Sponsors Link

7 Manfaat Obat Jerawat Cindala – Dosis dan Efek Samping

Advertisement

Segala sesuatu tentang jerawat memang sangat menyebalkan bagi setiap orang sehingga pada saat ini, antibiotik merupakan suatu alternatif pengobatan jerawat yang cukup banyak dipilih selain menggunakan cara herbal tentunya. Obat cindala merupakan suatu obat antibiotik yang biasanya digunakan oleh banyak orang sebagai cara menghindari jerawat pada wajah, pada punggung, hingga pada hidung yang seringkali menghampiri orang muda, bahkan orang yang sudah tua sekalipun. Obat cindala dianggap sangat mujarab dalam memberantas jerawat di kulit karena obat ini mengandung senyawa antibiotik bernama clindamycin phosphate, senyawa yang dikenal dapat melawan bakteri penyebab jerawat secara seketika.

Namun, tahukah anda apa saja manfaat yang akan anda dapatkan ketika menggunakan obat cindala ini sebagai media penyembuhan jerawat anda? Dalam artikel ini, anda akan menemukan berbagai macam manfaat yang ditawarkan oleh obat cindala sebagai solusi masalah jerawat anda. Ini dia manfaat obat cindala bagi penyembuhan jerawat anda.

  1. Membunuh Bakteri Penyebab Jerawat

Ada banyak faktor penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal, dan salah  satu faktor utama penyebab jerawat pada seseorang adalah karena serangan bakteri. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, obat cindala mengandung suatu senyawa yang bernama clindamycin phospate. Sebagai antibiotik, senyawa ini sangat dikenal akan keampuhannya dalam membunuh bakteri penyebab jerawat bernama Propionibacterium acnes secara seketika. Karena keampuhannya dalam membunuh bakteri penyebab jerawat secara cepat, sebaiknya anda menggunakan cindala ini hanya sebagai obat jangka pendek.

  1. Mencegah Peradangan Jerawat

Selain dikenal karena keampuhannya dalam membunuh bakteri penyebab jerawat, senyawa clindamycin phosphate yang terkandung dalam obat cindala juga berfungsi sebagai  pencegah peradangan jerawat. Bahkan, suatu penelitian yang telah dilakukan oleh seorang ilmuwan bernama Braathen LR menyimpulkan bahwa obat cindala dalam bentuk gel memiliki kemampuan yang jauh lebih baik untuk meredam peradangan pada bakteri penyebab jerawat jika dibandingkan obat jerawat yang mengandung senyawa tetracycline. Dapat diketahui jika bahaya infeksi jerawat memang tidak diragukan lagi bagi kulit kita, karena infeksi tersebut membuat bekas jerawat menjadi susah dihilangkan.

  1. Melawan Radikal Bebas

Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah seringnya kulit kita terpapar oleh radikal bebas. Padahal, efek radikal bebas cukup berbahaya bagi kesehatan kulit kita. Paparan radikal bebas akan menimbulkan kerutan dan tanda-tanda penuaan pada kulit wajah kita, termasuk menimbulkan berkembangnya bakteri penyebab jerawat. Obat cindala yang mengandung clindamycin phosphate akan sangat bermanfaat untuk memproduksi senyawa penangkal radikal bebas yang tentunya dapat mencegah kulit wajah kita dari timbulnya jerawat, serta dapat mencegah komedo yang muncul di hidung. Jadi, obat cindala ini dapat dikatakan sebagai alternatif lain cara mencegah komedo di hidung dan wajah secara alami.

ads
  1. Relatif Aman dari Efek Samping

Banyak diantara antibiotik yang memang terbukti sangat manjur dalam mengobati masalah kulit seperti jerawat, namun sayangnya, banyak diantara antibiotik tersebut yang mengandung efek samping yang berbahaya. Obat cindala yang mengandung clindamylin phosphate ini, jika disatukan dengan senyawa tretinoin, telah terbukti dapat meredam timbulnya efek samping berupa iritasi seperti gatal-gatal, kulit kering, dan kulit kemerahan yang biasanya terjadi pada kulit manusia sesaat setelah pemakaian antibiotik-antibiotik lain.

Bahkan, sebagian besar para konsumen yang telah memakai antibiotik yang mengandung clindamylin dengan sedikit campuran tretinoin telah memberikan testimoni bahwa mereka tidak mengalami iritasi sedikitpun sesaat setelah menggunakan cindala. Menurut jurnal yang dipublikasikan pada tahun 1984, para konsumen merasa lebih nyaman menggunakan antibiotik yang mengandung clindamylin jika dibandingkan dengan antibiotik yang mengandung tertracycline. Para konsumen yang menggunakan antibiotik yang mengandung clindamylin menyatakan bahwa mereka tidak mengalami efek samping yang serius.

