Sponsors Link

10 Obat Penghilang Jerawat di Apotik Yang Aman dan Ampuh

Advertisement

Dewasa ini, segala sesuatu tentang jerawat seolah sangat sulit untuk dihindari karena memang ada banyak penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal dan juga berbagai penyebab timbulnya jerawat di wajah, penyebab jerawat di punggung, penyebab jerawat di pipi, atau penyebab jerawat di dagu. Semua hal tentang jerawat tentu saja akan menyebabkan dampak psikologis akibat jerawat, yaitu menurunnya rasa percaya diri.

Lalu, bagaimana jika memang jerawat sudah terlanjur menghiasi kulit? Tentu menggunakan bahan herbal merupakan pilihan yang paling mudah. Namun jika Anda ingin menghilangkan jerawat dengan lebih cepat, maka menggunakan obat jerawat yang terdapat di apotik tentu merupakan pilihan yang tidak akan merugikan. Apa sajakah obat penghilang jerawat yang ada di apotik? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

1. Benzoil Peroksida

Ini merupakan salah satu obat jerawat bernanah yang paling sering tersedia di berbagai macam apotik. Nah, biasanya benzoil peroksida ini tersedia dalam berbagai macam, mulai dari gel, krim, atau lotion. Anda tinggal memilih manakah yang sesuai dengan selera Anda. Penasaran apa sajakah manfaat benzoil peroksida untuk mengatasi jerawat? Berikut ulasannya untuk Anda.

Mengapa Benzoil Peroksida Dapat Mengatasi Jerawat?

Saat kulit Anda dihiasi oleh berbagai jenis jerawat dengan tingkat keparahan yang sedang, maka obat yang mengandung benzoil peroksida sangat cocok untuk Anda gunakan. Benzoil peroksida ketika diaplikasikan ke kulit akan membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga dapat mengempeskan jerawat dengan cepat. Selain itu,benzoil peroksida juga akan mengurangi kemerahan pada jerawat yang disebabkan oleh peradangan pada jerawat, sehingga obat ini sering digunakan sebagai cara mengempeskan jerawat dengan cepat.

Para ahli dermatologi menyarankan benzoil peroksida karena zat ini tidak akan terlalu mengiritasi kulit dan efek samping yang ditimbulkan pun tidak akan membahayakan kulit. Produk yang mengandung benzoil peroksida sebanyak 2,5% saja sudah cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat dalam waktu yang singkat.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Caladine

2. Asam Alpha Hidroksi (AHA)

Selain benzoil peroksida, obat jerawat yang banyak ditemui di berbagai apotik adalah alpha hidroxy acid (AHA) atau asam alpha hidroksi. Yang termasuk ke dalam asam alpha hidroksi adalah asam laktat, asam sitrat, dan asam glikolat. Apakah Anda familiar dengan asam-asam tersebut? Ya, selain tersedia dalam bentuk obat topikal, asam-asam tersebut sebenarnya dapat Anda dapatkan juga melalui banyak makanan penghilang jerawat, seperti pada sebagian besar buah penghilang jerawat yang alami dan ampuh.

Mengapa Asam Aplha Hidroksi Dapat Mengatasi Jerawat?
Asam alpha hidroksi ini biasanya tersedia di apotik dalam bentuk gel atau krim dan dapat bekerja mengatasi jerawat karena sifat eksfoliate yang dimilikinya. Dengan begitu, segala sel-sel kulit mati, debu, atau kotoran yang dapat menyebabkan jerawat dapat disingkirkan secara maksimal. Selain itu, sifat eksfoliate dari AHA ini akan menghindarkan kulit Anda dari terjadinya penyumbatan pori-pori dan jerawat yang masih aktif di kulit pun akan semakin cepat disembuhkan.

AHA ini akan secara maksimal bekerja ketika Anda memiliki tipe kulit kering karena obat penghilang jerawat ini juga mampu menghindarkan kulit dari iritasi. Seperti yang Anda ketahui, orang dengan tipe kulit kering akan dengan mudah terkena jerawat yang diakibatkan oleh iritasi. Tak heran jika AHA banyak digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat karena alergi.

3. Asam Salisilat

Tentu ada sudah sangat familiar dengan obat penghilang jerawat bernama asam salisilat bukan? Ya, asam salisilat ini akan dengan mudah dapat Anda temukan di berbagai apotik karena memang tersedia dalam berbagai wujud, mulai dari lotion, cream obat penghilang bekas jerawat yang ada di apotik, hingga sabun khusus wajah. Nah, penasaran dengan manfaat asam salisilat untuk jerawat? Berikut ulasannya untuk Anda.

Mengapa Asam Salisilat Dapat Mengatasi Jerawat?

