Sponsors Link
     Sponsors Link

Jerawat Parah – Penyebab, Pengobatan dan Pencegahan

Advertisement

Jerawat parah merupakan suatu kondisi dimana wajah penderitanya mengalami kemunculan jerawat yang kondisinya tidak biasa. Ada beberapa hal yang dapat dikategorikan sebagai jerawat yang parah, yang muncul pada wajah seseorang , yaitu :

1. Muncul jerawat yang banyak dan berkelompok pada satu periode

jerawat parahPada satu periode tertentu, misalnya ketika terjadi alergi atau sedang berada pada periode, penyebab jerawat saat menstruasi pada wanita. Biasanya jerawat yang parah akan muncul dalam bentuk kelompok-kelompok di bagian wajah tertentu. Berikut ini adalah beberapa bagian wajah yang biasanya mengalami kemunculan jerawat secara berkelompok :

  • Bagian pipi sebelah kiri atau kanan
  • Bagian dahi
  • Bagian sekitar hidung
  • Bagian dagu

2. Jerawat yang muncul dan berkelompok pada dua atau lebih wilayah pada bagian wajah

Tidak hanya muncul pada satu bagian wajah saja, jerawat yang muncul pada lebih dari dua wilayah wajah secara berkelompok juga merupakan salah satu jenis jerawat yang parah. Biasanya kedua jenis jerawat ini, selain muncul dalam periode-periode tertentu, juga dapat terjadi selama lebih dari satu tahun, bahkan dapat terjadi lebih dari 5 tahun.

3. Jerawat yang selalu muncul hampir setiap hari

Jenis jerawat parah lainnya adalah jerawat yang sering mengalami kemunculan. Ketika satu bagian jerawat sudah sembuh biasanya kondisi ini akan menimbulkan penyebab jerawat di wajah muncul, dengan intensitas kemunculan yang sering terjadi.

4. Jerawat yang muncul bergantian, ketika sembuh, akan muncul jerawat lagi

Jerawat pada kondisi ini biasanya muncul secara bergantian. Bergantian disini maksudnya adalah jerawat baru akan muncul pada daerah wajah yang lain ketika satu jerawat sudah mengalami kesembuhan dan hilang. Siklus ini dapat terjadi secara terus menerus, biasanya dikeluhkan oleh banyak wanita yang mengeluh, jerawat parah yang bolak-balik datang.

5. Jerawat yang berkumpul menjadi satu, dengan komplikasi munculnya iritasi pada kulit wajah dan kemungkinan juga mengalami nanah

Kondisi jerawat yang paling parah adalah kondisi dimana sekumpulan jerawat pada area wajah tertentu tidak hanya mengalami jerawat biasa. Namun juga mengalami iritasi dan juga sering menjadi penyebab jerawat bernanah.

Sponsors Link

Penyebab Jerawat Parah Terjadi

Kondisi jerawat yang parah ini dapat terjadi pada siapa saja. Namun demikian ada beberapa faktor utama yang menyebabkan seseorang bisa mengalami kemunculan jerawat yang parah dan terasa tidak wajar. Apa saja penyebab jerawat parah ini? Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan kemunculan jerawat parah :

  • Bakat / keturunan

Faktor utama dari kemunculan jerawat parah, yang dapat menyerang banyak orang adalah faktor keturunan. Biasanya bagi mereka yang garis keturunannya memiliki bakat mengalami jerawat yang parah dan juga menahun akan ikut mengalami hal tersebut. Hal ini disebabkan karena jerawat juga merupakan salah satu faktor bawaan yang sudah ada pada gen dari setiap orang. Sehingga dapat menjadi faktor utama dari penyebab munculnya jerawat yang parah tersebut.

  • Alergi dan kulit sensitif

Faktor penyebab lainnya dari jerawat yang parah adalah faktor alergi yang disebabkan oleh kulit sensitif. Beberapa orang memiliki kondisi kulit wajah yang sensitif dan tidak melulu cocok dengan sabun perawatan wajah atau kosmetik tertentu. Kondisi ini menyebabkan banyak sekali gangguan pada kulit wajah, salah satunya adalah kemunculan dari jerawat parah ini

Sudah banyak sekali kasus penderita jerawat parah, yang terjadi karena adanya alergi, namun banyak pula mereka yang tidak menyadari hal ini.

  • Polusi udara

Polusi udara yang membawa banyak sekali kuman dan bakteri juga merupakan salah satu biang keladi kemunculan jerawat parah. Selain itu berbagai macam bahan kimia, yang mungkin ada di udara sekitar kita, yang setiap saat kita gunakan untuk bernapas juga dapat menjadi salah satu faktor utama munculnya jerawat parah pada wajah.

  • Ketidakseimbangan hormon

Faktor lain yang pasti menyebabkan kemunculan jerawat parah adalah adanya ketidakseimbangan dan juga kelainan hormon tubuh. Kondisi ini akan menyebabkan munculnya suatu pertahanan pada tubuh, yang malahan akan menyebabkan kemunculan ciri-ciri jerawat karena hormon yang parah pada wajah anda.

  • Hemofilia

Bagi anda yang mengalami jerawat parah disertai dengan iritasi. Luka dan juga kemunculan nanah, mungkin saja anda merupakan salah satu pengidap hemophilia. Hal ini disebabkan karena penderita hemophilia mengalami kelainan dalam hal pembekuan darah, sehingga menimbulkan ciri – ciri seperti pendarahan dan juga keluarnya nanah pada bagian tubuh yang mengalami luka, termasuk juga jerawat yang parah

Ads

Pengobatan dan Pencegahan

Untuk mengobati jerawat, terutama jerawat yang sifatnya sudah parah ada beberapa hal yang dapat anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk cara mengatasi jerawat yang sudah parah :

1. Menggunakan pengobatan herbal

Untuk mengobati jerawat secara alami, anda dapat menggunakan berbagai macam bahan-bahan herbal, antara lain :

  • Bawang putih
  • Minyak zaitun
  • Madu
  • Perasan jeruk lemon atau jeruk nipis.

2. Konsultasi ke dokter kulit

Bagi anda yang memiliki dana lebih, anda dapat mengkonsultasikan masalah jerawat parah ini ke dokter kulit anda. Perlu diperhatikan, mungkin anda harus konsultasi ke lebih dari satu dokter kulit, karena dokter kulit tidak semuanya cocok metode pengobatannya.

3. Menggunakan metode pengobatan alternatif

Bagi anda yang sudah tidak dapat berkonsultasi dengan dokter kulit. Anda dapat mencoba berbagai pengobatan alternatif dan terapi seperti akupuntur dan pijat syaraf.

4. Rajin membersihkan wajah dengan sabun khusus.

Ini merupakan kewajiban bagi anda yang memiliki jerawat parah. Anda wajib selalu membersihkan wajah anda dengan sabun khusus pembersih wajah, yang pastinya harus cocok juga dengan kondisi wajah anda. Lalu, untuk mencegah munculnya jerawat, maka anda dapat menjalankan beberapa tips di bawah ini :

  • Hindari rokok dan juga alcohol
  • Perhatikan Selalu bersihkan wajah anda
  • asupan vitamin dan juga mineral terutama yang dapat menjaga kesehatan kulit
  • Gunakan masker pelindung ketika harus melakukan kontak dengan polutan dan juga allergen.

Itulah beberapa informasi menting yang wajib anda ketahui mengenai jerawat yang parah. Semoga artikel in ibermanfaat untuk anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 13th, June 2015 / 05:55 Oleh :
Kategori : Jenis