Sponsors Link

10 Obat Jerawat Tradisional Yang Mujarab

Advertisement

Masalah jerawat umum terjadi pada setiap orang terkhusunya seorang remaja. Ada beberapa faktor yang menyebabkan jerawat muncul pada wajah diantaranya faktor genetik, produksi minyak yang berlebihan pada wajah dan kotoran yang menyumbat pori – pori pada wajah. Beberapa jerawat juga bisa disebabkan karena makanan yang dikonsumsi. Seperti kata pepatah yang menyatakan bahwa kulit kamu adalah apa yang kamu makan. Cara untuk menghilangkan jerawat juga bisa dilakukan dengan penggunaan cream jerawat ataupun dengan menggunakan obat tradisional. Penggunaan obat tradisional untuk menghilangkan jerawat sampai saat ini masih menjadi pilihan karena lebih aman dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Berikut ini ulasan mengenai obat jerawa tradisional yang ampuh yaitu sebagai berikut :

1.Madu

Madu berasal dari air lebah yang memiliki banyak kandungan vitamin dan antioksidan yang telah dipercaya sejak dulu. Kandungan antioksidan dalam madu berfungsi untuk mencegah timbulnya penuaan dini terhadap kulit. Madu memiliki rasa yang manis dan berwarna bening. Meskipun manis madu asli tidak pernah di cari oleh semut hitam. Cara untuk mengaplikasikan madu sebagai obat tradisional jerawat yang ampuh adalah dengan mengoleskannya secara langsung pada bagian kulit yang berjerawat. Tunggu olesan madu tersebut sekitar 15 menit baru kemudian di bilas dengan menggunakan air yang bersih. Pemakaian masker madu ini dapat dilakukan satu kali sehari untuk pengobatan jerawat secara alami. Dan dua kali dalam seminggu untuk pencegahan jerawat.

Artikel terkait :

2. Bengkuang

Bengkuang merupakan buah asli yang banyak tumbuh di negara dengan iklim tropis terutama Indonesia. Buah bengkuang di bungkus oleh kulit bagian luar yang mana isinya berwarna putih dan dapat dikonsumsi langsung karena memiliki rasa yang manis. Disamping untuk konsumsi bengkuang juga banyak dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik. Ini karena bengkuang telah dipercaya sejak lama mampu menghilangkan jerawat beserta bekas jerawatnya secara perlahan. Cara untuk membuat masker dari bengkuang adalah sebagai berikut :

  • Sediakan dua buah bengkuang dengan ukuran yang sedang kemudian kupas kulitnya dan cuci hingga bersih.
  • Parut kedua bengkuang tadi dengan menggunakan parutan manual ataupun dengan menggunakan blender.
  • Tambahkan air pada parutan bengkuang tadi sambil di remas – remas agar mengeluarkan saripati dari bengkuang.
  • Setelah itu diamkan selama 3 jam.
  • Buang airnya dan perhatikan bagian dasar wadah akan terdapat saripati dari bengkuang.
  • Ambil sari pati dari bengkuang tadi dan bulatkan kemudian dijemur hingga kering.

Sari pati bengkuang yang dijemur itulah yang bisa digunakan sebagai masker bengkuang. Penggunaan masker bengkaung dapat dilakukan sebanyak dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Jeruk nipis

Satu lagi buah yang kaya akan vitamin c yaitu jeruk nipis. Vitamin kaya akan antioksidan sehingga mampu memperbaiki sel kulit yang rusak akibat jerawat beserta menghilangkan jerawatnya sekaligus. Jeruk nipis dapat menjadi obat jerawat yang ampuh dengan cara mengoleskan air dari jeruk nipis pada bagian wajah yang berjerawat. Saat pemakaian pertama akan terasa perih di wajah namun hal ini berkaitan dengan kandungan pada jeruk nipis itu sendiri. Diamkan selama 15 menit baru kemudian di bilas dengan air yang bersih. Semoga jerawat cepat hilang jika di pakai secara teratur.

Artikel terkait :

Ads

4. Pepaya

Daging buah yang berwarna orange ini kaya juga akan vitamin c. Buah yang berasal dari negara Meksiko ini juga bermanfaat untuk kecantikan kulit seperti menghilangkan jerawat. Cara menggunakannya cukup mudah. Ambil daging dari buah pepaya dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit baru kemudian di bilas dengan air yang bersih. (Baca juga : Manfaat pepaya untuk wajah berjerawat)

5. Tomat

Tomat mengandung licopine yang baik untuk menjaga kekenyalan kulit seperti kulit bayi yang akan licopine. Untuk membuat masker dari buah tomat cukup cuci biah tomat terlebih dahulu dan blender sampai benar – benar halus. Halusan dari buah tomat ini dapat dioleskan pada wajah yang berjerawat. Tunggu hingga 15 menit baru kemudian di bilas hingga benar – benar bersih. Pemakaian masker tomat ini bisa dipakai setiap hari.

