Sponsors Link
     Sponsors Link

6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Jerawat

Advertisement

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi dimana pori-pori kulit menjadi tersumbat disertai minyak yang berlebih, sumbatan bersamaan dengan sel-sel mati dan ditambah bakteri. Biasanya banyak ditemui pada sebagian besar wajah, dada dan punggung. Jerawat sendiri berwarna merah.

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang populer dan sebagai salah satu obat tertua yang digunakan untuk mengobati Jerawat. Tak hanya  jerawat tetapi lidah buaya juga dapat membantu untuk mengobati luka bakar, terbakar karena sinar matahari, dalam penyembuhan luka, dan lecet tingkat ringan. Tanaman ini seperti spesies kaktus, daunnya mengandung daging tebal yang dapat diaplikasikan untuk mengatasi masalah kulit.

Manfaat keindahan lidah buaya telah dikenal di seluruh dunia. Tanaman ini diyakini berasal di Afrika Utara, Madagaskar dan Semenanjung Arab. Ini merupakan tanaman air yang ada di daun batang dan akar, serta memiliki penampakan berdaging.

lidah buaya untuk jerawatDi Mesir telah ditemukan ukiran batu 6.000 tahun bergambar tanaman lidah buaya. Mesir menyebut lidah buaya sebagai tanaman keabadian dan menguburkannya di samping firaun yang telah mati. Hal ini juga diyakini bahwa ratu Mesir Cleopatra menggunakan gel lidah buaya sebagai bagian dari ramuan kecantikannya. Lidah buaya memiliki 75 senyawa biologis aktif, termasuk glukomanan, polisakarida (gula) dengan beberapa sifat penyembuhan yang efektif. Ternyata tanaman ini sudah sejak lama dimanfaatkan.

Lidah buaya dapat digunakan sebagai bahan aktif dalam pelembab, mencuci wajah, sabun dan lotion tabir surya karena memiliki kemampuan kuratif dan sifat yang menenangkan. Orang-orang Yunani dan Romawi kuno juga menggunakan lidah buaya untuk mengobati luka, luka dan peradangan.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah Berjerawat

1. Lidah buaya dapat memperbaiki kulit berjerawat

Lidah buaya memiliki sifat seperti antibakteri, antiinflamasi, astringent, dan dapat mengurangi bekas luka. Selain itu dapat merangsang pertumbuhan sel dalam membantu mengobati jerawat yang sangat efektif dan alami. Mengandung vitamin esensial, mineral, protein, asam amino dan enzim dimana tubuh dan kulit harus berfungsi dengan baik dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Lidah buaya dapat mengurangi minyak berlebih

Lidah buaya mengandung hormon yang disebut giberelin dan polisakarida yang berperan sebagai antibakteri dan membantu dalam membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Bahan ini adalah zat alami yang dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak, kotoran dan sel kulit mati yang dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit yang menyebabkan infeksi bakteri. Selain itu dapat membantu untuk merangsang pertumbuhan sel sehingga kulit yang rusak akan lebih cepat sembuh dan mengurangi bekas luka.

ads

3. Lidah buaya dapat sebagai antijamur dan mengurangi peradangan jerawat

Sifat antibakteri pada gel lidah buaya sangat efektif dalam mengobati jerawat dan mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh itu. Dapat mencegah bakteri dari infeksi luka karena jerawat dan mempercepat proses penyembuhan. Sifat antijamur yang berguna untuk mengobati peradangan seperti menyebabkan bisul dan kista pada kulit. Magnesium laktat dalam lidah buaya dapat membantu meringankan sensasi gatal yang disebabkan oleh jerawat. Magnesium laktat juga efektif untuk mengobati ruam pada kulit.

4. Lidah buaya dapat mengurangi ukuran nodul jerawat

Zat lidah buaya dapat menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran dari kulit untuk mencegah penyebaran jerawat. Ini mengurangi ukuran nodul meradang dan juga ukuran kista serta menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh pembengkakan. Tidak hanya jerawat, gel lidah buaya juga membantu mengurangi bekas jerawat dengan meregenerasi kulit. Antrakuinon dalam lidah buaya dapat menyegarkan dan member nutrisi penting pada kulit. Selain itu dapat meningkatkan perkembangan sel dan pemulihan. Hal ini dapat membantu dalam menghilangkan bekas jerawat dan membuat kulit tampak bercahaya dan sempurna. Selain mencerahkan dengan pigmentasi kulit untuk mengurangi munculnya bekas luka dan noda yang disebabkan oleh jerawat.

