Sponsors Link

Manfaat Kentang untuk Jerawat Membandel

Advertisement

Masalah utama kulit yang sangat mengganggu penampilan adalah jerawat. Jerawat sangat umum dialami oleh setiap orang, terutama remaja. Namun, seseorang dengan tingkat stres yang tinggi dan juga jarang menerapkan pola hidup sehat juga sangat rentan untuk memiliki jerawat.

Baca Juga:

Penyebab Jerawat

Tanpa kita sadari, ternyata kebiasaan kita sehari-hari bisa menyebabkan munculnya jerawat. Selain kebiasaan buruk, jenis kulit juga bisa menyebabkan munculnya jerawat, terutama di bagian wajah. Adapun beberapa hal yang bisa menyebabkan munculnya jerawat adalah: (Baca Juga: Penyebab Jerawat di Kepala Penyebab Jerawat Pasir)

1. Produksi minyak yang berlebih

Ada yang mengatakan bahwa jerawat akan sangat rentan muncul ketika kita jarang menjaga kebersihan kulit. Namun, ada juga beberapa orang yang sudah menjaga kebersihan kulitnya namun tetap memiliki banyak jerawat. Jika hal tersebut terjadi pada Anda, maka kemungkinan besar hal tersebut dipengaruhi oleh faktor internal. Bisa jadi kelenjar minyak yang ada di kulit Anda memproduksi jumlah minyak yang terlalu banyak. Akibatnya, pori-pori akan lebih mudah mengalami penyumbatan karena adanya penumpukan minyak yang banyak.

Baca Juga:

2. Bakteri

Bakteri adalah penyebab munculnya jerawat yang relatif besar dan terasa sakit. Pori-pori yang mengalami penyumbatan akan menjadi tempat yang menyenangkan bagi bakteri untuk berkembang. Akibatnya, pori-pori kulit yang terinfeksi bakteri akan berkembang menjadi jerawat besar dan terasa sakit saat disentuh. (Baca Juga: Macam-Macam Jenis Jerawat , Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Dalam Waktu 3 Hari)

3. Sel kulit mati

Sel kulit mati yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan jerawat. Saat produksi minyak di kulit terlalu banyak, pori-pori akan lebih mudah mengalami penyumbatan. Penyumbatan tersebut akan sangat rentan terjadi ketika jumlah bakteri dan juga sel-sel kulit mati di kulit mengalami penumpukan. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo Agar Tidak Kembali Lagi , Cara Menghilangkan Komedo Batu)

Ads

4. Hormon

Hormon juga menjadi salah satu faktor terbesar yang menyebabkan jerawat. Maka tidak heran seseorang yang memasuki masa pubertas (remaja) atau seorang perempuan yang akan mengalami siklus menstruasi akan sangat rentan untuk memiliki jerawat. (Baca Juga: Jenis Hormon Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya , Ciri-Ciri Jerawat Karena Hormon dan Cara Mengatasinya)

5. Adanya tekanan berlebih pada kulit 

Adanya tekanan berlebih pada kulit akan menyebabkan berbagai benda yang menempel pada kulit menjadi tempat yang sesuai bagi bakteri untuk berkembang biak. Bakteri itulah yang lambat laun akan menyebabkan penyumbatan pori-pori dan menghasilkan jerawat. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Ampas Teh Cara Menghilangkan Jerawat dengan Daun Jambu Biji)

6. Alergi pada makanan tertentu

Seperti makanan laut, telur, susu, dan lain sebagainya. Pada dasarnya, reaksi alergi tidak hanya ditunjukkan melalui rasa gatal pada kulit atau dengan bersin. Jerawat juga bisa menjadi salah satu gejala alergi. Namun, untuk memastikan kondisi ini biasanya harus dilakukan melakukan pemeriksaan medis. (Baca Juga: Cara Alami Menghilangkan Jerawat Karena Alergi , Bahaya Penyedot Komedo)

Cara Mengatasi Jerawat dengan Kentang

Jerawat tentu menjadi masalah yang serius, terutama bagi para wanita yang selalu ingin tampil menawan. Tapi Anda tidak perlu khawatir dengan jerawat yang mengganggu kulit wajah Anda. Anda bisa memanfaatkan kentang untuk mengatasi jerawat yang membandel. Kentang adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan nutrisi. Biasanya kentang digunakan sebagai bahan pelengkap untuk membuat sup. Namun, kandungan nutrisi yang begitu kaya pada kentang ternyata juga bisa menyehatkan kulit sekaligus menghilangkan jerawat di wajah. (Baca Juga: Obat Jerawat Tradisional Yang Mujarab , Cara Menyembuhkan Jerawat Nanah)

Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam kentang seperti sulfur, kalium, dan juga fosfor akan meningkatkan kesehatan kulit. Berbagai nutrisi tersebut berguna untuk menstimulasi produksi kolagen dan elastin yang akan membuat kulit menjadi lebih kencang dan nampak awet muda. Selain itu, kentang juga kaya kandungan vitamin C yang berguna sebagai antioksidan alami. Tidak hanya itu saja, kentang juga kaya akan kandungan alkali yang bersifat anti bakteri sehingga mampu membersihkan jerawat beserta bakteri yang menyebabkan jerawat muncul kembali.

Baca Juga:

Sponsors Link

Adapun langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk memanfaatkan kentang sebagai bahan alami untuk mengatasi jerawat adalah:

  • Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, seperti kentang, putih telur, blender atau parutan, air hangat, dan juga handuk.
  • Haluskan potongan kentang yang sudah dicuci bersih menggunakan blender atau parutan hingga berbentuk seperti pasta.
  • Campurkan parutan kentang dengan putih telur hingga berbentuk seperti bubur. Campuran putih telur tersebut berguna untuk merekatkan masker kentang lebih lama di wajah Anda.
  • Basuhlah wajah Anda menggunakan air hangat agar pori-pori wajah terbuka.
  • Jadikan bubur kentang yang telah dicampurkan dengan putih telur menjadi masker. Tunggu selama 30 menit sampai kandungan nutrisi pada kentang meresap ke pori-pori kulit.
  • Bersihkan masker kentang dari wajah Anda menggunakan air hangat. Lalu basuh wajah menggunakan air dingin agar pori-pori wajah kembali tertutup.
  • Keringkan wajah menggunakan handuk bersih.

(Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Air Hangat , Cara Mengecilkan Pori Pori Bekas Jerawat)

Itulah metode yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jerawat menggunakan kentang. Selain mudah didapat, memanfaatkan kentang untuk jerawat juga sangat efektif sekaligus tidak menimbulkan efek samping. Perlu anda tahu, kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kentang tidak hanya bermanfaatkan untuk mengatasi jerawat, tetapi juga berguna untuk menghilangkan bekas jerawat. Jadi, kulit wajah nampak lebih bersih, lebih kencang, dan nampak awet muda. Jika Anda malas mengaplikasikan kentang sebagai masker, Anda bisa memakai masker kentang di bagian kulit yang terkena jerawat saja. Sangat sederhana dan mudah bukan?

Baca Juga:

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 30th, November 2016 / 23:55 Oleh :
Kategori : Herbal