Sponsors Link
     Sponsors Link

8 Ciri-Ciri Jerawat Batu – Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Advertisement

Ketika Anda beranjak dewasa, kemungkinan besar Anda akan mendapat segala sesuatu tentang jerawat yang akan memberikan dampak psikologis akibat jerawat bagi Anda, seperti menurunnya tingkat kepercayaan diri Anda atau adanya rasa minder terhadap orang lain. Memang ada banyak penyebab jerawat dan ada berbagai perbedaan antara penyebab jerawat di pipi, penyebab jerawat di dagu, atau penyebab jerawat di punggung, sehingga akan sangat sulit untuk menghindari jerawat, apalagi jerawat yang disebabkan karena faktor internal.

Nah, jerawat akan semakin menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang ketika jerawat yang timbul tersebut nampak sangat jelas dengan mata telanjang, seperti jerawat batu misalnya. Namun, apa sajakah hal-hal yang membedakan antara jerawat batu dengan jerawat lainnya? Apakah Anda sudah mengetahui apa sajakah ciri-ciri dari jerawat batu? Jika belum, maka baca ulasan artikel mengenai ciri-ciri jerawat batu dibawah ini:

1. Berukuran Besar

Ciri-ciri jerawat batu yang paling kentara adalah ukurannya yang cenderung lebih besar dibandingkan dengan jerawat tipe lain. Biasanya, jerawat batu memiliki cairan di dalamnya yang akan membuat jerawat ini seakan membengkak di kulit wajah Anda, yang membuat jerawat batu dapat dengan mudah terlihat dengan mata telanjang.

Bahkan, dengan pengaplikasian kosmetik pun jerawat batu ini masih tetap dapat terlihat. Jika Anda mengaplikasikan kosmetik yang terlalu tebal untuk menutupi jerawat batu, maka hal tersebut justru akan menjadi penyebab jerawat meradang. Namun jika tidak dilapisi dengan kosmetik, maka jerawat batu akan sangat terlihat dan akan mempengaruhi penampilan fisik Anda dimata orang lain. Oleh karena itu, tidak heran jika jerawat batu akan membuat para penderitanya mengalami penurunan kepercayaan diri.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Akibat Salah Kosmetik

2. Biasa Tumbuh Pada Tipe Kulit Berminyak

Menurut hasil penelitian, jerawat batu akan cenderung terjadi pada orang yang memiliki tipe kulit berminyak dibandingkan dengan orang dengan tipe kulit kering. Oleh karena itu, tipe kulit berminyak akan sangat rentan untuk menimbulkan jerawat batu. Hal ini terjadi karena jerawat batu biasanya muncul karena adanya ketidakseimbangan hormon yang terjadi akibat fase pubertas, fase menstruasi, stress, atau mengkonsumsi makanan yang salah.

Nah, faktor-faktor yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon tersebut akan membuat kulit akan meningkatkan produksi sebum di permukaan kulit. Nah, jika Anda memiliki kulit berminyak dan ditambah dengan produksi sebum berlebih akibat tidak seimbangnya hormon dalam tubuh, maka tentu saja sebum terebut akan menyumbat pori-pori kulit dan jika berinteraksi dengan kotoran dan debu di wajah, akan menimbukan jerawat meradang seperti jerawat batu. Oleh karena itu, jika Anda memiliki tipe kulit berminyak, lakukanlah perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara alami.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kemerahan pada Jerawat

3. Lebih Sering Timbul pada Laki-Laki

Selain lebih sering timbul pada kulit yang berminyak, jerawat batu juga lebih sering timbul pada laki-laki dibandingkan dengan perempuan. Nah, mengapa hal demikian dapat terjadi? Hal tersebut dikarenakan laki-laki memiliki kelenjar minyak atau kelenjar sebasea yang lebih aktif dibandingkan dengan perempuan.

Selain itu, hormon penyebab jerawat, yaitu hormon androgen, terdapat lebih banyak pada laki-laki jika dibandingkan dengan perempuan. Hormon androgen yang banyak akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Seperti yang telah dijelaskan diatas, tipe kulit berminyak dan adanya ketidakseimbangan hormon merupakan faktor mengapa jerawat batu bisa timbul. Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat melakukan cara menghilangkan jerawat remaja laki-laki sedari dini.

Baca Juga: Penyebab Jerawat Bayi dan Cara Mengatasinya dan Penyebab Jerawat di Usia 40 tahun

ads

 4. Bertekstur Keras dan Terasa Menyakitkan

Jika Anda memiliki jerawat batu, maka sudah tentu jerawat yang timbul tersebut berukuran besar. Selain itu, jika Anda sentuh dengan menggunakan tangan, maka jerawat batu memiliki tekstur yang keras, karena memang jerawat batu ini terbentuk oleh cairan nanah yang berisi bakteri. Oleh karena bertekstur keras, maka tidak mengherankan bukan jika jerawat ini disebut dengan jerawat batu?

