat di kulit. Bakteri penyebab jerawat seperti P. acnes akan sangat mudah menempel di kulit melalui berbagai macam media perantara. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode perawatan kulit berjerawat yang cukup rutin agar bakteri penyebab jerawat tidak akan menginfeksi kulit berjerawat Anda.

Nah, setelah Anda mengetahui beberapa hal yang dapat menyebabkan jerawat, sekarang saatnya Anda untuk melihat berbagai jenis perawatan yang dapat Anda lakukan jika Anda memiliki kulit berjerawat. Apakah Anda penasaran? Berikut merupakan cara merawat kulit yang berjerawat:

1. Madu

Cara merawat kulit berjerawat dengan menggunakan bahan herbal yang akan sangat bermanfaat adalah dengan menggunakan madu. Khasiat madu untuk meningkatan kesehatan kulit memang sudah tidak diragukan lagi. Tidak percaya? Berikut manfaat madu untuk jerawat dan cara membuatnya.

Mengapa menggunakan madu untuk merawat kulit berjerawat?

  • Madu memiliki sifat asam yang ternyata akan sangat bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, sehingga kulit berjerawat menjadi terhindar dari peradangan dan proses penyembuhan jerawat akan lebih cepat.
  • Madu dikenal sebagai pelembab kulit alami yang akan melembabkan kulit Anda sehingga terhindar dari peradangan jerawat. Selain sebagai pelembab, madu juga bermanfaat untuk menghilangkan kotoran atau sel kulit mati yang menumpuk di kulit dengan cepat.

Bagaimana cara menggunakan madu untuk merawat kulit berjerawat?

  • Pertama, siapkan madu murni, kemudian oleskan ke seluruh area kulit wajah anda.
  • Ada baiknya Anda mengoleskan masker madu ini pada malam hari sebelum tidur, sehingga Anda dapat membilasnya pada pagi hari setelah Anda bangun tidur.
  • Gunakan masker madu ini setiap hari pada malam hari sehingga wajah berjerawat Anda selalu terhindar dari peradangan jerawat.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bopeng Jerawat dengan Madu dan Cara Menghilangkan Jerawat dengan Madu

2. Jeruk Nipis

Selain madu, bahan alami lainnya yang juga telah dikenal secara luas karena keampuhannya dalam menghilangkan jerawat adalah jeruk nipis. Nah, apakah Anda penasaran mengapa jeruk nipis dapat digunakan untuk merawat kulit berjerawat Anda? Berikut manfaat jeruk nipis untuk jerawat dan cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis.

Mengapa menggunakan jeruk nipis untuk merawat kulit berjerawat?

  • Seperti yang sudah diketahui, kandungan Vitamin C pada jeruk nipis sangat tinggi. Nah, hal ini membuat jeruk nipis dapat memicu produksi kolagen di kulit, dimana manfaat kolagen untuk jerawat adalah dapat menghaluskan kulit Anda dan jerawat akan semakin cepat disembuhkan.
  • Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat menyingkirkan segala debu, kotoran, dan sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah.
  • Jeruk nipis juga merupakan zat astringent alami yang dapat menyingkirkan minyak berlebih di kulit wajah serta dapat mengencangkan kulit dengan cepat.

Bagaimana cara menggunakan jeruk nipis untuk merawat kulit berjerawat?

  • Siapkan 1 buah jeruk nipis dan beberapa tetes air bersih, kemudian campurkan air perasan jeruk nipis ke air bersih agar jeruk nipis ini tidak akan terlalu perih ketika menempel di kulit Anda.
  • Oleskan air perasan jeruk nipis yang dicampur air tersebut di seluruh area kulit wajah Anda.
  • Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.
  • Gunakan masker alami ini secara rutin sehari sekali agar kulit berjerawat Anda menjadi terawat.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Jeruk Nipis

3. Air Mawar

Satu lagi bahan herbal yang akan bermanfaat untuk merawat kulit berjerawat Anda adalah air mawar. Bahkan, bagi Anda yang menyukai pemakaian kosmetik, menggunakan air mawar akan sangat bermanfaat agar jerawat di kulit Anda tidak bertambah parah dan dapat menghilang dengan sendirinya. Air mawar juga merupakan suatu cara mencegah jerawat secara alami yang ampuh. Penasaran apa manfaat air mawar untuk kulit berjerawat? Berikut ulasannya.

ads

Mengapa menggunakan air mawar dapat merawat kulit berjerawat?

