Sponsors Link

10 Obat Jerawat Parah Yang Paling Ampuh

Advertisement

Apakah Anda termasuk orang yang memiliki jerawat parah? Mendapati kulit dihiasi oleh jerawat parah merupakan salah satu hal yang paling dihindari karena tentu saja akan membuat seseorang akan mengalami dampak psikologis akibat jerawat seperti rasa minder terhadap orang lain, rasa kurang percaya diri saat bertemu orang lain, dan lain-lain. Segala sesuatu tentang jerawat parah memang dipengaruhi oleh banyak penyebab yang terkadang tidak dapat kita hindari. Nah, lalu apakah obat jerawat parah yang tersedia sehingga jerawat parah di kulit dapat segera menghilang? Anda akan mengetahuinya dalam artikel ini. Berikut merupakan ulasannya.

Penyebab Jerawat Parah

Sebelum Anda mengetahui berbagai macam obat jerawat parah, maka tentu saja terlebih dahulu Anda harus mengetahui sebenarnya apa saja yang menyebabkan jerawat parah dapat terjadi. Berikut ini merupakan beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab jerawat parah.

  • Ketidakseimbangan Hormon. Tidak seimbangnya hormon yang dapat menyebabkan jerawat seperti hormon androgen yang biasanya terjadi pada fase pubertas dan fase menstruasi merupakan penyebab utama mengapa jerawat parah bisa terjadi. Selain itu, faktor stress dan rasa cemas yang terus-menerus juga akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Tidak seimbangnya hormon akan memicu produksi sebum yang lebih banyak dan akan menyebabkan ciri-ciri jerawat karena hormon.
  • Faktor Genetik. Jika Anda memiliki orang tua atau nenek dan kakek yang memiliki riwayat kulit berminyak dan berjerawat, maka kemungkinan besar Anda juga akan memiliki tipe kulit yang sama, yang membuat Anda menjadi rentan untuk terkena jerawat parah. Jika sudah begitu, segera lakukan perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara alami.
  • Alergi Makanan. Ternyata, alergi makanan juga merupakan salah satu yang dapat menyebabkan jerawat parah dikalangan orang dewasa. Biasanya, alergi terhadap jenis makanan tertentu seperti makanan olahan susu dan telur akan membuat jerawat parah, karena ketika Anda memiliki alergi terhadap jenis makanan tertentu, maka ketika Anda mengkonsumsinya, tubuh Anda akan menganggap makanan tersebut sebagai zat asing yang kemudian akan menyebabkan reaksi auto-imun seperti kulit kemerahan dan peradangan jerawat di kulit. (Baca: Cara Alami Menghilangkan jerawat Karena Alergi)

Nah, setelah Anda mengetahui berbagai macam penyebab munculnya jerawat parah, sekarang saatnya Anda mengetahui berbagai obat yang dapat digunakan sebagai penangana jerawat parah. Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Benzoil Peroksida

Cara ini merupakan cara yang cukup sering digunakan untuk mengobati jerawat parah. Hal tersebut karena benzoil peroksida dapat ditemukan di apotik dan bisa juga tanpa membutuhkan resep dari dokter. Benzoil peroksida yang dijual secara bebas di apotik-apotik ini biasanya berbentuk lotion, gel, sabun, atau bahkan cairan.

Mengapa benzoil peroksida dapat menyembuhkan jerawat parah?

Benzoil peroksida dikenal sebagai senyawa yang dapat dengan ampuh mengatasi bakteri penyebab jerawat. Senyawa ini dapat membuka pori-pori kulit Anda yang tersumbat oleh adanya bakteri penyebab jerawat, sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.  Hal tersebut tentu saja membuat benzoil peroksida ini menjadi cara menghilangkan jerawat saat hamil yang ampuh. Mungkin ketika Anda pertama kali menggunakan obat ini, kulit Anda akan memerah, namun jika Anda mengalami hal tersebut, jangan dihentikan penggunaan obat ini karena hal tersebut merupakan reaksi natural dari kulit Anda.