  1. Lebih Cepat dalam Menangani Jerawat

Tahukah anda bahwa ternyata obat cindala memiliki efek yang lebih mujarab dibandingkan dengan obat jerawat yang lain, seperti amoxicillin? Manfaat amoxicilin untuk jerawat memang tidak diragukan lagi, namun kandungan clindamylin dalam obat cindala ternyata juga dapat mempercepat pengobatan jerawat dibandingkan antibiotik lainnya. Hal ini didukung oleh sebuah studi dimana para subjek yang dijadikan sampel eksperimen melaporkan perkembangan yang signifikan perihal kondisi jerawat mereka hanya dalam waktu 8 minggu terhitung sejak pertama kali menggunakan obat yang mengandung clindamylin jika dibandingkan ketika mereka menggunakan plasebo.

  1. Dapat Dikombinasikan Dengan Benzoyl Peroxide

Obat cindala ternyata akan menghasilkan manfaat yang jauh lebih besar dalam menangani jerawat ketika kandungan clindamylin-nya dikombinasikan dengan senyawa bernama benzoyl peroxide. Oleh para ilmuwan dari Penssylvania State University, kemampuan campuran senyawa clindamylin dan benzoyl peroxide ini dalam melawan timbulnya jerawat dideskripsikan dengan label “Significantly Superior”. Deskripsi tersebut memiliki arti bahwa campuran ini dapat memberantas jerawat jauh lebih efektif dibanding senyawa-senyawa antibiotik lainnya, bahkan jika dibandingkan dengan campuran antara erythromycin dan benzoyl peroxide yang juga dikenal sangat mujarab dalam menangani jerawat.

  1. Meredam Resistensi Bakteri Penyebab Jerawat

Pada umumnya, semua jenis antibiotik memiliki efek samping yang sama ketika kita menggunakannya secara terus menerus untuk mengusir bakteri. Bahaya antibiotik jerawat yaitu bahwa antibiotik justru akan meningkatkan resistensi atau kekebalan tubuh bakteri terhadap antibiotik-antibiotik tersebut hanya berselang beberapa hari sejak pemakaian pertamanya.

Memang antibiotik pada awalnya seakan mampu membunuh bakteri-bakteri penyebab jerawat dan jerawat seakan menghilang dari wajah anda, yang kemudian mendorong anda untuk mengkonsumsi antibiotik secara terus menerus. Namun, tahukah anda bahwa pemakaian antibiotik secara terus menerus merupakan suatu kesalahan fatal? Disebut suatu kesalahan fatal karena ketika suatu antibiotik diaplikasikan ke kulit anda secara terus menerus, bakteri penyebab jerawat justru akan semakin kebal terhadap ‘serangan’ antibiotik yang anda gunakan, sehingga justru bakteri penyebab jerawat akan tumbuh kembali di kulit anda.

Menurut hasil beberapa studi yang telah dilaksanakan, diantara semua antibiotik, clindamylin merupakan antibiotik yang paling ampuh dalam menghambat proses resistensi bakteri penyebab jerawat. Hal ini ditunjukkan dengan laporan dari para konsumen obat cindala yang menyatakan bahwa wajah mereka tetap terbebas dari jerawat selama 1 tahun atau lebih setelah pemakaian, dibandingkan dengan antibiotik lain yang biasanya hanya membuat anda terbebas dari jerawat selama 6 bulan saja semenjak pemakaian.

Jenis-Jenis Obat Cindala

  1. Obat Cindala Dalam Bentuk Gel dan Lotion

Ini merupakan bentuk umum dari obat cindala yang sering kita jumpai di apotik-apotik untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Selain praktis, beberapa penelitian menunjukkan bahwa menjadikan cindala sebagai gel lebih aman bagi tubuh anda karena tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Apa langkah yang harus dilakukan sebelum menggunakan obat cindala gel dan lotion?

  • Sebelum anda menggunakan obat cindala gel, pastikan anda membaca terlebih dahulu instruksi-instruksi maupun informasi mengenai cindala gel yang biasa terdapat di dalam kemasan boks cindala gel. Dengan begitu, anda dapat mengetahui secara pasti cara penggunaan cindala gel ini.
  • Cuci bagian kulit anda yang terkena jerawat dan kemudian keringkan secara lembut dengan handuk.
  • Oleskan cindala gel pada area yang terinfeksi jerawat secara tipis-tipis. Patut diingat bahwa anda tidak diperkenankan menekan jerawat karena hal tersebut dapat meninggalkan bekas jerawat yang sulit dihilangkan pada tubuh anda.
  • Cuci bersih tangan anda setelah mengoleskan cindala gel ke kulit anda yang terkena jerawat.

Bagaimana cara mendapatkan hasil terbaik dari penggunaan obat cindala gel dan lotion ini?