  • Asam salisilat merupakan salah satu obat jerawat yang akan bekerja dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan jerawat dan menghindarkan kulit dari terjadinya penyumbatan pori-pori oleh berbagai macam kontaminan.
  • Selain itu, asam salisilat ini akan secara halus dapat berperan sebagai peeling kulit yang akan mengelupas lapisan kulit terluar dan menggantinya dengan yang baru, sehingga jerawat Anda akan cepat menghilang dan bekas jerawat pun akan semakin cepat tersamarkan. Tak heran asam salisilat bermanfaat sebagai cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat.
  • Asam salisilat juga telah dikenal secara luas dapat mengatasi berbagai komedo karena kemampuannya dalam membuka pori-pori kulit.

Hal yang harus diperhatikan adalah beberapa orang mungkin akan mengalami iritasii setelah menggunakan produk yang mengandung asam salisilat. Jika Anda mengalami tanda-tanda iritasi, segera hentikan penggunaan obat yang mengandung asam salisilat.

Baca Juga: Manfaat Obat Jerawat Cindala

ads

4. Sulfur

Sulfur juga merupakan obat penghilang jerawat yang dapat dengan mudah ditemui di berbagai macam apotik. Biasanya, sulfur tersedia dalam bentuk krim atau bahkan sabun khusus badan atau wajah. Bahkan, obat jerawat yang mengandung sulfur ini tidak akan membuat kulit Anda menjadi kering, sehingga tentu saja sulfur akan sangat bermanfaat untuk digunakan baik bagi Anda yang memiliki tipe kulit kering. Selain itu, sulfur juga akan bermanfaat sebagai perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara alami.

Mengapa Sulfur Dapat Mengatasi Jerawat?

Setidaknya ada beberapa alasan mengapa sulfur dapat digunakan secara ampuh untuk mengatasi jerawat. Berikut ulasannya.

  • Sulfur memiliki kemampuan sebagai agen pengering yang akan mengeringkan dan mengempeskan jerawat aktif di kulit dalam waktu yang cukup singkat. Maka tak heran jika sulfur sering digunakan sebagai cara mengurangi pembengkakan jerawat.
  • Sulfur merupakan antiseptik yang akan menyingkirkan kotoran, debu, maupun sel-sel kulit mati yang menempel di kulit, sehingga jerawat meradang pun tidak akan mncul di kemudian hari.
  • Sulfur memang tidak memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, namun sulfur dapat digunakan untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, sehingga jerawat baru pun tidak akan muncul di kemudian hari.

Baca Juga: Manfaat Tje Fuk untuk Wajah Berjerawat

5. Resorcinol

Obat jerawat yang biasanya juga terdapat di apotik dan tanpa memerlukan resep dari dokter adalah resorcinol. Produk yang mengandung resorcinol biasanya tersedia dalam bentuk krim. Hal yang menguntungkan dari penggunaan produk yang mengandung resorcinol adalah fleksibilitasnya untuk digunakan dalam berbagai tipe kulit, mulai dari kulit kering hingga kulit berminyak. Penasaran dengan manfaat resorcinol untuk jerawat? Berikut ulasannya untuk Anda.

Mengapa Resorcinol Dapat Mengatasi Jerawat?

Sama seperti asam salisilat, produk yang mengandung resorcinol ini dapat mengatasi jerawat dengan cara menyingkirkan berbagai sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit, sehingga kulit Anda akan terhindar dari jerawat di kemudian hari dan dapat digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Selain itu, jerawat yang masih aktif pun akan semakin cepat menghilang dari kulit. Namun, produk yang mengandung resorcinol tidak dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, sehingga biasanya dikombinasikan dengan metode pengobatan yang lain, terutama sulfur.

Patut dicatat bahwa produk yang mengandung resorcinol tidak disarankan untuk digunakan oleh perempuan hamil karena berpotensi akan menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan janin. Selain itu, jika Anda mengalami tanda-tanda alergi, segera hentikan penggunaan obat ini.

Baca Juga: Cara Mengatasi Jerawat Saat Hamil

6. Antibiotik

Antibiotik merupakan obat jerawat batu yang biasanya berbentuk topikal atau oral dan terdapat di apotik, namun untuk menggunakannya Anda memerlukan resep dan persetujuan dari dokter terlebih dahulu. Obat antibiotik baik topikal atau oral akan sangat bermanfaat untuk mengatasi jerawat parah, terutama jerawat batu.

Mengapa Antibiotik Dapat Mengatasi Jerawat?

Obat antibiotik akan bekerja dalam mengatasi jerawat dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat secara seketika, sehingga jerawat parah di kulit akan semakin cepat mengempes dan mengering, kemudian menghilang dari kulit Anda. Selain itu, antibiotik juga dapat digunakan untuk mengurangi efek kemerahan yang diakibatkan oleh peradangan jerawat, sehingga antibiotik juga cocok sebagai cara menghilangkan kemerahan pada jerawat.

