Sponsors Link

Manfaat Doxycyline Untuk Jerawat Dan Efek Sampingnya

Advertisement

Salah satu masalah paling umum terjadi bagi semua kalangan baik itu wanita maupun pria adalah jerawat. Seringkali masalah jerawat membuat penampilan sedikit kurang meyakinkan, apalagi jika tingkat dari jerawat terbilang cukup parah. Kulit wajah merupakan satu bagian tubuh yang mencerminkan suatu keistimewaan dari diri kita, sehingga banyak cara untuk merawatnya.

Cara menghilangkan bekas jerawat bisa dilakukan dengan cara sederhana seperti mengkonsumsi sayur dan buah serta menghindarkan wajah dari pemakaian obat kimia. Namun, sebagian orang lebih memilih menggunakan obat kimia seperti krim atau permbersih wajah. (Baca Juga: Makanan Penghilang Jerawat , Cara Menghilangkan Jerawat dengan Sayuran)

Memang, efek dari obat kimia terasa lebih cepat dan langsung bisa dilihat hasilnya. Satu obat yang sering digunakan adalah Doxycycline dimana manfaatnya mampu menghilangkan jerawat. Namun, apakah benar bahwa obat antibotik tersebut bisa menghilangkan jerawat?

Pengertian Doxycycline

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya jika Anda mengerti pengertian dari obat tersebut. Doxycycline merupakan satu obat yang tergolong dalam antibiotic tetrasiklin dimana kerjanya menghambat atau membunuh pertumbuhan bakteri pada area wajah yang sangat merugikan bahkan bisa menyebabkan infeksi.

Baca Juga:

Ada beberapa sistem kerja dari obat anitbiotik diantaranya:

  • Mengurangi bakteri yang ada pada area folikel wajah. Secara kasat mata, wajah kita terdiri dari pori-pori yang didalamnya ada rambut-rambut halus yang berfungsi sebagai kelenjar keringat.
  • Memastikan kandungan nutrisi dari produksi sel darah putih tidak bisa memberikan efek iritasi pada kulit.
  • Mengurangi kandungan asam lemak di area sebum. Daerah sebum tersebutlah yang seringkali menjadi satu area munculnya jerawat.

(Baca Juga: Macam-Macam Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya)

Selain mengobati jerawat, Doxycycline juga bisa dipakai untuk membersihkan bakteri di saluran kemih, infeksi paru-paru, mulut, dan penyakit seksual menular, bahkan bisa dipakai untuk upaya pencegahan malaria.

Mungkin Anda belum mengerti bahwa setiap obat antibiotik termasuk Doxycycline memiliki aturan atau peringatan yang harus dipatuhi agar tidak menimbulkan efek samping membahayakan tubuh. Lalu apa saja Peringatan dalam mengkonsumsi Doxycycline?

Ads

Peringatan Konsumsi Doxycycline

  1. Dilarang Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Rata-rata untuk obat antibiotik tidak diperkenankan dkonsumsi oleh ibu hamil. Meskipun ada beberapa jenis obat antibiotik yang bisa dikonsumsi berdasarkan resep dokter, namun untuk jenis Doxycycline sangat tidak diperkenankan bagi ibu hamil dan menyusui. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat saat Hamil , Cara Mengatasi Jerawat Saat Hamil)

  1. Tidak DIperkenankan Pada Anak-Anak di Bawah 12 Tahun

Mengkonsumsi antibiotik secara rutin ternyata tidak diperkenankan pada anak usia di bawah 12 tahun. Efek dari konsumsi Doxycycline pada anak dibawah 12 tahun adalah perubahan warna pada lapisan gigi.

  1. Harus Menggunakan Resep Dokter

Peraturan tentang konsumsi obat antibiotik saat ini sangatlah ketat, masyarakat tidak bisa lagi membeli obat antibiotik tanpa resep dokter. Maka dari itu, dalam konsumsi Doxycycline harus disertakan resep dari dokter. Jika level jerawat pada wajah terbilang cukup parah biasanya dokter memberikan Doxycycline.

  1. Dilarang Mengkonsumsi Doxycycline Bersamaan Dengan Suplemen

Kandungan dalam Doxycycline sangat sensitif terhadap jenis obat suplemen seperti magnesium, zinc, kalsium, dan zat besi. Jadi sangat tidak disarankan mengkonsumsi Doxycycline bersamaan dengan suplemen, sebisa mungkin beri jeda setidaknya 2 jam. (Baca Juga: Manfaat Natur E untuk Menghilangkan Bekas Jerawat , Manfaat Nuriskin Untuk Kulit Jerawat)

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Selama rutin mengkonsumsi Doxycycline Anda harus memperbanyak konsumsi air putih untuk menghindari iritasi di bagian tenggorokan.

