Sponsors Link
     Sponsors Link

11 Manfaat Pepaya untuk Wajah Berjerawat

Advertisement

Pepaya merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat, tak terkecuali bagi dunia kecantikan. Ketika wajah anda berjerawat, penggunaan pepaya ini mampu mengatasi permasalahan tersebut secara efektif  dan tanpa efek samping. Hal ini karena kandungan nutrisi serta vitamin yang terdapat pada buah pepaya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan menjaga kecantikan kulit. Munculnya jerawat tentu membuat rasa percaya diri anda semakin menurun. Untuk itu, sebaiknya gunakan masker yang terbuat dari buah maupun daun pepaya untuk mengatasi permasalahan yang disebabkan oleh berbagai jenis jerawat.

Berikut ini sejumlah perawatan dari manfaat pepaya untuk wajah berjerawat :

1. Masker Buah Pepaya

Meskipun jerawat bukan gangguan kesehatan yang sangat berbahaya namun kemunculannya akan memicu turunnya rasa percaya diri seseorang. Terlebih apabila jerawat yang muncul dipermukaan kulit wajah tidak hanya satu. Bahkan ketika jerawat tidak lagi meradang, datang ancaman lain seperti noda hitam dan noda bekas jerawat pada wajah. ditambah lagi potensi untuk jerawat bersarang kembali diwajah kita. Penggunaan masker pepaya untuk menghilangkan jerawat ini merupakan pilihan cerdas karena terdapat keuntungan dan manfaat yang lebih baik dibandingkan penggunaan kosmetik  berbahan kimia.

Beragamnya kandungan yang terdapat pada buah pepaya membuatnya sangat digemari untuk dijadikan masker untuk kulit berjerawat. Kemampuan pepaya yang mampu menyerap kadar minyak berlebih pada kulit akan menghindarkan jerawat datang kembali. Ketika kulit yang berminyak berbaur dengan bakteri maka pori-pori akan tersumbat. lalu hasil akhirnya yakni timbulnya jerawat yang meradang pada kulit.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pepaya mempunyai kemampuan untuk menghilangkan jerawat dengan cara yang sangat aman. Namun kita juga harus memperhatikan cara pembuatan masker pepaya yang benar supaya memperoleh hasil yang diharapkan. Berikut cara pembuatan masker pepaya untuk menghilangkan jerawat pada kulit :

  1. Siapkan satu buah pepaya yang tidak terlalu matang lalu cuci bersih.
  2. Setelah itu buang kulitnya tipis-tipis dan hilangkan getahnya dengan cara mencucinya kembali
  3. Parut atau haluskan beberapa potong daging buah pepaya yang tidak terlalu matang secukupnya
  4. Gunakan hasil parutan buah pepaya tersebut sebagai facial pada bagian wajah anda
  5. Setelah kulit wajah terasa lebih bersih, aplikasikan parutan buah pepaya tersebut sebagai masker wajah
  6. Oleskan merata keseluruh wajah kecuali area mata lalu diamkan selama 15 – 20 menit
  7. Bilas hingga bersih dan keringkan dengan handuk secara perlahan

2. Maker Daun Pepaya

Selain daging buahnya, ternyata pepaya mempunyai daun yang tidak kalah bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Kandungan zat alkanoid yang tinggi pada daun pepaya membuatnya kaya manfaat. Selain itu terdapat juga enzim papain yang proreolitik dimana enzim ini mampu memecahkan asupan protein didalam tubuh. pemecahan protein ini tentunya akan membantu proses penyerapan semakin mudah. Beragamnya kandungan zat yang terdapat pada daun pepaya ini membuatnya juga mampu mengatasi masalah jerawat pada wajah. Berikut ini kandungan daun pepaya dan manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan :

Sponsors Link

  • Daun pepaya yang telah tua mempunyai kandungan fenolik tinggi.
  • Kandungan enzim khimoprotein yang terdapat pada daun pepaya mempunyai fungsi sebagai katalisator yang merangsang reaksi hidrolisis antara polipetida dan protein didalam tubuh.
  • Kandungan enzim lisozim yang terdapat pada daun pepaya dapat berfungsi sebagai anti  bakteri penyebab gangguan peradangan kulit.
  • Adanya senyawa alkaloid karpain yang bermanfaat menunjang kesehatan tubuh manusia seperti membunuh mikroba dan reduksi tekanan darah secara normal.

