Sponsors Link

5 Penyebab Jerawat Bruntusan dan Cara Mengatasinya

Advertisement

Jerawat bruntusan merupakan jenis jerawat yang kecil- kecil dan jumlahnya banyak. Jerawat seperti ini bukan seperti jerawat pada umumnya yang bersifat merah dan besar- besar. Jerawat bruntusan ini justru lebih terlihat semacam gejala gatal- gatal yang ukurannya kecil- kecil namun dengan jumlah yang sangat banyak. (Baca Juga:  Penyebab Jerawat Gatal)

Jerawat bruntusan merupakan sejenis peradangan pada kulit wajah yang menyerupai sisik, terkadang timbul bentol- bentol merah pada kulit sehingga kulit tampak kemerahan yang disebabkan kerana alergi, iritasi, maupun infeksi. Bruntusan ini terkadang ada yang memiliki sifat membandel sehingga seseorang terkadang, atau bahkan sangat sering dibuat pusing oleh adanya jerawat bruntusan ini. (Baca Juga: Akibat Jerawat Meradang , Obat Jerawat Bernanah)

Penyebab Jerawat Bruntusan

Seperti halnya masalah muka lainnya, jerawat bruntusan ini juga dapat muncul karena disebabkan oleh sesuatu hal atau beberapa hal. Pada dasarnya, jerawat muncul karena adanya penyumbatan pada folikel rambut yang dilakukan oleh minyak serta sel kulit mati. Banyak versi yang mengatakan penyebab dari jerawat bruntusan ini. deri beberapa versi tersebut, akan dijadikan satu kemudian dirangkum sehingga diperoleh suatu kesimpulan. Secara umum, inilah beberapa hal penyebab jerawat bruntusan pada wajah: (Baca Juga: Makanan Penghilang Jerawat , Cara Menghilangkan Jerawat dengan Sayuran)

1. Adanya perubahan hormon

Salah satu penyebab dasar dari tumbunya jerawat adalah karena faktor perubahan hormon yang ada di dalam tubuh. Perubahan hormon yang ada di dalam tubuh ini sungguh sangat mempengaruhi timbulnya jerawat pada wajah. Perubahan hormonal yang paling besar terjadi pada manusia adalah ketika memasuki usia remaja. Dari anak- anak memasuki usia remaja ini ada perubahan hormon yang paling besar. Hal inilah yang menyebabkan mengapa usia dimana memasuki gerbang keremajaan, seseorang akan banyak memiliki jerawat. Umunya ini terjadi pada anak- anak yang duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama atau SMP. (Baca Juga: Ciri-Ciri Jerawat Karena Hormon dan Cara Mengatasinya , Jenis Hormon Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya)

2. Keturunan

Keturunan merupakan satu penyebab dari penyekit yang sangat sulit untuk dihindari. Bagaimana tidak? Hal ini karena merupakan sebuah warisan yang datang dari orang tua kita. ketika kita benar- benar berusaha menjaga kulit kita, namun ternyata ada sela atau semacam gen turunan dari orang tua yang menularkan penyakit pada kulit kita, maka hal itu tidak dapat dielakkan. Paling tidak ada satu jalan yang dapat ditempuh, yakni dengan meminimalisir tumbuhnya jerawat yang terjadi, sehingga tidak terlihat terlalu parah. (Baca Juga: Manfaat Natur E untuk Menghilangkan Bekas Jerawat , Manfaat Nuriskin Untuk Kulit Jerawat)

Ads

3. Stress

Faktor pemicu timbunya jerawat bruntusan yang seanjutnya adalah stress. Ya, memikirkan sesuatu hingga stress merupakan salah satu hal yang membuat kepala terlalu pusiang, makan pun tidak teratur, serta badan akan terus- terusan merasa lemah. Hal ini pada akhirnya akan memicu ketidakseimbangan pada hormon dan juga memicu terjadinya banyak sekali kerusakan di fisik manusia. Selain penampilan menjadi kacau dan tidak terawat, orang yang stess akan mengalami penurunan nafsu makan sehingga berat badan otomatis akan menurun, tidak hanya cukup sampai di situ saja, namun stress yang berlebihan ini juga akan menyebabkan timbulnya jerawat yang ada di wajah kita. salah satu jenis jerawat yang akan muncul karena tingkat kesetressan yang parah adalah jerawat bruntusan. Maka dari itu jika tidak ingin terkena jerawat bruntusan, sebaiknya kendalikan emosi Anda dari berbagai masalah yang sedang dihadapi. Tetaplah santai seperti biasanya. Hal semacam ini juga akan menyebabkan penampilan akan selalu awt muda.