  1. Perhatikan Faktor Alergi Obat

Anda harus berhati-hati terhadap alergi obat antibiotik, beberapa gangguan yang berpotensi mengganggu kesehatan adalah menurunnya fungsi hati, lupus, kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari, porfiria, dan myasthenia gravis.

(Baca Juga : Cara Alami Menghilangkan Jerawat Karena Alergi)

Jika setelah mengkonsumsi Doxycycline terjadi gangguan seperti gatal-gatal atau gejala kurang baik maka segera hubungi dokter terdekat.

Jika Anda menggunakan Doxycycline sebagai obat penghilang jerawat sebaiknya perhatikan dosis atau takaran minumnya. Biasanya dokter akan memperhatikan sebab dari pasien, jika penggunaan Doxycycline untuk antibiotik biasa maka akan diberikan dosisi rendah, namun pada saat kondisi pasien terlalu gawat maka dosis yang digunakan harus tinggi.

Untuk pengobatan jerawat di wajah maka dosisi yang digunakan hanya mencapai 50 gram setiap hari dalam jangka waktu 6 sampai 12 minggu. Rata-rata pemakai kurang teliti sehingga salah menentukan dosisinya.

Tidak berbeda dari obat-obat lainnya, dimana Doxycycline memiliki efek samping jika terlalu sering mengkonsumsinya. Berikut beberapa efek samping dari mengkonsumsi Doxycycline tanpa memperhatikan dosis:

(Baca Juga: Efek Samping Laser Wajah Jerawat , Efek Samping Suntik Jerawat Batu)

Sponsors Link

Efek Samping Doxycycline

  1. Mengalami Gangguan Pencernaan

Tidak asing lagi jika efek samping dari Doxycycline adalah gangguan pencernaan. Untuk mengkonsumsi Doxycycline diwajibkan 2 jam setelah makan.

Baca Juga:

  1. Mual Muntah

Kondisi perut akan mengalami gangguan sehingga menyebabkan rasa mual dan muntah.

  1. Sakit Kepala

Kondisi tubuh setelah mengkonsumsi akan terlihat kurang fokus sehingga seringkali muncul rasa sakit kepala.

  1. Iritasi Tenggorokan

Satu efek samping dari Doxycycline adalah mudah terjadinya iritasi pada bagian tenggorokan. Untuk mencegah iritasi bisa dengan memperbanyak konsumsi air putih dan madu. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Madu , Manfaat Masker Madu Untuk Jerawat)

Sangat terlihat betapa ketatnya peraturan dan cara mengkonsumsi Doxycycline dengan benar. Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa manfaat dari Doxycycline untuk jerawat meliputi aspek membersihkan bakteri atau radikal bebas di bagian kulit, serta mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti alergi.

Baca Juga:

Meskipun pemakaiannya menimbulkan efek samping, namun banyak orang menggunakannya karena dampak dari hilangnya jerawat sangat jelas terlihat dan cepat. Berbagai solusi dalam menghilangkan jerawat dapat diupayakan dengan berbagai tindakan seperti perawatan wajah dan memakai masker alami.

Bagi wanita , memiliki wajah cantik putih dan bebas jerawat adalah impian. Mengatasi permasalahan seputar kulit wajah memang sangat sensitive karena cara mudah dan murah justru bisa memberikan efek kurang baik seperti pemakaian obat kimia yang dibanderol dengan harga murah.

(Baca Juga: Cream Obat Penghilang Bekas Jerawat Yang Ada Di Apotik , Obat Jerawat Batu Yang Ada di Apotik)

Dalam menghilangkan jerawat menggunakan antibiotik seperti Doxycycline tentu saja harus memperhatikan bungkus luar dan dosisnya. Berkonsultasi dengan dokter menjadi satu jalan keluar paling aman, meskipun harus mengeluarkan banyak budget. Bagi beberapa orang merawat kecantikan wajah merupakan hal wajib, jadi tidak heran jika biaya perawatan wajah bisa sangat tinggi.

Informasi mengenai manfaat Doxycycline untuk jerawat di atas semoga bisa memberikan manfaat yang berguna dalam hal merawat kulit muka. Satu hal penting yang wajib diperhatikan adalah faktor keamanan konsumen setelah mengkonsumsi obat antibiotik dan semua orang tidak selalu cocok dengan satu obat antibiotik saja.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 04th, October 2016 / 05:55 Oleh :
Kategori : Pengobatan