Sponsors Link

4 Manfaat Odol untuk Jerawat

Sponsors Link

Pemakaian odol untuk mengobati jerawat telah disebarkan dan dimulai sejak lama. Odol bisa meningkatkan kesehatan alami pada kulit sehingga bisa digunakan untuk cara menghilangkan jerawat dan menyembuhkan dengan aman. Odol selama ini lebih banyak dipakai sebagai pasta untuk membersihkan gigi. Odol dirancang untuk meningkatkan kesehatan mulut, mengurangi produksi plak pada gigi serta membuat gigi lebih sehat dan bersih. Namun banyak ahli kulit yang menyatakan jika memakai odol untuk mengobati jerawat adalah cara yang aman asal dilakukan dengan cara yang tidak berlebihan.

Sponsors Link

Bahan-Bahan pada Odol

Sebelum anda benar-benar menggunakan odol untuk mengatasi jerawat maka berikut ini adalah bahan-bahan yang ditemukan secara umum pada odol dan fungsinya :

  • Fluoride – Fluoride adalah salah satu bahan aktif yang ditemukan pada semua jenis odol. Senyawa ini bekerja untuk membuat gigi menjadi lebih kuat serta mencegah kerusakan pada gigi. Kandungan bahan ini juga bisa mengatasi pertumbuhan bakteri dan memberikan perlindungan pada semua lapisan gigi.
  • Tetrasodium Pirofosfat – Ini adalah bahan khusus yang bisa mencegah pengendalam magnesium dan kalsium pada bagian gigi. Bahan ini bisa menjadi pencegah terbentuknya plak pada gigi.
  • Sodium Bikarbonat – Bahan ini menyebabkan abrasi ringan pada gigi dan membuat gigi menjadi lebih putih. Selain itu, bahan ini akan membuat suasana di sekitar mulut menjadi lebih basa dan mengurangi bau mulut. Bahkan bahan ini bisa mengurangi produksi noda pada gigi karena konsumsi makanan dan minuman yang menyebabkan perubahan warna pada gigi.
  • Triclosan – Ini adalah bahan yang bertugas sebagai anti bakteri dan bisa membantu mencegah pembentukan plak gigi karena bisa menghancurkan bakteri yang bisa memproduksi plak gigi. Kombinasi beberapa bahan seperti seng sitrat dan seng kloridam yang bisa mencegah semua pembentukan bakteri pada semua bagian mulut dan gigi.
  • Hidrogen Peroksida – Bahan ini bekerja untuk membuat gigi menjadi lebih putih dan menyediakan agen khusus yang bisa menghilangkan noda untuk gigi. Agen ini bisa menyebabkan gigi menjadi lebih putih dan menghancurkan semua bakteri pada gigi.
  • Natrium Benzoat – Natrium benzoat adalah bahan yang sangat penting dalam pasta gigi karena bisa mengatasi pembentukan mikro organism yang menyebabkan bau mulut dan penyakit pada gigi dan mulut. Bahan ini sangat aktif dan tidak akan rusak meskipun pasta gigi disimpan dalam waktu yang lama.

Bagaimana Odol bisa Mengatasi Jerawat ??

Jerawat adalah sebuah bentuk infeksi pada kulit yang disebabkan karena ada bakteri yang muncul dibagian bawah kulit. Jerawat akan ditandai dengan bintik merah kecil, besar atau sedang. Terkadang jerawat yang parah tidak bisa pecah sehingga bagian jerawat tertinggal di dalam kulit. Berikut ini adalah manfaat odol untuk jerawat :

Sponsors Link

1. Mencegah Iritasi Kulit

Bahan aktif dalam odol bisa membantu mengatasi iritasi pada kulit. Iritasi banyak terjadi pada bagian kulit yang berjerawat. Daerah di sekitar jerawat akan menjadi lebih merah, ruam dan terkelupas. Iritasi akan membuat jerawat menjadi lebih parah karena membuat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat menjadi lebih cepat tumbuh. Karena itulah memakai odol yang dioleskan pada malam hari selama beberapa jam bisa mengurangi iritasi dan menyebabkan bagian jerawat menjadi lebih kering.

