Sponsors Link
     Sponsors Link

Manfaat Daun Jambu untuk Jerawat dan Cara Membuatnya

Advertisement

Karakteristik daun jambu memiliki tekstur yang kasar dan tulang daun yang banyak. Daun jambu memiliki warna hijau dan untuk daunnya yang sudah layu akan berubah menjadi warna kuning. Belum banyak yang tahu manfaat dari daun jambu untuk kesehatan kulit wajah. Selama ini salah satu manfaat yang di ketahui dari pohon jambu hanya buah jambunya saja. Buah jambu berguna untuk mengobati penyakit diare dan malaria di bidang kesehatan.

Kandungan dalam daun jambu

Berikut ini kandungan yang terdapat pada daun jambu :

  • Vitamin c yang berfungsi untuk melawan serangan radikal bebas dari luar sehingga dapat membantu tubuh melawan proses penuaan dini.
  • Serat yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan dari dalam tubuh sehingga tubuh menjadi tetap sehat.
  • Antioksidan yang berguna untuk menjaga kecantikan kulit dan melembabkannya.
  • Anti bakteri yang bertujuan untuk mematikan bakteri penyebab jerawat pada kulit.
  • Anti peradangan, daun jambu memiliki zat anti peradangan untuk mengatasi akibat jerawat meradang

Jadi kandungan alami yang terdapat pada daun jambu bisa digunakan untuk mengobati jerawat anda beserta bekas jerawatnya. Karena masker ini berasal dari bahan yang alami maka kamu harus telaten dan teratur dalam menggunakannya agar lekas sembuh.

Mengobati jerawat

Manfaat pertama dari daun jambu adalah untuk mengobati jerawat yang muncul pada permukaan wajah. Daun jambu memiliki kandungan anti bakteri yang dapat membunuh bakteri jahat penyebab jerawat. Adapun beberapa sebab dari timbulnya jerawat di bagian – bagian tubuh lainnya yaitu :

ads

Jerawat yang timbul di wajah disebabkan umumnya disebabkan oleh debu menyebabkan jerawat. Debu tersebut terkontaminasi dengan kelenjar minyak yang berfungsi untuk menghasilkan minyak di wajah untuk menjaga kelembapan wajah. Namun jika sudah berlebihan kelenjar minyak justru menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat. Adapun penyebab kelenjar minyak menjadi aktif adalah makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus. Baiknya makanan tidak sehat seperti itu dihindari. Biasakan mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga perbanyak makan sayur – sayuran dan buah – buahan. Berikut ini info tentang ciri dari jerawat :

Jadi jenis dan bentuk antar jerawat satu dengan yang lainnya memiliki perbedaan. Ada beberapa kebiasaan yang tidak boleh dilakukan pada wajah yang berjerawat yaitu di larang untuk memencet jerawat. Meskipun banyak yang beranggapan memencet jerawat mempercepat proses penyembuhan yang ada malah sebaliknya. Memencet jerawat makin memperparah kondisi dari jerawat sebelumnya. Dan tidak menutup kemungkinan tumbuh jerawat baru disekitar area jerawat tadi. Alasan di larang memencet jerawat karena dapat menimbulkan infeksi pada kulit wajah. Dan yang paling parang meninggalkan bekas bopeng pada wajah.

Bopeng memang tidak menganggu kesehatan namun bopeng pada wajah sangat menganggu penampilan anda untuk tampil cantik dan manis setiap harinya. Dan langkah yang tepat untuk mengobati jerawat adalah jangan memencet jerawat yang sedang tumbuh dan meradang yang berisikan nanah. Ketahui jenis jerawat yang kamu alami baru kemudian di obati dengan menggunakan bahan alami agar terhindar dari efek samping pengobatan jerawat.

Baca juga artikel jerawat lainnya :

Cara Membuat Masker Daun Jambu

Jika ingin mencoba membuat masker dari daun jambu dirumah makan dapat disediakan bahan – bahannya dan langkah pengerjaannya seperti berikut ini :

  • Ambil beberapa lembar daun jambu yang masih segar dan kalau bisa di petik langsung dari batangnya.
  • Cuci dengan air yang mengalir sampai bersih.
  • Sediakan panci yang telah berisi ari kemudian panaskan diatas api kompor.
  • Masukkan daun jambu yang telah dicuci tadi kedalamnya dan tunggu hingga mendidih
  • Setelah mendidih air dari dalam panci tadi akan berwarna coklat pekat maka api kompor sudah boleh dimatikan
  • Diamkan selama beberapa menit sekaligus untuk mendinginkan air rebusan daun jambu tersebut.