Yang perlu Anda perhatikan adalah selalu patuhi dosis pemakaian obat ini yang biasanya terdapat pada kemasan obat. Jika Anda menggunakan obat ini melebihi dosis yang dianjurkan, maka kulit Anda justru akan mengalami iritasi. Gunakan obat ini secara rutin, dan biasanya setelah 6 minggu jerawat parah Anda sudah mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik.

Baca Juga: Manfaat Obat Jerawat Cindala dan Manfaat Amoxicillin Untuk Jerawat

2. Antibiotik

Seperti yang telah Anda ketahui, salah satu faktor utama penyebab munculnya jerawat parah adalah karena adanya bakteri penyebab jerawat. Oleh karena itu, penggunaan antibiotik akan sangat bermanfaat untuk mengobati jerawat parah. Berikut merupakan alasan mengapa antibiotik dapat menyembuhkan jerawat parah di kulit Anda.

Mengapa antbiotik dapat menyembuhkan jerawat parah?

Obat antibiotik merupakan obat yang akan dengan sangat cepat membunuh berbagai bakteri penyebab jerawat, sehingga jerawat parah di kulit Anda akan menjadi cepat mengering dan mengempes, tanpa meninggalkan bekas yang parah. Maka tak heran jika antibiotik sering digunakan sebagai cara mengempeskan jerawat yang meradang.

Nah, sebenarnya obat antibiotik tersedia dalam 2 macam, yaitu obat antibiotik oral dan obat antibiotik topikal. Keduanya memiliki manfaat yang sama, namun jika Anda memiliki jerawat yang cukup parah, pemakaian antibiotik oral akan lebih dianjurkan karena obat antibitik oral dapat membunuh bakteri penyebab jerawat hingga ke pori-pori kulit. Jangan lupa meminta resep dan rekomendasi dokter sebelum mengaplikasikan obat antibiotik ini agar anda tidak mengalami bahaya penggunaan antibiotik jerawat.

Baca Juga: Ciri-Ciri Obat Jerawat Yang Berbahaya

ads

3. Asam Azelat

Mungkin Anda masih belum familiar dengan obat jerawat ini, namun asam azelat merupakan obat jerawat parah yang tidak akan memberikan efek samping yang berarti bagi kulit Anda. Jika biasanya setelah menggunakan obat seperti antibiotik topikal atau benzoil peroksida kulit Anda menjadi sensitif terhadap sinar matahari, maka dengan menggunakan asam azelat, kulit Anda akan tetap aman sehingga dapat dikatakan bahwa asam azelat memiliki tingkat keamanan layaknya obat jerawat alami.

Mengapa asam azelat dapat menyembuhkan jerawat parah?

Asam azelat yang biasanya terdapat dalam bentuk gel atau lotion ini secara umum memiliki manfaat yang sama dengan benzoil peroksida, dimana asam azelat ini dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang akan membuka pori-pori kulit sekaligus akan membunuh bakteri penyebab  jerawat. Nah, tentu saja asam azelat ini akan mengempeskan dan mengecilkan ukuran jerawat parah secara cepat serta dapat juga digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam.

Baca Juga: Manfaat Tje Fuk untuk Wajah Berjerawat

4. Retinoid

Retinoid merupakan salah satu obat jerawat batu dan jerawat parah yang dapat ampuh untuk mengobati jerawat yang parah karena kandungan Vitamin A-nya yang tinggi. Mungkin selama ini Anda mengira bahwa Vitamin A hanya bermanfaat untuk kesehatan mata saja, namun ternyata Vitamin A memiliki banyak khasiat untuk mengatasi masalah jerawat di kulit Anda. Berikut ulasannya.

Mengapa retinoid dapat menyembuhkan jerawat parah?

