Sponsors Link

7 Manfaat Putih Telur untuk Wajah Berjerawat dan Kecantikan

Sponsors Link

Jerawat menjadi salah satu masalah yang paling banyak dikeluhkan tidak hanya wanita tapi juga pria. Pasalnya, jerawat yang tumbuh di wajah itu sangat membuat tidak nyaman sekaligus mengurangi kecantikan. Akibatnya, seseorang jadi sering tidak PD dengan penampilannya. Alhasil, berbagai cara pun dilakukan demi mengembalikan kecantikan alami kulit wajah. Ada yang memilih metode perawatan medis atau perawatan kecantikan yang kadang tidak menghabiskan sedikit biaya, ada juga yang memilih menggunakan cara atau bahan-bahan alami saja. Nah, salah satu cara alami yakni menggunakan manfaat putih telur untuk wajah berjerawat, seperti yang akan dibahas berikut ini.

Sponsors Link

Nutrisi Putih Telur untuk Wajah

Sebagai salah salah satu komoditi pokok yang mudah didapatkan. Bukan tanpa alasan jika telur bagian putihnya bisa juga dijadikan sebagai alternatif mengatasi masalah wajah yang berjerawat. Sebab putih telur memang mengandung nutriai yang baik terutama bagi kesehatan kulit wajah.

Terdapat lima kandungan utama dalam putih telur yang sangat berguna bagi ksehatan kulit, yakni :

  • Kalium – bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit sehari-hari.
  • Protein – berfungsi dalam proses pergantian sel-sel kulit yang mati sehingga kulit terjaga kemudaannya dan mengurangi kerutan.
  • Magnesium – menjaga agar kulit wajah selalu segar
  • Riboflavin – membantu mencegah serta menghilangkan racun akibat polusi dan radikal bebas dari wajah.
  • Enzim lisozim – menjaga elastisitas kulit wajah.

Selain lima kandungan di atas, putih telur juga mengandung vitamin B2 yang berperan penting dalam mencegah stres karena stres sendiri merupakan salah satu pemicu tumbuhnya jerawat di wajah. Ada juga kandungan vitamin B3 yang membantu dalam memperkuat sistem imunitas tubuh serta mempercepat penyembuhan luka sehigga bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat.

Jadi, berdasarkan kandungan nutrisinya, putih telur bermanfaat tidak hanya untuk mengatasi jerawat tetapi juga membantu mencegah pertumbuhan jerawat itu sendiri. Adapun cara memanfaatkan putih telur sebagai cara mengatasi jerawat wajah ialah dengan cara mengkonsumsinya secara langsung dengan rutin atau dengan membuat masker putih telur.

Cara Membuat dan Memakai Masker Putih Telur

Masker putih telur sangat mudah untuk dibuat. Berikut cara membuat masker dari putih telur Anda perlu menyiapkan seperti berikut ini:

  • Satu butir telur ayam kampung yang telah dicuci bersih di bawah air mengalir
  • Mangkuk
  • Sendok makan
  • Es batu
  • Kuas wajah
Sponsors Link

Setelah semua bahan Anda siapkan, langkah selanjutnya ialah:

  • Pecahkan telur ayam kampung dengan hati-hati kemudian pisahkan antara bagian kuning dengan bagian putihnya dimasukkan ke dalam mangkuk yang telah disediakan, sisihkan bagian kuning ke wadah yang lain.
  • Kocok putih telur menggunakan sendok makan sampai berbusa dan mengental (seperti krim). Masker pun siap.
  • Sebelum diaplikasikan ke wajah, hendaknya Anda membersihkan dulu wajah Anda dengan air bersih lalu keringkan dengan tissu atau handuk bersih.
  • Masker putih telur bisa langsung dioleskan ke wajah menggunakan kuas wajah.
  • Oleskan ke seluruh bagian wajah; diutamakan sekali bagian kulit yang ditumbuhi jerawat. Hindari area sensitif seperti mata dan bibir.
  • Diamkan masker selama kurang lebih 10 sampai 15 menit hingga terasa kering.
  • Basuh wajah dengan menggunakan air hangat dan keringkan dengan handuk yang bersih dan lembut.
  • Sebagai langkah terakhir, usap-usapkan es batu pada wajah untuk menutup pori-pori yang terbuka.

