Sponsors Link

Manfaat Daun Binahong untuk Mengatasi Jerawat

Sponsors Link

Munculnya jerawat di kulit seringkali mengganggu penampilan dan kenyamanan sehari-hari. Berbagai usaha perawatan kulit telah dilakukan untuk mematikan penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal. Seringkali kita menggunakan obat-obatan kimia karena instan dan mudah dipakai, namun obat kimia seringkali dihindari karena penggunaannya yang perlu diperhatikan dengan pengawasan teratur. Apabila anda ingin menggunakan obat-obatan kimia, jangan lupa untuk memperhatikan ciri-ciri obat jerawat berbahaya untuk memastikan keamanan produk yang anda pilih.

Sponsors Link

Salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat ialah dengan menggunakan obat-obatan herbal. Salah satu tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan sebagai cara mengatasi jerawat meradang ialah tanaman binahong. Apakah anda jarang mendengar tanaman binahong? Binahong seringkali disebut sebagai Gondola di Indonesia. Bagaimanakah binahong dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyebab jerawat? Simaklah uraian berikut ini.

Tanaman Binahong

Tanaman binahong memiliki nama latin Bassela rubra Linn. Tanaman binahong memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai penyakit selain jerawat, seperti luka memar, wasir, gatal-gatal, dan luka berdarah. Penasaran seperti apa tanaman binahong? Berikut ini ialah ciri-cirinya:

  • Tanaman binahong dapat ditemukan pada berbagai tempat, baik dataran tinggi maupun dataran rendah, mulai dari hutan tropis basah, rawa-rawa, tepi sungai, hingga di pinggir jalan. Maka dari itu, anda dapat menanam tanaman ini di pekarangan rumah dengan mudah.
  • Tanaman binahong berasal dari Korea. Selain itu, binahong juga ditemukan pada berbagai negara seperti Cina, Madagaskar, dan Indonesia.
  • Binahong merupakan tanaman jalar yang dapat melingkari tanaman lain, tepatnya pada bagian batang pohon dengan bantuan akar.
  • Bagian dari tanaman binahong yang banyak dimanfaatkan untuk pengobatan ialah daunnya.
  • Daun tanaman binahong berwarna kecokelatan hingga transparan saat baru tumbuh, dan akan berwarna hijau tua setelah beberapa lama. Daunnya berbentuk hati dan terlihat melengkung. Daun tanaman binahong terkenal dalam bentuk teh seduh di Negara Cina.
  • Saat tanaman binahong dewasa, muncul bunga berwarna putih.
  • Kandungan pada daun tanaman binahong ialah protein, vitamin C (asam askorbat), saponin, antioksidan, alkaloid, dan zat anti bakteri.

Daun binahong memiliki khasiat yang ampuh untuk menghilangkan jerawat di wajah yang membandel, seperti misalnya mengatasi jerawat bernanah dan gatal serta jerawat batu. Daun binahong juga dapat digunakan sebagai salah satu cara membuat kulit wajah mulus tanpa bekas jerawat secara alami. Kandungan zat anti bakteri yang ada pada binahong dapat membantu melawan bakteri penyebab infeksi. Sementara itu, vitamin C berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh terhadap bakteri penginfeksi dan membantu pemulihan.

Baca juga: Manfaat Bawang Putih untuk Jerawat Membandel dan Manfaat Daun Sirih untuk Jerawat Batu Membandel

Bagaimanakah cara menghindari jerawat dengan menggunakan tanaman binahong sebagai obat herbal alami? Terdapat dua cara:

Sponsors Link

1. Menggunakan secara langsung

Jika ingin menggunakan daun binahong untuk pemakaian dari luar, berikut ini ialah langkah sederhana yang perlu dilakukan:

  • Ambil 5 sampai 8 daun binahong, kemudian dicuci bersih.
  • Daun binahong ditumbuk hingga halus.
  • Hasil tumbukan daun binahong kemudian dapat dioleskan secara langsung pada jerawat di wajah, punggung, perut, maupun tempat lainnya. Jangan lupa untuk membersihkan muka terlebih dahulu sebelum pengolesan. Perhatikan cara membersihkan muka agar terhindar dari jerawat yang menginfeksi.
  • Oleskanlah secara teratur selama beberapa hari hingga jerawat sembuh. Untuk hasil yang maksimal, dapat dioleskan saat malam hari sebelum tidur sehingga lebih meresap.
  • Setelah dioleskan, ada baiknya wajah kembali dicuci bersih dan dikompres dengan air es untuk menutup pori-pori kulit.