Seperti yang telah dijelaskan diatas, retinoid akan sangat bermanfaat untuk mengobati jerawat yang parah karena kandungan Vitamin A-nya yang sangat tinggi. Nah, Vitamin A ini ketika diaplikasikan ke kulit, maka akan mengangkat segala kotoran dan sel-sel kulit mati dan pori-pori Anda, sehingga nantinya krim pengoabatan seperti antibiotik atau obat topikal lainnya dapat bekerja secara maksimal dalam menghilangkan jerawat parah di kulit. Oleh karena itu, penggunaan retionoid hendaknya memang dibarengi dengan pemakaian obat jerawat lainnya, seperti obat antibiotik misalnya. Karena kemampuannya dalam mengangkat sel-sel kulit mati, maka retinoid ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat berwarna hitam.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Caladine

5. Isotretinoin

Inilah obat yang dapat Anda gunakan jika dengan menggunakan obat antibiotik atau retinoid tidak membuahkan hasil yang sesuai. Hal ini dikarenakan obat ini diklaim sebagai obat jerawat meradang dan dapat menyembuhkan jerawat yang paling parah sekalipun. Namun, karena efek sampingnya yang kuat, tentu saja Anda perlu untuk meminta rekomendasi dari dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini.

Mengapa isotretinoin dapat menyembuhkan jerawat parah?

Obat isotretionoin dianggap sebagai salah satu obat jerawat parah yang paling manjur adalah karena adanya sebuah fakta bahwa 85% pasien yang menderita jerawat parah mengalami kemajuan perihal kondisi kulit mereka setelah menggunakan obat isotretinoin ini secara rutin sesuai dosis yang dianjurkan selama 4 hingga 5 bulan.

Nah, obat isotretinoin ini secara umum akan bekerja dengan cara mengurangi produksi sebum atau minyak alami di kulit Anda secara cepat. Dengan berkurangnya produksi minyak, maka tentu saja jerawat parah tidak akan tumbuh lagi. Obat ini juga diklaim dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kemerahan pada jerawat. Namun, yang patut diingat adalah obat ini lebih cocok digunakan untuk orang yang memiliki tipe kulit berminyak. Jika Anda memiliki tipe kulit yang kering, maka kulit Anda akan semakin kering jika menggunakan obat ini. Kulit yang terlalu kering justru akan membuat kulit mudah teriritasi dan jerawat parah pun justru akan muncul.

Baca Juga: Cream Obat Penghilang Bekas Jerawat Yang Ada di Apotik

6. Pil KB

Tahukah Anda bahwa ternyata pil KB akan sangat bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat parah di kulit Anda? Ya, pil KB yang biasa digunakan bagi para pasangan suami istri yang tidak ingin menambah keturunan ini ternyata merupakan suatu obat yang cukup ampuh untuk menyembuhkan jerawat parah, terutama di kalangan para wanita. Apa Anda penasaran mengapa pil KB dapat digunakan untuk mengobati jerawat parah? Berikut ulasannya.

Mengapa pil KB dapat menyembuhkan jerawat parah?

Ketika Anda sedang berada dalam fase pubertas atau fase menstruasi, maka seringkali di dalam tubuh akan mengalami hal yang dinamakan ketidakseimbangan hormon. Ketidakseimbangan hormon ini disebabkan karena meningkatnya jumlah produksi jenis hormon penyebab jerawat, yaitu hormon androgen. Nah, meningkatnya hormon androgen ini akan memicu produksi sebum atau minyak alami kulit yang lebih banyak. Produksi sebum yang berlebihan ini akan menutup pori dan jika berinteraksi dengan bakteri, akan menjadi penyebab timbulnya jerawat di wajah.

Nah, ketika Anda mengkonsumsi pil KB, maka secara otomatis tubuh akan mengurangi produksi hormon androgen, sehingga hal tersebut akan menghindari kulit Anda akan memproduksi sebum secara berlebihan. Hasilnya, kecil kemungkinan kulit Anda akan dihiasi oleh jerawat parah lagi.

Baca Juga: Manfaat Bioplacenton untuk Jerawat

7. Spironolactone

Apakah Anda sudah mengetahui apa itu spironolactone? Spironolactone merupakan suatu obat yang biasanya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, maupun penyakit yang membutuhkan tubuh untuk mempertahankan cairannya. Namun, ternyata spironolactone ini juga akan sangat bermanfaat untuk mengobati jerawat parah di kulit Anda. Penasaran apa manfaat spironolactone untuk menghilangkan jerawat parah? Berikut ulasannya untuk Anda.

