Sponsors Link
     Sponsors Link

6 Penyebab Jerawat Batu dan Cara Mengatasinya

Advertisement

Jerawat bisa saja menjadi masalah yang cukup mengganggu bagi para penderitanya. Jerawat sangat mudah sekali muncul pada wajah yang kotor dan berminyak. Jerawat batu tergolong susah untuk diatasi karena proses penyembuhannya memakan waktu yang cukup lama. Jika anda sudah terkena jerawat batu, ada baiknya anda segera memberikan perawatan ekstra pada kulit wajah anda.

jerawat batuUmumnya, penderita jerawat yakni orang yang memasuki masa remaja dan dewasa. Jerawat batu sering dianggap jerawat yang paling parah karena jerawat batumengandung nanah yang meradang dan bisa melebar ke bagian terdekat dengan jerawat tersebut.

Jerawat jenis ini apabila terjadi dalam skala besar akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah dan mendalam pada sel kulit dan mengakibatkan conglobata, yakni pembentukan abcessess yang dalam dan bersarang di dalam kulit.

Jerawat akan menjadi masalah yang serius apabila jerawat yang dialami adalah jerawat batu. Jerawat batu atau yang dikenal juga dengan istilah Cystic Acne ditandai dengan ciri fisik yang besar dan kasar yang berkumpul di satu titik pada wajah dan disertai dengan peradangan hebat.

1. Kosmetik 

Jerawat batu biasanya muncul karena kosmetik yang masih tersisa dan tidak dibersihkan secara sempurna. Akibatnya saluran pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat. Make up yang berbahan minyak terlalu banyak juga bisa menyebabkan munculnya jerawat pada wajah.

2. Pertumbuhan Sel Kulit Abnormal

jerawat batu yang parah juga bisa disebabkan karena pertumbuhan sel kulit yang tidak normal yang mana tidak bisa membantu meregenerasi secara cepat seperti yang terjadi pada kulit normal serta memiliki respon yang berlebihan sehingga menimbulkan bekas yang sulit untuk dihilangkan.

3. Kelenjar minyak yang berlebihan

Pada umumnya penderita jerawat batu memiliki kelenjar minyak yang berlebih dan juga mempunyai faktor genetik yang berupa orangtua nya dahulu juga pernah mengalami jerawat batu. Penyebab jerawat jenis ini juga disebabkan karena tertutupnya kulit oleh minyak.

4. Kelebihan sel kulit mati dalam foliker rambut

Selain dikarenakan oleh kelenjar minyak yang terlalu banyak, jerawat batu juga disebabkan oleh kelebihan sel kulit mati dalam folikel rambut, serta disebabkan juga oleh banyaknya bakteri penyebab jerawat seperti Propionibacteria.

5. Paparan sinar matahari

Faktor lain yang juga mempengaruhi timbul nya jerawat batu yaitu karena terkena paparan sinar matahari secara langsung. Ada beberapa jenis kulit yang sangat peka terhadap paparan sinar matahari langsung, yang beberapa di antaranya dapat berkembang menjadi jerawat batu.

6. Penutup kepala/wajah yang ketat

Jerawat batu yang muncul di daerah selain wajah bisa saja disebabkan karena pakaian yang terlalu ketat yang menimbulkan gesekan atau gosokan pada kulit yang sedang terluka.

ads

Cara Mengatasi Jerawat Batu

Jika jerawat batu sudah meradang dan parah, anda harus segera mengatasinya. Banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat batu mulai dari bahan-bahan alami atau secara tradisional maupun dengan teknologi canggih. Menghilangkan jerawat batu dengan bahan tradisional menjadi cara yang disukai kebanyakan orang karena tidak mengandung bahan kimia yang terkadang dapat mengakibatkan iritasi pada kulit. Beberapa bahan tradisional yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat batu yaitu:

1. Daun Jambu

Membersihkan jerawat batu dengan daun jambu bisa dilakukan dengan cara mengambiil kurang lebih 20 lembar daun jambu yang di cuci bersih. Kemudian campurkan dengan air dengan diperas secara perlahan. Perasan air dari daun jambu tersebut lah yang akan anda gunakan dengan mengoleskannya pada wajah sekitar 5 menit. Setelah itu bilas wajah anda menggunakan air bersih.

