Sponsors Link
     Sponsors Link

8 Obat Jerawat Pasir Alami

Advertisement

Setiap orang pasti pernah mengalami yang dinamakan dengan masalah kulit terutama jerawat. Jerawat terjadi karena tertutupnya pori-pori wajah akibat sel kulit mati dan juga minyak yang berlebih di wajah. Munculnya jerawat tergantung dari kondisi kulit wajah. Jenis jerawat yang umum terjadi adalah jerawat pasir.Dinamakan dengan jerawat pasir karena jerawat ini tumbuh secara banyak seperti kelompok kemudian memiliki ukuran yang kecil-kecil. Jerawat ini dari jauh mungkin tidak terlalu terlihat namun jika di raba akan terasa bulir-bulir pasir. Namun anda tidak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak obat yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat pasir. Kali ini pembahasan kita mengenai cara mengobati jerawat pasir dengan bahan-bahan tradisional yang alami. Karena selain tidak mengeluarkan biaya yang banyak obat tradisional ini di jamin aman dari efek samping. Berikut ini ulasannya :

1. Tomat

Sayuran berwarna merah segar ini banyak mengandung vitamin e yang baik untuk merawat kulit. Selain itu tomat juga bisa mengatasi jerawat pasir yang anda alami. Tidak hanya jerawat pemakaian tomat sebagai masker juga dapat membantu mencerahkan kulit anda secara alami. Cara untuk membuat masker dari tomat juga mudah cukup bersihkan terlebih dahulu tomat dengan air yang mengalir. Belah dua tomat kemudian di blender. Sesudah itu baru dioleskan pada wajah secara merata dan tunggu hingga 30 menit baru kemudian di bilas dengan air yang bersih. Penggunaan masker tomat ini untuk mengobati jerawat pasir dapat dilakukan setiap hari dan untuk pencegahan dapat di pakai sebanyak dua kali dalam seminggu.

Artikel terkait :

2. Putih telur

Bahan alami berikutnya yang berfungsi untuk mengobati jerawat pasir adalah putih telur. Putih telur mengandung protein yang bisa membatasi produksi minyak pada wajah sehingga kulit terjaga kelembapannya. Cara untuk membuat masker dari putih telur ini adalah sebagai berikut :

  • Sediakan 1 butir telur ayam kampung kemudian pecahkan kulitnya dan pisahkan antara kuning telur dengan putihnya.
  • Ambil yang putihnya dan tuang ke dalam piring.
  • Sebelumnya jangan lupa bersihkan wajah terlebih dahulu dan uapi dengna air panas yang bertujuan untuk membuka pori – pori.
  • Oleskan putih telur tadi pada seluruh wajah secara merata.
  • Diamkan selama 30 menit.
  • Baru bilas wajah dengan air bersih dan langkah terakhir bilas dengan air dingin untuk menutup pori – pori wajah.

Selain mengobati jerawat denga penggunaan masker putih telur juga membantu mengencangkan kulit anda.

Artikel terkait :

3. Mentimun

Mentimun juga dipercaya mampu mengobati jerawat pasir. Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi di dalamnya sehingga juga dapat membantu menyegarkan wajah anda. Jika diperhatikan di toko – toko sudah banyak produk kecantikan yang memilih mentimun sebagai bahan dasar produknya. Ini membuktikan bahwa mentimun memang baik untuk kulit berjerawat. Cara untuk membuat masker mentimun adalah dengan mengupas kulit dari mentimun terlebih dahulu baru kemudian di blender. Oleskan mentimun yang sudah di blender tadi pada wajah secara keseluruhan atau bagian yang terkena jerawat pasir saja. Diamkan selama 30 menit sampai kulit meresap nutrisi masker secara sempurna.

Artikel terkait :

ads

4. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh memiliki ukuran kecil – kecil dan berwarna hijau. Belimbing wuluh biasanya digunakan sebagai sayuran yang dimasak oleh para ibu – ibu. Namun selain itu buah ini juga bermanfaat untuk mengobati jerawat pasir. Caranya adalah dengan memblencer belimbing wuluh dan dicampurkan dengan perasan jeruk nipis baru kemudian di konsumsi. Namun bagi anda yang menderita penyakit tertentu sebaiknya di konsulatiskan terlebih dahulu kepada dokter.