Mengapa spironolactone dapat menyembuhkan jerawat parah?

Terlepas dari fungsi aslinya yang digunakan untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi dan penyakit-penyakit lain yang memerlukan tubuh untuk mempertahankan cairan di dalamnya, ternyata spironolactone ini memiliki anti-androgen. Nah, sifat anti-androgen inilah yang biasanya dijadikan senjata untuk mengobati jerawat parah di kemudian hari.

Dengan adanya senyawa anti-androgen, maka produksi hormon penyebab jerawat seperti androgen akan menurun, dan tentu saja nantinya kulit Anda akan menjadi tidak terlalu berminyak. Kulit yang tidak terlalu berminyak akan aman dari berbagai penyebab jerawat di pipi, penyebab jerawat di dagu, dan penyebab jerawat di hidung. Sebelum menggunakan obat ini, Anda perlu mempertimbangkan efek sampingnya, yaitu keinginan untuk buang air kecil yang meningkat dan adanya ketidakteraturan dalam fase menstruasi di kalangan para wanita.

Baca Juga: Cara Mencegah Jerawat Saat Menstruasi

Sponsors Link

8. Injeksi Steroid

Injeksi steroid merupakan suatu metode penghilangan jerawat parah atau bekasnya dengan cara menyuntikkan obat yang biasa disebut sebagai kortison. Karena injeksi obat kortison ini memerlukan suatu penanganan ahli, maka tentu saja Anda tidak bisa melakukannya sendiri. Berdiskusilah dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk menjalani pengobatan dengan metode ini.

Mengapa injeksi steroid dapat menyembuhkan jerawat parah?

Obat kortison yang disuntikkan ke jerawat Anda memiliki suatu efek anti-inflammasi, yang akan membuat jerawat parah dan jerawat meradang di kulit Anda menjadi cepat mengecil dan mengempes. Nah, biasanya jerawat parah Anda akan langsung mengecil dan mengempes 4 hingga 8 jam setelah penyuntikkan dilakukan, dan akan terus mengecil dalam beberapa hari setelahnya. Maka tak heran jika injeksi steroid merupakan obat jerawat bernanah dan meradang yang sangat ampuh sebagai cara menghilangkan jerawat bernanah.

Tapi, yang perlu diperhatikan adalah, obat kortison yang disuntikkan ini tidak memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, sehingga Anda harus tetap menggunakan pengobatan jerawat yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, seperti misalnya obat antibiotik.

Baca Juga: Cara Mengobati Jerawat Bernanah

9. Terapi Sinar Biru

Salah satu metode pengobatan jerawat yang akan sangat ampuh dalam mengatasi jerawat parah di kulit adalah dengan menggunakan terapi sinar biru. Bahkan, para dokter menyarankan pasien yang memiliki jerawat berwarna merah atau jerawat meradang untuk melakukan terapi sinar biru ini. Berikut ini merupakan alasan mengapa terapi sinar biru dapat digunakan sebagai obat jerawat parah.

Mengapa terapi sinar biru dapat menyembuhkan jerawat parah?

Terapi sinar biru ini memang memerlukan peralatan khusus yang dapat mentransfer gelombang sinar biru ke kulit Anda yang memiliki jerawat parah. Nah, sinar biru yang ditransfer ke kulit ini akan dengan sangat cepat akan membunuh bakteri penyebab jerawat meradang, yaitu Propanobacterium acnes., bahkan hingga sampai ke pori-pori kulit yang dalam. Jika bakteri yang menyebabkan jerawat meradang mati, maka tentu saja jerawat parah akan semakin cepat menghilang dari kulit Anda dan juga terapi ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat merah.

