Sponsors Link

Debu Menyebabkan Jerawat – Penanganan dan Pencegahan

Advertisement

Siapa yang tak mengenal jerawat? Ya, jerawat merupakan salah satu hal yang paling dihindari oleh para remaja dan juga orang dewasa, terutama para wanita. Jerawat dianggap sebagai salah satu gangguan yang sangat memperburuk penampilan, sehingga seringkali dilakukan berbagai macam cara menghilangkan jerawat tersebut. Jerawat merupakan salah satu dari banyaknya masalah kulit, terutama kulit wajah yang melanda hampir semua orang di dunia. Jerawat akan muncul pertama kali pada masa-masa remaja, yang diawali pubertas dan akan terus berlanjut hingga beberapa tahun sesuai dengan kondisi kulit dari seseorang, dan juga tergantung konsumsi makanan seseorang.

Penyebab Umum Munculnya Jerawat

Pada dasarnya jerawat memiliki banyak sekali jenis, dan juga ada beberapa jenis jerawat yang memang berbahaya, karena dapat menimbulkan pendarahan dan juga bekas luka parah pada bagian wajah. Namun demikian, ternyata banyak sekali loh yang dapat mneyebabkan munclnya jerawat. Berikut ini adalah beberapa penyebab timbulnya jerawat :

  • Alergi terhadap obat-obatan atau makanan tertentu
  • Faktor gen atau keturunan
  • Bakteri dan juga kuman penyebab jerawat gatal
  • Kebersihan kulit wajah yang tidak terjaga dengan baik
  • Produksi minyak dari kulit wajah yang berlebihan dan banyak
  • dampak psikologis akibat jerawat, dan juga beban pikiran tertentu
  • Merupakan salah satu efek samping dari aktivitas jerawat karena hormon
  • Iritasi pada bagian wajah
  • Kurang minum air putih
  • rokok dan alkohol, penyebab jerawat parah
  • Kekurangan asupan vitamin B2, vitamin C, dan juga vitamin A
  • Radiasi sinar ultraviolet
  • Jarang membersihkan kulit wajah
  • Debu dan allergen

Debu sebagai Penyebab Jerawat

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, dari berbagai macam faktor yang menyebabkan munculnya jerawat debu merupakan salah satu faktor yang paling sering mrnyebabkan kemunculan jerawat pada diri individu. Biasanya, mereka, terutama yang memiliki kulit sensitif dan mudah terserang berbagai macam alergi, lebih mudah untuk mengalami debu yang menyebabkan jerawat muncul, termasuk allergen dan juga polutan. Karena itulah, debu merupakan salah satu penyebab utama dari kemunculan jerawat.

Apa Itu Debu??

Pada dasarnya debu dapat berisi banyak hal, semua partikel-partikel yang berukuran sangat kecil bisa dikategorikan sebagai debu. Tidak peduli apakah partikel tersebut berasal dari tanah, pasir, ataupun limbah dari uap kimia sekalipun. Partikel-partikel debu adalah partikel yang berukuran sangat kecil, yang dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh, baik dengan cara masuk ke dalam pori-pori tubuh atau terhisap ke dalam tubuh melalui proses pernapasan. Debu inilah yang kemudian dapat menyebabkan munculnya berbagai gangguan kesehatan pada manusia, salah satunya adalah dapat menyebabkan terjadinya jerawat dan juga gejala flu.

Sponsors Link

Bagaimana debu dapat menyebabkan jerawat?

Debu menyebabkan jerawat ketika debu sudah mulai menempel dan juga masuk ke dalam pori-pori wajah. Seperti diketahui, debu merupakan partikel kecil dan juga halus yang kotor dan tentunya berbahaya. Hal ini karena sudah bercampur dengan berbagai macam polutan yang ada di udara, sehingga dapat menimbulkan, infeksi, dan menyebabkan kemunculan jerawat.

Debu yang dapat menyebabkan jerawat biasanya adalah debu-debu jalanan, seperti :

  • Debu pasir
  • Debu tanah
  • Debu polusi udara dari kendaraan bermotor
  • Debu industry yang terbang terbawa angin
  • Debu kimia
  • Dan juga berbagai macam jenis debu lainnya, yang berbahaya bagi kesehatan kulit wajah

Cara Mengatasi Debu yang Menyebabkan Jerawat

Untuk mengatasi jerawat yang disebabkan oleh debu, serta cara mencegah jerawat karena debu agar tidak terjadi pada diri kita, maka ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan, yaitu :

1. Gunakan perlindungan masker

Masker merupakan salah satu bahan yang sangat efektif untuk membantu mencegah menempelnya debu ke wajah anda. Dengan menggunakan masker, itu artinya anda dapat meminimalisir proses menempelnya debu di wajah anda yang dapat menyebabkan munculnya jerawat di wajah anda. Karena itu, usahakan agar anda yang memiliki kulit sensitiF untuk menggunakan masker sebagai perlindungan pertama dari wajah terhadap debu. Selain itu, penggunaan masker juga dapat meminimalisir terjadinya gangguan pernapasan akibat udara yang kotor dan juga tidak sehat.

2. Jangan terlalu banyak menggunakan make up

Make up juga merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan debu menempel di wajah anda. Beberapa make up degan kualitas buruk akan terasa lengket di kulit wajah anda. kualitas buruk dan lengket inilah yang malahan dapat menyebabkan banyaknya debu menempel pada kulit wajah. Mungkin anda tidak menyadari, namun ternyata dengan banyaknya debu yang menempel pada wajah anda, hal ini pastinya akan menyebabkan terjadinya bahaya berupa munculnya jerawat secara tiba-tiba. Jadi gunakanlan kosmetik untuk wajah berjerawat secara khusus.

Nahh, bahaya penggunaan kosmetik yang salah ini juga bisa menimbulkan permasalah wajah lainnya yakni :

Ads

3. Cuci bersih wajah dengan menggunakan sabun setelah pergi ke luar rumah

Cara lainnya yang dapat meminimalisir kemunculan jerawat karena debu adalah dengan cara melakukan pembersihan wajah anda dengan menggunakan sabun wajah yang berkualitas baik. Dengan menggunakan sabun wajah, maka hal ini akan membuat wajah anda menjadi lebih bersih dan jga lebih cerah. Debu yang menyebabkan jerawat pun akan hilang dan kemudian menjadi bersih dan dengan begitu anda akan terhindar dari kemunculan jerawat pada wajah anda.

Nahh, mencuci muka ini juga sangat bermanfaat bagi wajah misalnya untuk :

4. Konsumsi makanan  yang memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri tinggi

Selain itu, untuk mencegah masuknya bakteri dari debu ke dalam pori-pori kulit wajah anda dan menyebabkan jerawat, maka anda harus memperbanyak konsumsi makanan yang sehat. Bahan makanan ini terutama yang mengandung antioksidan dan jga antibakteri, seperti buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C.

Makan-makanan buah yang sehat ini sangat berguna bagi kulit, terutama untuk :

Kandungan antioksidan dan juga antibakteri ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan juga bakteri-bakteri yang masuk ke wajah anda melalui debu. Selain itu, antioksidan juga dapat mmebantu mencerahkan dan juga menghilangkan tanda-tanda penuaan dini.

Itulah beberapa informasi lengkap mengenai debu yang menyebab jerawat, beserta dengan pencegahannya. Semoga artikel mengenai debu dan jerawat ini dapat manambah wawasan anda sekalian.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 04th, September 2015 / 07:03 Oleh :
Kategori : Penyebab