Sponsors Link

4 Manfaat Gula untuk Menghilangkan Jerawat

Advertisement

Jerawat dianggap sangat menggangu penampilan wajah sehingga membuat rasa percaya diri seseorang menurun. Khususnya bagi kaum hawa, masalah kulit wajah satu ini akan sangat mengganggu, sehingga tak heran jika berbagai cara dilakukan demi hilangnya jerawat pada kulit wajah. Tak hanya wanita yang ingin jerawat di wajahnya lenyap, kaum adam juga tentu menginginkan kulit wajah yang bersih dan bebas jerawat, terutama cara menghilangkan jerawat remaja laki-laki.

Dengan budget yang tentunya tidak sedikit, perawatan kulit berjerawat di dokter atau salon kecantikan ini menjadi mustahil bagi sebagian kalangan. Padahal sebenarnya banyak cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat juga murah. Tentu saja, cara alami bisa menjadi solusi yang baik untuk menghilangkan jerawat tanpa mengeluarkan biaya tinggi.

Perawatan Alami untuk Jerawat

Banyak anggapan bahwa cara menghilangkan jerawat secara tradisional dan alami kurang efektif karena hasil yang didapat tidak bisa instan. Sedangkan setiap penderita wajah berjerawat menginginkan jerawat hilang seketika agar rasa percaya dirinya naik kembali. Karenanya, tidak sedikit orang yang merasa malas atau enggan untuk melakukan cara alami khususnya dalam menghilangkan jerawat ini.

Memang, kunci keberhasilan dalam melakukan perawatan wajah berjerawat agar hasilnya maksimal yaitu dengan ketelatenan dan kerajinan serta tetap sabar untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Apalagi, perawatan alami untuk menghilangkan jerawat di wajah diyakini aman dan tidak akan menimbulkan efek samping buruk bagi kulit wajah ataupun bagi jerawat itu sendiri. Tidak sedikit perawatan bahan kimia yang justru menjadi penyebab jerawat bernanah dan berdarah di wajah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memilih cara atau memanfaatkan bahan alami untuk menghilangkan jerawat di wajah.

Penyebab Jerawat Paling Sering Terjadi

Sebelum beranjak pada cara alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Ada baiknya untuk mengetahui fakta tentang jerawat terlebih dulu, tentang penyebab jerawat di wajah muncul terus. Berikut beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat.

  • Kebersihan wajah yang tidak terjaga

Faktor pertama yang kerap menjadi penyebab jerawat muncul yaitu karena kurang menjaga kebersihan wajah. Jadi, kebiasaan jarang mencuci wajah, menggunakan kuas atau spons make up yang sudah lama, atau menggunakan handuk yang sudah lama tidak dicuci menjadi faktor penyebab munculnya jerawat. Sehingga menjaga kebersihan wajah sangatlah penting untuk menghindari jerawat datang.

  • Faktor Genetik

Faktor genetic atau keturunan ini juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Orang tua yang memiliki masalah kulit berjerawat, maka sang anak akan beresiko mengalami masalah yang sama. Faktor genetik dalam penyebab jerawat inilah yang terkadang sulit disembuhkan atau dihindari. Namun ada banyak cara yang dapat dilakukan pada ciri-ciri jerawat karena hormon dan cara mengatasinya.

Sponsors Link

  • Jenis Kulit

Jenis kulit berminyak umumnya lebih rentan munculnya jerawat di wajah, namun bukan berarti jenis kulit yang kering tidak akan mengalami masalah jerawat. Oleh karenanya, dibutuhkan sebuah langkah yang pas agar cara mengurangi pembengkakan jerawat dengan cepat berjalan dengan efektif.

  • Hormonal

Faktor hormonal juga menjadi salah satu faktor penyebab munculnya jerawat. Biasanya pada wanita yang akan atau sedang mengalami menstruasi atau sedang hamil. Jerawat ini akan kerap muncul namun akan hilang seiring berubahnya hormone tubuh. Diperlukan sebuah perawatan yang sesuai agar cara mencegah flek hitam di wajah berjalan sesuai yang diinginkan.

  • Gaya hidup

Faktor terakhir yakni stress yang melanda juga dapat menimbulkan jerawat. Solusi untuk masalah jerawat karena stress yaitu dengan melepas dari pikiran atau beban. Salah satu langkah adalah dengan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan juga mengkonsumsi makanan penghilang jerawat dengan cepat.

Setelah mengetahui penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal, pengobatan dapat berdasarkan penyebab munculnya jerawat itu sendiri. Dalam beberapa kondisi, keadaan diatas juga menjadi penyebab jerawat di usia 40. Dan, cara alami umumnya bisa dilakukan untuk semua faktor timbulnya jerawat karena dianggap aman. Yang terpenting adalah lakukan cara menghindari jerawat pada wajah muncul.

Ads

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Gula

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat yaitu gula, khususnya gula pasir. Gula pasir bermanfaat menghilangkan jerawat karena teksturnya yang memiliki butiran-butiran seperti scrub. Dengan butiran-butiran tersebut gula pasir sangat cocok untuk membersihkan wajah dan menghilangkan jerawat. Berikut beberapa manfaat gula untuk menghilangkan jerawat yang dibuat sebagai scrub dan masker jerawat.

1. Masker Gula Pasir

Cara menggunakan gula pasir untuk menghilangkan jerawat ini cukup mudah. Hanya menyediakan gula pasir yang diberi air hangat. Kemudian balurkan pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya. Setelah dibalurkan pada wajah, gosok wajah dengan lembut dengan gerakan ke atas. Setelah itu, diamkan sekitar 20 menit atau hingga kering baru kemudian di cuci dengan air bersih. Selain itu, cara menghilangkan jerawat menggunakan soda kue juga bisa dicoba.

2. Masker Gula dengan Madu

Scrub ini sangat cocok bagi kulit sensitive dan efektif mengusir jerawat di wajah. Jika sebelumnya hanya menggunakan gula pasir, cara ini bisa ditambahkan dengan madu. Langkahnya pun sama, yakni dengan mengoleskan gula pasir yang telah dicampur madu serta gosok dengan lembut dan tunggu sekitar 20 menit, lalu cuci hingga bersih. Selain madu, manfaat pepaya untuk wajah berjerawat juga patut dicoba.

3. Masker Gula dan Jeruk Nipis

Bahan-bahan yang perlu disiapkan diantaranya gula, perasan jeruk nipis, serta minyak zaitun. Campurkan seluruh bahan lalu oleskan pada wajah sambil digosok dengan lembut. Diamkan sekitar 15 atau 20 menit baru kemudian bilas dengan air bersih. Scrub ini selain dapat menghilangkan jerawat, juga cocok bagi jenis kulit kering sehingga menjadikan kulit lebih lembab dan lembut. Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk lemon dan madu juga dapat diakukan sebagai langkah alternatif.

4. Masker Gula dan Tomat

Tomat merupakan salah satu buah penghilang jerawat yang alami dan ampuh. Tomat memiliki kandungan yang ampuh mengatasi jerawat, terutama bila ditambahkan dengan gula sebagai masker wajah. Cukup campurkan gula pasir dan tomat yang telah diparut, oleskan pada wajah dengan sedikit gosokan lembut. Diamkan sekitar 20 menit atau hingga kering, baru kemudian bilas dengan air bersih yang dingin. Alternatif lain adalah dengan cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun atau dengan cara mengatasi jerawat dengan tomat saja.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 18th, April 2016 / 01:45 Oleh :
Kategori : Pengobatan