Binahong juga dapat dioleskan menjadi masker wajah. Masker binahong merupakan salah satu masker alami untuk wajah berjerawat. Caranya cukup mengoleskan hasil tumbukan binahong pada seluruh bagian muka. Melalui cara ini, binahong bermanfaatkan untuk mencegah keriput muncul di wajah.

2. Melalui proses perebusan

Proses perebusan dapat melayukan daun binahong dan mengekstrak senyawa aktif yang terkandung di dalamnya, seperti minyak atsiri, terpenoid, saponin, dan flavonoid yang memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi sehingga dapat mematikan bakteri penyebab munculnya jerawat, yakni (Propionibacterium acnes).

Cara ini juga mudah dan sederhana, berikut ini ialah langkah-langkah yang perlu anda lakukan:

  • Petiklah 5 sampai 8 daun binahong, kemudian dicuci bersih.
  • Rebus daun binahong hingga air mendidih dan menguap setengahnya. Misalnya, anda menggunakan sebanyak 2 gelas air, maka rebuslah hingga tersisa 1 gelas air.
  • Selanjutnya, ramuan dapat diminum secara teratur setiap harinya untuk membuat wajah mulus tanpa jerawat. Selain diminum, air rebusan binahong juga dapat digunakan untuk mencuci wajah sehingga pori-pori kulit lebih kencang.

Baca juga:

Ads

Manfaat Lain Binahong

Selain menghilangkan jerawat di wajah, binahong juga memiliki berbagai manfaat lain untuk mengatasi berbagai masalah sehari-hari. Berikut ini ialah beberapa manfaat lain yang dimiliki tanaman binahong:

  1. Bagian umbi dari tanaman binahong memiliki banyak manfaat, seperti untuk menyembuhkan tifus, disentri, bisul, serta mencegah asam urat, stroke, dan sakit pinggang.
  2. Binahong juga dapat digunakan untuk mengobati luka berdarah yang masih terbuka dan basah. Daun binahong cukup ditumbuk daun binahong atau ditumbuk hingga halus, kemudian dioleskan pada luka secara merata.

Baca juga: Manfaat Masker Tomat untuk Wajah Berjerawat dan Manfaat Masker Beras untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Efek Samping Binahong

Penggunaan setiap obat pasti memiliki efek samping yang perlu diperhatikan agar tidak merugikan anda. Berikut ini ialah beberapa efek samping dan hal yang perlu diperhatikan saat memanfaatkan binahong:

  • Sebagai obat herbal anti jerawat, apabila binahong digunakan terlalu lama maka dapat menyebabkan kemerahan pada kulit dan gatal-gatal akibat getah daun
  • Binahong dapat mengakibatkan munculnya rasa gelisah, pusing, sakit kepala, mual, tidak nafsu makan, muntah, sulit buang air kecil, kesemutan, dan debaran detak jantung yang lebih cepat.
  • Binahong tidak boleh digunakan bersamaan dengan senyawa stimulan, seperti kafein yang ada pada teh dan kopi
  • Untuk ibu hamil dan menyusui, tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena keamanannya masih dipertanyakan.
  • Untuk penderita angina atau nyeri di dada, disarankan untuk tidak mengkonsumsi karena binahong dapat merangsang hati dan menyebabkan angina yang lebih parah.

Nah, setelah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan memberikan informasi bagi anda mengenai manfaat binahong sebagai tanaman herbal untuk membantu menghilangkan jerawat maupun bekas jerawat di kulit.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 10th, June 2016 / 05:48 Oleh :
Kategori : Herbal