Sponsors Link

5 Manfaat Cuka Apel Untuk Jerawat

Advertisement

Anda pasti sudah pernah melihat cuka atau menggunakan cuka sebagai bahan masakan. Tahukah Anda jika satu jenis cuka mampu menghilangkan jerawat membandel di wajah. Cuka apel sudah banyak digunakan para wanita untuk membersihkan wajah dari bakteri pemicu jerawat. (Baca Juga: Manfaat Cuka Untuk Jerawat , Bahaya Infeksi Jerawat)

Konon jika menggunakan cuka apel, efeknya jauh lebih baik daripada memakai tea tree oil. Selain menghilangkan jerawat, fungsi dari cuka apel juga bisa dipakai untuk menyembuhkan penyakit mematikan seperti jantung, diabetes, kanker, kolesterol tinggi, menghilangkan cegukan, dan mengurangi gejala flu. (Baca Juga:Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Putih Telur , Cara Menghilangkan Bopeng Jerawat Dengan Madu )

Mungkin ada beberapa orang masih penasaran mengenai asal usul cuka apel yang konon bisa menyembuhkan berbagai penyakit mematikan. Jika Anda merasa penasaran, berikut ulasan mengenai sejarah dari cuka apel.

Sejarah Cuka Apel

Berbagai sumber sejarah sudah memberikan informasi bahwa cuka apel digunakan dari ribuan tahun lalu untuk media pengobatan menyembuhkan berbagai penyakit. Pada tahun 400 SM keberadaan cuka apel mulai jadi sebuah obat modern di bawah pengawasan bapak kedokteran modern, Hipprocates. Pada saat itu, pemanfaatan cuka apel harus dikombinasikan dengan madu.

Baca Juga:

Cuka apel juga dimanfaatkan oleh bangsa Romawi dan pada para samurai dari negeri sakura untuk ramuan meningkatkan vitalitas dan kekuatan. Perkembangan fungsi dari cuka apel terus berkembang sampai zaman Perang Dunia I dimana para tentara memakai cuka apel sebagai antiseptik dalam membersihkan luka.  (Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Daun Sirih , Cara Menghilangkan Jerawat Bruntusan)

Untuk para pemula yang masih belum terlalu mengerti bagaimana metode dari penggunaan cuka apel dalam menghilangkan jerawat. Metode pemakaian cuka apel memang perlu diperhatikan karena kadungan di dalam cuka tidak selalu aman bagi semua orang.

Metode Penggunaan Cuka Pada Wajah

  1. Metode Dari Luar (Eksternal)

Metode pertama untuk mengaplikasikan cuka dalam menghilangkan noda wajah atau jerawat adalah menkombinasikan cuka dengan air. Perbandingan campuran cuka denga air sebesar 1 : 3 dimana langkah pertama bisa dilakukan dengan memasukkan kapas pada wadah yang sudah disiapkan.

Setelah dicelupkan oleskan pada permukaan wajah berulang-ulang hingga beberapa kali. Bila perlu tambahkan pelembab setelah jerawat mengering setelah terkena cairan cuka.

Baca Juga:

  1. Metode Dari Dalam (Internal)

Cara menghilangkan jerawat menggunakan cuka bisa dilakukan dari dalam dimana racun dan kotoran yang berada dalam aliran darah harus dihilangkan. Metode internal bisa dilakukan memakai campuran dua sendok cuka dengan satu gelas air putih dikonsumsi secara rutin satu gelas perhari. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi , Cara Menghilangkan Jerawat Golongan Darah O)

Sponsors Link

Metode dari dalam memiliki dampak atau efek lebih lama karena bisa dibungkus dalam bentuk antiseptik alami, vitamin, dan mineral.

Selain memberikan efek baik bagi proses menghilangkan jerawat, cuka juga berperan dalam menyehatkan beberapa bagian yang mungkin masih belum diketahui banyak orang. Penerapan cuka untuk dunia kecantikan memang masih menuai pro dan kontra karena kandungan dalam cuka masih memerlukan eksplorasi lebih lanjut. (Baca Juga: Manfaat Garam Untuk Jerawat , Makanan Pencegah Jerawat)

Mengkonsumsi cuka secara rutin akan memberikan manfaat cukup banyak ke kulit dan bagian dalam tubuh. Jika Anda merasa penasaran apa saja manfaat dari mengkonsumsi air cuka secara rutin, berikut ulasannya.

