Sponsors Link

7 Manfaat Lemon Untuk Bekas Jerawat Paling Ampuh

Advertisement

Jerawat memang merupakan sesuatu yang sangat meresahkan bagi setiap orang, karena jerawat dapat menyerang balita hingga orang dewasa sekalipun. Banyak hal yang menjadi faktor penyebab jerawat bayi serta banyak juga faktor yang menjadi penyebab jerawat di usia 40 tahun. Yang lebih meresahkan bagi setiap orang terhadap setiap jerawat yang datang menghiasi kulit mereka adalah adanya kemungkinan bahwa jerawat tersebut meninggalkan ‘jejak’ di kulit mereka. Nah, bekas jerawat ini seringkali sangat susah dihilangkan dan memerlukan waktu berbulan-bulan agar dapat menghilang dari kulit anda.

Berbagai cara digunakan setiap orang untuk mencegah timbulnya bekas jerawat, seperti menggunakan obat antibiotik misalnya. Padahal, bahaya antibiotik jerawat telah dikenal secara luas. Namun, tahukah anda bahwa ada penanganan herbal yang ampuh untuk mengatasi bekas jerawat anda? Ya, tentu saja ada. Lemon merupakan salah satu sumber herbal yang sangat efektif memberantas bekas jerawat di kulit anda. Berikut merupakan manfaat lemon dalam memberantas bekas jerawat.

  1. Lemon Memicu Produksi Kolagen

Lemon akan sangat bermanfaat dalam menangani bekas jerawat dikarenakan kandungan Vitamin C-nya yang tinggi. Manfaat  vitamin C untuk bekas jerawat memang tidak diragukan lagi dan kandungan vitamin ini dalam buah lemon sangat bermanfaat dalam menstimulus perkembangan dan produksi kolagen.

Manfaat kolagen untuk jerawat tidak diragukan lagi karena kolagen merupakan bagian dari asam amino yang juga dikenal sebagai sumber protein bagi kulit. Bahkan berdasarkan fakta dalam dunia medis, 70 % protein yang terdapat dalam kulit kita merupakan protein yang diproduksi oleh kolagen. Oleh karena fakta itulah, kolagen dikenal dapat membuat kulit menjadi halus dan membuat bekas jerawat menjadi hilang secara perlahan.

  1. Lemon Memicu Pembentukan Sel Kulit Baru

Lemon juga sangat bermanfaat untuk pengelupasan sel-sel kulit mati dan memicu pembentukan sel kulit baru. Hal ini dikarenakan lemon mengandung salah satu asam sitrat yang bernama alpha hydroxy acids. Seperti asam sitrat pada umumnya, alpha hydroxy acids ini memiliki sifat exfoliating atau pemicu pengelupasan kulit.

Pengaplikasian lemon yang mengandung alpha hydroxy acids pada bagian kulit yang terdapat bekas jerawat akan mempercepat proses pengelupasan sel-sel kulit mati. Pengelupasan sel-sel kulit mati ini tentunya akan memicu pembentukan sel kulit baru sehingga kulit akan terlihat segar kembali dan menyamarkan noda bekas jerawat

  1. Lemon Mampu Menyamarkan Bintik Hitam dan Bekas Jerawat

Lemon juga dikenal sebagai bleaching agent karena kemampuan buah ini  dalam menyamarkan bintik-bintik hitam akibat jerawat serta bekas yang ditimbulkan oleh jerawat. Seperti yang telah dijelaskan diatas, lemon merupakan salah satu cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan herbal yang dijuluki sebagai bleaching agent karena keampuhannya dalam mempercepat proses pengelupasan sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru sehingga kulit anda menjadi lebih segar dan cerah dibanding sebelumnya, serta menghilangkan bintik hitam dan menyamarkan bekas jerawat.

  1. Lemon Mampu Membunuh Bakteri Penyebab Jerawat

Lemon juga dikenal sebagai buah anti-bakteri. Hal tersebut sangat wajar diucapkan mengingat kandungan asam sitrat yang terdapat pada lemon ternyata juga ampuh dalam berperan sebagai antiseptik. Asam sitrat dalam buah lemon akan berperan besar dalam mematikan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, yaitu Propionibacterium acnes.

Asam sitrat pada lemon sanggup mematikan bakteri dikarenakan memang bakteri memiliki sifat yang sangat lemah terhadap lingkungan yang bersifat asam. Jika bakteri penyebab jerawat tidak bisa tumbuh, maka sangat kecil kemungkinan jerawat akan menghiasi kulit anda, dan hasilnya kulit anda pun akan terbebas dari bekas jerawat.

ads
  1. Lemon Mampu Menyingkirkan Minyak Berlebih

Lemon memiliki kandungan zat bernama astringent yang berfungsi untuk menangkal minyak berlebih pada kulit. Astringent merupakan suatu zat yang membuat jaringan biologis berkontraksi atau mengkerut. Dalam aplikasinya pada kulit yang terkena jerawat, astringent terbukti sangat ampuh dalam menyingkirkan minyak berlebih pada kulit dan mengecilkan pori-pori.