5. Lidah buaya dapat membunuh  bakteri penyebab jerawat

Lidah buaya mengandung saponin seperti giberelin dan polisakarida yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, termasuk bakteri yang menyebabkan jerawat yang parah. Tanaman ini juga mengandung asam salisilat, senyawa yang dapat menghilangkan jerawat, komedo dan whiteheads dari kulit. Lebih lanjut dapat membantu mengatur keseimbangan pH kulit. Kotoran dapat menyumbat pori-pori, yang menyebabkan infeksi bakteri dan komedo. Aplikasi gel lidah buaya ini pada wajah dapat mengencangkan pori-pori, sehingga, mengurangi pori-pori paparan kuman. Lidah buaya tidak otomatis menghilangkan jerawat, tetapi mengurangi pembengkakan, peradangan dan kemerahan yang terkait dengan itu.

6. Lidah buaya sebagai antiinflamasi

Ldiah buaya dapat bermanfaat sebagai anti inflamasi alami yang dapat membantu mengurangi kemerahan, peradangan dan rasa sakit disebabkan jerawat. Lidah buaya dapat mengurangi rasa sakit bila diaplikasikan pada daerah yang berjerawat. Hal ini disebabkan kandungan lidah buaya dapat menembus rasa sakit pada lapisan dalam dan meringankan peradangan. Sehingga dapat mengurangi bekas luka secara efektif, karena mengandung antioksidan yang terkandung dalam gel. Gel ini akan membantu mengurangi rasa sakit dan memperbaiki kulit dengan baik. Selain itu juga mengandung seng, vitamin C dan E yang membantu mengurangi bekas luka dari kulit sangat cepat.

Cara mengaplikasikan lidah buaya untuk mengobati jerawat

Lidah buaya dapat diaplikasikan ke dalam banyak cara untuk mengobati jerawat. Berikut adalah beberapa obat untuk mengobati jerawat dengan lidah buaya. Jika tidak memiliki tanaman lidah buaya dapat kemudian segera membelinya dari supermarket, karena tidak terlalu mahal dan tidak terlalu banyak makan tempat serta tidak memerlukan terlalu banyak air. Hal ini dapat mengobati jerawat di daerah lain daripada wajah seperti punggung, dada, kulit kepala. Untuk mengobati jerawat dan bekas luka dengan lidah buaya dapat dimulai dengan mencuci muka menggunakan pembersih yang lembut dan mengaplikasikan gel ini pada daerah wajah dan leher. Biarkan semalam dan mencuci keesokan harinya.

1. Ramuan lidah buaya untuk kulit berjerawat

Ambil daun lidah buaya segar dan meremasnya untuk mengekstrak gel. Kemudian ambil gel itu dan gosokkan pada jerawat yang terkena bagian dari kulit. Ulangi proses untuk dua kali sehari selama setidaknya satu minggu untuk menyingkirkan jerawat.

2. Ramuan lidah buaya dan Lemon untuk kulit berjerawat

Ambil daun lidah buaya segar dan memeras gelnya. Masukan gel ini dalam blender untuk membuat lotion gel, tambahkan beberapa tetes lemon atau jeruk nipis dan kemudian campur semua semua bersama-sama. Tempatkan lidah buaya segar ini sebagai lotion ke dalam sebuah wadah dan masukkan ke dalam lemari es. Kemudian lotion ini dapat dioleskan ke wajah seperti masker wajah setiap malam sebelum tidur. Biarkan seperti itu selama semalam dan mencuci muka di pagi hari berikutnya. Ulangi proses secara teratur, sampai mendapatkan hasil berkurangnya jerawat dan bekas-bekasnya. Dengan menambahkan beberapa tetes jus lemon ke dalam gel lidah buaya dan diaduk hingga berbentuk lotion tadi dapat mengurangi peradangan karena memiliki sifat antibakteri dari lemon tersebut dan gel lidah buaya yang akan mencegah penyebaran lebih lanjut.

