Sponsors Link
     Sponsors Link

11 Manfaat Tomat Untuk Jerawat dan Cara Penggunaanya

Advertisement

Tomat menjadi satu bahan masakan yang ternyata mempunyai manfaat penting bagi kesehatan dan kecantikan. Tidak diragukan lagi kini tomat menjadi satu bahan bermanfaat tidak kalah dari alpukat dan bengkoang. Jika dilihat dari khasiatnya tentu saja tomat memiliki segudang manfaat. Sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat bahwa cara menghilangkan bekas jerawat dengan tomat yaitu sebagai masker wajah. Selain berguna untuk menghilangkan rasa haus dalam bentuk jus, ternyata kandungan dalam tomat sangat penting untuk menjaga kecantikan kulit.

Kandungan vitamin dan mineral serta antioksidan dalam tomat sering dijadikan penangkal radikal bebas yang murah dan mudah didapat. Ada banyak manfaat penting bagi kecantikan khususnya kulit wajah. Lalu apa saja manfaat tomat bagi kecantikan kulit?

Berikut ini manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat :

1. Membersihkan Kulit

Manfaat masker tomat untuk wajah berjerawat yang dikombinasikan dengan buah alpukat sebagai bahan pembersih kulit wajah. Selain membersihkan kulit, dua bahan tersebut bisa memberikan rasa lembab pada kulit. Tetapi, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan dua campuran tersebut karena terdapat zat asam yang bisa menyebabkan iritasi. Sebelum menggunakannya, oleskan sedikit demi sedikit jika ada rasa seperti panas terbakar maka hentikan penggunannya.

2. Memperkecil Pori-Pori Kulit

Pori-pori yang berukuran besar akan membuat kotoran atau debu mudah masuk. Kandungan alami dan kesegaran tomat sangat bermanfaat memperkecil pori-pori. Tambahkan air perasan lemon ke dalam larutan masker agar lebih berdampak dalam mengecilkan pori-pori dan manfaat lemon untuk jerawat sangat berguna sebab dapat mengurangi minyak berlebih di wajah.

3. Mengatasi Kulit Berminyak

Wajah berminyak sangat rentan terhadap munculnya jerawat. Jika tidak ada perawatan wajah berjerawat dan berminyak lebih lanjut maka sel kulit mati akan menumpuk jadi satu. Manfaat tomat untuk jerawat sangatlah penting untuk menghilangkan kandungan minyak pada pori-pori kulit. Vitamin C, asam amino, dan vitamin A sangat bermanfaat untuk mengurangi minyak di bagian kulit wajah.

Sponsors Link

4. Meregenerasi Kulit

Terlalu lama terpapar sinar matahari membuat kulit seperti terbakar, untuk mengatasinya gunakan masker tomat digabungkan dengan yoghurt. Kulit akan meregenerasi karena kandungan nutrisi dalam tomat.

5. Mencerahkan Kulit

Kulit wajah yang terlalu banyak paparan sinar matahari dan minim perawatan akan terlihat kusam. Untuk mengembalikan kecerahan kulit wajah bisa dengan diatasi dengan masker tomat dipadukan kandungan nutrisi dalam madu.

Dari beberapa manfaat tomat untuk kecantikan kulit masih ada yang kurang mengerti bahan apa saja untuk mengkombinasikan masker tomat. Sebenarnya untuk membuat masker berbahan tomat sangatlah mudah. Blender tomat seperti membuat jus lalu terapkan pada kulit wajah. Namun, untuk menambah efek dari tomat sekaligus memberikan manfaat lain maka bisa dilakukan dengan mengkombinasi bahan-bahan alami lain seperti jeruk nipis, lemon, oatmeal, buah alpukat dan lain-lain.

Artikel terkait :

Cara Membuat Masker Tomat

  1. Kombinasi Tomat, Oatmeal dan Lemon

Tiga bahan terdiri dari tomat, oatmeal, dan tomat jika digabungkan sangat bermanfaat dalam mencerahkan kulit wajah dan menambah nutrisi pada kuit. Untuk membuat masker tomat dipadukan dengan lemon dan oatmeal cukup mudah, berikut caranya:

  • Langkah pertama blender tomat seperti membuat jus. Kemudian masukkan ke dalam mangkuk atau wadah dan campurkan dengan air perasan lemon serta oatmeal.
  • Langkah ketiga bersihkan wajah lalu oleskan campuran dari jus tomat, air perasan lemon, dan oatmeal secara rata di bagian wajah dan leher.
  • Diamkan selama 10 menit sampai masker mengering.
  • Langkah terakhir bilas masker menggunakan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.