2. Belimbing Wuluh

Ambil tiga buah belimbing buluh yang masih segar lalu cuci bersih, kemudian parut belimbing wuluh tersebut dan beri sedikit air garam. Oleskan parutan belimbing wuluh tersebut pada wajah anda lalu diamkan selama beberapa menit lalu bilas. Lakukan sehari dua kali untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3. Mentimun

Mentimun sudah dikenal sejak lama sebagai bahan alami untuk mengobati jerawat. caranya yaitu dengan mencuci bersih mentimun lalu mengiris nya. Irisan mentimun tersebut tempelkan pada wajah lalu gosokkan pada bagian yang berjerawat. Perawatan dengan menggunakan mentimun ini bisa dilakukan setiap hari. Baca : Cara Membuat Masker Mentimun

4. Daun Pepaya

Ambil dua hingga tiga lembar daun pepaya lalu keringkan atau jemur sebentar dibawah sinar matahari langsung. Setelah itu tumbuk daun pepaya sampai halus lalu beri tambahan satu setengah sendok air lalu oleskan pada permukaan wajah anda seperti menggunakan masker. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

5. Lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk jerawat memang sudah di kenal luas. Oleskan daging lidah buaya pada kulit wajah anda yang berjerawat tiap pagi dan sore hari. Lidah buaya dapat membantu pengelupasan dan pengeringan jerawat selama tiga hari jika anda melakukannya secara rutin. Lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah bekas jerawat.

6. Kentang

Kupas dan cuci bersih kentang lalu tumbuk sampai halus dan berikan tambahan sedikit air. Kentang dapat digunakan sebagai masker. Kentang mengandung alkali yang mampu memecahkan jerawat batu yang disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori oleh kotoran dan minyak.

7. Jeruk dan kunyit

Tumbuk kunyit hingga berubah menjadi seperti gel kemudian campur dengan perasan air jeruk. Lalu oleskan pada wajah yang berjerawat secara merata selama 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air dingin sampai wajah anda bersih dari ramuan tersebut. Jeruk dan kunyit dipercaya dapat mengurangi infeksi dan peradangan jerawat pada wajah.

Ads

8. Telur dan Madu

Pertama ambil sebutir telur. Lalu pisahkan antara putih telur dan kuning telurnya. Ambil putih telurnya saja lalu campurkan dengan satu sendok madu. Kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat. Ramuan ini juga efektif untuk membersihkan bekas jerawat maupun jerawat membandel.

9. Baking Soda

Baking soda dipercaya dapat mengurangi bakteri pada jerawat batu dan menyerap minyak berlebih pada wajah. Hal ini dapat dilakukan dengan mencampurkan baking soda dengan air putih lalu oleskan pada wajah anda. Diamkan selama kurang lebih lima belas menit lalu bilas dengan air dingin.

10. Klinik kecantikan 

Jerawat batu yang parah juga bisa diatasi dengan melakukan penanganan yang serius dari klinik kecantikan maupun dari dokter kulit yang biasanya dilakukan dengan menggunakan obat anti biotic dan anti radang, lotion anti jerawat, serta diberikan suntikan pada kulit yang berjerawat. Hal ini dilakukan karena jerawat batu merupakan jerawat yang tergolong parah dan membutuhkan penanganan ekstra.

Pencegahan Jerawat Batu

Jenis jerawat yang cukup berbahaya dan mengerikan adalah jerawat batu. Setelah anda mengetahui cara-cara yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat, ada baiknya anda juga tau cara-cara untuk mencegah agar jerawat tidak bersarang kembali di wajah anda.

  • Pertama yaitu dengan rutin membersihkan wajah minimal sehari dua kali
  • Menggunakan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit anda, menghindari kosmetik yang mengandung minyak berlebih, keringkan wajah dengan handuk yang bersih
  • Minum air putih dua liter perhari
  • Menggunakan pelembab kulit
  • Rajin mengkonsumsi sayur dan buah,
  • Pastikan wajah anda bersih sebelum tidur
  • Istirahat teratur.

Jadi silakan pilih perawatan mana terlebih dahulu yang akan anda gunakan. Jika anda lebih menyukai merawat wajah anda dengan bahan-bahan alami, anda harus bersabar karena proses penyembuhan jerawat batu tergolong agak lama.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 30th, December 2014 / 03:22 Oleh :
Kategori : Penyebab