Artikel terkait :

6. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki gel yang berfungsi sebagai zat antibakteri dan menghambat pertumbuhan melanin pada kulit. Langkah untuk memperoleh gel dari batang lidah buaya adalah :

  • Pilih batang lidah buaya yang besar karena semakin besar batang maka kandungan gelnya lebih banyak.
  • Biarkan batang yang telah di potong sekitar 15 menit yang bertujuan untuk mengeluarkan getah dari lidah buaya secara alami. Getah dari lidah buaya berwarna kuning.
  • Setelah itu bersihkan dengan air yang mengalir dan kupas kulit dari batang lidah buaya.
  • Gel lidah buaya dapat andaa pindahkan ke wadah agar memudahkan untuk dioleskan pada wajah yang berjerawat.

Diamkan selama 15 menit baru kemudian di bilas dengan air yang bersih.

Artikel terkait :

7. Lemon

Lemon juga baik untuk menghilangkan jerawat karena masih sama dengan fungsi dari jeruk nipis. Selain untuk menghilangkan jerawat yang mapuh pemakaian buah lemon juga baik untuk meringkas pori – pori pada wajah. Sehingga baik untuk mencegah timbulnya jerawat akibat pori – pori wajah yang tersumbat. Belah dua buah lemon kemudian peras buah lemon untuk menadapatkan airnya. Oleskan pada wajah air lemon tadi sambil ditunggu hingga 15 menit baru di bilas wajah dengan air yang bersih.

Artikel terkait :

8. Alpukat

Alpukat juga bisa dijadikan sebagai masker alpukat yang ampuh untuk menghilangkan jerawat. Hanya saja buah alpukat kaya akan minyak yang berfungsi untuk melembapkan wajah secara alami. Sehingga pemakaian masker alpukat ini kurang baik untuk tipe jenis kulit berminyak namun cocok untuk tipe jenis kulit yang kering. Cara untuk membuat masker alpukat adalah :

  • Pilih buah alpukat yang telah matang kemudian belah dua dan ambil isinya.
  • Haluskan isi dari buah alpukat.
  • Oleskan pada wajah dan tunggu hingga 15 menit kemudian.

Sponsors Link

Pemakaian masker ini dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu dan berguna untuk menghilangkan jerawat secara alami dengan bertahap.

Artikel terkait :

9. Kentang

Selama ini kentang diketahui manfaatnya sebagai bahan pelengkap makanan untuk dibuatkan sambal. Maka itu kita banyak melihat kentang rebus dan kentang goreng. Namun ternyata kentang juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit. Terutama sebagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat secara tradisional. Ini karena kentang mengandung siat anti bakteri yang dapat mematikan bakteri penyebab jerawat sehingga jerawat perlahan menghilang dari wajah anda. Adapun cara untuk membuat masker dari kentang adalah :

  • Kupas kulit kentang sedikit lebih tebal dari biasanya.
  • Kemudian cuci buah kentang dan haluskan dengna blender.
  • Halusan dari kentang dapat di oleskan pada wajah dan dibiarkan selama 15 menit.
  • Sesudah itu baru kemudian dibilas dari wajah hingga benar – benar bersih.

Mudah bukan untuk membuat masker dari kentang ini karena bahannya mudah di dapatkan. Dan prakteknya bisa dibuat sendiri di rumah saat waktu senggang. ( Baca juga : Cara menghilangkan jerawat secara tradisional)

10. Strawberry

Buah mungil dengan warna pink ini memiliki rasa yang asam manis. Selain itu strawberry juga kaya akan antioksidan yang baik untuk kulit karena mampu meremajakan kulit secara alami. Disamping itu juga baik untuk menghilangkan jerawat secara alami dengna cepat. Caranya cukup mudah haluskan buah strawberry kemudian dapat langsung dioleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Tunggu selama 15 menit baru di bilas dengan bersih. (Baca juga : Pembersih wajah alami dan cara menggunakannya)

Itulah beberapa ulasan mengenai obat tradisonal yang berfungsi untuk menghilangkan jerawat dan mampu menyamarkan noda bekas jerawat secara perlahan – lahan.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 31st, October 2016 / 04:42 Oleh :
Kategori : Pengobatan