Jika Anda mengalami jerawat yang benar-benar parah, obat antibiotik oral akan lebih efektif jika dibandingkan dengan antibiotik topikal. Obat antibiotik juga biasanya tidak direkomendasikan untuk pemakaian jangka panjang. Sebelum menggunakan obat antibiotik, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar Anda tidak mengalami bahaya penggunaan antibiotik jerawat.

7. Asam Azelat

Asam azelat juga merupakan obat penghilang jerawat yang dapat dengan mudah Anda dapatkan di berbagai apotik. Biasanya, asam azelat ini tersedia dalam bentuk gel atau krim. Salah satu keuntungan menggunakan asam azelat untuk mengatasi jerawat adalah sebuah fakta bahwa asam azelat ini tidak terlalu mengiritasi kulit dan efek sampingnya pun sangat minor dibandingkan dengan antibiotik. Berikut manfaat asam azelat untuk jerawat.

Mengapa Asam Azelat Dapat Mengatasi Jerawat?

  • Asam azelat juga memiliki kemampuan yang sama dengan obat antibiotik, dimana asam azelat ini mampu membunuh bakteri penyebab jerawat, sehingga jerawat akan semakin cepat mengering dan mengempes di kulit Anda. maka tak heran jika asam azelat dpaat digunakan sebagai cara mengempeskan jerawat yang meradang dengan cepat.
  • Selain itu, asam azelat ini juga akan menekan produksi keratin, suatu senyawa yang dihasilkan tubuh dan berpotensi besar menyumbat pori yang tentu saja dapat menyebabkan jerawat di kemudian hari.

Sama seperti obat antibiotik, sebelum menggunakan obat ini, Anda juga memerlukan resep dari dokter dan biasanya diaplikasikan pada kulit sebanyak 2 kali dalam sehari. Untuk melihat adanya perkembangan signifikan terhadap jerawat di kulit, Anda setidaknya harus menggunakan asam azelat ini selama 4 minggu secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Bioplacenton untuk Jerawat

8. Retinoid

Retinoid merupakan obat jerawat meradang yang merupakan turunan dari Vitamin A dan biasanya tersedia dalam bentuk obat topikal. Mungkin Anda selama ini mengira bahwa Vitamin A hanya dapat digunakan untuk menunjang kesehatan mata saja, namun ternyata Vitamin A dalam retinoid akan sangat bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Berikut ulasannya untuk Anda.

Mengapa Retinoid Dapat Mengatasi Jerawat?

Obat retinoid ini menggunakan kandungan Vitamin A yang terkandung di dalamnya untuk mengatasi jerawat. Vitamin A akan bekerja mengatasi jerawat dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel di kulit, sehingga akan menghindari terjadinya penyumbatan pori-pori kulit oleh sel-sel kulit mati serta dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. Hasilnya, jerawat aktif di kulit pun akan semakin cepat disembuhkan.

Patut dicatat bahwa retinoid ini tidak dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, sehingga penggunaannya perlu dibarengi dengan obat antibiotik yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat agar dapat lebih maksimal dalam membasmi berbagai penyebab jerawat batu.

Baca Juga: Ciri-Ciri Jerawat Batu

9. Pil KB

Khusus Anda bagi para wanita yang ingin mengatasi jerawat, maka membeli pil-pil KB yang banyak tersedia di apotik ternyata juga akan sangat bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Perlu diingat bahwa sebelum menggunakan pil KB untuk menyembuhkan jerawat, Anda perlu meminta rekomendasi terlebih dahulu kepada dokter. Berikut alasan mengapa pil KB dapat mengatasi jerawat.

Mengapa Pil KB Dapat Mengatasi Jerawat?

Tidak bisa dipungkiri jika hormon merupakan salah satu faktor utama yang dapat memicu munculnya jerawat di kulit Anda. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan hormon dalam tubuh akan sangat rentan mengalami ketidakseimbangan, apalagi ketika Anda sedang fase pubertas, menstruasi, hamil, atau stress. Kondisi-kondisi tersebut akan meningkatkan produksi jenis hormon penyebab jerawat, yaitu hormon androgen. Hormon androgen yang meningkat akan membuat kulit memproduksi sebum yang lebih banyak. Sebum yang berlebih tentu saja akan menyumbat pori dan memunculkan ciri-ciri jerawat karena hormon.

Nah, ketika Anda mengkonsumsi pil KB, maka pil KB ini akan bermanfaat untuk mengurangi produksi hormon androgen tersebut, sehingga munculnya jerawat akibat ketidakseimbangan hormon dapat diminimalisir. Hasilnya, kulit Anda akan terhindar dari produksi minyak berlebih yang dapat menyebabkan jerawat.

