Sponsors Link

4 Ciri-ciri Jerawat Haid pada Wanita

Advertisement

Selain emosi yang tidak bisa dikontrol, salah satu ciri-ciri wanita saat sedang mengalami haid adalah ditandai dengan munculnya jerawat. Rasa emosi yang tidak terkontrol dikarenakan karena produksi hormon androgen yang berlebihan. Juga, jenis hormon penyebab jerawat dan cara mengatasinya dengan menggunakan pereda nyeri. Hormon juga merupakan penyebab jerawat di usia 40. Jerawat yang disebabkan oleh hormon lebih susah diatasi daripada jerawat yang disebabkan oleh faktor lain. Ini dikarenakan hormon terdapat dalam tubuh sehingga pengobatannya harus melalui asupan makanan atau obat yang bersifat oral.

Salah satu cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat saat haid adalah dengan menjaga kebersihan wajah. Gunakan pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak.Mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat tidak bisa dengan asal-asalan. Cara menghindari jerawat adalah dengan memakai pembersih wajah alami dan cara menggunakannya harus sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Pembersih alami merupakan cara mencegah jerawat datang kembali secara alami. Oleh karenanya, alangkah lebih baiknya penggunaan bahan tradisional lebih diutamakan dari penggunaan antibiotik.

Ciri-ciri jerawat karena haid

Jerawat yang terjadi karena haid akan sedikit berbeda dengan jerawat dikarenakan hal lain. Ciri-ciri jerawat karena hormon dan cara mengatasinya juga sedikit berbeda. Ini diakibatkan jenis hormon pada saat menstruasi berbeda dengan jenis hormon lain. Tapi paling tidak munculnya jerawat haid bisa sedikit dikurangi dengan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat. Salah satunya yaitu mengkonsumsi makanan penghilang jerawat atau menambah asupan buah penghilang jerawat yang alami.

  1. Muncul saat haid

Ciri fisik yang utama dari jerawat haid adalah muncul saat haid berlangsung. Ciri ini terutama dapat dilihat dari orang yang tidak berjerawat namun tiba-tiba muncul jerawat. Jerawat haid biasanya muncul di daerah pipi. Jerawat haid sebenarnya bukan masalah besar, karena seiring selesainya periode haid maka jerawat tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Untuk mempercepat proses penyembuhan, jangan mengkonsumsi makanan penyebab jerawat di wajah muncul seperti makanan berlemak. Perawatan wajah berjerawat dan berminyak ketika haid tidak bisa dilakukan secara asal. Ini disebabkan saat menstruasi tubuh mengalami ketidak seimbangan hormon. Sehingga jenis perawatan tertentu justru dapat mengakibatkan resiko pada pemakainya.

Sponsors Link

  1. Berbentuk bulat dan besar

Berbeda dengan jenis jerawat pada umumnya, jerawat haid biasanya berbentuk bulat dan besar. hal ini dikarenakan produksi hormon androgen dan minyak yang berlebih akibat haid. Kondisi seperti ini akan semakin parah jika tidak diimbangi dengan menjaga kebersihan wajah. Setelah wajah dibersihkan, tambahkan masker alami untuk wajah berjerawat sebagai cara menghindari jerawat muncul.

Beberapa jenis masker alami yang dapat dimanaatkan adalah pepaya dan kunyit. Manfaat pepaya untuk wajah berjerawat sama baiknya dengan manfaat kunyit untuk jerawat. Perawatan dengan bahan alami dan tadisional mempunyai keunggulan dalam minimnya resiko yang ditimbulkan. Juga, bahan alami tidak memerlukan biaya yang mahal karena biasanya tersedia di lingkungan sekitar.

  1. Berwarna kemerahan

Jerawat haid juga dicirikan dengan warna kemerahan yang terjadi pada jerawat. Warna merah terutama terjadi ketika jerawat tersebut mulai matang. Ada yang perlu diperhatikan, penting untuk tidak memencet jerawat haid tersebut. Efek akibat jerawat dipencet sangat beragam, dan bahaya memencet jerawat yang dapat ditimbulkan diantaranya memicu infeksi.