Cara pembuatan masker yang terbuat dari daun pepaya ini sangat mudah. Pemakaian daun pepaya sebagai obat alami penghilang jerawat tentunya sangat aman bagi kesehatan dan kecantikan kulit dimasa mendatang. Meskipun demikian sebaiknya kita tetap memperhatikan cara pembuataan beserta tata cara pemakaian masker daun pepaya ini dengan benar. Hal ini supaya kita juga dapat memperoleh hasil yang optimal. Berikut ini cara pembuatan dan aturan pemakaiannya :

  • Pilihlah daun pepaya yang telah tua, biasanya akan mempunyai warna hijau gelap dengan bentuk daun yang lebih kaku dari daun pepaya yang masih muda.
  • Jemurlah beberapa lembar daun pepaya dibawah terik sinar matahari sampai layu
  • Setelah itu, haluskan dengan cara ditumbuk dan dicampurkan dengan 2 sdm air putih.
  • Oleskan secara merata pada bagian wajah yang berjerawat
  • Diamkan selama 15 – 20 menit lalu bilas menggunakan air bersih dalam keadaan hangat
  • Keringkan menggunakan handuk secara halus

3. Flek Hitam

Kita boleh bernafas lega ketika jerawat sudah tidak lagi bertengger dipermukaan kulit wajah. Namun bekas jerawat atau flek hitam yang tertinggal akan menjadi masalah berikutnya yang perlu diatasi. Pepaya tidak hanya bermanfaat untuk menghilangkan jerawat saja namun dapat berfungsi sebagai penghilang flek hitam atau noda wajah yang disebabkan jerawat. Kita dapat menggunakan masker buah pepaya untuk mengatasi bekas-bekas selama jerawat itu menempel pada permukaan kulit kita.

Kandungan yang terdapat pada buah pepaya mempunyai kemampuan untuk menghilangkan sel-sel kulit yang telah mati serta menjaga kebersihan kulit wajah dari debu atau polutan yang menutupi pori-pori. Penggunaan pepaya untuk mengatasi flek hitam atau noda bekas jerawat dapat berupa masker wajah. Dimana masker ini terbuat dari tumbukan atau parutan buah pepaya yang telah halus. Cara pemakaiannya hampir sama dengan pemakaian masker pepaya untuk menghilangkan jerawat.

Manfaat Pepaya untuk Jerawat Lainnya

Penggunaan pepaya sebagai cara menghilangkan jerawat secara tradisional yang tidak membutuhkan dana banyak seperti bahan kosmetik modern. Selain itu, kandungannya sangat alami sehingga tidak akan menyebabkan efek samping penggunaan. Cara mengatasi jerawat meradang dapat diobati dengan menggunakan masker pepaya. Hal ini karena kandunga enzim yang terdapat pada pepaya mampu mengatasi efek peradangan pada jerawat. Berikut ini kandungan dan manfaat pepaya bagi kesehatan dan kecantikan kulit :

  1. Penggunaan buah pepaya juga dapat berfungsi sebagai peeling karena kemampuannya mengelupas sehingga kulit dan sel-sel kulit mati dapat terangkat.
  2. Kandungan pada buah pepaya mampu membersihkan bagian pori-pori kulit secara menyeluruh
  3. Kandungan enzim yang terdapat pada pepaya dapat meminimalisir dampak dari peradangan yang disebabkan oleh jerawat.
  4. PengguNaan pepaya sebagai masker wajah dapat menghilangkan jerawat karena kandungan enzim papain yang mampu memberantas bakteri penyebab jerawat.
  5. Terdapat kandungan yang mampu melakukan perbaikan pada sel-sel kulit yang mati sehingga kulit akan terjaga kesegarannya.
  6. Kandungan papain pada pepaya merupakan salah satu bahan dasar pembuatan produk kosmetik anti aging
  7. Daging buah pepaya dapat bersifat sebagai agen anti mikroba
  8. Buah pepaya juga mengandung vitamin C yang sangat baik dalam proses peremajaan kulit serta terhindar dari gejala penuaan dini.

Ads

Hal yang Boleh dan Tidak Boleh dilakukan Ketika Berjerawat

  • Jaga Kebersihan Tangan

Tangan merupakan media utama yang menyalurkan bakteri menuju kulit wajah jadi sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan tangan sebelum menyentuh area sensitif pada tubuh, tak terkecuali area wajah.

  • Jangan Pencet Jerawat Secara Paksa

Kebanyakan orang akan memencet jerawat karena tidak sabar menunggu jerawat tersebut kempes. Hal ini sangat perlu dihindari karena bahaya memencet jerawat justru akan meninggalkan lubang pada kulit kita. Selain itu, apabila tangan yang kita gunakan untuk memebcet jerawat dalam keadaan kotor justru akan semakin memperparah kondisi jerawat

  • Mengurangi Makanan Pemicu Jerawat

Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Pepatah lama ini juga berlaku bagi anda yang rentan terkena serangan jerawat. Bisa jadi faktor penyebab timbulnya jerawat berasal dari apa yang anda konsumsi. Makanan yang berminyak, pedas, serta tinggi akan kandungan gula merupakan jenis makanan penyebab jerawat. Hal ini karena jenis makanan tersebut bisa mengganggu proses detoksifikasi zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Jadi ketika proses ini terganggu maka salah satu gejalanya yakni dengan datangnya jerawat pada kulit.

  • Perbanyak Konsumsi Air Putih

Kebutuhan akan air putih tidak hanya menunjang kesehatan tubuh semata namun dari segi kecantikan kulit juga dapat terjaga apabila asupan mineral didalam tubuh telah terpenuhi. Pada umumnya tubuh manusia membutuhkan 8 gelas air putih dalam sehari. Proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh akan lancar sehingga jerawat juga tidak mudah muncul.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 18th, December 2015 / 05:44 Oleh :
Kategori : Herbal