Proses menyingkirkan minyak berlebih ini tentu saja akan mencegah penyumbatan pada pori-pori yang dapat berujung pada timbulnya jerawat. Dengan terbebasnya kulit dari jerawat, maka dapat dipastikan pula kulit anda akan terbebas pula dari bekas jerawat. Maka tak heran jika lemon dianggap merupakan salah satu buah terbaik dalam hal perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara alami.

  1. Lemon Dapat Membuat Kulit Anda Bercahaya

Lemon juga telah dikenal luas sebagai buah dengan kandungan lightener yang tinggi. Lagi-lagi, kandungan astringent dalam lemon-lah yang memiliki andil besar dalam berperan sebagai lightener. Selain dapat menangkal minyak berlebih, kandungan astringent pada lemon dapat mengencangkan dan melembutkan kulit, serta membuat kulit anda menjadi bercahaya, sehingga bekas jerawat yang terlanjur menghampiri anda menjadi semakin samar terlihat dan anda menjadi semakin percaya diri dengan penampilan anda.

  1. Lemon Dapat Mencegah Peradangan Jerawat

Bintik hitam dan bekas jerawat yang terdapat pada kulit kita pasca timbulnya jerawat kemungkinan besar disebabkan oleh adanya peradangan pada jerawat tersebut yang menyebabkan infeksi dan bahaya infeksi jerawat meradang memang tidak diragukan lagi tingkat kefatalannya bagi kulit anda. Salah satu faktor utama peradangan pada jerawat adalah karena paparan radikal bebas pada kulit kita.  Oleh karena itu, menggunakan lemon sebagai salah satu langkah cara mengatasi jerawat meradang akan sangat dianjurkan.

Kandungan Vitamin C yang tinggi yang terdapat pada buah lemon sangat berguna untuk menghasilkan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang terjadi pada kulit. Ketika paparan radikal bebas dapat ditanggulangi, maka kecil kemungkinan jerawat yang timbul pada kulit kita akan mengalami peradangan. Ketika tidak terjadi peradangan jerawat, maka bekas jerawat pun tidak akan menghiasi kulit anda.

Nah, sekarang anda telah mengetahui 7 manfaat lemon untuk mengatasi bekas jerawat. Mungkin anda lalu bertanya-tanya bagaimanakah metode penggunaan lemon yang efektif untuk memberantas bekas jerawat dari kulit anda. Oleh karena itu, dibawah ini kami telah mengumpulkan berbagai metode-metode serta tips penggunaan lemon yang efektif untuk menghilangkan bekas jerawat di kulit anda.

Tips-Tips Menggunakan Buah Lemon Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Pada bagian ini, anda akan mengetahui informasi mengenai tips-tips dalam menggunakan buah lemon sehingga buah ini dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat anda secara seketika.

  1. Jus Lemon

Cara yang pertama adalah menjadikan buah lemon sebagai jus. Namun, jus lemon ini nantinya tidak dikonsumsi, namun digunakan sebagai masker alami untuk wajah berjerawat dan dioleskan ke area kulit anda yang terkena bekas jerawat. Berikut ini merupaka langkah-langkah yang sebaiknya anda lakukan dalam mengaplikasikan jus lemon anda:

  • Pertama-tama, anda perlu membeli buah lemon yang masih fresh, jangan yang sudah basi atau hampir basi.
  • Setelah jus lemon telah selesai anda buat, maka gunakan cotton bud dan celupkan cotton bud tersebut ke dalam jus lemon anda dan oleskan secara tipis-tipis ke bagian kulit yang terdapat bekas jerawat
  • Biarkan jus lemon tersebut meresap ke bagian dalam kulit anda yang terdapat bekas jerawat, kira-kira sekitar 5 menit saja.
  • Setelah 5 menit, maka langsung cuci bagian kulit anda yang terdapat bekas jerawat dengan menggunakan air yang sedang, tidak terlalu panas, dan juga tidak terlalu dingin. Kemudian keringkan dengan handuk secara lembut.
  • Gunakan ramuan jus lemon ini setiap hari secara rutin.
  1. Jus Lemon dan Putih Telur

Campuran antara jus lemon dan putih telur telah dikenal luas dapat menghilangkan bekas jerawat. Bahkan, manfaat putih telur untuk wajah berjerawat telah terbukti ampuh karena putih telur dapat menyingkirkan bahan kimia berbahaya semisal kosmetik yang terperangkap dalam pori-pori kita. Patut diketahui bahwa penyumbatan pori-pori merupakan salah satu pemicu timbulnya jerawat.