5. Jeruk nipis

Kandungan citric acid pada jeruk nipis sudah dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati. Sel kulit mati yang menutupi pori kulit ini yang menjadikan jeraawat muncul pada kulit. Pemakaian jeruk nipis sebagai masker juga cukup muda caranya adalah sebagai berikut :

  • Ambil satu buah jeruk nipis kemudian belah menjadi dua bagian.
  • Peras untuk mengambil airnya.
  • Oleskan air dari jeruk nipis pada bagian wajah yang berjerawat pasir.
  • Biarkan selama 15 menit.

Sesudah 15 menit baru kemudian di bilas dengan air yang bersih. lakukan setiap hari untuk pengobatan dan dua kali seminggu untuk pencegahan.

Artikel terkait :

6. Lidah buaya

Tanaman yang juga berfungsi sebagai penghias ini sudah banyak dikenal sebagai salah satu bahan dasar kosmetik. Lidah buaya mengandung anti bakteri dan anti peradangan yang baik untuk kulit. Selain itu kandungan gel di dalam lidah buaya berguna sebagai pelembap alami bagi kulit. Cara untuk memanfaatkan lidah buaya sebagai masker untuk mengobati jerawat pasir adalah :

  • Ambil tanaman lidah buaya yang memiliki ukuran batang yang besar. Ini karena semakin besar batangnya maka kandungan gel dalam lidah buaya semakin banyak.
  • Kupas terlebih dahulu kulitnya. Dan perhatikan juga untuk membersihkan getah lidah buaya terlebih dahulu. Lidah getah buaay berwarna kuning.
  • Setelah kulitnya di kupas anda akan langsung bertemu dengan isinya dan gel yang meyelimuti isi dari lidah buaya.
  • Oleskan gel tersebut pada bagian jerawat pasir dan biarkan selama 30 menit.
  • Baru kemudian di bilas dengan menggunakan air yang bersih.

Pemakaian masker lidah buaya ini cocok untuk kulit normal karena untuk kulit sensitif kadang dapat menimbulkan reaksi seperti gatal – gatal pada kulit.

Artikel terkait :

7. Lemon

Buah yang satu ini juga memiliki kandungan yang sama dengan jeruk nipis yaitu asam yang baik untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Caranya juga cukup mudah tinggal belah dua lemon kemudian oleskan airnya pada bagian wajah yang berjerawat. Tunggu 30 menit baru kemudian di bilas. Pemakaiannya dapat di lakukan sendiri di rumah pada waktu senggang.

Artikel terkait :

8. Jagung

Jagung kaya kaan karbonhidrat karena itu jagung di pilih sebagai salah satu penghasil energi setelah beras. namun disamping itu jagung juga baik untuk mengatasi jerawat pasir pada wajah. Caranya adalah dengan sebagai berikut :

  • Sebelum menggunakan masker dari jagung ada baiknya anda membersihkan wajah terlebih dahulu baru kemudian di uapi dengan air panas yang bertujuan untuk membantu membuka pori – pori agar manfaat masker dapat jelas terasa.
  • Ada baiknya untuk membantu memudahkan jagung di rebus dulu pada panci dengan menambahkan air saja.
  • Setelah lunak baru kemudian jagung di angkat.
  • Biarkan dingin baru setelah itu buang kulitnya. Dan kemudian ambil saja isi dari jagung kemudian di haluskan dengan cara di blender.
  • Setelah di blender oleskan pada wajah terutama di bagian yang berjerwat. Diamkan selama 15 menit baru kemudian di bersihkan wajah anda.

Selanjutnya jangan lupa untuk membilasnya dengan air dingin yang bertujuan untuk menutupi pori – pori kembali.

Itulah beberapa bahan – bahan alami yang berguna untuk obat jerawat pasir yang bisa anda praktekan sendiri di rumah dengan konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan.

Ads

Cara Mencegah jerawat Pasir Tidak Semakin Parah

Selain melakukan pengobatan untuk jerawat pasir anda juga harus menerapkan cara berikut ini agar kondisi jerawat tidak semakin parah berikut pembahasannya :

  • Mencuci wajah sebanyak 2 kali sehari dengan pencuci wajah yang cocok untuk jenis kulit anda.
  • Jangan pernah memegang dan memencet jerawat karena akan memperparah kondisi jerawat. Memencet jerawat juga bisa menimbulkan bopeng pada kulit wajah sehingga menganggun penampilan anda nantinya.
  • Jangan pernah merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol.
  • Jangan biarkan rambut anda mengenai jerawat karna akan membuat kondisi jerawat pasir jadi bertambah parah.

Demikianlah cara untuk mencegah jerawat pasir yang berhubungan erat dengan pola hidup dan kebiasaan sehari – hari.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 03rd, November 2016 / 04:17 Oleh :
Kategori : Pengobatan