Sponsors Link
     Sponsors Link

24 Makanan Penghilang Jerawat Dengan Cepat

Advertisement

Jerawat merupakan gangguan kondisi kulit yang biasanya muncul pada wajah, leher, dada, punggung dan bahu. Jerawat paling umum terjadi di kalangan remaja, dengan prevalensi yang dilaporkan dari 70-87%. Jerawat dapat menyebabkan gangguan emosi dan bekas luka di kulit.

Penyebab Jerawat

Kemunculan jerawat tentu saja dapat mempengaruhi penampilan serta dapat menimbulkan kurangnya rasa percaya diri seseorang. Berbagai jenis makanan diduga sebagai pemicu timbulnya jerawat, misalnya coklat dan berbagai jenis makanan yang banyak mengandung minyak.


Rachelle Wood

Menurut seorang ahli gizi bernama Rachelle Wood menyatakan bahwa hal tersebut tidak benar adanya. Mengkonsumsi coklat maupun makanan yang berminyak tidaklah menimbulkan jerawat, tetapi meningkatkan kadar kolesterol. Wood menambahkan bahwa diet juga dapat mempengaruhi kulit. Makanan dengan kadar gula yang tinggi dapat mendorong tubuh untuk memproduksi insulin tambahan, yang meningkatkan produksi kortisol. Secara umum, kortisol bertindak langsung sebagai sumber energi tubuh.


Huffington Post Kanada

Menurut The Huffington Post Canada, “Perubahan hormon dalam tubuh memiliki dampak terbesar pada pembentukan jerawat. Gaya hidup stres yang tinggi dapat meningkatkan produksi jerawat, jadi tetap tenang dan santai merupakan jalan untuk menghindari timbulnya jerawat.”


DR Anne Chapas

Menurut seorang dokter kulit Dr. Anne Chapas, pendiri Union Square Laser Dermatology menyatakan bahwa  jerawat tidak disebabkan oleh stres, melainkan perubahan dalam kebiasaan pola makan, rutinitas tidur atau bahkan kondisi wajah yang tidak terawat. Dia juga menambahkan bahwa dua jenis stres, yaitu stres psikologis dan stres fisik, dapat menyebabkan perubahan pada kulit dengan pelepasan kortisol, yaitu hormon stres dalam tubuh kita.


Makanan Penghilang Jerawat

Makanan penghilang jerawat dengan cepat ternyata dapat menggunakan daging, ikan, sayur-sayuran, dan buah buahan yang dapat berperan mencegah timbulnya jerawat di wajah. Berikut ini beberapa makanan yang dipercaya mampu mencegah jerawat :

1. Lemak ikan

makanan penghilang jerawatMenurut Rachelle Wood, ahli gizi holistik terdaftar di Charlottetown PEI menyatakan bahwa ikan merupakan sumber yang baik akan asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6. Kandungan Asam ini dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh yang dapat memicu sel untuk menyumbat pori-pori dan berpotensi menyebabkan jerawat. Ia merekomendasikan untuk mengkonsumsi ikan salmon, makarel, dan sarden untuk melawan noda jerawat.

2. Kacang

Masih menurut Wood, kekurangan mineral seperti zinc dan selenium juga dapat memicu timbulnya jerawat pada beberapa penderita.” Dan kacang mengandung banyak selenium, vitamin E, tembaga, magnesium, mangan, kalium, kalsium dan zat besi, yang semuanya penting bagi kesehatan kulit. Selain itu, kandungan vitamin E dalam kacang juga dapat membantu meremajakan kulit serta melindungi jaringan wajah dari iritasi ringan. Namun informasi yang beredar di masyarakat saat ini yang populer adalah kacang merupakan makanan penyebab jerawat dan penyebab jerawat bernanah. Tentu saja hal tersebut tidak terlalu benar.

ads

3. Alpukat

Buah berwarna hijau dan memiliki rasa yang lezat ini dipercaya  kaya akan vitamin E yang dapat meningkatkan vitalitas kulit. Alpukat juga merupakan sumber yang baik dari vitamin C, yang mampu mengurangi peradangan kulit dan melembabkan kulit secara alami.

4. Anggur merah

Buah dan biji anggur merah banyak mengandung bahan kimia alami yang kuat serta antioksidan yang terbukti mampu untuk mengobati kondisi kulit yang mengalami inflamasi seperti psoriasis dan eksim. Anggur juga dapat membantu untuk mengontrol efek samping dari reaksi alergi pada kulit.

5. Adas

Adas merupakan sejenis tanaman sayuran yang dapat membantu membersihkan kulit. Akar dari sayuran ini dapat meningkatkan pencernaan, mengurangi pembengkakan dan membantu mengurangi kelebihan cairan dan menghilangkan racun dalam kulit.

6. Artichoke

Artichoke merupakan sumber antioksidan dan vitamin C. Sayuran hijau berserat ini dapat membantu menghilangkan racun dari tubuh, membuatnya menjadi tambahan makanan yang bagus untuk mendapatkan kulit yang sehat.

7. Beras merah

Beras merah merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin B, protein, magnesium, dan beberapa antioksidan. Untuk jerawat, vitamin B bertindak untuk mengurangi stres pada kulit, yang akan membantu mengatur kadar hormon dan mencegah kemungkinan jerawat.

