Sponsors Link

10 Masker Alami untuk Wajah Berjerawat

Advertisement

Jerawat menjadi masalah besar bagi kebanyakan orang. Terutama bagi para wanita semua umur. Banyak orang yang rela mengeluarkan uang banyak demi pengobatan jerawat. Padahal pengobatan ke dokter kecantikan belum tentu cocok dengan kulit anda. Pengobatan yang tidak cocok justru dapat menyebabkan iritasi pada kulit.
Obat-obat kecantikan dan kosmetik sebenarnya juga berasal dari bahan-bahan alami, tetapi sudah diolah dengan menggunakan bahan kimia. Menyembuhkan jerawat sebenarnya dapat menggunakan bahan-bahan alami yang ada disekitar lingkungan kita. Bahan-bahan alami yang ada disekitar kita bisa kita jadikan masker untuk menyembuhkan jerawat.

Ada beberapa masker alami yang bisa kita buat sendiri di rumah untuk menyembuhkan jerawat. Masker alami lebih aman untuk wajah kita karena tidak mengandung bahan kimia yang dapat merusak kulit. Berikut ini beberapa masker alami yang dapat anda coba di rumah :

1. Masker madu asli

Madu merupakan bahan alami yang sangat banyak mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain kesehatan tubuh ternyata madu juga baik untuk kesehatan kulit terutama kesehatan kulit wajah. Kita dapat menyembuhkan kulit wajah menggunakan manfaat masker madu untuk jerawat.

Cara pembuatan :

Cara menggunakan madu untuk dijadikan masker sangat mudah yaitu hanya dengan dioleskan pada bagian wajah kita yang berjerawat. Kemudian biarkan masker madu sekitar 15 menit agar madu dapat meresap ke pori-pori kulit anda. Setelah kering cuci wajah anda dengan air dingin. Gunakan madu secara rutin sebelum tidur dan setelah menggunakan madu gunakan pelembab wajah karena penggunaan madu yang terlalu kering akan menyebabkan kulit kering. Lakukan perawatan ini sampai jerawat anda sembuh.

2. Masker mentimun

Mentimun sering digunakan sebagai buah atau sayur karena memang mentimun ada dua macam, yaitu mentimun buah dan mentimun sayur. Mentimun sering digunakan pada salon-salon kecantikan sebagai bahan dasar masker wajah. Mentimun mengandung vitamin dan antioksidan yang dapat membantu menyembuhkan jerawat.

Cara Pembuatan :

Cara membuat masker timun yaitu dengan terlebih dahulu mentimun diblender, lalu setelah halus oleskan jus mentimun tersebut di wajah. Diamkan masker mongering dan tunggu sampai 15 menit. Setelah kering bilas dan bersihkan wajah anda dengan menggunakan air dingin. Pemakaian yang rutin dalam 2 minggu jerawat akan berkurang dan bekas jerawat bisa tersamarkan.

ads

3. Masker putih telur

Jerawat bisa timbul karena pori-pori yang membesar serta keadaan kulit yang kotor. Jerawat juga bisa timbul karena komedo yang membesar menjadi jerawat. Sebenarnya komedo mirip dengan jerawat, tetapi komedo ukurannya lebih kecil dari jerawat tetapi sama-sama mengganggu dan mengurangi kecantikan kulit wajah anda. Putih telur bisa membantu mengurangi komedo dan mengencangkan kulit. Gunakan putih telur sebagai masker untuk membasmi komedo serta mengecilkan pori-pori kulit sehingga jerawat tidak berani tumbuh pada kulit wajah.

Cara Pembuatan :

Cara membuat masker putih telur yaitu, kocok putih telur dengan menggunakan garpu sampai berbusa. Setelah kocokan lembut kemudian oleskan pada wajah yang berkomedo dan tunggu sampai kering kurang lebih 20 menit. Setelah kering, ambil kain yang bersih dan basahi dengan air hangat. Gunakan kain tersebut untuk menghapus masker pada wajah. Cara ini akan membantu mengencangkan pori-pori dan memaksa komedo keluar.
Wajah bersih tanpa komedo dan jerawat setalah penggunaan masker putih telur secara rutin selama 2 minggu.

4. Masker tomat

Tomat mengandung banyak vitamin C yang sangat diperlukan kulit untuk membantu regenerasi kulit. Buah tomat dapat membantu menghilangkan jerawat yang mengganggu kecantikan wajah. Jawabannya yaitu dibuat masker menjadi masker tomat.

Cara Pembuatan :

Cara membuat masker tomat yaitu, pertama ambil tomat yang segar 1 buah, lalu belah jadi 2 dan haluskan dengan blender. Setelah halus oleskan masker tomat pada kulit wajah anda. Tunggu sekitar 15 menit agar masker mengering, lalu bilas dengan air dingin. Selain membantu menghilangkan jerawat, masker tomat juga dapat mengncangkan kulit anda sehingga kulit wajah anda bersih dari jerawat serta kencang. Gunakan secara rutin pada pagi hari sebelum anda melakukan aktivitas.

5. Masker semangka

Selama ini kita kenal semangka sebagai buah yang manis dan segar. Selain sebagai buah semangka juga bisa untuk menyembuhkan jerawat dengan menggunakannya sebagai masker. Buah semangka mengandung antioksidan, vitamin A, dan C sehingga sangat baik untuk dijadikan masker penyembuh jerawat. Jerawat parah yang disertai rasa gatal dan panas sangat cocok disembuhkan dengan masker buah semangka karena semangka dapat memberikan rasa sejuk dan mendinginkan kulit wajah.

Selain manfaat tersebut, semangka juga bermanfaat untuk melembabkan kulit, mencegah kerutan serta penuaan dini, membantu meremajakan kulit dan mengurangi minyak yang berlebih pada kulit wajah.