Selain dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, sinar biru ini juga akan membuat kulit Anda menjadi lebih cerah bersinar dibanding sebelumnya. Namun, para dokter tidak menganjurkan Anda yang sedang mengkonsumsi obat jerawat oral untuk melakukan terapi sinar biru ini, karena terapi sinar biru ini hanya dianjurkan untuk orang yang memang tidak mau mengkonsumsi obat jerawat oral yang diresepkan oleh dokter.

Baca Juga: Manfaat Dermatix Untuk Bekas Jerawat

10. Menggunakan Laser

Laser merupakan salah satu cara yang dapat menghilangkan jerawat parah yang secara terus menerus timbul di kulit Anda. Jika Anda memiliki dana berlebih dan ingin mempercepat proses penghilangan jerawat parah di kulit Anda, maka menggunakan metode laser ini merupakan pilihan yang tepat

Mengapa laser dapat menyembuhkan jerawat parah?

Laser ini secara umum akan bekerja dengan cara memicu produksi kolagen di kulit Anda. Nah, manfaat kolagen untuk jerawat ini adalah untuk mempercepat proses penghilangan jerawat, karena memang kolagen ini merupakan protein yang diperlukan untuk menyokong kesehatan kulit secara keseluruhan. Ada 2 cara yang digunakan dalam metode laser, yaitu:

  • Laser ablatif, dimana metode ini sinar laser ditembakkan secara langsung ke area kulit Anda yang terdapat jerawat parah. Namun, metode ini akan mengganggu permukaan kulit Anda.
  • Laser non-ablatif, dimana metode ini laser digunakan untuk memicu produksi kolagen kulit tanpa mengganggu permukaan kulit Anda.

Baca Juga: Jenis-Jenis Laser Jerawat dan Efek Sampingnya

Tips Pendukung Untuk Mengobati Jerawat Parah

Setelah Anda mengetahui berbagai macam obat jerawat parah, baik secara herbal maupun secara medis, sekarang saatnya Anda untuk mengethaui juga berbagai tips pendukung yang akan membantu Anda untuk mengobati jerawat parah.

  • Rutin Mencuci Wajah. Cara simpel ini dijamin akan mempercepat proses penyembuhan jerawat di kulit Anda. Jika Anda rutin mencuci wajah Anda sebanyak 2 kali dalam sehari, maka segala kotoran, minyak dan debu yang dapat memperparah jerawat dapat dihilangkan. Jangan lupa aplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat dan gunakan sabun wajah yang mengandung asam salisilat agar sel-sel kulit mati secara rutin juga akan terangkat.
  • Konsumsi Makanan Yang Tepat. Mengkonsumsi makanan penghilang jerawat seperti buah-buahan dan sayuran akan sangat dianjurkan karena makanan tersebut memiliki banyak nutrisi yang dapat menyehatkan kulit Anda dari dalam. Hindari mengkonsumsi makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus seperti makanan berminyak, makanan pedas, makanan bersantan, dan junk-food.
  • Gunakan Make-Up Yang Tepat. Penggunaan make-up yang sesuai dengan tipe kulit akan sangat disarankan. Jika memang Anda memiliki tipe kulit yang berminyak dan berjerawat, gunakan daftar kosmetik untuk wajah berjerawat yang bersifat ringan, seperti bedak yang cocok untuk kulit berjerawat dan foundation untuk kulit berjerawat. Jika Anda memiliki kulit kering, gunakan kosmetik yang mengandung air.
  • Jangan Memencet Jerawat. Ini mungkin yang menjadi masalah bagi banyak orang. Banyaknya jerawat parah yang tumbuh di kulit seringkali membuat orang menjadi gemas dan ingin memencet jerawat. Hindari menyentuh apalagi memencet jerawat Anda karena hal tersebut justru akan membuat Anda mengalami bahaya memencet jerawat sembarangan yang akan memperburuk kondisi jerawat di kulit Anda.

Baca Juga:

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui berbagai obat jerawat parah beserta bagaimana tips-tips pendukung untuk mengobati jerawat parah. Jangan lupa untuk selalu menerapkan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 13th, August 2016 / 06:36 Oleh :
Kategori : Jenis