Untuk mengatasi iritasi kulit jerawat lainnya bisa menggunakan :

2. Membantu Membersihkan Jerawat

Jerawat yang kotor bisa menyebabkan peradangan sehingga jerawat menjadi lebih parah dan lebih sakit. Bahan aktif seperti hidrogen peroksida pada odol juga bisa membantu membersihkan jerawat. Odol yang diterapkan pada bagian jerawat akan membuat jerawat menjadi lebih kering kemudian dalam pemakaian selama beberapa kali maka bisa menyebabkan jerawat menjadi lebih bersih. Jerawat bersih akan membantu mengurangi efek buruk bakteri pada jerawat.

Hindari hal berikut ini untuk menjaga kebersihan kulit berjerawat :

3. Membantu Mengecilkan Jerawat

Kandungan bahan asam salisilat dan benzoil peroksida pada odol bisa membantu mengecilkan ukuran jerawat karena bisa membuat permukaan jerawat menjadi lebih kering. Asam salisilat juga bisa membuat permukaan jerawat menjadi lebih lembut karena bisa membuat proses pergantian sel pada kulit menjadi lebih cepat. Sementara bahan benzoil peroksida berfungsi untuk mengurangi serangan bakteri pada jerawat. Bahan ini bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri terhenti sehingga mengurangi peradangan pada jerawat.

Untuk mengecilkan jerawat lainnya bisa menggunakan :

Ads

4. Mempercepat Penyembuhan Jerawat

Bahan kandungan benzoil peroksida pada odol akan menyebabkan jerawat menjadi lebih mudah cepat sembuh. Bahan ini bisa mengurangi efek merah pada bagian jerawat sehingga bisa membuat jerawat juga cepat sembuh. Cara mengatasi jerawat dengan manfaat odol adalah dengan menerapkan sedikit odol pada bagian jerawat dan tinggalkan selama beberapa saat hingga kering. Odol akan membuat kulit pada bagian jerawat menjadi lebih lembut dan bisa mengurangi rasa sakit pada jerawat.

Untuk mengoptimalkan penyembuhan jerawat secara alami, gunakan juga bahan-bahan berikut ini :

Tips Memakai Odol untuk Mengobati Jerawat

Banyak orang yang telah berhasil mengobati jerawat dengan odol. Odol merupakan bahan aktif yang bisa menyembuhkan jerawat dengan cepat dan tanpa efek samping. Namun untuk mempercepat penyembuhan ikuti beberapa tips dibawah ini :

  • Bersihkan wajah sebelum memakai odol untuk mengobati jerawat. Bersihkan dengan air hangat atau air dingin namun jangan memakai produk kosmetik. Produk kosmetik untuk wajah berjerawat, masih bisa meninggalkan noda jerawat. Bahkan ketika ditumpuk dengan odol sehingga bisa menyebabkan alergi atau luka pada jerawat.
  • Bersihkan bagian wajah dengan air dingin setelah menerapkan odol pada bagian wajah. Jika perlu pakai handuk dingin untuk menyapu semua bagian wajah sehingga tidak ada odol yang tersisa pada wajah.
  • Setelah melakukan terapi dengan manfaat odol untuk jerawat, sebaiknya jangan sampai menggunakan produk kosmetik karena berbagai bahan campuran pada kosmetik bisa menimbulkan efek buruk pada jerawat.
  • Jangan menggunakan bahan odol yang mengandung mentol karena bisa menyebabkan luka jerawat menjadi iritasi dan infeksi.

Odol memang bahan yang sangat aman untuk mengobati jerawat. Memakai odol yang sesuai dengan bahan-bahan yang bisa membantu penyembuhan jerawat maka bisa membuat jerawat cepat sembuh. Sebaiknya pilih odol yang mengandung bahan aman untuk jerawat sehingga terhindar dari efek samping.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 11th, September 2015 / 12:10 Oleh :
Kategori : Pengobatan