Sponsors Link

4 Manfaat Lemon Untuk Jerawat dan Kesehatan Kulit

Advertisement

Buah lemon sudah dikenal masyarakat sebagai buah yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Berbagai cara dalam memanfaatkan lemon bisa dilakukan dengan cara sederhana dari bagian dalam tubuh sampai luar. Banyak para wanita memakai buah lemon sebagai satu cara menghilangkan jerawat secara tradisional. Tentu saja lemon sangat berguna bagi kesehatan kulit, namun ada banyak orang masih meragukan khasiat dari lemon ini. Ada beberapa orang mengatakan bahwa lemon tidak cocok sebagai obat jerawat karena kandungan vitamin C terlalu tinggi dan membuat kulit semakin perih, ada juga yang mengatakan bahwa lemon sangat efektif menyembuhkan luka tanpa ada efek samping.

Mungkin Anda masih belum tahu kandungan nutrisi apa saja dalam buah lemon yang bisa bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Untuk lebih jelasnya berikut kandungan gizi buah lemon :

Kandungan Nutrisi Buah Lemon

  • Kalori – Dalam sebuah lemon terdapat kurang lebih 60 kalori yang berbentuk gula dan manfaat dari kalori ini sangatlah baik bagi kesehatan terutama untuk memberikan tenaga serta kesegaran bagi tubuh.
  • Vitamin – Ada berbagai macam vitamin terkandung dalam buah lemon diantaranya vitamin C, vitamin B2, Vitamin dan B kompleks. Fungsi dari setiap vitamin sangatlah penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh lebih fit.
  • Asam Sitrun – Kandungan asam sitrun dalam 100 gram lemon sangatlah penting untuk menangkal radikal bebas yang sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit.
  • Lemak dan Fosfor – Mungkin tidak ada yang menyadari bahwa dalam sebuah buah lemon terdapat kandungan lemak dan fosfor yang berguna untuk memberikan tenaga dan baik untuk kesehatan tulang.
  • Minyak Atsiri dan Damar – Dua kandungan minyak atsiri dan damar sangat baik bagi kesehatan tubuh khususnya dalam membantu sistem imun dan membantu mengencangkan kulit.

Setelah mengetahui berbagai kandungan nutrisi dalam lemon, kini Anda harus tahu apa saja manfaat lemon dalam membantu menjaga kecantikan kulit wajah. Khasiat buah lemon dalam menjaga kesehatan kulit tidak dapat diragukan lagi, terbukti dari beberapa merek kosmetik masih menggunakan ekstrak lemon sebagai bahan dasar. Kini Anda bisa lebih mengenal apa saja kegunaan lemon untuk jerawat dan kesehatan kulit.

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Khasiat dari lemon dalam menjaga kesehatan kulit adalah mencerahkan sehingga tampilan wajah semakin lebih segar. Manfaat vitamin C yang ada dalam buah lemon sangat bermanfaat untuk mengganti sel kulit mati dan mampu meregenerasi sel kulit lebih cepat.

Ada satu tips mudah memanfaatkan kandungan vitamin C dalam buah lemon yakni menggabungkannya dengan manfaat masker madu Ambil setengah buah lemon dan peras ke dalam wadah lalu tambah 2 sendok makan madu ke dalam air perasan lemon. Aduk rata dan oleskan ke wajah secara merata lalu diamkan kurang lebih 15 menit. Jika sudah 15 menit bilas menggunakan air bersih dan lakukan secara rutin 2x seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Sponsors Link

2. Menghilangkan Kandungan Minyak

Salah satu penyebab timbulnya jerawat di wajah adalah minyak berlebih. Sangat kurang nyaman jika wajah selalu berminyak setiap saat. Penggunaan pembersih wajah tentu tidak akan memberikan efek maksimal pada penampilan, maka dari itu ada satu cara menggunakan lemon untuk menghilangkan kandungan minyak di kulit muka.