  • Air mawar merupakan suatu make-up remover atau pembersih kosmetik yang sangat ampuh. Hal ini membuat air mawar akan sangat bermanfaat untuk Anda yang memiliki kulit berjerawat namun senang memakai kosmetik.
  • Air mawar juga merupakan pelembab alami wajah yang juga akan mengurangi efek kemerahan pada jerawat, sehingga akan bermanfaat untuk kulit berjerawat Anda dan dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kemerahan pada jerawat secara cepat.
  • Air mawar ternyata juga dapat berperan sebagai agen anti-bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat jika digunakan secara rutin.

Baca Juga: Masker Alami untuk Wajah Berjerawat

4. Banyak Mengkonsumsi Air Putih

Tahukah Anda bahwa ternyata hal sepele seperti rutin mengkonsumsi air putih dalam sehari dapat memberikan dampak besar bagi kulit berjerawat Anda? Ya, mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari dapat merawat kulit berjerawat Anda dan akan mempercepat proses penghilangan jerawat di kulit Anda.

Mengapa mengkonsumsi air putih dapat merawat kulit berjerawat?

Disadari atau tidak, air putih memegang peranan yang sangat penting dalam kesehatan kulit wajah Anda. Dengan mengkonsumsi air putih secara rutin, maka kulit wajah Anda akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut:

  • Nutrisi yang Anda dapatkan dari makanan dapat langsung disalurkan ke kulit wajah Anda dengan konsumsi air putih yang rutin.
  • Air putih dapat membantu memperlancar peredaran darah, sehingga dapat menjadi tips membersihkan darah kotor penyebab jerawat. Nah, darah kotor merupakan salah satu faktor penyebab jerawat bisa timbul.
  • Air putih akan mendetoksifikasi tubuh Anda dari segala racun yang dapat menyebabkan jerawat dengan sangat cepat.
  • Air putih dapat memicu regenerasi sel secara natural dan juga dapat menjadi pelembab alami bagi kulit wajah Anda.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Golongan Darah B dan Cara Menghilangkan Jerawat Golongan Darah O

5. Gunakan Pelembab Wajah

Biasanya memang pelembab digunakan agar kulit kita menjadi tidak kering dan terhindar dari bahaya yang ditimbulkan polutan. Namun, ternyata pelembab wajah juga sangat bermanfaat bagi kulit berjerawat Anda. Penasaran mengapa menggunakan pelembab dapat bermanfaat untuk kulit berjerawat Anda? Simak ulasannya berikut ini.

Mengapa menggunakan pelembab wajah dapat merawat kulit berjerawat?

Ketika Anda memiliki kulit yang berjerawat, maka dapat dipastikan bahwa kulit Anda bisa saja terlalu sensitif terhadap debu, kotoran, atau bakteri yang sewaktu-waktu dapat menempel di kulit wajah Anda saat Anda beraktivitas outdoor. Oleh karena itu, menggunakan pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak akan sangat disarankan agar kulit wajah Anda menjadi terhindar dari debu, kotoran, dan bakteri yang menempel di kulit saat Anda beraktivitas outdoor. Jangan lupa selalu gunakan pelembab wajah saat Anda selesai mandi atau akan beraktivitas di luar ruangan.

Baca Juga: Scrub Alami Untuk Wajah Berjerawat dan Berminyak Serta Cara Penggunaannya

6. Menggunakan Sabun Muka Yang Sesuai

Tahukah Anda bahwa ternyata menggunakan sabun muka yang tidak sesuai justru dapat memperburuk kulit berjerawat Anda? Namun, apabila Anda menggunakan sabun muka yang sesuai dengan tipe kulit Anda, maka dapat dipastikan bahwa kondisi kulit berjerawat Anda akan semakin membaik. Berikut adalah alasan mengapa menggunakan sabun muka yang sesuai dengan tipe kulit sangat disarankan.

Mengapa menggunakan sabun muka yang sesuai dapat merawat kulit berjerawat?

Sabun muka memang memerankan peranan yang cukup penting dalam merawat kulit berjerawat Anda dan penggunaannya memang harus disesuaikan dengan tipe kulit Anda. Jika memang kulit Anda berminyak dan berjerawat, maka sebaiknya Anda menggunakan produk sabun wajah yang mengandung asam salisilat. Asam salisilat akan mengangkat segala kotoran, debu, dan sel-sel kulit mati yang dapat menutup pori dan menjadi penyebab jerawat meradang.

Selain itu, lebih baik gunakanlah sabun wajah yang mengandung oil control karena kulit berjerawat biasanya ditimbulkan oleh produksi minyak berlebih di wajah. Sabun muka yang mengandung oil control akan bermanfaat untuk menjaga kadar minyak di kulit wajah Anda. Sebaiknya, pilihlah produk sabun muka yang mengandung oil control sekaligus memiliki kandungan air yang banyak.