8. Bawang putih

Bawang putih merupakan sember makanan lain yang dapat membantu melawan peradangan. Kandungan bahan kimia alami dalam bawang ini yang disebut allicin dapat membantu membunuh banyak bakteri berbahaya dan melawan virus dalam tubuh.

9. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sumber makanan yang sempurna membersihkan kulit. Kandungan nutrisi dalam sayuran ini antara lain adalah vitamin A, B kompleks, C, E, dan K. Sifat antioksidan yang dimiliki sayuran ini dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas yang akan membantu luminositas kulit.

10. Alfalfa Sprouts

Tanaman yang mungkin terlihat seperti rumput ini memiliki kandungan nutrisi berharga yang dapat membantu proses membersihkan kulit. Alfalfa sprouts banyak mengandung enzim yang membantu melawan peradangan.

11. Air Putih

Rutin mengkonsumsi 8 gelas air setiap hari dapat membantu mengurangi kadar jerawat dan dapat menyembuhkan jerawat secara alami. Selain itu, air juga dapat membantu meremajakan kulit dan dapat menjaga kulit agar tetap terhidrasi.

12. Teh hijau

Teh hijau merupakan bahan alami yang dapat berfungsi sebagai detoks untuk tubuh dengan membantu dalam menghilangkan infeksi, mengembalikan kulit agar tetap bersinar, dan dapat mencerahkan kulit. Sifat antioksidan dalam teh hijau mampu menjadi pelindung kulit dan dapat meratakan warna kulit. Teh hijau juga sangat baik untuk pemulihan kondisi pasca sakit, serta dapat secara efektif membantu menyembuhkan jerawat.

13. Wortel

Wortel merupakan sumber makanan yang baik untuk kulit karena ia sarat akan vitamin A, yang dapat membantu untuk menjaga agar kulit tetap sehat, dan mencegah kelebihan produksi sel di lapisan kulit luar.

14. Yogurt

Studi telah menunjukkan bahwa seseorang yang menderita jerawat memiliki kandungan asam lambung yang sangat rendah. Bahan makanan yang banyak memiliki kandungan probiotik seperti yoghurt dapat menormalkan saluran pencernaan dan membantu dalam mengendalikan jerawat.

15. Mentimun

Mentimun memiliki kandungan sejumlah besar air yang baik untuk membersihkan kulit. Kandungan nutrisi lain dalam buah ini adalah vitamin C dan kadar serat yang dapat membantu menghilangkan bengkak kulit, bekas jerawat dan peradangan.

16. Buah Berry

Beberapa jenis buah berry seperti strawberry, blueberry, raspberry, serta blacberry dapat membantu membersihkan jerawat secara alami. Karena merupakan sumber alami asam salisilat (agen pertempuran jerawat kuat). Selain itu, buah berry juga dapat menyembuhkan warna kulit dan membantu menjaga kondisi kulit agar tetap sehat. Kandungan anti-oksidan seperti beta karoten dalam buah berry bertindak sebagai fitokimia yang membantu proses penyembuhan infeksi kulit seperti jerawat.

Ads

17. Biji-bijian

Salah satu makanan yang terbaik untuk menjaga agar wajah tetap cantik adalah serat yang dikemas dalam biji-bijian karena mereka dapat menghentikan jerawat yang menyebabkan peradangan. Biji-bijian sangat kaya akan selenium, yang merupakan obat alami untuk menyembuhkan jerawat.

18. Sumber makanan yang berwarna ungu dan merah tua

Bit, Acai, kale ungu, dan buah delima merupakan sumber-sumber makanan yang kaya akan antioksidan. Kandungan tersebut dapat membantu meremajakan kulit serta dapat mengurangi letusan jerawat.

19. Susu

Susu sapi merupakan sumber vitamin A dan vitamin D yang baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, ia juga merupakan sumber kalsium yang diperlukan oleh tubuh.

20. Olive oil

Minyak zaitun dan minyak wijen merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik. Dimana ia menyediakan asam lemak yang dibutuhkan tubuh untuk menyehatkan kulit , seperti karena jerawat.

21. Lemon

Untuk menggunakannya jenis buah ini, campurkan sedikit air jeruk segar dengan satu sendok teh gula pasir dan menggosok-gosokkannya pada kulit wajah. Hal ini akan melawan jerawat, dan juga akan memudarkan bekas luka akibat jerawat.

22. Oatmeal

Bukan hanya sebagai pengenyang perut, tetapi oatmeal juga dapat membantu mengobati jerawat dengan cara mengurangi kadar minyak dalam tubuh.

23. Aprikot

Makanan penghilang jerawat yang paling populer lainnya adalah Aprikot. Aprikot dapat digunakan sebagai pengobatan kulit selama beberapa dekade. Ia bisa dimanfaatkan sebagai scrub alami untuk wajah berjerawat.

24. Semangka

Kandungan air, vitamin, serta anti-oksidan dalam buah semangka sangat baik untuk membantu penyembuhan infeksi pada kulit seperti jerawat.

Cara menghilangkan jerawat memang dikenal sangat sulit, jadi tidak heran bahwa makanan penghilang jerawat terkadang menjadi solusi yang sangat di cari. Selain tidak menimbulkan efek samping, melalui makanan ini jerawat juga diharapkan tidak kembali lagi.

Baca juga :

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 17th, April 2015 / 04:55 Oleh :
Kategori : Pengobatan