  • Ketika membilas bagian kulit anda yang terinfeksi jerawat, cara mencuci wajah yang benar untuk  kulit berjerawat adalah menggunakan air yang tidak panas dan tidak juga dingin. Hal ini dikarenakan jerawat anda akan semakin parah jika anda menggunakan air yang terlalu panas atau air yang terlalu dingin.
  • Anda perlu memperhatikan dosis yang dianjurkan untuk penggunaan obat cindala ini. Jangan hanya karena ingin cepat sembuh, anda terus menerus menggunakannya dalam satu hari. Gunakanlah cindala gel sesuai dosis yang dianjurkan, sekali atau dua kali pengolesan setiap hari sudah cukup.

Dosis pemakaian yang dianjurkan?

Untuk dosis penggunaan obat cindala gel ini, terlebih untuk penanganan jerawat, maka anda dapat melihat data di bawah ini.

  • Untuk jerawat dewasa dan anak diatas usia 12 tahun : Dianjurkan mengoleskan cindala gel 2 kali sehari pada daerah kulit yang terinfeksi jerawat.
  • Untuk jerawat balita dan anak dibawah usia 12 tahun: Anjuran pemakaian dan dosis harus diputuskan oleh dokter kepercayaan anda, karena ada banyak faktor yang menjadi penyebab jerawat bayi dan cara mengatasinya.

Ads

Apakah ada efek samping?

Seperti antibiotik pada umumnya, obat cindala yang mengandung clindamylin ini juga mengandung efek samping. Namun yang patut dicatat adalah bahwa efek samping cindala gel ini tidak membahayakan kulit anda. Gatal-gatal, kulit kering, dan kulit berminyak pada area kulit yang terkena jerawat merupakan efek samping yang mungkin dapat timbul setelah pengolesan obat ini.

  1. Obat Cindala Dalam bentuk Kapsul dan Tablet

Selain dalam bentuk gel dan lotion, umumnya obat cindala dapat dijumpai pula dalam bentuk kapsul atau tablet, sehingga anda cukup mengkonsumsinya layaknya anda mengkonsumsi obat-obat komersial untuk mengobati berbagai penyakit seperti flu atau batuk. Obat cindala dalam bentuk kapsul juga cukup digemari karena kepraktisannya.

Apa langkah yang harus dilakukan sebelum mengkonsumsi obat cindala kapsul dan tablet?

  • Pertama-tama, pastikan anda membaca terlebih dahulu instruksi maupun informasi mengenai kapsul cindala yang biasa terdapat pada boks kemasan obat, sehingga anda benar-benar memahami dosis yang diperlukan maupun efek samping yang sekiranya akan terjadi pada anda.
  • Telan obat cindala kapsul dengan segelas air mineral, sehingga kapsul tidak akan menyangkut di tenggorokan anda.

Bagaimana cara mendapatkan hasil terbaik dari penggunaan obat cindala kapsul ini?

  • Pastikan anda mematuhi takaran dosis yang dianjurkan dalam mengkonsumsi obat cindala kapsul ini. Rekomendasi dosis bisa anda lihat dalam section dibawah ini.
  • Ambil rentang waktu yang cukup panjang antara konsumsi kapsul pertama dan kapsul kedua dalam hari yang sama. Rentang waktu paling dekat yang dianjurkan adalah 6 jam. Sebagai solusi, anda dapat mengkonsumsi obat cindala kapsul ini setelah makan pagi dan setelah makan malam.

Dosis pemakaian yang dianjurkan?

Dosis yang dianjurkan untuk mengkonsumsi obat cindala kapsul ini untuk penanganan jerawat dapat dilihat dari data dibawah ini.

  • Untuk jerawat dewasa dan anak diatas 12 tahun : 150-300 mg atau sekitar 3 kapsul setiap hari.
  • Untuk jerawat balita dan anak dibawah 12 tahun : Diperlukan resep dan dosis khusus sesuai dengan yang direkomendasikan oleh dokter.

Apakah ada efek samping?

Alasan utama mengapa para dokter lebih merekomendasikan penggunaan obat cindala dalam bentuk lotion dan gel dibandingkan kapsul adalah fakta bahwa obat cindala dalam bentuk kapsul cenderung memiliki efek samping yang lebih banyak dibandingkan obat cindala dalam bentuk lotion dan gel, seperti gatal-gatal pada jerawat maupun potensi akan terjadinya gangguan pencernaan seperti diare atau iritasi pada tenggorokan. Penyebab jerawat gatal dan cara mengatasinya memang telah banyak diteliti sebelumnya dan yang patut dicatat pula adalah bahwa  obat cindala dalam bentuk kapsul ini jauh lebih aman jika dibandingkan dengan bahaya injeksi jerawat dalam menyebabkan jerawat gatal.

Sekarang anda telah mengetahui bahwa obat cindala merupakan antibiotik yang sangat bermanfaat bagi penyembuhan jerawat anda. Namun, patut dicatat bahwa anda perlu memanfaatkan obat cindala ini, baik dalam bentuk gel maupun kapsul secara bijaksana, dan juga mulailah aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat, sekarang juga.

Baca Juga:

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 29th, April 2016 / 04:02 Oleh :
Kategori : Pengobatan