Sponsors Link
     Sponsors Link

8 Penyebab Jerawat Besar pada Kulit Wajah

Advertisement

Semua orang peduli dengan penampilan terutama mereka yang lebih banyak bertemu dengan orang banyak. Di saat sekarang ini tampaknya semua pekerjaan mengharuskan kita untuk berdiskusi dan bekerja sama. Hanya saja disamping itu merawat penampilan kulit terutama wajah tidak bisa diabaikan begitu saja. Terlebih bagi kaum hawa memiliki kulit yang bebas dari jerawat merupakan keharusan bagi mereka. Tapi sayangnya tidak semua wanita mampu mempertahankan kulitnya yang lembut dan halus itu seiring dengan pertambahan usia.

Baca juga :

Beberapa faktor dapat menyebabkan masalah pada kulit muka. Dan umumnya terjadi di masa pubertas. Penyebabnya tidak lain adalah faktor hormonal didalam tubuh yang mengiringi perubahan bentuk tubuh dari masa kanak – kanak menuju masa remaja. Jerawatpun yang tumbuh diwajah setiap orang berbeda – beda tergantung dari genetik keluarga. Dan tidak sedikit juga jerawat berukuran besar muncul di wajah. Jerawat besar atau disebut juga dengan istilah jerawat batu memiliki ukuran yang lebih besar dari jerawat biasanya.

Kemudian jerawat ini juga menyebabkan rasa yang perih di kulit wajah karena tumbuh di lapisan kulit paling bawah. Jerawat batu juga sulit untuk disembuhkan karena memerlukan waktu yang lama. Setelah sembuhpun jadang bekas jerawat ini menimbulkan bopeng pada wajah. Sebagaimana diketahui bahwa bopeng pada wajah tidak akan pernah sembuh baik menggunakan produk – produk belahan dunia manapun. Karena sifat dari bopeng ini adalah permanen untuk selamanya. Dan tentu saja akibat bopeng diwajah bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri. Adapun penyebab jerawat besar atau disebut juga jerawat batu pada wajah antara lain adalah sebagai berikut :

1.Produksi minyak berlebihan pada kulit wajah

Kulit wajah membutuhkan kelembapan untuk membuatnya tetap lembap. Karena kulit wajah yang cenderung kering mudah menimbulkan keriput. Dan cara kulit untuk melembapkan dirinya adalah memproduksi kelenjar minyak untuk kulit wajah. Namun karena perubahan hormonal di dalam tubuh produksi kelenjar minyak ini bisa terjadi berlebihan sehingga kulit tampak berminyak. Akibatnya tentu mudah sekali menimbulkan jerawat karena minyak tadi menutupi pori – pori pada wajah.

Artikel terkait :

2. Pori – pori besar

Ukuran pori – pori setiap orang berbeda tergantung dari perawatan yang dilakukan untuk kulit wajahnya. Ukuran pori yang normal adalah seperti kulit bayi yang tidak nampak dikulit. Beberapa penyebab jerawat besar adalah karena ukuran pori – pori yang besar. Akibat pori besar maka debu dan kotoran mudah masuk kedalamnya sehingga muncullah jerawat dengan ukuran yang besar. ( Baca juga : Cara mengecilkan pori – pori bekas jerawat )

3. Jarang membersihkan wajah

Kebersihan wajah juga dapat diperoleh dengan rutin membersihkan wajah sebanyak dua kali sehari setiap hari. Waktu yang tepat membersihkan wajah adalah saat pagi hari dan malam hari setelah berkatifitas. Kadang karena keletihan sesudah bekerja banyak orang yang tidak membersihkan wajahnya dengan alasan letih. padahal kebiasaan yang buruk ini memudahkan jerawat muncul pada kulit wajah.

Artikel terkait :

ads

4. Makanan yang tinggi kandungan gula dan kerbohidrat

Faktor selanjutnya penyebab jerawat besar adalah makanan. Tubuh manusia memerlukan makanan untuk menambah energi. Energi diperlukan untuk menjalankan aktifitas sehari – hari. Namun pemilihan makanan juga menentukan kesehatan pada kulit. Sebaiknya untuk menghindari munculnya jerawat pada wajah hindari makanan – makanan yang manis seperti gula, roti tawar dan nasi putih secara berlebihan. Lebih baik Anda memasukkan buahn – buahan dan sayur – sayuran ke dalam menu makanan Anda karena hal ini lebih penting dibandingkan dengan mengkonsumsi cemilan – cemilan.

