Sponsors Link

6 Penyebab Jerawat Akut di Wajah

Advertisement

Wanita mana yang tidak senang jika dipuji cantik. Kata yang berjumlah enam huruf ini kadang sangat digilai oleh kaum wanita hingga membuat mereka melakukan apa saja untuk terlihat cantik didepan umum. Namun untuk mendapatkan kulit yang sehat diperlukan kerja keras dan konsistensi untuk melakukannya dengan serius.

Kulit Sehat

Beberapa langkah dan perubahan yang lebih baik memungkin Anda untuk mendapatkan kulit yang cantik dan terawat. Contoh dari kebiasaan yang sehat untuk mendapatkan kulit yang cantik antara lain :

  • Olahraga dapat dilakukan pada pagi dan malam hari yang bertujuan untuk melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar membuat kulit tampak lebih sehat dan bersinar.
  • Minum air putih sebanyak 8 gelas sehari. Air putih membuat kulit lebih lembap dan kenyal karena menutrisi kulit dari dalam. Kekurangan air putih justru membuat tubuh menjadi dehidrasi dan lupa ingatan sementara.
  • Konsumsi buah dan sayuran, karena buah dan sayuran mengandung nutrisi vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu buah dan sayuran kaya akan serat sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan. ( Baca juga : Buah penghilang jerawat )
  • Menggunakan tabir surya saat keluar rumah, ini karena keluar rumah pada siang hari membuat kulit Anda terpapar sinar matahari yang berlebihan. Sinar matahari diatas jam sembilan pagi mengandung ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker kulit jika dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang. (Baca juga :Cara menghilangkan jerawat akibat salah kosmetik )
  • Selain perawatan dari dalam perawatan dari kulit diluar juga penting seperti mengoleskan handbody yang sesuai dengan jenis kulit untuk seluruh anggota badan.
  • Memilih pembersih muka yang juga cocok sesuai dengan tipe kulit Anda. (Baca juga :Pelembap dan pembersih wajah )
  • Gunakan make up yang terlihat normal dan alami saat akan keluar rumah. (Baca juga :Daftar kosmetik untuk wajah berjerawat )

Itulah beberapa ulasan mengenai cara untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat secara luar dan dalam.

Penyebab Jerawat Akut

Nah mengenai jerawat, biasanya jerawat muncul pada kulit wajah bisa disebabkan karena kulit yang jarang dibersihkan secara menyeluruh. Beberapa jerawat dapat menimbulkan peradangan dan membuat kulit menjadi kurang keindahannya. Jerawat kadang juga mengindikasikan kesehatan seseorang sehingga beberapa faktor penyebab jerawat juga perlu untuk diketahui. Jerawat dipengaruhi oleh kadar minyak diwajah. Dimana faktor minyak yang berlebihan dapat mengakibatkan berkembang biaknya bakteri penyebab jerawat diwajah yang menyebabkan jerawat meradang dikulit. Berikut ini beberapa penyebab jerawat akut dikulit wajah antara lain adalah sebagai berikut :

1.Konsumsi makanan cepat saji

Memang diakui oleh banyak orang bahwa makanan cepat saji selain rasanya yang enak harganya juga tergolong murah. Jadi semua orang banyak yang tergiur untuk membelinya tanpa memperhitungkan efek dari makanan cepat saji. Makanan cepat saji mengandung lemak jenuh yang tinggi dan gula. Dampaknya adalah tubuh menjadi melar dan kadar gula dalam darah menjadi ikut naik. Kadar gula yang tinggi didalam darah dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat. Jerawat yang timbul biasanya berukuran sedang dan berwarna merah. Jadi lebih baik ganti kebiasaan Anda dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat untuk menghindari jerawat pada kulit wajah.

Artikel terkait :

ads

2. Stres berlebihan

Faktor stres berkaitan erat dengan kondisi jiwa dan beban yang dialami oleh seseorang. Stres terlihat seperti diam – diam aman namun ternyata memebrikan dampak yang tidak baik bagi kulit. Akibat stres seseorang cenderung malas untuk melakukan tindakan seperti membersihkan muka. Mereka menjadi tidak begitu peduli dengan kesehatan. Padahal jika mereka tidak membersihkan muka jerawat akan mudah muncul pada wajah dan ini tentu sangat menganggu sekali. Jika Anda mengalami stres karena pekerjaan atau hal lain ada baiknya untuk menenangkan pikiran sejenak saja. Ambil nafas dalam – dalam kemudian keluarkan dengan perlahan – lahan. Kalau bisa Anda bisa mencpba mengajukan cuti untuk istirahat sebentar.

