Sponsors Link

10 Manfaat Jeruk Nipis untuk Jerawat dan Bekasnya

Sponsors Link

Jeruk nipis adalah salah satu jenis buah yang sering digunakan oleh ahli kecantikan untuk perawatan kulit wajah pria ataupun wanita. Jeruk nipis  memiliki kandungan vitamin C lebih banyak ketimbang jenis jeruk lain yang didalamnya  selain mengandung vitamin C ternyata terkandung pula zat nutrisi lain yang baik untuk kesehatan kecantikan wajah misalnya terdapat Vitamin B1, minyak atsiri, asam amino, belerang, damar, glikosida dan asam sitrun.

Sponsors Link

Inilah alasan mengapa manfaat jeruk nipis untuk jerawat sangat baik dilakukan !

1. Dapat mengecilkan pori pori

Wajah yang memiliki pori pori yang lebar atau besar sangat mudah dimasuki berbagai kotoran yang ada diudara. Pori pori yang terbuka akan menimbun kotoran beserta minyak yang bercampur bakteri lalu menutupi pori dan berkembang membusuk menjadi isi jerawat. Tak heran jika wajah yang mempunyai pori-pori besar sangat mudah berjerawat. Air jeruk nipis dapat mengecilkan serta menutup pori pori yang besar, gosokan atau oleskan setiap hari satu kali agar kondisi pori pori yang kecil tetap terjaga.

2. Dapat mengangkat kotoran

Air jeruk nipis bersifat mengikat kotoran dan minyak yang ada dipermukaan kulit. Keasamannya menjaga kestabilan kulit setelah dibersihkan. Manfaat jeruk nipis untuk jerawat, mampu mengangkat sisa kotoran atau make up yang masih tertinggal di pori-pori yang biasanya tidak terlihat oleh mata .

3. Memudarkan noda bekas jerawat

Biasanya bekas jerawat akan meninggalkan jejak lukanya atau parut, akibat kotoran yang bercampur dengan bakteri yang dikeluarkan secara paksa atau menggunakan alat yang kurang steril. Bekas jerawat tersebut biasanya berwarna cokelat hingga hitam dan sangat mengganggu tampilan wajah. Air jeruk nipis mampu memudarkan noda bekas jerawat lalu mencerahkan secara bertahap. agar cepat berhasil hendaknya oleskan air jeruk nipis pada wajah  setiap hari hari menjelang tidur malam lalu bilas pada keesokan harinya.

4. Membunuh bakteri penyebab jerawat

Kotoran dan minyak yang menumpuk pada permukaan wajah akan diambil alih oleh bakteri yang menguraikan pembusukan lalu menetap didalam pori-pori, Kemudian akan menyebabkan kulit menjadi gatal, pedih, nyeri, ruam ruam merah, bengkak dan lain lain. Air jeruk nipis memiliki kandungan zat anti bakteri dan anti peradangan, maka dari itu mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

5. Mencegah peradangan pada Jerawat

Bagi beberapa pria dan wanita ada yang mengalami jerawat batu yang memerah dan berisikan cairan yang jika dipecahkan akan menimbulkan iritasi dan peradangan. Jangan pernah mengutak untuk jerawat jika tidak tahu caranya.

Tangan adalah sumber bakteri yang paling mudah berinteraksi dengan kondisi jerawat. Oleskan air jeruk nipis setiap hari akan mengurangi atau mencegah peradangan pada jerawat. Biarpun terasa perih itu adalah pertanda bahwa zat atsiri sedang bekerja dengan baik.

6. Mempermudah pengeluaran jerawat

Air jeruk nipis bersifat asam dan mengikat kotoran penyebab jerawat menjadi mengalami  proses pengerasan. Saat itulah peradangan jerawat sudah tidak ada dan isi jerawat yang keras siap untuk dikeluarkan. Namun gunakan alat khusus untuk pengambilan jerawat yang sebelumnya sudah steril terlebih dahulu dengan air panas. Jika tidak bisa konsultasikan pada ahli kecantikan atau orang yang telah memahami cara mengeluarkan jerawat dengan benar.

ads

7. Menyembuhkan luka akibat jerawat

Banyak orang yang mengeluh sakit dan perih ketika jerawat sudah dikeluarkan. Bagi yang memencet jerawat dengan kondisi tangan yang tidak steril, maka yang akan terjadi wilayah akibat pemencetan akan mengalami iritasi, jika parah akan menyebabkan pembengkakan.

Air jeruk nipis dapat menetralkan luka bekas pemencetan jerawat agar tidak menjadi semakin parah. Wajah yang luka akibat jerawat akan terasa perih jika diolesi air jeruk nipis tetapi tahanlah sebentar agar proses  penyembuhan dapat cepat terjadi. Jika lukanya sudah lama terjadi pengolesan air jeruk nipis hendaknya dilakukan pada malam hari menjelang tidur, lalu bilas pada keesokan harinya.

8. Dapat meratakan warna kulit yang tidak rata karena jerawat

Wajah yang terserang jerawat selama bertahun tahun dan mengalami peradangan dapat menyebabkan kerusakan pigmentasi di area tumbuhnya jerawat tersebut. Warna kulit tidak rata dan sangat mengganggu penampilan wajah secara keseluruhan. Air jeruk nipis mampu memudarkan warna kulit tidak rata tersebut, jika anda rajin dan  teratur mengolesi wajah dengan air jeruk nipis yang ditambahkan sedikit madu. gunakan sebagai masker harian.

