Sponsors Link

5 Manfaat Amoxicillin Obat Untuk Jerawat

Sponsors Link

Amoxicillin bisa dibilang merupakan salah satu antibiotik untuk mengatasi jerawat. Berbeda dengan cream obat penghilang yang ada di apotek, pemakaian amoxicillin umumnya harus melalui resep dokter terlebih dahulu. Ini dikarenakan amoxicillin mempunyai kandungan yang efek yang sangat kuat sebagai antibiotik. Penggunaan amoxicillin dinilai mempunyai resiko dan bahaya antibiotik jerawat jika digunakan secara sembarangan. Meskipun begitu, amoxicillin masih dianggap sebagai langkah cepat sebagai cara menghindari jerawat muncul.

Sponsors Link

Dalam sebuah amoxicillin terdapat berbagai macam senyawa. Beberapa senyawa dalam amoxicillin antara lain amoksisilina trihidrat, anhidrat, dan lain-lainnya. Kandungan senyawa tersebut sangat berguna untuk mencegah bakteri yang menyerang. Dalam beberapa kasus, bakteri dapat memicu alergi jerawat. Cara menghilangkan jerawat karena alergi sebaiknya menggunakan cream. Cara menghilangkan jerawat secara tradisional dinilai lebih baik, namun menggunakan amoxicillin dianggap lebih cepat dalam mengatasi masalah jerawat yang timbul.

Beberapa manfaat amoxicillin untuk jerawat :

  1. Melindungi sel kulit bagian dalam

Bagi beberapa orang, jerawat kadang disebabkan oleh hormone. Hormone merupakan penyebab jerawat berdasarkan faktor internal. Ciri-ciri jerawat karena hormon dan cara mengatasinya adalah dengan mengatasi bagian sel kulit dalam terlebih dahulu. Ada beberapa jenis hormon penyebab jerawat dan cara mengatasinya juga harus dari tubuh dulu. Sama seperti makanan penghilang jerawat ataupun buah penghilang jerawat secara alami, amoxicillin juga dapat memberi asupan nutrisi pada kulit bagian dalam. Jaringan kulit yang sehat akan menghasilkan bagian kulit luar yang sehat pula.

  1. Mempercepat jerawat sembuh

Amoxicillin dapat mengakselerasi jerawat sembuh. Penggunaan amoxicillin sebagai masker akan secara efektif mengeringkan jerawat yang terjadi. Jerawat yang kering akan mudah disembuhkan dan akan menghilang dengan sendirinya. Tentunya hal ini harus diserta dengan perlakuan baik seperti jangan memencet jerawat. Ada bahaya memencet jerawat, yaitu dapat memicu pembengkakan. Efek akibat jerawat dipencet yang lain yaitu peradangan. Langkah cara mengatasi jerawat meradang menggunakan masker untuk menghentikan peradangan.

  1. Mencegah bakteri penyebab jerawat

Dalam sebuah antibiotik pasti terdapat zat pencegah bakteri, atau zat anti bakteri. Begitu juga dengan amoxicillin. Amoxicillin akan mencegah bakteri baik dari luar maupun dalam tubuh. Segala sesuatu tentang jerawat seperti komedo atau flek hitam, biasanya disebabkan oleh bakteri. Secara singkat, bakteri merupakan penyebab timbulnya jerawat di wajah. Untuk menghindari jerawat karena bakteri, cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat harus dilakukan secara sungguh-sunguh. Hal ini dilakukan sebagai cara menghindari jerawat di wajah muncul.

Sponsors Link

  1. Menyamarkan flek di wajah

Salah satu manfaat dari amoxicillin adalah mampu menyamarkan flek yang terdapat di wajah. Selain menyamarkan bekas jerawat, amoxicillin juga dapat menghaluskan kulit sehingga kulit akan tampak rata. Boleh dibilang amoxicillin sebagai cara mencegah flek hitam wajah secara alami. Selain flek hitam, jerawat di wajah yang berwarna hitam juga dapat disembuhkan dengan menggunakan amoxicillin. Cara menghilangkan jerawat hitam di wajah sama seperti cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan herbal, yaitu digunakan sebagai masker.

  1. Menghilangkan bekas jerawat dan bekas luka

Amoxicillin dapat membantu dalam mengatasi bekas jerawat secara mudah. Amoxicillin bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat alami dan medis super cepat. Amoxicillin akan bekerja dengan cara mengangkat sel kulit bekas jerawat dan kemudian melepaskannya. Cara kerjanya hampir mirip dengan cream obat penghilang bekas jerawat yang ada di apotek. Serupa dengan amoxicillin, cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan herbal juga menghasilkan hasil yang sama, salah satunya adalah timun. Manfaat timun bagi bekas jerawat sangat ampuh dalam mengangkat sel kulit mati.

Penggunaan :

Menggunakan amoxicillin untuk mengatasi jerawat memang berbeda langkahnya. Ini dikarenakan amoxicillin merupakan obat kapsul, jadi pengunaannya harus dilembutkan terlebih dahulu. Amoxicillin bisa digunakan sebagai masker alami untuk wajah berjerawat. Caranya, tumbuk dan hancurkan amoxicillin tersebut hingga lembut kemudian berikan sedikit air yang masih hangat lalu terapkan ke jerawat. Penggunaan masker dari amoxicillin tidak boleh terlalu lama, karena dapat mengeringkan kulit. Gunakan sekitar 15 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Sponsors Link

Efek Samping :

Bagi penderita yang mempunyai jenis kulit sensitif, amoxicillin dapat menimbulkan efek samping seperti ruam kulit. oleh karenanya, penggunaan amoxicillin harus dilakukan secara hati-hati dan tidak boleh secara asal-asalan. Selain masalah kulit, amoxicillin juga dapat menimbulkan efek samping terhadap berbagai masalah kesehatan seperti mual, muntah, diare, dan lainnya. Hentikan penggunaan amoxicillin jika keadaan ini terjadi. Ada baiknya, pengobatan jerawat lebih mengedapankan penggunaan bahan alami terlebih dahulu dari menggunakan antibiotik dan sejenisnya.

Tips Menggunkan Amoxicillin untuk Jerawat

  1. Dibuat masker jerawat

Ada banyak jenis amoxicillin yang beredar di pasaran, mulai dari berbentuk sirup dan kapsul. Kedua bentuk ini mempunyai kandungan yang sama. Namun penggunaan kapsul dinilai lebih mudah dikarenakan sirup memberikan rasa lengket dan rasa aneh ketika diterapkan pada wajah. Amoxicillin dapat digunakan masker untuk kulit berjerawat dan cara membuatnya sangat mudah. Sama dengan cara membuat masker tomat untuk wajah berjerawat, yaitu hanya dengan melembutkan kemudian diterapkan pada wajah.

  1. Jangan digunakan secara berlebihan

Menggunakan sesuatu secara berlebihan memang tidak baik, begitu juga halnya dengan pemakaian amoxicillin. Menggunakan perawatan berbahan kimia harus dilakukan sesuai dengan petunjuk pemakaiannya. Penggunaan yang melebihi batas kewajaran akan menyebabkan berbagai resiko terhadap penggunanya. Efek samping dapat terjadi mulai dari masalah kulit hingga masalah pencernaan. Sama dengan bahaya antibiotik jerawat, resiko juga dapat terjadi secara tiba-tiba. Ada baiknya untuk selalu berkonsultasi dengan petugas medis setempat terkait masalah jerawat yang sedang dihadapi.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 23rd, April 2016 / 03:10 Oleh :
Kategori : Pengobatan