Artiketl terkait : Cara Mencuci Wajah yang Benar untuk Kulit Berjerawat

  1. Kombinasi Tomat, Jeruk Nipis, dan Gula

Mungkin campuran masker tomat dengan gula dan jeruk nipis masih kurang banyak didengar, namun manfaat dari campuran tiga bahan tersebut sangat baik pada wajah yakni mampu mengecilkan pori-pori. Tidak terlalu sulit membuat masker kulit dari tiga bahan tersebut, berikut caranya:

  • Haluskan tomat lalu campurkan dengan perasan jeruk nipis dan tambahkan gula. Dalam pemberian gula tidak memerlukan takaran, sebisa mungkin jangan terlalu banyak.
  • Setelah tercampur, oleskan ramuan pada wajah dengan alur seperti memijit dan melingkar.
  • Diamkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat, jika sudah bersih usapkan kembali menggunakan air dingin dengan tujuan menutup pori-pori.
  1. Kombinasi Masker Tomat dan Maizena

Kombinasi tomat dan maizena ternyata bisa mengurangi kadar minyak pada wajah dan dapat menghaluskan wajah secara alami. Untuk membuat masker tomat dan maizena, ada beberapa langkah yang harus dilakukan yakni:

  • Haluskan tomat dengan diblender lalu tambahkan 1 sendok makan maizena.
  • Aduk rata campuran tomat dan maizena hingga bentuknya berubah menjadi seperti pasta.
  • Oleskan pada wajah secara merata lalu diamkan selama 15 menit hingga mengering.
  • Setelah kering bilas memakai air hangat lalu diamkan selama 2 menit dan bilas kembali memakai air dingin.
  1. Campuran Masker Tomat dan Susu

Bahan mujarap untuk menghilangkan jerawat adalah masker dari campuran tomat dan susu cair. Sangat penting untuk menggunakan masker tomat dan susu tersebut untuk menjaga kesehatan kulit wajah secara maksimal. Cara membuat campuran tersebut bisa Anda lakukan dengan langkah berikut:

  • Blender tomat sampai halus kemudian saring hingga ampas tomat tidak terdapat dalam air hasil blender tersebut.
  • Tambahkan susu cair dingin lalu aduk bersama dengan air perasan jus tomat.
  • Setelah di aduk simpan dalam lemari pendingin selama 15 menit atau sampai campuran tadi berubah dingin.
  • Oleskan ramuan susu dan tomat menggunakan kuas atau kapas secara merata di bagian wajah dan leher. Hindari bagian mata dan diamkan selama 10 menit lalu bilas sampai bersih.

Ads

  1. Kombinasi Masker Tomat dan Kentang

Masker tomat dan kentang berguna untuk menghaluskan kulit wajah dan menghilangkan jerawat. Untuk membuat masker dari tomat dan kentang Anda harus melakukan beberapa langkah sebagai berikut :

  • Haluskan tomat dengan cara diblender, kemudian rebus kentang dan haluskan campuran tomat dan kentang hingga benar-benar halus.
  • Oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama 15 menit lalu bilas mengunakan air hangat.
  • Jika sudah dibilas, lanjutkan bilas dengan air dingin dengan tujuan menutup pori-pori.
  1. Membuat Masker Tomat dan Yoghurt

Campuran dari tomat dan yoghurt sangatlah berguna untuk mengurangi minyak berlebih, Anda bisa menambahkan oatmeal ke dalam campuran tomat dan yoghurt. Untuk membuat campuran tersebut bisa dilakukan dengan cara :

  • Blender tomat dan tambahkan yoghurt sebanyak 1 sendok makan. Pastikan campuran dua bahan tersebut halus.
  • Oleskan ke bagian wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit.
  • Bilas wajah menggunakan air hangat dan bilas lagi menggunakan air dingin.
  • Keringkan memakai handuk dengan cara ditepuk-tepuk.

Artikel terkait :

Seperti itulah manfaat tomat untuk jerawat, ditambah dengan campuran dari berbagai bahan dalam membuat masker tomat tentu memberikan efek yang baik bagi kesehatan kulit wajah. Aplikasikan masker tomat beserta bahan campurannya secara rutin untuk menghilangkan jerawat pada kulit wajah.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 02nd, September 2016 / 07:16 Oleh :
Kategori : Herbal