Sponsors Link

Manfaat Mentimun untuk Jerawat Dari Dalam dan Luar

Sponsors Link

Jerawat, Anda pasti sudah tidak asing dengan masalah kulit yang satu ini. Tidak hanya di kulit wajah saja, jerawat juga sering muncul di bagian tubuh yang lain, seperti punggung dan juga dada. Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir dengan masalah jerawat. Anda bisa menghilangkan masalah kulit tersebut dengan memanfaatkan mentimun. Mentimun adalah salah satu buah yang sering digunakan sebagai bahan pelengkap lalapan atau rujak. Namun dalam artikel kali ini, penulis akan menjelaskan cara menghilangkan jerawat menggunakan mentimun.

Sponsors Link

Mengatasi Jerawat Menggunakan Mentimun

Untuk mengatasi masalah jerawat, anda bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar Anda. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot melakukan perawatan mahal dan juga menyita banyak waktu. Anda bisa memanfaatkan mentimun untuk menghilangkan jerawat sekaligus noda hitam bekas jerawat. Untuk mengatasi jerawat menggunakan mentimun, Anda bisa menerapkan dua macam metode, yakni metode dari luar dan metode dari dalam. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Menghilangkan Jerawat dengan Metode dari Luar

Untuk menghilangkan jerawat dengan metode dari luar, Anda bisa memanfaatkan mentimun sebagai masker. Untuk membuat adonan masker yang terbuat dari mentimun relatif mudah. Caranya adalah:

  • Sediakan mentimun secukupnya.
  • Potong mentimun menjadi beberapa bagian kemudian haluskan mentimun tersebut menggunakan blender atau parutan.
  • Setelah halus, pisahkan sari mentimun dengan ampasnya menggunakan saringan.
  • Campurkan sari mentimun dengan air perasan jeruk lemon. Campuran antara sari mentimun dan juga air lemon efektif untuk menghilangkan jerawat sekaligus sebagai antioksidan alami yang dapat mencegah jerawat muncul kembali.
  • Oleskan campuran sari mentimun dengan air lemon pada wajah Anda. Diamkan selama 20 sampai 30 menit, lalu basuh menggunakan air dingin.

Metode dari luar ini sangat efektif untuk memperoleh wajah yang bebas jerawat dan juga lebih kenyal. Selain itu, bagi Anda yang memiliki gangguan kesehatan tekanan darah rendah juga sangat dianjurkan menggunakan metode dari luar, karena mengkonsumsi mentimun akan menyebabkan tekanan darah menurun.

Baca juga : Manfaat Timun Bagi Jerawat – Cara Membuat Masker Timun)

2. Menghilangkan Jerawat dengan Metode dari Dalam

Jika Anda tidak memiliki riwayat tekanan darah rendah, Anda bisa menerapkan metode mengatasi jerawat dari dalam menggunakan mentimun. Caranya juga sangat mudah, yaitu:

  • Siapkan satu buah mentimun kemudian kupaslah mentimun tersebut hingga terbuang seluruh kulitnya. Proses pengupasan tersebut berguna untuk memastikan tidak ada pestisida yang tertinggal pada mentimun.
  • Potonglah mentimun menjadi beberapa bagian. Masukkan mentimun ke dalam mesin blender dan haluskan mentimun tersebut. Untuk menambah cita rasa, Anda bisa menambahkan madu, sirup, susu, atau air perasan jeruk lemon.
  • Untuk menambah kesegaran, Anda juga bisa menambahkan sedikit es batu.
  • Minumlah jus mentimun tersebut setiap hari untuk memperoleh manfaatnya secara optimal.

Cara mengatasi jerawat menggunakan jus mentimun tersebut ternyata juga memberikan manfaat lain bagi tubuh, seperti mengatasi radang persendian, mengurangi berat badan berlebih, mencegah hipertensi, dan juga mencegah tubuh dari dehidrasi karena mentimun sangat kaya akan kandungan air.

(Baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat Beras – Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Batu)

Sponsors Link

Manfaat Mentimun yang Lain

Mentimun adalah buah sejuta manfaat. Tidak hanya menghilangkan jerawat saja, mentimun juga berguna untuk meningkatkan kesehatan kulit. Selain itu, mentimun juga berguna bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat mentimun selain untuk menghilangkan jerawat.