Baca Juga:

4. Penggunaan kosmetik yang banyak mengandung minyak

Minyak juga merupakan salah satu faktor penting yang yang mudah sekali memicu terjadinya atau timbulnya jerawat di wajah. Minyak ini bisa berasal dari bermacam- macam tempat, bisa berasal dari dalam kulit manusia yang banyak menghasilkan sel minyak, bisa berasa; dari makanan yang dikonsumsi manusia, maupun berasal dari kosmetik yang dipakai oleh seseorang. penyebab pertama atau kedua, yakni jenis kulit dan juga makanan yang dikonsumsi mungkin masih bisa dihindari. Namun penyebab yang ketiga, yakni penggunaan kosmetik merupakan salah satu hal yang sangat sulit untuk dijauhi wanita. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Akibat Salah Kosmetik , Daftar Kosmetik untuk Wajah Berjerawat)

kosmetik sudah menjadi kebutuhan primer bagi wanita, terutama untuk dapat tampil cantik di depan suami atau teman spesialnya. Namun, tidak jarang juga banwa kosmetik justru berdampak buruk bagi si pemilik muka. Sehingga bukannya terlihat cantik malah terlihat menyeramkan karena merusak wajah. Salah satu hal yang menyebabkan bahwa kosmetik merusak kulit (timbulnya berjerawat) adalah ketika:

  • Kosmetik tidak ccok
  • Kosmetik kadaluarsa, dan
  • Kosmetik yang mengandung banyak minyak

(Baca Juga: Alat Penghilang Komedo , Pelembab Dan Pembersih Untuk Kulit Berjerawat Dan Berminyak)

Itulah beberapa kasus dari kosmetik yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Salah satu kesalahan pada kosmetik yang membuat timbulnya jerawat bruntusan adalah karena penggunaan kosmetik ynag mengandung minyak. Hal ini karena minyak yang terdapat pada kosmetik tersebut akan menyumbat pori- pori dan pada akhirnya akan memunculkan adanya jerawat bruntusan tersebut.

5. Bakteri yang ada di pori- pori

Salah satu dari beberapa hal yang menyebabkan terjadinya jerawat adalah karena adanya pori- pori yang tersumbat. Penyumbatan yang terjadi di pori- pori inilah yang menyebabkan terbentuknya jerawat. (Baca Juga: Cara Mengecilkan Pori Pori Bekas Jerawat)

Penyumbatan pori- pori yang berujung pada jerawat ini bisa dilakukan oleh beberapa penyumbat, yakni kelenjar miyak, kotoran dan polusi atau asap, dan yang terakhir adalah karena adanya bakteri. Apapun yang menyumbat pori- pori pada kulit ini akan memuculkan atau menimbulnya jerawat, termasuk juga karena adanya bakteri. (Baca Juga: Begadang Penyebab Jerawat , Kacang Penyebab Jerawat)

Itulah beberapa hal yang mampu memicu adanya atau timbulnya jerawat bruntusan di wajah. Lalu, sebaiknya apa yang harus dilakukan agar cepat hilang namun tidak berbekas?

Sponsors Link

Cara Mengatasi Jerawat Bruntusan

Mempunyai jerawat bruntusan memang sesuatu yang sangat mengganggu. Maka dari itu jerawat yang semacam ini harus segera di basmi. Namun, perlu diperhatikan pula banwasannya dalam memberatas jerawat seperti ini diperlukan cara- cara khusus. Lalu, bagainama cara yang harus dilakukan tersebut? (Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Madu , Manfaat Masker Madu Untuk Jerawat)

Pada dasarnya dalam usaha membasmi jerawat yang semacam ini diperlukan tiga tahap. Tahap yang pertama adalah mengurangi produksi minyak. Tahap kedua adalah melawan infeksi bakteri, dan yang ketiga adalah mempercepat pergantian kulit dan mengurangi peradangan.

Baca Juga:

Untuk mengobati jerawat bruntusan sendiri, kita bisa saja menggunakan obat- obatan dari dokter, asal sesuai takarannya dan juga cocok dengan jenis kulit yang miliki. Obat yang digunakan pun bisa merupakan obat luar maupun obat yang diminum. Beberapa obat yang dapat digunakan dalam pengobatan jerawat anta lain adalah retinoic acid, benzoil peroksida, dan juga antibiotik oles. Selain dengan menggunakan obat dari dokter, kita juga bisa menggunakan cara alami, yakni:

  • Rajin mencuci muka
  • Memakan banyak buah dan sayur
  • Hindari penggunaan kosmetik yang terlalu tebal dan keras
  • Konsumsi banyak air putih
  • Membersihkan wajah dengan susu
  • Menggunakan ramuan tradisional, seperti cengkeh.

(Baca Juga: Cream Obat Penghilang Bekas Jerawat Yang Ada Di Apotik , Obat Jerawat Batu Yang Ada di Apotik)

Itulah beberapa hal yang dapat mengobati jerawat bruntusan ini. Dan itulah beberapa hal yang berkaitan mengenai jerawat bruntusan, semoga artikel ini bermanfaat, telebih bagi Anda yang sedang membutuhkan info mengenai jerawat bruntusan.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Saturday 10th, December 2016 / 04:02 Oleh :
Kategori : Penyebab