Baca Juga: Cara Mencegah Jerawat Saat Menstruasi

10. Isotretinoin

Jika metode pengobatan dengan menggunakan obat-obat yang dapat dibeli di apotik yang tertera diatas tidak memberikan hasil yang signifikan terhadap pemulihan jerawat, maka menggunakan isotretinoin dapat menjadi pilihan bagi Anda. Ya, isotretinoin merupakan salah satu obat jerawat parah yang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai jenis jerawat, bahkan jerawat parah sekalipun.

Sponsors Link

Mengapa Isotretinoin Dapat Mengatasi Jerawat?

Isotretinoin merupakan salah satu obat jerawat batu yang akan bekerja dengan cara menekan produksi sebum di kulit Anda. Dengan berkurangnya produksi sebum di kulit, maka tentu saja timbulnya jerawat di kulit dapat diminimalkan. Selain itu, isotretinoin juga dapat menyembuhkan kemerahan pada kulit yang diakibatkan oleh peradangan dan pembengkakan jerawat, sehingga sangat efektif digunakan sebagai cara mengobati jerawat bernanah.

Seperti yang dijelaskan diatas, isotretinoin merupakan salah satu obat jerawat yang sangat ampuh, sehingga efek samping yang ditimbulkan obat ini untuk tubuh Anda juga cukup berpotensi membahayakan kesehatan. Para wanita hamil tidak diperbolehkan menggunakan obat ini karena akan membahayakan masa kehamilan mereka. Pastikan Anda telah memperoleh persetujuan dokter sebelum menggunakan obat ini.

Baca Juga: Ciri-Ciri Obat Jerawat Yang Berbahaya

Tips Saat Menggunakan Obat Penghilang Jerawat

Setelah Anda mengetahui berbagai macam obat jerawat batu yang ada di apotik, sekarang saatnya Anda juga mengetahui berbagai macam tips yang akan bermanfaat saat Anda menggunakan obat-obat diatas. Apa sajakah tips tersebut? Berikut ulasannya untuk Anda.

  • Mulailah Dengan Benzoil Peroksida. Saat Anda merasa ragu obat jerawat manakah yang harus Anda beli terlebih dahulu di apotik, maka Anda lebih baik menggunakan benzoil peroksida. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan benzoil peroksida cukup dapat ditoleransi oleh sebagian besar kulit. Selain itu, benzoil peroksida juga memiliki efek samping yang tidak membahayakan dibanding obat jerawat lainnya.
  • Bersabar. Salah satu hal penting di kala Anda menggunakan berbagai obat jerawat yang ada di apotik adalah bersabar. Walaupun menggunakan obat medis, namun tentu saja diperlukan waktu yang agak lama agar jerawat di kulit Anda dapat benar-benar menghilang dari kulit Anda. Biasanya dengan menggunakan obat medis, maka jerawat Anda akan benar-benar menghilang setelah penggunaan obat selama satu bulan secara penuh.
  • Cuci Kulit Anda Secara Rutin. Perlu diketahui walaupun Anda sudah menggunakan produk penghilang jerawat, bukan berarti Anda lepas dari tanggung jawab membersihkan kulit secara rutin. Pastikan Anda melakukan tindakan yang akan mempercepat penyembuhan jerawat dengan mencuci kulit secara rutin 2 kali sehari dengan mengaplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat untuk menyingkirkan minyak, debu menyebabkan jerawat, dan kotoran yang menempel di kulit.
  • Perhatikan Dosis Obat. Ini merupakan langkah penting yang harus Anda lakukan saat menggunakan obat jerawat. Pastikan Anda mengetahui dosis dan menepati anjuran dosis yang disarankan. Menggunakan obat jerawat lebih dari batas yang dianjurkan tentu saja akan membuat iritasi pada kulit atau bahkan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.
  • Selektif Memilih Kosmetik. Saat Anda menggunakan obat jerawat, maka pastikan bahwa kosmetik yang Anda gunakan merupakan daftar kosmetik untuk wajah berjerawat, yaitu kosmetik yang mengandung air, seperti bedak yang cocok untuk kulit berjerawat dan foundation untuk kulit berjerawat. Hindari menggunakan kosmetik yang mengandung minyak karena akan memperparah jerawat.

Baca Juga:

Nah, itulah tadi berbagai obat jerawat yang terdapat di apotik beserta berbagai tips yang dapat mempercepat proses penghilangan jerawat saat menggunakan obat penghilang jerawat. Jangan lupa menerapkan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 25th, August 2016 / 04:57 Oleh :
Kategori : Jenis