Sponsors Link
     Sponsors Link

Jerawat Di Daun Telinga : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Advertisement

Jerawat di daun telinga memang kadang muncul dengan tiba-tiba. Munculnya jerawat di daun  telinga sering kali menimbulkan rasa nyeri dan terkadang juga membuat kepala terasa pusing. Selain karena bisa menimbulkan rasa nyeri, jerawat pada daun telinga juga sangat menanggu ketika akan mengunakan perangkat handphone. Ditambah bagi mereka yang mengunakan alat bantu  dengar.

Jerawat Di TelingaPenyebab Timbulnya Jerawat di Telinga

Sebelum jerawat di daun telinga menyerang diri Anda, alangkah baiknya Anda mengenali beberapa penyebab munculnya jerawat tersebut. Beberapa hal dapat memicu timbulnya jerawat pada daun telinga dan jika kita mengenali penyebabnya maka kita bisa  melakukan upaya pencegahan sebelum jerawat menghiasi daun  telinga kita. Berikut ini penulis akan membagi informasi mengenai 10 penyebab timbulnya jerawat pada daun telinga, diantaranya:

1. Alat pembersih telinga yang tidak  steril

Sering membersihkan telinga dengan alat-alat pembersih yang tidak jelas kebersihannya bisa memicu timbulnya jerawat. Alat-alat pembersih telinga yang terbuat dari bahan logam atau bahan lainnya yang memang harus sangat diperhatikan kebersihannya. Jika tidak, bukannya membersihkan justru membuat daun telinga menjadi jerawatan akibat banyaknya bakteri yang ditularkan dari alat pembersih tersebut.

2. Luka pada daun telinga

Luka pada daun telinga yang disebabkan goresan, tusukan atau lain sebagainya sebaiknya segera diobati.  Jika luka goresan atau tusukan tersebut, dibiarkan terbuka dan tidak diobati, akan menyebabkan luka mudah dihinggapi bakteri yang kemudian menimbulkan jerawat.

3. Daun telinga yang  kotor

Walau diatas tadi disebutkan bahwa membersihkan telinga dengan alat pembersih telinga yang tidak  steril dapat memicu timbulnya jerawat, bukan berarti harus membiarkan telinga kita kotor. Untuk membersihkan telinga, kita cukup membersihkannya dengan air atau cotton bud yang sudah terbukti steril agar telinga tetap bersih dan terhindar dari jerawat.

Sponsors Link

4. Produksi minyak berlebihan

Bukan hanya pada kulit wajah, ternyata  produksi minyak yang berlebih pada kulit telinga juga dapat menimbulkan jerawat.

5. Gigitan serangga

Racun yang ditularkan dari gigitan serangga pada daun telinga, juga  bisa menimbulkan benjolan yang disebut jerawat.

6. Penumpukan sel kulit mati

Mengenai masalah sel kulit mati, ternyata pada kulit yang terdapat pada daun telinga juga bisa mengalaminya. Begitu juga efeknya, sel kulit mati yang menumpuk pada kulit daun telinga bisa menjadi penyebab jerawat, tidak hanya pada kulit  wajah.

7. Iritasi

Iritasi pada telinga dapat terjadi karena mengunakan anting atau aksesoris lainnya, juga dapat memicu timbulnya jerawat pada daun telinga. Berkaitan dengan hal itu, memang ada sebagian orang yang alergi dengan logam dan bisa juga alergi dengan emas. Maka jika mengunakan  aksesoris telinga berbahan logam atau emas yang tidak cocok akan menyebabkan efek alergi, yang menjadi penyebab jerawat bernanah dan nyeri.

8. Rambut  yang kotor

Kondisi rambut yang kotor selain bisa menyebabkan wajah berjerawat, ternyata juga bisa menyebabkan jerawat pada daun telinga. Sama halnya dengan wajah, letak telinga yang sangat dekat dengan rambut akan dengan mudah membuatnya berinteraksi dengan  telinga. Maka jika rambut kotor akan  sangat mudah menularkan bakteri jerawat pada wajah, begitupula dengan daun telinga.

Ads

9. Alergi makanan

Alergi terhadap sesuatu, seperti makanan penyebab jerawat diseluruh bagian tubuh baik di wajah, punggung termasuk jerawat di daun telinga.

10. Sering menyentuh telinga

Keseringan menyentuh telinga dengan tangan akan menularkan bakteri yang terdapat pada tangan ke daun telinga. Padahal kita tahu tangan adalah organ  tubuh kita yang menjadi sarang banyaknya bakteri.

Cara Mengatasi Jerawat pada Daun Telinga

Setelah mengetahui beberapa penyebab timbulnya jerawat di daun telinga, maka pembahasan selanjutnya kita akan membahas beberapa cara untuk mengatasi jerawat pada daun telinga. Pada dasarnya ada 5 cara untuk mengatasi jerawat di daun telinga sebagai berikut:


Membersihkan telinga

Menjaga kebersihan telinga bisa membuat telinga terhindar dari jerawat. Selain itu membersihkan telinga bisa membantu menghilangkan jerawat pada daun telinga. Bersihkan daun telinga yang jerawatan dengan menggunakan sabun cuci muka atau juga mengunakan  air hangat.


Membersihkan Rambut

Rambut  adalah bagian tubuh yang sering berinteraksi dengan telinga. Jika daun  telinga timbul jerawat dan rambut kotor mengenainya, maka jerawat akan semakin parah. Maka bersihkan rambut dengan keramas dan lalukan dua hari sekali.


Mengolesi daun telinga dengan obat jerawat

Gunakan cream obat penghilang jerawat yang  biasanya digunakan untuk mengobati jerawat pada wajah, karena juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat di daun telinga.


Berhenti mengkonsumsi makanan berlemak  tinggi

Makanan berlemak bisa memicu produksi minyak pada kulit, termasuk pada kulit disekitar telinga. Minyak berlebih yang diproduksi kulit telinga bisa menyebabkan timbulnya jerawat.


Melepaskan aksesoris telinga penyebab alergi

Jika jerawat pada daun telinga timbul karena alergi telhadap aksesoris yang digunakan, maka sebaiknya segera dilepaskan. Gunakan aksesoris yang aman dan  tidak menimbulkan alergi pada kulit telinga.


Timbulnya jerawat di daun telinga sering menimbulkan rasa nyeri yang sangat mengganggu, yang sebaiknya harus segera diatasi. Jika tidak, rasa nyeri tersebut bisa menganggu keseimbangan otak dan menyebabkan vertigo.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 09th, February 2015 / 08:05 Oleh :
Kategori : Jenis