1. Manfaat Mentimun bagi Kulit Wajah

Salah satu manfaat mentimun bagi kulit wajah adalah untuk menghilangkan jerawat. Namun, tidak sampai di situ saja. Mentimun masih memiliki manfaat lain bagi kulit wajah, di antaranya:

  • Mengurangi lingkaran hitam pada mata. Masalah ini sangat umum dialami oleh para wanita yang memiliki gangguan tidur. Orang-orang lebih sering menyebut kondisi ini sebagai mata panda. Untuk mengurangi lingkaran hitam pada mata, Anda bisa meletakkan potongan mentimun pada mata kemudian mendiamkannya beberapa saat. Mentimun kaya akan kandungan antioksidan yang dapat meremajakan sel-sel kulit.
  • Mengurangi bengkak pada kantung mata. Kandungan asam askorbat pada mentimun sangat efektif untuk mengurangi retensi air sehingga dapat mengurangi pembengkakan pada kantung mata.
  • Mengurangi bintik hitam ada wajah. Anda mungkin adalah seseorang yang sangat aktif melakukan kegiatan di bawah sinar matahari. Padahal sinar matahari berpotensi menimbulkan bintik-bintik hitam pada kulit. Jika Anda memiliki masalah dengan bintik hitam tersebut, maka Anda bisa mengoleskan sari mentimun pada wajah dan leher. Sari mentimun tersebut sebagai pengganti tonik yang biasa Anda gunakan setiap hari.
  • Meremajakan kulit. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mentimun kaya akan kandungan antioksidan sehingga dapat mencegah dampak negatif dari radikal bebas. Berbagai dampak negatif dari radikal bebas seperti kerutan pada kulit, bintik hitam, dan juga sel-sel kulit mati dapat diatasi dengan memanfaatkan masker mentimun.
  • Mengencangkan pori-pori yang terbuka. Untuk menutup pori-pori terbuka, Anda bisa mencampurkan sari mentimun dengan air lemon, putih telur, cuka apel, sari lidah buaya, dan juga tomat kemudian mengaplikasikannya menjadi masker wajah.
  • Merawat kulit yang terbakar matahari. Terlalu lama beraktivitas di bawah sinar matahari akan membuat kulit terbakar. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan perawatan kulit dengan memanfaatkan mentimun. Kandungan air yang sangat tinggi pada mentimun akan memberikan rasa dingin dan juga meremajakan kulit Anda.

Itulah beberapa manfaat mentimun bagi kulit. Jadi memanfaatkan mentimun sebagai bahan perawatan kecantikan ternyata tidak hanya menghilangkan jerawat, tetapi juga memberikan segudang manfaat lainnya.

(Baca juga : Cara Membersihkan Jerawat dengan Tomat – Manfaat Kolagen untuk Jerawat)

Sponsors Link

2. Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh

Mentimun sangat kaya akan kandungan serat dan juga memiliki kalori yang sangat rendah. Jadi, bagi Anda yang memiliki masalah dengan sembelit, maka mengkonsumsi mentimun bisa menjadi jalan keluar yang efektif. Kandungan seratnya juga bisa menyehatkan pencernaan. Dengan mengkonsumsi mentimun, kesehatan ginjal juga menjadi lebih terjaga. Mengkonsumsi mentimun juga dapat mencegah diabetes, mengurangi resiko kanker, menguatkan tulang, dan juga mencegah resiko untuk terkena alzheimer.

(Baca juga : Manfaat Lemon Untuk Jerawat – Manfaat Oatmeal Untuk Jerawat)

3. Manfaat Mentimun Bagi Ibu Hamil

Mengkonsumsi mentimun saat hamil ternyata juga memberikan manfaat besar. Kandungan nutrisi dalam mentimun akan membantu tumbuh kembang otak janin. Selain itu, mengkonsumsi mentimun saat hamil juga akan membuat bibir rahim ibu menjadi lebih elastis saat melahirkan.

Itulah beberapa manfaat mentimun bagi tubuh kita. Bagi anda yang memiliki masalah dengan jerawat maka tidak ada salahnya memanfaatkan mentimun sebagai bahan perawatan alami. Tidak hanya menghilangkan jerawat, mentimun juga akan memberikan segudang manfaat lain bagi kesehatan tubuh.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 02nd, December 2016 / 06:26 Oleh :
Kategori : Herbal