Artikel terkait :

3. Kosmetik yang salah

Menggunakan kosmetik untuk menunjang penampilan sah – sah saja. Dan hampir semua wanita memiliki perlengkapan kosmetik. Namun tidak semua kosmetik sesuai dengan jenis kulit karena kandungan kosmetik yang berbeda – beda. Sebagai konsumen yang jeli Anda harus memperhatikan produk dulu sebelum mebeli. Jangan sampai Anda membeli produk yang salah. Adapun akibat dari salahnya menggunakan kosmetik jerawat jadi tumbuh dikulit wajah Anda yang halus tersebut. Telitilah dulu sebelum membeli jangan tergoda dengan tampilan iklannya saja. Karena bisa jadi produk tersebut tidak cocok untuk kulit wajah Anda.

Artikel terkait :

4. Hormonal

Faktor hormonal merupakan alasan yang alami kenapa jerawat masih sulit untuk hilang dari wajah Anda. Hormonal didalam tubuh setiap orang berbeda – beda sehingga tidak bisa disamakan meskipun usia mereka sama. Hormon didalam tubuh mengaktifkan produksi dari kelenjar minyak yang berlebihan sehingga jerawat sulit untuk hilang karena kondisi wajah yang terlalu sering berminya. Namun jangan khawatir karena biasanya akan hilang dengan sendiri sesuai dengan pertambahan usia.

Artikel terkait :

5. Jarang membersihkan muka

Jika Anda termasuk orang yang sering berada diluar ruangan untuk beraktifitas jangan pernah lupa untuk mencuci muka sebanyak dua kali sehari. Mencuci muka berarti membersihkan muka secara menyeluruh untuk menghilangkan debu yang menempel pada kulit wajah. Karena salah satu penyebab jerawat akut adalah malas untuk membersihkan muka. Pastikan jika Anda menggunakan pembersih untuk membersihkan muka sudah dibilas dengan air hingga bersih. Jangan sampai pembersih tersebut masih meninggakan busanya diwajah Anda. Karena pembilasan yang kurang bersih juga dapat mengakibatkan jerawat pada wajah.

Itulah beberapa penyebab jerawat akut dan sulit untuk dihilangkan. Semuanya dimulai dari kebiasaan Anda sehari – hari. Jika pola hidup dan kebiasaan sehat maka mendapatkan kulit yang cantik bukan lagi suatu masalah yang berat. Selamat mencoba.

Masker Alami untuk Jerawat

Jerawat yang tumbuh diwajah juga dapat dihilangkan dengan pengobatan secara alami. Menggunakan bahan alami sebagai masker dapat membantu menghilangkan jerawat dalam waktu yang cepat. Berikut ini bahan – bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati jerawat :

1.Jeruk nipis

Anda bisa menggunakan jeruk nipis untuk membantu meredakan radang pada jerawat dikulit wajah. Jeruk nipis mengandung asam yang juga baik untuk mengecilkan ukuran pori – pori wajah sehingga debu sulit untuk masuk ke dalam lapisan kulit. Cara untuk menggunakan jeruk nipis sebagai masker cukup dengan membelah menjadi dua bagian jeruk nipis. Kemudian peras buah untuk mengeluarkan airnya. Air perasan tersebut dapat dioleskan pada bagian wajah yang berjerawat dan tunggu hingga 15 menit. Sesudah itu baru bersihkan wajah Anda.

Artikel terkait :

Ads

2. Putih telur

Satu lagi cara alami untuk membantu menghilangkan jerawat beserta bekas jerawat adalah dengan menggunakan masker putih telur. Putih telur kaya akan protein yang tidak hanya baik untuk mengobati jerawat namun juga membuat kulit wajah senantiasa kencang. Caranya pecahkan telur kemudian ambil bagian putihnya saja. Oleskan pada wajah secara menyeluruh dan tunggu hingga 30 menit sampai masker putih telur terasa mengering. Saat masker mengering kulit akan terasa seperti ditari. Saat kondisi ini pastikan wajah Anda tidak berekspresi agar proses pengecangan kulit wajah dengan masker putih telur dapat dilakukan secara sempurna. Setelah itu barulah bilas masker putih telur tadi dari wajah Anda.

Artikel terkait :

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Keuntungan menggunakan bahan diatas selain tidak memerlukan pengeluaran yang banyak penggunaan masker ini bisa dilakukan sendiri dirumah Anda. Jadi Anda dapat memanjakan diri sekaligus menikmati waktu sendiri agar lebih rileks dan tenang.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 17th, December 2016 / 02:25 Oleh :
Kategori : Penyebab