Untuk langkah terkahir tuangkan air rebusan daun jambu dari dalam panci ke piring kecil jika sudah dingin. Dan beriktu ini cara pengaplikasikannya pada wajah anda :

  • Cuci muka terlebih dahulu dengan bersih menggunakan sabun pembersih yang biasa anda gunakan sehari – hari.
  • Bilas kembali dengan air hangat kuku yang bertujuan untuk membuka pori – pori pada wajah. Tujuannya agar air dari daun jambu meresap sempurna ke dalam kulit untuk menghilangkan jerawat.
  • Ambil kapas kemudian masukkan ke dalam rebusan daun jambu kemudian tempelkan pada wwajah secara merata.
  • Diamkan sampai kering sekitar 30 menit.
  • Cuci wajah dengaan air dingin untuk menutup pori – pori pada wajah dengan sempurna.

Baca juga :

Rebusan dari daun jambu ini dapat di pakai sebanyak dua kali seminggun dan dapat disimpan dulu di dalam kulkas baru kemudian dipakai pada hari berikutnya.

Manfaat Daun Jambu untuk Kesehatan Kulit Lainnya

Dan manfaat dari bahan alami daun jambu ini untuk kesehatan pada kulit lainnya adalah sebagai berikut:

1. Alergi kulit

Jika anda memiliki jenis kulit yang sangat sensitif terhadap produk – produk baru dan bahan – bahan alami lainnya. Maka kemungkinan anda untuk mengalami alergi kulit sangatlah tinggi. Alergi kulit ditandai dengan gejala kulit yang membengkak dan berwarna merah. Bengkak pada kulit ini menimbulkan rasa gatal yang tidak tertahankan. Jika sudah gatal yang meradang biasanya adal yang memilih langsung ke dokter kulit agar di berikan obat untuk mengatasi laergi kulit. Namun bagi anda yang lebih suka menggunakan bahan alami ada baiknya mencoba menggunakan masker dari daun jambu. Selain mudah di dapatkan karena pohon jambu sangat banyak di tanam di perkarangan rumah, anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah sebagai masker. Sehingga saat memerlukan daun jambu bisa langsung di petik dari batangnya.

Baca juga :

Ads

2. Flek hitam

Seiring dengan bertambahnya usia seseorang kemampuan kulit untuk mergenerasi sendiri menjadi berkurang. Fakotr utama selain wajah jerawat adalah munculnya flek – flek hitam pada wajah. Flek hitam pada wajah bisa disebabkan karena beberapa faktor antara lain :

  • Usia yang sudah tidak lagi muda
  • Perubahan hormon tubuh seiring dengan pertambahan usia
  • Faktor genetik dari orang tua
  • Kosmetik yang tidak cocok untuk kulit

Dari penyebab flek hitam tersebut ada baiknya mulai dari sekarang anda menerapkan pola hidup yang sehat dan seimbang dengan di selingi dengan olahraga beberapa menit setiap harinya. Bahan alami seperti daun jambu juga dapat menyamarkan flek hitam pada wajah.

Baca juga : Cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat

3. Keriput

Munculnya garis – gari disekitar wajah seperti garis senyuman di sekitar bibir dan juga garis disekitar mata saat tertawa dengan tulus mengindikasikan keriput mulai tampak pada kulit. Keriput dimulai pada usia 40 tahun keatas dan perlahan garis tersebut makin akan tampak jelas dan hampir terdapat di seluruh kulit. Keriput bukanlah suatu yang harus dihindari namun bisa di minimalisir kehadirannya lebih cepat dari usia.Coba gunakan cara alami untuk menyamarkan garis kerutan pada wajah. Coba aplikasikan masker daun jambu untuk mencegah keriput datang sebelum waktunya.

4. Mengecilkan pori – pori

Menggunakan masker dari daun jambu juga dapat membantu anda untuk mengecilkan pori – pori pada wajah. Pori – pori di kulit berfungsi untuk mengelurkan pernafasan pada kulit, kelenjar minyak dan juga keringat. Namun jika ukuran pori – pori terlalu besar dari segi kesehatan kulit tentu kotoran akan mudah masuk ke dalam dan menimbulkan jerawat. Di sisi penampilan pori – pori yang besar juga kurang enak untuk di pandang dan menganggu penampilan. Banyak cara yang di lakukan untuk mengecilkan ukuran dari pori – pori seperti menggunakan foundation dan bedak yang tebal. Namun cara alami yang lain yang bermanfaat adalah dengan menggunakan masker dari daun jambu.

Jadi itulah manfaat daun jambu untuk jerawat yang berguna di bidang kesehatan dan kecantikkan kulit. Anda dapat mencobanya dirumah dan buktikan hasil dari masker daun jambu ini.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 29th, August 2016 / 07:17 Oleh :
Kategori : Pengobatan