Sponsors Link

Jenis Komedo di Hidung dan Wajah Serta Cara Penyembuhan

Sponsors Link

Komedo merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada wajah kita. Tentunya untuk mengobati komedo diperlukan cara-cara khusus contohnya seperti cara menghilangkan komedo secara alami dan perawatan dokter. Namun, sebelum mengambil langkah untuk mengobati kita juga harus mengetahui jenis komedo apa yang ada pada di wajah. Mari kita ulas satu per satu jenis komedo di hidung dan wajah secara lengkap.

Sponsors Link

Penyebab Komedo di Hidung dan Wajah

Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya komedo di hidung dan wajah kita, diantaranya adalah :

  • Memiliki jenis kulit yang mudah berminyak karena type kulit ini cenderung mudah sekali dihinggapi oleh komedo. Wajah yang berminyak mudah dihinggapi komedo karena adanya produksi minyak berlebihan dan berpotensi menyumbat pori-pori wajah
  • Kurang membersihkan wajah adalah faktor kedua yang menjadi penyebab komedo di hidung dan wajah. Debu dan kotoran yang menempel di kulit wajah sesudah melakukan aktivitas selama seharian penuh nantinya akan memicu komedo. Sehingga untuk mencegah tentu kalian harus rutin membersihkan wajah sesudah beraktivitas dan sesudah tidur.
  • Menggunakan make up dan tidak membersihkan dengan baik dan seksama sehingga masih adanya sisa-sisa alas bedak, bedak padat, conceler pada wajah yang dapat menyebabkan komedo.

Dua Jenis Komedo di Hidung dan Wajah

Ada dua jenis komedo yang dapat muncul di hidung dan wajah yaitu Blackhead yang biasanya berwarna hitam dan Whitehead dengan warna putih. Berikut penjelasan blackhead dan whitehead lebh lengkap :

1. Blackhead / Komedo Hitam

Blackhead

Blackhead adalah salah satu jenis komedo di hidung dan wajah yang sifatnya terbuka. Blackhead ditandai dengan membesarnya folikel rambut yang ditutup oleh sekumpulan kotoran kulit dan sebum.

Biasanya komedo ini terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam, yang berwarna hitam tersebut adalah penyumbat pori yang sudah mengalami perubahan warna karena teroksidasi dengan udara.

Seseorang mengalami masalah pada wajah seperti komedo biasanya pada saat remaja namun pada dasarnya komedo dapat menyerang manusia di berbagai usia. Banyak mitos yang mengatakan bahwa blackhead ini bersifat menular, tentu hal ini tidak benar karena blackhead disebabkan oleh bakteri dan tentunya bisa disembuhkan.

Sponsors Link

2. Whitehead / Komedo Putih

Whitehead

Komedo yang sifatnya tertutup atau biasa disebut dengan Whitehead adalah sebuah kondisi media yang ditandai dengan membesarnya folikel rambut yang benar-benar terhalangi oleh sebum dan debris keratin.

Whitehead ini sendiri biasanya memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti sekumpulan tonjolan-tonjolan dalam ukuran kecil yang ada di bawah kulit.

Warna komedo ini tetap berwarna putih karena tidak terpapar oleh oksigen yang ada di udara sehingga sebum dan debris tidak teroksidasi dan tetap mempunyai warna yang alami yaitu putih.

Cara Mengobati Komedo Blackhead dan Whitehead

Kalian bisa mencoba beberapa cara mengobati komedo Blackhead dan Whitehead agar wajah anda kembali bersih dan mulus seperti semula kembali. Kulit yang bersih dan mulus adalah salah satu cerminan diri sebagai orang yang mengutamakan kebersihan juga. Berikut cara-caranya :


Tanah Liat

Tanah LiatTanah liat sudah berabad-abada menjadi obat penyakit khususnya obat penyakit kulit. Hal ini disebabkan molekul yang ada pada tanah liat mampu menarik keluar minyak dan kotoran lainnya yang ada pada wajah kalian. Sehingga untuk mengobati komedo kalian dapat mencoba masker kulit tanah liat untuk menarik keluar komedo.

  • Campur tanah liat dengan air secukupnya untuk membuat pasta yang tebal
  • Apabila sudah menjadi pasta segera oleskan di wajah secara tipis-tipis
  • Diamkan masker tanah liat selama 10-25 menit
  • Bilas dengan air hangat hingga wajah bersih


Putih Telur

Putih Telur

Putih telur selain dapat membuat komedo di hidung dan wajah anda musnah juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit karena putih telur sendiri mengandung banyak nutrisi.

Cara :

  • Cuci muka hingga bersih terlebih dahulu
  • Telebih dahulu pisahkan kuning telur dari putih telur
  • Oleskan putih telur tersebut di wajah secara lembut dan perlahan
  • Diamkan beberapa menit terlebih dahulu agar lapisannya menjadi kering
  • Setelah kering oleskan kembali agar tercipta lapisan kedua
  • Apabila lapisan sudah menjadi kering disitulah putih telur mulai bekerja menghilangkan residu di wajah


Susu dan Madu

Susu dan Madu

Madu memiliki antibaktero dan susu memiliki asam laktat yang sangat baik sifatnya untuk membantu menjaga kulit agar lembut dan kenyal.

Cara :

  • Campur 1 SDM madu dengan 1 sendok teh susu
  • Panaskan selama 5-10 detik di microwave
  • Setelah campuran madu dan susu sudah ada di suhu yang nyaman untuk wajah segera oleskan di bagian komedo
  • Diamkan minimal 20 menit agar kering dan hasilnya maksimal
  • Bilas hingga wajah bersih dengan air dingin


Kayu Manis dan Madu

Kayu Manis dan Madu

Kombinasi antara kayu manis dan madu dipercaya dapat menghilangkan dua jenis komedo di wajah dan hidung secara ampuh. Madu sendiri sifatnya dapat membasmi bakteri di wajah sedangkan kayu manis dapat membuat kulit kalian menjadi halus dan bersinar.

Cara :

  • Campur kayu manis dan madu secara bersama-sama sampai menjadi pasta
  • Oleskan secara tipis di wajah
  • Diamkan tiga sampai lima menit hingga kering
  • Bilas wajah anda hingga bersih


Cuka Sari Apel dan Daun Mint

Cuka Sari Apel

Segala jenis komedo di hidung dan wajah dapat dimusnahkan oleh campura cuka sari apel dan daun mint. Hal ini dikarenakan cuka sari apel bermanfaat untuk merusak bakteri-bakteri penyebab komedo di wajah dan daun mint menjalankan fungsi sebagai pendinginan pada kulit wajah kalian. Ini terbukti ampuh khususnya terhadap wajah yang sudah mengalami peradangan komedo.

Cara :

  • Campurkan cuka sari apel dan daun mint dalam sebuah botol kecil dan diamkan hingga satu minggu
  • Saring dan tambahkan secangkir air serta simpan di kulkas selama 6 hari
  • Setelah itu gunakanlah setiap malam dan jangan lupa untuk membilas wajah terlebih dahulu
  • Diamkan selama semalam atau beberapa jam dan bilas di pagi hari


Baik jenis komedo hitam dan jenis komedo putih sebaiknya diobati dengan cara herbal terlebih dahulu.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 30th, January 2015 / 23:27 Oleh :
Kategori : Jenis