Selain itu, jerawat yang terbuka akan memicu bakteri masuk dan kemudian jerawat meradang. Langkah cara mengatasi jerawat meradang dengan cepat yaitu menggunakan masker. Penggunaan masker alami lebih baik dari pada masker yang beredar di pasaran. Masker alami dapat dibuat dari bahan tradisional yang memang sudah dipercara keampuhannya dalam mengatasi berbagai permasalahan jerawat.

  1. Terdapat nanah

Ciri paling umum jerawat haid yang sudah dewasa biasanya terdapat nanah pada bagian atasnya. Meskipun bentuknya kecil, tapi kondisi seperti ini saat mengganggu dan dapat memberikan dampak psikologis akibat jerawat. Untuk membatu mengatasi keadaan ini, pemakaian cream obat penghilang jerawat yang ada di apotek dapat diterapkan.

Selain itu, penggunaan amoxicillin juga dapat membantu mengatasi keadaan ini. manfaat amoxicillin untuk jerawat sudah diketahui secara umum mampu mempercepat penyembuhan jerawat. Yang harus diperhatikan, pemakaian amoxicillin juga tidak boleh berlebihan karena dapat mengakibatkan efek samping. Salah satu resiko yang ditimbulkan adalah terjadinya infeksi pada jerawat tersebut.

Ads

Penyebab Jerawat Haid

Haid bukan merupakan sebuah mitos tentang timbulnya jerawat di wajah, karena dalam beberapa kajian sudah dibuktikan kebenarannya. Penyebab jerawat saat menstruasi dan cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi vitamin. Selain vitamin, beberapa jenis suplemen, makanan dan gaya hidup juga akan berpengaruh pada proses penyembuhan jerawat itu sendiri. Hal seperti ini harus dilakukan secara berkesinambungan tertutama ketika periode menstruasi terjadi.

  • Hormon

Hormon mempunyai pengaruh besar dalam siklus haid sekaligus menciptakan kondisi tidak seperti biasanya. Pada saat haid terjadi, terjadi ketidak seimbangan antara hormon androgen dan testosterone. Ketidak seimbangan ini kemudian memicu berbagai efek pada tubuh wanita, misalnya perut mual, nyeri diwaktu buang air, payudara membengkak, mudah marah dan sensitive terhadap hal-hal kecil. Hormon tersebut juga menjadi jenis hormon penyebab jerawat dan cara mengatasinya sama dengan di atas.

  • Produksi kelenjar minyak yang berlebihan

Kondisi haid juga akan memicu produksi kelenjar minyak menjadi berlebihan. Keadaan yang seperti ini juga menjadi penyebab jerawat muncul di wajah. Apalagi jika didukung dengan gaya hidup yang tidak sehat dan kondisi lingkungan yang tidak memadai, misalnya berdebu. Produksi minyak yang berlebihan akan mengakibatkan minyak dalam pori-pori kulit menumpuk. Minyak yang terlalu banyak akan menarik bakteri untuk berkembang. Sebagai hasilnya, benih-benih jerawat mulai bermunculan.

  • Stress

Secara psikologis, wanita yang sedang dalam masa menstruasi akan lebih rentan mengalami stress. Stress ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya hormon yang tidak seimbang, mood yang selalu berubah-ubah, rasa sensitif berlebihan. Beberapa hal tersebut sangat berpengaruh terhadap terciptanya jerawat haid. Keadaan stress yang bertambah parah, juga akan berakibat pada proses terjadinya jerawat di wajah yang semakin parah. Jika tidak segera diatasi akan mengakibatkan peradangan jerawat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 23rd, April 2016 / 22:06 Oleh :
Kategori : Penyebab