Baca Juga: Manfaat Minyak Biawak Untuk Jerawat dan Manfaat Minyak Ular Untuk Jerawat

7. Mencuci Wajah Secara Rutin

Ini merupakan suatu kegiatan yang sebenarnya simpel, namun karena malas dilakukan, maka seringkali terjadi kasus bahwa kondisi kulit berjerawat seseorang menjadi lebih buruk. Nah, sebenarnya apa pentingnya mencuci wajah secara rutin? Berikut ulasannya untuk anda.

Mengapa mencuci wajah secara rutin dapat merawat kulit berjerawat?

Mencuci wajah merupakan salah satu cara mencegah jerawat tumbuh lagi secara alami. Ketika Anda rajin mencuci wajah secara rutin setiap hari, maka tentu saja segala debu, kotoran, dan polusi yang menempel di kulit wajah Anda dapat disingkirkan secara segera. Selain itu, mencuci wajah dapat menyingkirkan minyak berlebih yang terdapat di kulit wajah. Hasilnya, kulit berjerawat Anda akan aman dari segala kemungkinan peradangan yang dapat terjadi.

Namun tentu saja Anda tidak dianjurkan untuk mencuci wajah terlalu sering dalam sehari. Hal tersebut karena mencuci kulit wajah terlalu sering akan menyebabkan terganggunya produksi sebum di kulit wajah Anda. Padahal, produksi sebum yang cukup sangat diperlukan kulit sebagai pelembab alami. Nah, oleh karena itulah Anda dianjurkan untuk mencuci wajah setidaknya 2 kali dalam sehari dengan mengaplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Es Batu

8. Gunakan Kertas Minyak

Jika Anda sedang bepergian atau beraktivitas outdoor yang membuat Anda tidak sempat untuk mencuci dan membersihkan kulit Anda, maka menggunakan kertas minyak akan sangat ampuh untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat Anda. Berikut ini merupakan alasan mengapa menggunakan kertas minyak dapat bermanfaat untuk merawat kulit berjerawat.

Mengapa menggunakan kertas minyak dapat merawat kulit berjerawat?

Menggunakan kertas minyak merupakan hal yang sangat simpel yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kadar sebum atau minyak yang berlebihan di kulit Anda. Nah, kulit berjerawat seringkali ditimbulkan oleh produksi minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori kulit. Oleh karena itu, jika Anda sedang beraktivitas outdoor dan tidak sempat mencuci kulit wajah, mengusap kulit berjerawat Anda dengan menggunakan kertas minyak akan sangat bermanfaat sebagai cara mencegah jerawat dengan bahan alami.

Namun yang perlu diingat adalah jika Anda memiliki tipe kulit kering, maka jangan gunakan kertas minyak karena hal tersebut akan membuat kulit Anda menjadi terlalu kering yang dapat memicu peradangan jerawat dan membuat anda mengalami bahaya infeksi jerawat. Kulit Anda memerlukan produksi sebum yang cukup untuk digunakan sebagai pelembab alami wajah.

Baca Juga: Manfaat Gula Untuk Menghilangkan Jerawat

Sponsors Link

9. Menggunakan Kosmetik Yang Sesuai

Ketika Anda memiliki kulit berjerawat, maka penting bagi Anda untuk memperhatikan produk kosmetik yang Anda pakai. Jika Anda memakai kosmetik yang tidak sesuai dengan kulit Anda atau Anda memakai kosmetik yang merknya tidak jelas, maka tentu saja kulit berjerawat Anda akan semakin parah kondisinya.

Mengapa menggunakan kosmetik yang sesuai dapat merawat kulit berjerawat?

Perlu diketahui bahwa menggunakan kosmetik yang tidak sesuai justru akan membuat pori-pori kulit tertutup, yang kemudian menyebabkan pori-pori kulit berjerawat Anda menjadi tidak bisa bernapas. Setelah itu, jerawat yang baru pun akan muncul atau justru jerawat aktif yang sudah menghiasi kulit Anda akan mengalami peradangan dan menjadi penyebab jerawat batu. Maka, diperlukan penggunaan suatu kosmetik yang memang sesuai dengan tipe kulit Anda.

Jika memang Anda memiliki kulit yang berjerawat dan cenderung berminyak, maka jangan menggunakan produk kosmetik dengan tekstur yang padat. Lebih baik jika Anda menggunakan daftar kosmetik untuk wajah berjerawat  yang memiliki tekstur ringan, misalnya bedak yang cocok untuk kulit berjerawat dan foundation untuk kulit berjerawat. Begitu pula jika Anda memiliki tipe kulit yang kering, maka lebih baik jika Anda menggunakan kosmetik dengan tipe yang netral dan memiliki kandungan air yang dapat melembabkan kulit Anda secara alami.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Akibat Salah Kosmetik

10. Mengkonsumsi Makanan Yang Sehat

Ini merupakan suatu kebiasaan yang jika Anda lakukan secara rutin, maka akan sangat membantu dalam merawat kulit berjerawat Anda. Nah, berikut ini merupakan alasan mengapa mengkonsumsi makanan yang sehat dapat merawat kulit berjerawat Anda.