Cara mudahnya adalah dengan mengambil sebuah lemon dan iris menjadi dua bagian lalu gosokkan pada bagian wajah yang berminyak. Anda bisa menggunakan lemon dengan air hangat lalu jadikan uap dari air hangat tersebut untuk membersihkan minyak yang ada dalam pori-pori kulit. Anda bisa melakukan cara mudah ini setiap hari terutama pada pagi dan sore hari. (Baca juga : cara menghilangkan jerawat dengan lemon dan madu)

3. Menghilangkan Komedo

Selain berguna sebagai penghilang minyak pada wajah, lemon juga bisa dipakai untuk menghilangkan komedo. Kita tahu bahwa komedi sangatlah tidak berguna dan membuat penampilan terkesan kurang bersih. Cara menyakitkan mengeluarkan komedo kini sudah banyak ditinggalkan, sekarang Anda bisa menggunakan cara sederhana untuk melenyapkan komedo.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk melenyapkan komedo diawali dengan memeras lemon dan oleskan ke bagian hidung menggunakan cotton but. Memang terkesan sederhana namun hasilnya bisa langsung dilihat bahwa komedo Anda bisa hilang.

Baca juga :

4. Mengecilkan Pori-Pori

Satu manfaat lagi dari lemon adalah memperkecil pori-pori kulit sehingga sedikit kotoran menyangkut di muka. Penyumbatan pori-pori sangatlah merugikan karena bisa timbul berbagai keluhan seperti jerawat. Menutup pori-pori kulit menggunakan lemon bisa diawali dengan memeras air buah lemon kemudian oleskan secara merata lalu bilas menggunakan air dingin sampai bersih.

Manfaat lemon memang sangat berguna bagi kesehatan tubuh dan kulit. Keberadaan lemon juga sering digunakan sebagai bahan kosmetik seperti pembersih wajah alami. Namun ada baiknya Anda memanfaatkan buah kaya vitamin C ini dengan cara sederhana dari dalam dan luar tubuh.

Ads

Cara Memanfaatkan Lemon dari Dalam dan Luar Tubuh

Menghilangkan jerawat akan semakin cepat jika dipadukan dari pengobatan dalam dan luar tubuh, karena penyebab jerawat bisa saja dari pola makan yang salah dimana banyak mengkonsumsi makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus. Lalu bagaimana cara memanfaatkan lemon dari luar dan dalam tubuh untuk menghilangkan jerawat?

1. Dari Dalam Tubuh

Cara memanfaatkan lemon dari dalam tubuh bisa dilakukan dengan mengambil sari buah lemon melalui pemotongan dan memerasnya. Air perasan lemon digabung menjadi satu dengan campuran madu atau gula pasir kemudian seduh memakai air hangat. Mengkonsumsi air lemon tersebut ternyata bisa mencerahkan kulit dari dalam tanpa ada efek samping.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa dalam meminum sari lemon sebaiknya jangan terlalu sering karena kandungan asam dalam lemon bisa merusak gigi Anda yang nantinya akan menyebabkan gigi keropos dan tidak baik bagi kesehatan lambung. Atur frekuensi minum setidaknya 3 kali dalam satu minggu dan jangan minum sari lemon dalam keadaan perut kosong.

2. Dari Luar Tubuh

Pengobatan luar bisa dilakukan dengan membuat masker sari lemon. Untuk membuatnya cukup mudah yakni memakai tambahan madu karena sifat madu yang melembabkan kuli sangat cocok bila dipadukan dengan sifat asam dari lemon yang bisa membuat kulit kering.

Cara pertama bersihkan kulit wajah dan keringkan menggunakan handuk. Dalam mengeringkan wajah jangan digosok keras, cukup ditepuk-tepuk saja. Kemudian oleskan campuran sari lemon dengan madu pada bagian wajah yang berjerawat. Setelah selesai, tunggu hingga 20 menit sampai masker kering lalu langkah terakhir bilas menggunakan air bersih. Lakukan secara teratur 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Upaya menghilangkan jerawat sangatlah penting memperhatikan jenis kulit dan bahan campuran dari larutan sari lemon. Sifat asam pada lemon akan membuat kulit kering maka dari itu perlu ditambah dengan madu. Semoga informasi mengenai manfaat lemon untuk muka berjerawat bisa membantu Anda dalam menghilangkan gangguan kulit wajah.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 17th, May 2016 / 09:28 Oleh :
Kategori : Herbal