Selain memiliki tekstur yang keras, jerawat batu biasanya juga akan sangat menyakitkan, walaupun jerawat tersebut tidak Anda sentuh. Jika Anda menyentuh jerawat batu, walaupun hanya tipis-tipis saja, maka kulit Anda akan terasa perih dan jerawat batu Anda akan memerah yang nantinya justru akan menyebabkan jerawat batu menjadi semakin meradang. Jika sudah begitu, segera lakukan pengobatan dengan obat jerawat batu secepatnya.

Baca Juga: Jerawat Batu: Gambar, Ciri-Ciri, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

5. Berisi Cairan Nanah

Ciri lainnya yang paling terlihat dari jerawat batu adalah isi dari jerawat batu tersebut. Biasanya, jerawat batu akan memiliki kandungan nanah yang jika Anda pecahkan dengan menggunakan tangan, maka akan berbahaya dampaknya bagi kesehatan kulit Anda. Apakah Anda pernah memperhatikan jerawat berukuran besar yang berwarna putih atau kuning dan sangat terlihat dengan jelas dengan mata telanjang? Ya, itulah jerawat batu dimana didalamnya terdapat cairan nanah. (Baca: Bahaya Jerawat Bernanah )

Ketika Anda memiliki jerawat batu, maka memang jerawat ini akan sangat menganggu penampilan Anda secara keseluruhan. Namun, Anda harus ingat bahwa Anda tidak diperkenankan untuk menyentuhnya apalagi memencetnya karena jika Anda memencet jerawat batu, maka Anda akan mengalami bahaya memencet jerawat batu, yaitu cairan nanah didalamnya akan keluar dan akan berbahaya bagi kulit Anda.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Bernanah dan Cara Mengobati Jerawat Bernanah

 6. Dapat Menyebar Dengan Cepat di Kulit

Ini merupakan salah satu ciri jerawat batu yang patut Anda cermati. Pada pembahasan diatas, Anda sudah mengetahui bukan bahwa Anda tidak diperbolehkan untuk memegang atau memencet jerawat batu? Nah, apa alasannya? Hal tersebut dikarenakan ketika Anda memencet jerawat batu, maka anda akan merasakan efek akibat jerawat dipencet, yaitu nanah yang terdapat di dalam jerawat tersebut akan keluar dan menyebar dengan cepat ke area kulit di sekitar jerawat Anda tersebut.

Nah, nanah yang terdapat pada jerawat batu tersebut mengandung bakteri yang akan dengan cepat menginfeksi kulit di sekitarnya dan menyebabkan peradangan atau inflamasi yang dapat memunculkan jerawat-jerawat batu lainnya di kulit Anda. Sangat mengerikan bukan? Oleh karena itu, jangan pernah memencet jerawat batu di kulit Anda jika Anda tidak ingin jerawat batu tersebut menyebar di kulit Anda. Jika sudah terlanjur, maka segera lakukan pengobatan dengan obat jerawat bernanah dan obat jerawat alami.

Baca Juga: Cara Mengatasi Jerawat Bernanah

7. Susah Dihilangkan

Salah satu ciri jerawat batu yang mungkin akan meresahkan setiap orang yang memilikinya adalah sebuah fakta bahwa jerawat batu akan sangat susah dihilangkan. Jika Anda mendiamkan saja jerawat batu yang timbul di kulit Anda, maka jerawat tersebut akan menempel di kulit Anda dengan waktu yang relatif lama dibanding tipe jerawat yang lain. Jika Anda berusaha menghilangkannya dengan kasar dengan memecahkan jerawat batu tersebut, maka justru kondisi kulit Anda akan bertambah parah.

Nah oleh karena itu, dibutuhkan kesabaran ekstra dalam menghilangkan jerawat batu. Ada baiknya Anda menggunakan bahan herbal yang mampu menghilangkan jerawat batu tanpa adanya efek samping, atau jika Anda memiliki dana yang berlebih, bisa juga dengan menggunakan obat jerawat batu yang ada di apotik atau teknologi medis yang akan menghilangkan jerawat batu dengan cepat, yaitu dengan menggunakan teknologi laser.

Baca Juga: Cara Mengempeskan Jerawat yang Meradang

8. Berpotensi Besar Menimbulkan Bekas Jerawat

Selain susah dihilangkan, jerawat batu ternyata juga akan berpotensi besar menimbulkan bekas jerawat saat jerawat batu tersebut sudah mengempes. Hal ini dikarenakan jerawat batu tergolong jerawat yang paling parah dibandingkan tipe jerawat lainnya, sehingga potensi jerawat ini menimbulkan bekas jerawat di kulit Anda akan semakin membesar.