9. Dapat mempercepat penyembuhan jerawat yang baru tumbuh

Wajah yang terserang jerawat selama bertahun tahun dan mengalami peradangan akan menyebabkan perubahan pigmentasi di sekitar area peradangan yang terjadi. Warna kulit menjadi belang dan tidak rata, area peradangan jerawat cenderung akan nampak lebih gelap.

Kondisi wajah yang memiliki warna tidak rata dapat mengganggu tampilan wajah yang bersih. Hal ini dapat mengganggu penampilan wajah secara keseluruhan. Air jeruk mengandung zat anti bakteri dan vitamin C yang kuat yang, jika kedua zat tersebut bergabung akan mampu memudarkan warna  kulit yang tidak rata dan sekaligus mengurangi peradangan yang ada.

10. Mencegah timbulnya jerawat baru

Wajah yang bersih dari jerawat tidak akan bertahan lama, jika tidak rajin membersihkan wajah setelah selesai beraktifitas di luar rumah atau tidak pernah membersihkan wajah menjelang tidur malam. Agar wajah tetap terbebas dari jerawat sebaiknya setiap menjelang tidur oleskan air jeruk nipis pada wajah selama 20 meni,  kemudian bilas dengan air dingin atau biarkan selama satu hari sampai pagi menjelang.

Cara Membuat Masker Jeruk Nipis

Manfaat jeruk nipis untuk mengobati dan menyembuhkan jerawat dapat digabungkan dengan bahan herbal lain dan dibuat sebagai masker harian, seperti berikut :

  • Air jeruk nipis + putih telur

Gabungan air jeruk nipis dan putih telur dapat dijadikan masker harian yang aman dan berkhasiat untuk mencerahkan kulit yang kasar , mempunyai lubang berwarna cokelat dan flek flek lebar sekitar jerawat yang akibatnya wajah jadi nampak kusam akibat jerawat yang baru sembuh.

  • Air jeruk nipis + yogurt

Gabungan air jeruk nipis  dan yogurt dapat dijadikan masker harian setelah pulang dari aktifitas rutin kerja. masker sederhana yang kaaya nutrisi ini mampu menghilangkan kelelahan pada wajah sekaligus menyembuhkan jerawat jika memang anda memiilki jerawat .

  • Air jeruk nipis + Air tomat merah

Gabungan air jeruk nipis dan air tomat matang sangat membantu seseorang yang mempunyai jerawat membandel dan sulit disembuhkan . Jerawat yang membandel biasanya diakibatkan seseorang memiliki tingkat psikologis yang labil dan mudah terserang stres dan kurang istirahat.

Sponsors Link

  • Air jeruk nipis + pisang ambon matang

Gabungan air jeruk nipis dan pisang ambon yang telah tua sangaat bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya jerawat pada seseorang yang memiliki jam kerja rutinitas diatas 8 jam. oleskan masker ini setiap hari atau sesering anda bisa. selain mencegah dan mengobati jerawat masker ini mammapu melembabkan kulit wajah sepanjang hari sehingga dapat melundungi kulit terhindar dari dehidrasi dan iritasi.

Bolehkan pria menggunakan air jeruk nipis sebagai perawatan kulit wajahnya ?

  • Air jeruk nipis dapat digunakan untuk perawatan kesehatan kulit wajah pada pria yang menurut medis, wajah pria cenderung memiliki kelenjar minyak berlebih dan mudah kotor. Untuk mempertahankan kebersihan dan PH kulitnya pria disarankan untuk mengoleskan air jeruk nipis setiap hari atau sesering mereka bisa.
  • Pada dasarnya bukan hanya wanita saja yang boleh menggunakan air jeruk sebagai alat perawatan kulit wajah atau menggunakan masker harian sebagai pelengkap perawatan kulit wajah, kaum adampun disarankan untuk menggunakan masker yang sama.

Mengapa perawatan kulit wajah pria dan wanita berbeda walaupun masker yang dipakai adalah sama ?

Semua masker wajah yang dibuat dari bahan alami seperti buah buahan dan bahan herbal lain mempunyai kekuatan dan fungsi yang sama dalam merawat kulit pria maupun wanita. Inilah faktor yang menyebabkan perawatan kulit berjerawat pada  pria dan wanita berbeda :

Bedanya kulit wajah pria lebih harus menggunakan bahan masker yang berbahan dengan tingkat keasaman yang tinggi karena pertimbangan bahwa pria memiliki kelenjar keringat dan sebum kulit yang berlebih. Bahkan kulit pria jauh lebih tebal, mempunyai struktur permukaan yang lebih berlapis daripada kulit wanita yang jauh lebih halus, tipis dan  lebih kenyal. Hal ini dapat berbeda karena faktor hormon yang memang berbeda antara pria dan wanita.

Memiliki kulit wajah yang sehat, bercahaya dan tanpa jerawat yang mengganggu adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Hal itu lebih dari cukup untuk mengungkapkan pada dunia, adalah seseorang yang dinamis dan menarik.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 24th, March 2016 / 09:28 Oleh :
Kategori : Herbal