Manfaat Konsumsi Cuka Secara Rutin

  1. Memberikan Elastisitas Kulit

Banyak wanita mengkonsumsi cuka apel secara rutin untuk mendapatkan elastisitas kulit lebih menarik dan mempercantik penampilan. Memang manfaat cuka apel untuk jerawat salah satunya mampu melawan paparan radikal bebas, sehingga elastisitas kulit tetapi terjaga.

Elastisitas kulit identik dengan awet muda, jadi tidak harus mendapat perawatan dengan harga selangit, cukup memanfaatkan cuka apel kulit wajah Anda akan tetap elastis dan kencang.

Baca Juga:

  1. Memberikan Kesan Bersih

Memberikan asupan nutrisi ditambah dengan perlindungan dari luar bisa memberikan kesain bersih pada wajah. Cuka apel mampu memberi efek bersih pada kulit wajah dan dilakukan secara rutin pada saat membersihkan diri. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih)

Cara untuk memanfaatkan cuka apel sebagai pembersih cukup mudah pertama-tama campurkan 1 sendok teh cuka apel bersama satu cangir air putih. Tuangkan sedikit demi sedikit ke kulit lalu usapkan secar cepat. Nantinya campuran dari cuka dan air akan langsung diserap kulit dalam waktu cepat.

  1. Menghilangkan Bintik-Bintik Hitam

Munculnya bintik-bintik hitam menjadi satu tanda penuaan kulit yang sangat mengganggu penampilan. Noda penuaan biasanya muncul pada usia 30 tahunan, maka dari itu usia wanita di atas 30 tahun harus mendapat perawatan ekstra.

Cuka apel bisa jadi solusi mudah menyamarkan bintik penuaan pada kulit karena terdapat kandungan belerang. Cara memanfaatkan cuka apel sebagai bahan penyamar bintik hitam cukup mudah yakni oleskan cuka apel pada noda atau bintik hitam sebelum tidur malam. (Baca Juga: Bahaya Chemical Peeling Untuk Wajah Jerawat )

Ads

  1. Mengurangi Resiko Iritasi Kulit

Iritasi kulit disebabkan karena kondisi kering atau disebabkan faktor lain bisa diatasi oleh cuka apel. Cuka apel mampu menetralisir iritasi kulit karena sifatnya cukup dingin dan antiradang. Cara menggunakan cuka apel untuk mengurangi resiko iritasi kulit sangatlah mudah. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Akibat Dipencet)

Gunakan cuka apel sebagai bahan campuran air pada saat mandi. Campurlah 2 cangkir gelas cuka apel dalam tempat pemandian sepert bathub. Rendam tubuh selama kurang lebih 15 menit. Pada saat bersamaan kulit akan menyerap air untuk membantu menyembuhkan iritasi kulit.

  1. Menghilangkan Selulit

Selain bermanfaat kepada kulit wajah, cuka apel bisa jadi satu solusi menghilangkan selulit pada bagian perut atau yang lain. Cara mengaplikasikan dari bahan cuka apel cukup gampang yakni dicampur dengan minyak pijat dengan perbandingan komposisi sebesar 3 : 1 dimana cuka apel sebesar 3 dan minyak pijat sebesar 1. Gosok secara lembut ke area tubuh dimana ada selulit. Lakukan secara rutin agar selulit cepat hilang tanpa bekas. (Baca Juga: Manfaat Kopi Untuk Wajah Berjerawat)

Cuka apel sangat bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat atau pada noda merah yang sangat mengganggu penampilan. Mungkin pertanyaan muncul apa saja kandungan dalam cuka hingga bisa menghilangkan jerawat?(Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Dahi)

Ternyata kandungan asam asetat lah yang jadi satu senjata andalan dalam menghilangkan bakteri penyebab jerawat di wajah. Selain itu kandungan pectin juga bisa menjadi satu bahan yang mampu menyerap racun, kolesterol, dan lemak dalam tubuh.(Baca Juga: Cara Membuat Masker Pepaya untuk Jerawat)

Berbagai metode penerapan cuka apel dalam upaya menghilangkan jerawat di atas bisa Anda lakukan dengan mudah dan hasilnya akan cepat terlihat jika Anda lakukan secara rutin. Perhatikan komposisi cuka apel karena kondisi dari tiap kulit wanita memiliki perbedaan sensitifitas. Jika merasa ragu, konsultasilah dengan dokter kulit.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 06th, October 2016 / 22:05 Oleh :
Kategori : Herbal