Sponsors Link

9 Obat Komedo Hitam Paling Ampuh

Advertisement

Masalah kulit yang paling umum dialami oleh orang-orang yang beranjak dewasa adalah komedo. Dan jenis komedo yang kali ini akan dibahas adalah komedo hitam. Anda memeiliki komedo hitam pada bagian hidung, pipi atau dagu tidak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak cara Рcara untuk menghilangkan komedo baik dengan menggunakan bantuan alata dan juga bahan Рbahan alami yang telah digunakan sejak zaman dahulu. Nah berikut ini penjelasan singkat mengenai komedo hitam. Komedo pada dasarnya disebabkan oleh produksi dari kelenjar minyak yang berlebih pada kulit wajah sehingga menimbulkan komedo. Pada awalnya komedo ini tidak berwarna namun saat teroksidasi dengan debu yang ada di luar ruangan jenis komedo ini berubah menjadi berwarna hitam. Kadang komedi hitam ini juga membuat rasa percaya diri menjadi berkurang karena sangat menganggu penampilan. Berikut ini ulasan mengenai cara menghilangkan komedo hitam dari bahan-bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat yaitu :

1. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya ini memiliki zat anti inflamasi dan anti bakteri yang baik untuk menghilangkan komedo secara alami. Yang bermanfaat dari lidah buaya ini adalah gelnya. Dan cara untuk mendapatkan gel dari lidah buaya adalah seabgai berikut :

  • Sediakan satu tanaman lidah buaya yang sudah di cuci bersih kemudian letakkan gelnya pada kulit yang ditumbuhi oleh komedo.
  • Biarkan selama 10 – 15 menit baru kemudian di bilas menggunakan ai yang bersih.

Yang perlu diperhatikan saat menggunakan gel lidah buaya ini adalah getah dari lidah buaya yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit jika mengenai kulit. Gel lidah buaya berwarna kuning jadi pastikan untuk menghilangkan getahnya dulu baru kemudian menggunakan gelnya.

Artikel terkait :

2. Buah lemon

Buah lemon merupakan buah yang memiliki rasa yang manis dan enak untuk dikonsumsi sehari – hari. Buah yang berwarna hijau ini ternyata juga bermanfaat di bidang kecantikan terutama untuk mengusir jauh-jauh yang namanya komedo. Cara yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut :

  • Sediakan seperempat dari buah lemo baru kemudian di kupas kulitnya.
  • Isi dari buah lemon di lumatkan dengan blender dan oleskan pada wajah secara merata.
  • Tunggu hingga 10 sampai 15 menit baru kemudian dibilas dengan air yang bersih.

Menggunakan masker dari buah lemon ini dapat dilakukan sebanyak satu kali sehari secara rutin dan lihatlah hasilnya yang memuaskan. (Baca juga : Manfaat lemon untuk wajah berjerawat)

3. Madu

Cairan manis satu ini memang sudah lama dikenal dengan khasiatnya bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit. Kali ini manfaat madu digunakan untuk obat menghilangkan komedo hitam caranya adalah :

  • Siapkan satu sendok madu kemudian hangatkan terlebih dahulu.
  • Setelah hangat baru dioleskan pada kulit wajah yang berkomedo.
  • Biarkan hingga 10 – 15 menit baru kemudian di bilas dengan air.

Madu ini baik untuk menjaga kecantikan wajah kamu dari masalah kulit seperti jerawat, bekas jerawat dan juga komedo hitam.

Ads

Artikel terkait :

4. Putih telur

Masker dari putih telur juga berguna sebagai obat untuk komedo hitam. Obat tradisional yang satu ini sudah tidak perlu lagi diragukan manfaatnya karena sudah banyak yang membuktikan. Cara untuk membuat masker dari putih telur adalah sebagai berikut :

  • Sediakan satu butir telur kemudian pecahkan.
  • Sisihkan kuning telur dari putih telur dan gunakan putih telur kemudian oleskan pada wajah yang berkomedo atau secara merata pada wajah.
  • Lalu biarkan hingga 10 – 15 menit beru kemudian di bilas menggunakan air yang bersih.

Menggunakan masker telur diharapkan anda tidak menggunakan ekspresi macam – macam karena saat masker dioleskan pada muka secara otomatis kulit muka akan mengalami peregangan karena putih telur juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit.