Nah, bekas jerawat yang ditimbulkan jerawat batu pun tidak main-main. Jika pada jerawat biasa bekas yang ditimbulkan adalah bekas-bekas berwarna hitam, maka bekas yang ditinggalkan oleh jerawat batu adalah bopeng-bopeng kemerahan atau kehitaman dan yang paling parah adalah timbulnya lubang-lubang di kulit wajah Anda. Jika sudah terlanjur terdapat lubang-lubang di kulit Anda, maka lakukanlah cara menghilangkan bekas jerawat bolong bolong dan cara menghilangkan bekas jerawat berlubang dengan teknologi filler injection atau teknologi laser yang bisa menyembuhkan kemulusan kulit wajah Anda.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah

Penyebab Timbulnya Jerawat Batu

Nah, setelah Anda mengetahui berbagai macam ciri-ciri jerawat batu, maka sekarang Anda juga perlu mengetahui berbagai penyebab jerawat batu di kulit Anda. Berikut ini ulasannya untuk Anda :

1. Faktor Genetik

Seperti yang telah dijelaskan diatas, faktor utama yang dapat menyebabkan jerawat batu adalah kulit yang berminyak. Nah, jika Anda sudah memiliki riwayat keluarga yang memiliki kulit berminyak, maka sudah tentu kemungkinan bahwa Anda memiliki tipe kulit berminyak juga akan semakin besar. Ketika Anda memiliki kulit yang berminyak, maka Anda akan sangat rentan untuk terkena jerawat batu. Oleh karena itu, jika Anda memiliki kulit berminyak, sebisa mungkin berikan perhatian lebih terhadap kesehatan dan kebersihan kulit Anda, misalnya dengan menggunakan pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak.

Baca Juga: Scrub Alami Untuk Wajah Berjerawat dan Berminyak Serta Cara Penggunaannya

2. Faktor Hormon

Ini juga merupakan salah satu faktor utama penyebab jerawat batu yang terjadi secara alamiah dan natural, sehingga hampir mustahil untuk dicegah. Ketika Anda mengalami fase pubertas misalnya, maka produksi jenis hormon penyebab jerawat, yaitu hormon androgen akan meningkat. Meningkatnya hormon androgen menyebabkan kulit akan memproduksi sebum yang lebih banyak daripada biasanya dan hasilnya, ciri-ciri jerawat karena hormon seperti jerawat batu pun akan muncul.

Begitu pula jika Anda para wanita sedang mengalami fase menstruasi, maka sudah pasti terjadi peningkatan level pada hormon penyebab jerawat seperti hormon androgen dan hormon estrogen, sehingga produksi sebum pada kulit akan semakin meningkat. Jika sudah begitu, maka ciri-ciri jerawat haid  seperti jerawat batu pun akan dengan mudah muncul di kulit Anda.

Baca Juga: Cara Mencegah Jerawat Saat Menstruasi

3. Gaya Hidup Yang Tidak Sehat

Faktor yang juga menjadi penyebab timbulnya jerawat batu di kulit Anda adalah dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum-minuman beralkohol terlalu banyak, mengkonsumsi makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus , serta kurangnya waktu beristirahat juga dapat menyebabkan jerawat batu. Terlalu banyak merokok akan mempersempit pembuluh di kulit dan akan merusak sel-sel kulit. Jika sel kulit rusak, maka akan mengakibatkan terjadinya penumpukan sel kulit mati di kulit yang dapat menyumbat pori-pori kulit dan menimbulkan jerawat batu di kemudian hari.

Selain itu, kurangnya waktu istirahat juga akan menghambat kulit Anda untuk melakukan regenerasi sel, yang justru akan memperburuk kondisi kulit Anda. Mengkonsumsi makanan yang pedas, berminyak, junk-food, dan bersantan juga akan membuat kulit Anda akan memproduksi sebum lebih banyak dari biasanya, yang akan menimbulkan jerawat batu. Oleh karena itu, lebih baik konsumsi makanan penghilang jerawat seperti buah-buahan dan sayuran.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Sayuran dan Buah Penghilang Jerawat yang Alami dan Ampuh

Sponsors Link

4. Faktor Kosmetik

Ini juga merupakan faktor yang akan berpotensi besar menimbulkan jerawat batu di kulit Anda. Mungkin Anda menggunakan kosmetik agar kulit Anda menjadi lebih cantik dan berkilau secara alami, namun ternyata pemakaian kosmetik yang berlebihan dan tidak sesuai dengan tipe kulit justru akan menimbulkan jerawat batu. Hal ini dapat terjadi karena kosmetik yang salah justru akan membuat kulit Anda tidak dapat bernapas dan kemudian pori-pori kulit akan tersumbat. Hasilnya, jerawat batu pun akan muncul di kulit Anda.