Mengapa mengkonsumsi makanan yangs ehat dapat merawat kulit berjerawat?

Ketika Anda mengkonsumsi makanan penghilang jerawat dan makanan sehat seperti berbagai macam buah-buahan dan sayuran, maka tentu saja Anda akan mendapat nutrisi yang sangat berharga untuk meningkatkan kesehatan kulit Anda secara umum. Sayuran dan buah-buahan mengandung banyak vitamin, protein, dan mineral yang dapat menyingkirkan berbagai kontaminan yang berpotensi memunculkan jerawat.

Lain halnya jika Anda banyak mengkonsumsi makanan-makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus dan tidak sehat seperti junk-food, makanan yang digoreng, makanan pedas, makanan berkuah kental, makanan bersantan, dan kacang-kacangan. Makanan-makanan tersebut akan meningkatkan produksi sebum di kulit Anda sehingga akan berpotensi menyumbat pori-pori kulit wajah Anda, yang tentu saja akan memperburuk kondisi kulit berjerawat Anda.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Sayuran

11. Menggunakan Tabir Surya dan Masker Wajah

Ketika Anda sedang melakukan aktivitas outdoor dan Anda memiliki kulit berjerawat, maka sebaiknya Anda menggunakan tabir surya dan masker wajah dulu sebelumnya. Penasaran mengapa menggunakan tabir surya dan masker wajah sebegitu pentingnya untuk wajah berjerawat Anda? Berikut ulasannya.

Mengapa menggunakan tabir surya dan masker wajah dapat merawat kulit berjerawat?

Ketika Anda melakukan aktivitas outdoor, maka kulit berjerawat Anda akan rentan bertambah buruk kondisinya karena sinar UVA dan UVB akan membuat hiperpigmentasi pada kulit wajah Anda. Nah, karena adanya hiperpigmentasi kulit, maka kemungkinan besar jerawat aktif Anda akan berubah warna menjadi hitam dan akan meninggalkan bekas jerawat berwarna hitam yang akan sangat sulit untuk dihilangkan. Jika hal tersebut terlanjur terjadi, maka Anda dapat melakukan cara menghilangkan bekas jerawat berawarna hitam dan cara menghilangkan jerawat hitam di wajah.

Nah, oleh sebab itulah, menggunakan tabir surya dan masker wajah sangat dianjurkan sebelum Anda beraktivitas outdoor. Tabir surya akan melindungi kulit berjerawat Anda dari bahaua UVA dan UVB, sementara masker wajah akan bermanfaat untuk menangkal debu, kotoran, dan polusi yang kemungkinan besar akan menempel di wajah Anda. Namun, pastikan bahwa Anda menggunakan masker wajah yang bersih dan steril, karena jika masker yang digunakan kotor, maka sama saja jerawat di kulit akan meradang.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Yang Menghitam

12. Menggunakan Obat Jerawat Sesuai Dosis

Langkah terakhir yang juga dapat Anda lakukan untuk merawat kulit berjerawat adalah dengan menggunakan obat jerawat secara rutin. Obat jerawat ada bermacam-macam, seperti obat jerawat batu, obat jerawat meradang, atau obat jerawat di punggung. Namun, perhatikan juga dosis penggunaan yang sesuai sehingga kulit Anda tidak akan mengalami tanda-tanda infeksi atau peradangan. Penasaran apa manfaar menggunakan obat jerawat untuk kulit berjerawat? Berikut ulasannya.

Mengapa menggunakan obat jerawat yang sesuai dosis dapat merawat kulit berjerawat?

Ketika Anda memiliki kulit yang berjerawat, maka penting bagi Anda untuk selalu mengaplikasikan obat jerawat sesuai dosis yang dianjurkan sehingga kulit berjerawat Anda tidak mengalami peradangan. Dengan menggunakan obat jerawat batu yang ada di apotik, maka bakteri penyebab jerawat yang biasanya menjadi akar dari permasalahan munculnya jerawat dapat diatasi dan dapat mencegah munculnya jerawat di kemudian hari.

Baca Juga Artikel Tentang Jerawat Lainnya:

Nah, itulah tadi berbagai penyebab munculnya jerawat dan juga berbagai macam cara merawat kulit berjerawat. Jangan lupa untuk selalu menerapkan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 09th, August 2016 / 15:51 Oleh :
Kategori : Pencegahan