Artikel terkait :

5. Pasta gigi

Selanjutnya yang biasa digunakan untuk obat komedo hitam adalah pasta gigi yang digunakan sehari-hari. Cara menggunakan pasta gigi ini untuk menghilangkan komedo juga mudah cukup oleskan pasta gigi pada komedo hitam dan tunggu hingga 10 – 15 menit. Bilas kemudian dengan air. Namun penggunaan pasta gigi yang berlebihan pada kulit dapat membuat kulit menjadi kering dan mudah iritasi. Jika sudah begitu sebaiknya tidak usah dilanjutkan lagi takut akan memperparah kondisi kulit.

Artikel terkait :

6. Jeruk nipis

Buah yang satu ini juga bermanfaat sebagai obat bagi komedo hitam. Jeruk nipis juga merupakan buah yang mudah ditemukan karena hampir disetiap tempat buah ini selalu ada karena khasiatnya yang banyak terbukti. Dan untuk menghilangkan komedo hitam cara mengolah jeruk nipis adalah :

  • Satu buah jeruk nipis di potong menjadi dua bagian.
  • Peras air dari jeruk nipis ke dalam satu wadah.
  • Oleskan air jeruk nipis tersebut pada wajah anda secara merata atau bisa juga di bagian yang berkomedo saja.
  • Diamkan selama 10 sampai dengan 15 menit baru di bilas dengan menggunakan air yang bersih.

ads
Dalam memilih buah jeruk nipis ini pilihlah yang masih segar dan baru agar manfaatnya sesuai dengan yang anda inginkan.

Artikel terkait :

7. Pepaya

Buah yang berasal dari meksiko ini kaya akan serat yang baik untuk sistem pencernaan. Namun tahukan anda bahwa pepaya juga berguna di bidang kecantikan sebagai obat untuk komedo hitam. Cara untuk menggunakan buah pepaya ini adalah :

  • Sediakan buah pepaya yang sudah matang kemudian kupas kulitnya dan belah pisahkan isi dari biji karena yang akan kita gunakan hanya isi dari buah pepaya yang berwarna orange tersebut.
  • Lumatkan dengan blender buah pepaya hingga seperti pasta.
  • Setelah itu oleskan secara merata pada wajah anda dan biarkan selama 10 sampai dengan 15 menit baru kemudian di bilas dengan air yang bersih.

Menggunakan masker pepaya ini bisa diambil langsung manfaat dari buahnya atau dari masker pepaya yang banyak dijual – jual di minimarket dan apotik terdekat. (Baca juga : Manfaat pepaya untuk wajah berjerawat)

8. Kayu manis

Adapun untuk menghilangkan komedo dengan menggunakan bahan alami berikutnya adalah kayu manis. Yang digunakan kali ini adalah bubuk dari kayu manisnya cara untuk membuat masker dari kayu manis ini yaitu :

  • Sediakan bubuk kayu manis dalam suatu wadah kemudian tambahkan perasan lemon dan aduk hingga rata.
  • Setelah rata kemudian oleskan pada bagian wajah yang berkomedo seperti area hidung, pipi dan dagu.
  • Tunggun hingga 10 sampai dengan 15 menit baru kemudian di bilas menggunakan air yang bersih.

Penggunaan kayu manis ini sebagai masker untuk menghilangkan komedo dapat dilakukan sebanyak satu kali dalam sehari dan untuk pencegahan dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu. (Baca juga : Cara menghilangkan komedo secara alami)

9. Pala

Buah pala yang satu ini terkenal dengan Provinsi Aceh yang banyak membudidayakannya. Buah pala banyak di konsumsi dan dibuat sebagai salah satu manisan saat anda berkunjung ke Aceh. Namun selain bisa dikonsumsi langsung bubuk dari buah pala juga berguna sebagai obat untuk mengatasi komedo hitam secara alami. Adapun cara untuk membuat masker dari buah pala ini adalah sebagai berikut :

  • Ambil beberapa sendok buah pala dan taburkan pada suatu wadah.
  • Kemudian tuangkan air kedalamnya dan aduk hingga merata.
  • Selesai diaduk oleskan pada kulit wajah secara keseluruhan baru kemudian di bilas.
  • Tunggu hingga 10 sampai dengan 15 menit kemudian hingga masker dari buah pala ini kering.

Untuk penggunaanya dapat digunakan sebanyak satu kali dalam sehari dan lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Itulah beberapa obat yang berasal dari bahan – bahan alami yang banyak terdapat di sekitar anda yang ternyata bermanfaat untuk menghilangkan komedo hitam pada kulit.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 03rd, October 2016 / 08:00 Oleh :
Kategori : Pengobatan