Berikut langkah-langkah menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan campuran jus lemon dan putih telur:

  • Pertama-tama, campurkan antara 1 sendok makan jus lemon dengan 1 butir putih telur, kemudian aduk higga merata.
  • Cuci bersih terlebih dahulu tangan anda, kemudian anda bisa celupkan tangan telunjuk anda ke campuran jus lemon dan putih telur tersebut, kemudian aplikasikan ke bagian kulit anda yang terdapat bekas jerawat dan pijat dengan lembut.
  • Biarkan campuran tersebut meresap ke kulit anda yang terkena bekas jerawat. Jika memungkinkan, gunakan campuran ini setiap malam sebelum tidur, dan biarkan campuran ini meresap pada kulit anda semalaman.
  • Pada pagi hari setelah anda bangun tidur, bilas kulit anda tersebut dengan air yang sedang, tidak panas dan juga tidak dingin, lalu keringkan secara lembut dengan handuk.
  • Gunakan campuran ini setiap hari secara rutin.

Baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Masker Putih Telur dan Cara Membuat Masker Kulit Telur dan Manfaatnya

Ads

  1. Jus Lemon dan Madu

Campuran antara jus lemon dan madu akan sangat bermanfaat untuk menyamarkan bekas jerawat sekaligus membunuh bakteri penyebab jerawat. Madu juga telah dikenal akan khasiatnya dalam melembabkan kulit.

Berikut langkah-langkah menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan campuran jus lemon dan madu:

  • Pertama-tama, campurkan antara 2 sendok teh madu dengan 1 sendok teh jus lemon, kemudian aduk higga merata.
  • Cuci bersih terlebih dahulu tangan anda, kemudian anda dapat mencelupkan jari tangan anda ke campuran tersebut, setelah itu oleskan pada area kulit yang terdapat bekas jerawat secara tipis-tipis.
  • Biarkan campuran tersebut meresap ke lapisan terdalam kulit anda yang tedapat bekas jerawat, tunggu hingga campuran ini mengering di kulit anda.
  • Setelah mengering, cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat adalah dengan air yang sedang, tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin.
  • Untuk hasil terbaik, oleskan campuran ini 2 kali sehari secara rutin.

Baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat dengan Lemon dan Madu 

Beberapa Saran Dalam Pengunaan Lemon Sebagai Pemulihan Bekas Jerawat

Untuk hasil yang terbaik saat anda menggunakan lemon sebagai media pemulihan bekas jerawat kulit anda, maka kami juga menyediakan saran-saran yang sekiranya patut anda perhatikan dalam proses penggunaan lemon ini.

  • Lemon merupakan obat herbal dalam mengatasi jerawat, sehingga anda tidak bisa mengharapkan efek instan dari penggunaan lemon ini. Gunakan terus lemon ini secara rutin selama setidaknya 8 minggu untuk dapat benar-benar melihat efek dari samarnya bekas jerawat anda.
  • Penggunaan jus lemon untuk mengatasi bekas jerawat sangat tidak dianjurkan bagi orang yang memiliki kulit sensitif, karena penggunaan lemon ini justru akan membuahkan alergi pada kulit anda seperti kulit kering, gatal-gatal, dan kulit kemerahan. Banyak cara menghilangkan jerawat karena alergi.
  • Karena lemon dapat menyingkirkan minyak berlebih pada kulit, maka sangat dianjurkan untuk menggunakan pelembab kulit setelah penggunaan lemon. Hal ini berguna untuk mencegah kulit kering secara berlebih yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.
  • Lemon dapat menyebabkan photosensitivity atau kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, sangat dianjurkan agar anda tidak terpapar sinar matahari secara langsung setidaknya 30 menit setelah anda mengoleskan lemon pada bekas jerawat anda.

Nah, sekarang anda telah mengetahui segala hal yang diperlukan tentang bagaimana ampuhnya lemon dalam mengatasi jerawat dan bekas jerawat. Manfaat lemon untuk wajah berjerawat memang luar biasa banyak dan elihat begitu bermanfaatnya lemon ini bagi bekas jerawat dan kulit anda secara keseluruhan, bukankah sebaiknya anda mulai mencobanya hari ini? Apalagi, lemon ini merupakan sumber herbal yang mudah didapatkan dan tidak menimbulkan berbagai efek samping yang dapat mencemaskan anda. Gunakan lemon untuk bekas jerawat anda, sekarang juga dan juga terapkan juga cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat sehingga jerawat tidak akan mampir lagi di kulit anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Saturday 30th, April 2016 / 02:37 Oleh :
Kategori : Pengobatan