Cara Pembuatan :

Cara menggunakan buah semangka sebagai masker yaitu, pertama siapkan bahan yaitu semangka yang telah dikuliti dan dipotong, lalu setengah buah jeruk dan satu cangkir air. Campur bahan-bahan tersebut dan haluskan. Setalah halus oleskan pada kulit wajah. Diamkan beberapa saat agar mengering yaitu sekitar 15 menit. Kemudian bersihkan dengan air hangat. Masker semangka akan bekerja menyembuhkan jerawat serta menghilangkan kekusaman pada wajah sehingga wajah segar dan bersih dari jerawat. Jika terlalu sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk membuat masker semangka, bisa langsung menggunakan buah semangka dengan menempelkan irisan semangka pada wajah.

6. Masker lemon dan kulit jeruk

Lemon dan kulit jeruk merupakan bahan alami yang dapat menyembuhkan ataupun mencegah jerawat timbul kembali di wajah anda. Kandungan vitamin yang ada pada lemon serta kulit jeruk akan membantu mengurangi jerawat karena membunuh kuman penyebab jerawat.

Cara Pembuatan :

Cara membuat dan menggunakan masker lemon dan kulit jeruk yaitu, lemon dan kulit jeruk blender sampai halus. Kemudian campur sedikit air dan aduk hingga rata. Oleskan secara merata masker tersebut pada kulit wajah anda. Biarkan sekitar 15 menit agar masker kering. Lalu bilas dengan bersih. Gunakan secara teratur sampai jerawat pada wajah anda mengempes dan sembuh.

7. Masker buah pepaya

Pepaya baik untuk kesehatan tubuh kita. Manfaat pepaya yang paling terkenal yaitu untuk memperlancar pencernaan pada tubuh kita. Pepaya mengandung vitamin C yang tinggi, kaya akan nutrisi serta antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Pepaya juga sangat baik untuk perawatan kulit yang berjerawat.

Cara Pembuatan :

Cara membuat masker dari pepaya untuk kulit berjerawat yaitu, ambil buah papaya yang sudah matang, lalu kupas dan buang isinya. Setelah itu cuci dengan air bersih dan haluskan dengan blender. Setelah itu jadilah masker papaya, oleskan masker tersebut pada kulit yang berjerawat, biarkan selama 15 menit agar meresap keladam pori-pori kulit wajah. Setelah kering bilas dengan menggunakan air bersih. Gunakan secara teratur agar mendapat hasil yng maksimal dan jerawat akan lebih cepat sembuh dan tidak berbekas.

8. Masker kuning telur

Tidak hanya putih telur yang dapat digunakan sebagai masker pembasmi jerawta, tetapi kuning telur juga dapat djadikan masker untuk membasmi jerawat. Orang-orang jarang menggunakan cara ini karena baunya yang agak amis, tetapi tenang saja dapat diatasi dengan menambah sedikit madu.

Ads

Cara Pembuatan :

Cara membuat masker dengan kuning telu yaitu, kning telur pisahkan dari putih telur. Lalu kocok sampai berbusa dan teksturya lembut. Tambahkan satu sendok madu dan aduk hingga rata, kemudian oleskan pada wajah anda yang berjerawat. Keringkan dan tunggu sampai 15 menit lalu bilas dengan menggunakan air hangat. Kuning telur akan bekerja menyembuhkan jerawat yang sudah terlanjur tumbuh di wajah anda dengan pemakaian secara rutin pasti akan membantu menyembuhkan jerawat.

9. Masker oatmeal, yoghurt dan lemon

Cara membuat masker dari bahan ini yaitu siapkan oatmeal dan yoghurt masing-masing satu sendok makan lalu campur kedua bahan tersebut. Kemudian berikan satu tetes jus lemon pada campuran bahan tersebut. Aduk hingga rata sampai terbentuk pasta, lalu oleskan pasta pada kulit wajah yang berjerawat. Lalu biarkan agar pasta mengering di wajah sekitar 15 menit. Setelah kering bils dengan air dingin.

Agar dapat mendapatkan hasil yang baik, gunakn masker ini secara rutin minimal seminggu sekali, lebih baik jika digunakan 3 kali dalam seminggu sehingga akan mengontrol jerawat yang tumbuh dan mencegah jerawat tumbuh kembali pada kulit wajah anda.

10. Masker pepaya dan nanas

Pepaya mempunyai khasiat yang baik untuk kulit wajah memang sudah banyak orang ng tahu. Tetapi kalau nanas belum banyak yang tahu bahwa buah ini juga dapat membantu menyembuhkan jerawat.

Cara Pembuatan :

Cara membuat masker pepaya dan nanas yaitu, pertama siapkan buah nanas dan pepaya, lalu jadikan masker dengan cara di blender. Gunakan masker pepaya dan nanas dengan cara dioleskan pada wajah yang berjerawat. Gunakan juga pada bekas jerawat agar membantu menghilangkan noda bekas jerawat. Biarkan beberapa menit agar masker kering, setelah kering bilas dengan air bersih.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi jerawat dengan menggunakan masker alami yang anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan cara yang mudah dan tidak sulit. Bahan-bahan yang digunakan juga tidak susah dicari serta dengan harga yang sangat terjangkau. Penggunaan masker alami tentuna membutuhkan waktu yang lebih lama daripada masker kimia yang terjual dibanyak took-toko kosmetik. Tetapi hasilnya akan lebih memuaskan dengan menggunakan masker alami karena selain aman juga menyehatkan kulit kita sehingga tampak lebih awet muda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 22nd, December 2015 / 09:29 Oleh :
Kategori : Herbal