3. Ramuan lidah buaya, madu dan kunyit untuk kulit berjerawat sebagai pasta

Ambil gel lidah buaya segar dan tambahkan sedikit kunyit, madu, susu dan beberapa tetes air mawar. Campur dengan baik dan kemudian menerapkan pasta ini pada jerawat yang terkena pada bagian dari kulit. Biarkan selama 15 – 20 menit dan mencucinya secara menyeluruh dengan air. Terus melakukan proses ini secara teratur hingga jerawat berkurang. Dengan menambahkan sejumput kunyit untuk pasta wajah ini dapat juga mencerahkan kulit.

Ads

4. Ramuan lidah buaya dengan campuran madu dan beberapa tetes air mawar sebagai masker

Dapat juga menggunakan gel ini sebagai masker wajah. Mencampurkan gel lidah buaya, dengan madu dan air mawar untuk membuat masker halus. Oleskan masker ini pada daerah berjerawat dan mencucinya setelah 20 menit. Oleskan masker ini tiga kali seminggu untuk menyingkirkan jerawat.

5. Sabun lidah buaya untuk kulit berjerawat

Cuci wajah secara teratur dua kali sehari dengan menggunakan sabun wajah yang mengandung lidah buaya yaitu sekali di pagi hari dan sekali di waktu malam yang membantu untuk mengurangi gejala dan mencegah jerawat lebih lanjut. Penggunaan lidah buaya dalam bentuk lotion, gel, sabun, krim dapat melembabkan seluruh wajah dan jerawat lain yang dapat menyebabkan terjadinya jerawat yang disebabkan oleh penumpukan minyak berlebih, dengan melembutkan kulit dan mengurangi munculnya bekas jerawat.

6. Masker lidah buaya untuk kulit berjerawat

Ambil daun lidah buaya segar dan rebus dalam air selama beberapa menit. Untuk membuat masker kemudian dapat tambahkan madu. Campur dengan baik pasta ini pada kulit sebagai masker. Biarkan selama sekitar 20 menit dan cuci dengan air dingin. Ulangi dengan menerapkan masker ini secara teratur untuk menyingkirkan masalah jerawat.

7. Lidah buaya dapat mengurangi iritasi

Menggunakan lidah buaya yang segar yang telah dipetik, karena mengandung zat yang sangat efektif untuk mengobati jerawat. Hal ini juga dapat menenangkan kulit dari iritasi, mengurangi peradangan dan dari racun yang berbahaya. Dianjurkan menggunakan lidah buaya segar dalam jumlah yang cukup untuk menyingkirkan jerawat.

8. Jus lidah buaya bermanfaat juga untuk mengatasi kulit berjerawat

Jus lidah buaya pun memiliki kemampuan untuk mengobati kulit. Hal ini disebabkan gel pada lidah buaya, selain lidah buaya dapat digunakan diluar dapat juga dikonsumsi untuk membantu mengecilkan pori-pori kulit, memurnikan darah, mengurangi jerawat meradang dan mencegah infeksi lebih lanjut untuk pembentukan jerawat. Jadi, dianjurkan untuk minum sedikit jus lidah buaya sekali sehari. Hal ini  tidak hanya menyembuhkan jerawat tetapi juga membantu untuk menyembuhkan kanker paru-paru, diabetes tipe 2 dan lain-lain.

9. Tips mengurangi dehidrasi pada kulit dan mengontrol minyak berlebih dengan lidah buaya

Lidah buaya bermanfaat sebagai anti inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan bekas luka dengan cepat. Ini dapat mencegah minyak berlebih dan kulit  dari dehidrasi. Caranya adalah mengambil lidah buaya segar, peras gel dari lidah buaya. Oleskan gel pada bekas luka. Biarkan selama beberapa menit. Cuci dengan air dan oleskan pelembab. Hal yang perlu diwaspadai adalah jika minum jus lidah buaya untuk pertama kalinya perlu memeriksa sekali lagi apakah memiliki alergi terhadap bawang putih, bawang merah, tulip atau tanaman lain dalam keluarga lillaceae maka, jika iya berarti juga alergi terhadap lidah buaya juga.

Demikian telah kita explore terkait lidah buaya. Semoga bermanfaat dan dapat diaplikasikan. Selamat mencoba.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Sunday 14th, June 2015 / 04:58 Oleh :
Kategori : Herbal