Oleh karena itu, jika anda memiliki tipe kulit berminyak dan rentan berjerawat, maka gunakan daftar kosmetik untuk wajah berjerawat, seperti misalnya bedak yang cocok untuk kulit berjerawat dan foundation untuk kulit berjerawat. Jika Anda memiliki tipe kulit yang kering, maka gunakan kosmetik yang dapat melembabkan kulit Anda.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Setelah Anda mengetahui berbagai ciri-ciri jerawat batu beserta dengan penyebab dari jerawat batu, maka tentu saja Anda ingin mengetahui juga cara menghilangkan jerawat batu secara alami dan cepat kan? Jerawat batu merupakan salah satu jerawat parah yang memang membutuhkan penanganan ekstra dibandingkan dengan jerawat lainnya. Nah, oleh karena itu, berikut ini merupakan beberapa cara menghilangkan jerawat batu, baik secara natural maupun dengan cara medis:

  • Daun Sirih. Jika Anda mendapat jerawat batu, maka daun sirih merupakan obat herbal yang sangat mujarab untuk menyembuhkannya. Manfaat daun sirih untuk jerawat batu sudah tak diragukan lagi karena daun sirih memiliki senyawa seperti betlephenol dan chevicol yang berperan sebagai antibakteri dan dapat membunuh bakteri penyebab jerawat batu secara cepat. Hasilnya, jerawat batu akan cepat mengempes. Cara menghilangkan jerawat dengan daun sirih juga mudah, dimana Anda tinggal menumbuk daun sirih, kemudian oleskan tumbukan daun sirih ke area kulit yang terdapat jerawat batu. Cuci dengan air bersih setelah 20 menit.
  • Bawang Putih. Manfaat bawang putih untuk jerawat meradang seperti jerawat batu sudah tidak diragukan lagi. Hal tersebut karena bawang putih mengandung sulfur yang bernama thiacremonon yang akan mengeringkan dan mengempeskan jerawat batu dengan cepat. Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih pun sangat mudah. Anda tinggal menumbuk 3 siung bawang putih, kemudian oleskan tumbukan tersebut ke area kulit yang terdapat jerawat batu. Cuci bersih kulit Anda dengan air bersih setelah 20 menit.
  • Jahe. Jahe merupakan rempah-rempah yang akan sangat bermanfaat untuk jerawat batu. Manfaat jahe untuk menghilangkan jerawat adalah kandungan shigaols, gingerols, dan zingobain-nya yang dapat meredakan rasa sakit akibat jerawat batu. Selain itu, jahe mengandung sifat antibakteri yang akan membunuh bakteri penyebab jerawat batu dengan cepat. Cara menggunakannya mudah. Anda tinggal mengelupas jahe, kemudian tumbuk bagian daging jahe tersebut, dan oleskan tumbukan jahe ke kulit Anda yang terdapat jerawat batu. Bilas dengan air bersih setelah 15 menit.
  • Obat Antibiotik. Obat antibiotik akan sangat bermanfaat untuk digunakan, mengingat jerawat batu disebabkan oleh bakteri penyebab jerawat, yaitu P.acnes. Obat antibiotik yang dapat Anda gunakan adalah obat antibiotik oral atau topikal. Keduanya sama-sama ampuh untuk membunuh bakteri penyebab jerawat batu dan mengempeskan jerawat batu dengan segera. Namun, sebelum menggunakan obat ini ada baiknya Anda meminta rekomendasi dokter terlebih dahulu agar Anda mendapatkan informasi perihal dosis pemakaian yang cocok untuk Anda. (Baca: Manfaat Obat Jerawat Cindala dan Manfaat Amoxicillin Untuk Jerawat)
  • Teknologi Laser. Ini merupakan teknologi terkini yang akan sangat ampuh bagi Anda yang menderita karena adanya jerawat batu ataupun bekas jerawat batu di kulit Anda. Laser pada teknologi ini akan memicu produksi kolagen, dimana manfaat kolagen untuk jerawat adalah kulit Anda akan menjadi halus. Sedangkan daya vakum dari laser ini akan mengangkat segala kulit mati, bakteri, kotoran, dan pemicu jerawat lain, sehingga jerawat batu Anda dapat disembuhkan secara cepat. Tentu saja Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih besar jika ingin menghilangkan jerawat batu dengan menggunakan metode ini. (Baca: Jenis-Jenis Laser Jerawat dan Efek Sampingnya)

Baca Artikel Tentang Jerawat Lainnya:

Nah, itulah tadi berbagai macam hal tentang ciri-ciri jerawat batu, faktor-faktor yang menjadi penyebab jerawat batu, serta cara menghilangkan jerawat batu ketika jerawat ini sudah terlanjur menghiasi kulit Anda. Jangan lupa aplikasikan pola hidup sederhana yang dapat atasi jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Sunday 07th, August 2016 / 08:58 Oleh :
Kategori : Jenis