Untuk mendapatkan hasil yang baik, lakukan secara rutin 2-3 kali seminggu.

Manfaat Putih Telur untuk Kecantikkan

Sebagai tambahan, penggunaan putih telur tidak hanya pada manfaat putih telur untuk wajah jerawat. Bahan alami satu ini juga bisa berkontribusi untuk meningkatkan kecantikan wajah Anda dengan mengatasi dan memberikan manfaat seperti berikut ini :

1. Membantu menghaluskan kulit

Kandungan protein yang tinggi dalam telur membantu membuat kulit wajah Anda menjadi halus dan lembut. Cukup dengan menggunakan campuran putih telur dan yogurt dan aplikasikan ke bagian kulit wajah, tangan, maupun kaki Anda lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk mendapat hasil yang lebih baik.

2. Mengatasi masalah wajah berminyak

Putih telur mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk mencegah wajah memproduksi minyak berlebih. Dengan memanfaatkan putih telur, Anda cukup mengoleskannya ke bagian wajah sebelu menggunakan bedak dari bubuk cendana.

Sponsors Link

3. Memutihkan wajah

Kandungan protein dalam putih telur juga bisa membantu membuat wajah Anda putih secara alami terutama jika Anda sering beraktivitas di tempat terbuka sehingga kulit Anda akan sering menggelap. Maka, putih telur juga bisa mengembalikan kulit Anda menjadi putih.

4. Melembutkan rambut dan mengatasi masalah kerontokan

Kandungan protein yang ada ditelur juga dapat digunakan untuk menjadi pelembab rambut anda. Hanya cukup dengan mengoleskan putih telur pada rambut secara merata dan biarkan sampai kering lalu bilas dengan air bersih mengalir. Sedangkan untuk mengatasi masalah kerontokan pada rambut, putih telur memiliki kandungan zat besi untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan rambut Anda. Gunakan campuran antara putih telur dan lemon atau jeruk nipis lalu oleskan pada rambut Anda secara merata dan diamkan sampai kering. Kemudian bilas dengan air bersih atau bisa sekalian menggunakan sampo.

5. Menghilangkan ketombe

Ketombe menjadi momok paling menyebalkan karena terkadang sulit untuk diatasi. Tapi rupanya putih telur juga hadir sebagai salah satu alternatif yang mampu mengatasi masalah rambut satu ini. Dengan mengoleskan putih telur ke kulit kepala dan diamkan sampai mengering (sekitar 10-15 menit) lalu bilas dengan air dingin. Untuk hasil maksimal, gunakan pula sampo anti ketombe yang cocok dengan rambut dan kulit kepala Anda.

6. Menghilangkan minyak berlebih di kulit kepala

Pada dasarnya, kulit kepala memiliki mekanismenya sendiri untuk menjaga kelembaban kulit dan rambut yakni dengan memproduksi minyak. Itu sebabnya tidak dianjurkan untuk terlalu sering keramas karena akan ikut mengikis minyak tersebut. Akan tetapi, karena sebab tertentu produksi minyak ini bisa jadi berlebih dan justru menimbulkan masalah tersendiri. Putih telur yang dioleskan ke kulit kepala sampai kering dapat membantu mengatasi masalah ini.

7. Mengatasi mata panda

Lingkaran hitam di bawah mata rasanya begitu menganggu dan dapat mengurangi daya tarik Anda. Untuk mengatasinya memang lebih baik jika Anda mendapat tidur yang cukup dan berkualitas. Tapi, jika kesulitan mengatur pola tidur, maka dengan memanfaatkan putih telur Anda juga bisa mengatasi masalah ini. Cukup dengan menjadikan putih telur sebagai masker dan mengoleskannya kebagian kantung mata dengan hati-hati. Tunggu sampai mengering lalu bilas dengan air hangat. Anda juga mengkombinasikannya dengan mentimun.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 08th, March 2016 / 04:51 Oleh :
Kategori : Herbal