Artikel terkait :

5. Stres

Dampak stres pada kulit wajah adalah jerawat menjadi lebih besar dan lebih parah. Yang paling mengerikan justru jerawat menjadi lebih banyak jumlahnya dari pada sebelumnya. Itulah sebabnya Anda dianjurkan untuk menenangkan diri sejenak saat stres mulai menjelma. Jika stres lebih baik duduk dilantai seperti bersila. Kemudian ambil nafas perlahan – lahan lebih dalam dan lepaskan juga secara perlahan – lahan. Lakukan semua itu sampai suasana hati Anda benar – benar telah pulih. Setelah itu Anda juga dapat memilih untuk terssenyum sehingga pikiran menjadi lebih rileks dan tenang.

Artikel terkait :

6. Kosmetik yang salah

Menunjang penampilan dengan kosmetik tentu tidak ada yang salah dengan ini semua. Namun tidak semua produk kosmetik cocok untuk semua jenis kulit wajah. Untuk itu sebagai konsumen Anda harus jeli dalam memilih produk yang digunakan. Jangan sampai Anda salah memilih produk untuk kosmetik. Akibat dari salah memilih produk kosmetik adalah timbulnya jerawat dengan ukuran yang lebih besar.

Artikel terkait :

7. Memencet jerawat

Satu lagi yang menyebabkan ukuran wajah berjerawat menjadi besar adalah memencet jerawat. Jerawat yang dipencet memang akan mengeluarkan butiran seperti nasi, namun hal ini bukan pertanda jerawat akan segera sembuh jika Anda lakukan seperti itu. Justru yang ada adalah jerawat menjadi bertambah banyak. Oleh sebab itu jangan pernah memencet jerawat apalagi dilakukan dengan tangan. Dampak yang terburuk akibat memencet jerawat adalah  infeksi dan ukuran jerawt bisa menjadi lebih besar sebelumnya.

Artikel terkait :

8. Faktor genetik

Faktor genetik juga ikut berperan dalam menentukan ukuran jerawat yang muncul diwajah. Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan ukuran jerawat yang besar maka tidak menutup kemungkinan hal tersebut juga akan terjadi pada wajah Anda.

Artikel terkait :

Itulah beberapa penyebab jerawat besar, dengan mengetahui penyebabnya Anda dapat mengatasinya lebih awal sebagai langkah yang lebih baik.

Cara Mengobati Jerawat Besar

Jerawat besar tentu sangat menganggu penampilan dan sangat sulit sekali untuk disamarkan menggunakan riasan setebal apapun. Dari pada pusing memikirkan cara menyamarkannya lebih baik Anda fokus pada cara untuk menghilangkannya dari wajah secara alami. Beberapa manfaat dari buah ini berguna untuk menghilangkan jerawat besar pada wajah yaitu :

Ads

1. Tomat

Buah tomat mengandung licopene dan vitamin c yang tinggi, kedua senyawa ini sangat baik untuk kesehatan kulit karena mampu menghilangkan jerawat dan membuat kulit tampak lebih cerah merona. Cara untuk membuat masker dari buah tomat juga cukup mudah. Berikut ini langkah – langkah untuk pengerjaanya :

  • Sediakan buah tomat yang sudah matang dengan ukuran sedang, kemudian dicuci terlebih dahulu.
  • Setelah itu lumatkan buah tomat hingga menyerupai masker dan tempelkan pada wajah selama 30 menit.
  • Sesudah itu masker akan perlahan mengering baru bilas wajah dengan air yang bersiha kembali.

Penggunaan masker tomat ini bisa dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu. Dan perhatikan perubahannya setelah beberapa minggu pemakaian. Jerawat perlahan akan menyusut dan menghilang.

Artikel terkait :

2. Jeruk nipis

Jeruk nipis masih satu suku – sukuan dengan jeruk limau dan lemon. jeruk nipis yang dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat dengan ukuran yang besar adalah air perasannya. Air perasan dari jeruk nipis mengandung asam yang dapat mematikan bakteri penyebab jerawat. Cara untuk mendapatkan air perasan jeruk nipis ini juga tergolong mudah. Anda tinggal membelah jeruk nipis menjadi dua bagian kemudian peras untuk mengeluarkan airnya. Sesudah itu tempelkan pada bagian wajah yang berjerawat dan tunggu hingga 30 menit. Setelah 30 menit baru kemudian dibilas dengna air yang bersih.

Artikel terkait :

Itulah dua bahan alami yang dapat digunakan untuk meyembuhkan jerawat dengan cara menyusutkan ukuran dari jerawat tersebut. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah dan melakukan langkah – langkah pengerjaan seperti diatas.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 20th, December 2016 / 07:02 Oleh :
Kategori : Penyebab