Sponsors Link

8 Penyebab Jerawat di Dada dan Pengobatannya

Sponsors Link

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang umum dijumpai. Hampir 90% orang pernah mengalami jerawat pada bagian tubuh mereka. Mungkin selama ini yang Anda ketahui hanya jerawat yang tumbuh di wajah saja. Ini karena jerawat diwajah mudah terlihat oleh orang lain. Namun sebenarnya jerawat dapat juga tumbuh di bagian anggota tubuh lainnya seperti dada, punggung dan kepala. Bagian tubuh yang tidak ditumbuhi jerawat adalah telapak kaki dan tangan karena bagian ini tidak memiliki kelenjar minyak. Sebenarnya penyebab jerawat pada bagian tubuh yang lain selain wajah sama saja, Hanya cara untuk pengobatannya mungkin sedikit berbeda. Dan untuk jerawat di dada pada umumnya lebih mudah menyerang kaum laki – laki dari pada kaum wanita. Anda ingin tahu apa penyebab dari tumbuhnya jerawat di bagian dada ? Berikut ini ulasannya :

Sponsors Link

1.Pakaian

Pakaian digunakan setiap hari untuk menutupi tubuh. Beberapa jenis pakaian memiliki bahan dasar yang tidak menyerap keringat saat berkatifitas. Akibatnya bisa menjadi salah satu faktor penyebab jerawat di dada. Karena saat beraktifitas terutama di luar ruangan tubuh pasti mengeluarkan keringat. Jadi ada baiknya Anda memilih jenis pakaian yang berbahan dasar bisa untuk menyerap keringat. Sehingga penyebab munculnya jerawat di dada bisa diatasi. Selain itu pakaian yang terlalu ketat dan pas di badan ini bisa juga menjadi penyebab munculnya jerawat didada. Pakaian yang pas ini biasanya sering dipakai oleh kaum wanita. Anjuran yang terbaik hindari untuk menggunakan pakaian yang ketat. Pilihlah pakaian yang longgar di badan.

Artikel terkait :

2. Kelenjar minyak yang aktif

setiap anggota tubuh memiliki kelenjar minyak yang berguna untuk melembapkan kulit secara alami. Tidak hanya diwajah kelenjar minyak juga terdapat didada. Itu sebabnya jerawat bisa saja tumbuh didada jika kelenjar minya terlalu aktif. Banyak penyebab kelenjar minyak menjadi aktif salah satunya adalah pengaruh makanan. Kandungan yang terdapat pada makanan terutama yang mengandung gula dan karbohidrat tinggi bisa memicu timbulnya jerawat pada bagian dada. Cara pencegahan yang terbaik adalah dengan membatasi konsumsi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat tinggi. Agar bagian dada Anda terlihat mulus dan bebas jerawat.

Artikel terkait :

3. Pembilasan kurang bersih

Mandi dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari yaitu pada pagi hari dan sore hari. Mandi dilakukan bertujuan untuk membersihkan badan dari debu dan kotoran yang menempel pada bagian tubuh terutama dada. Dan untuk pembersihan yang sempurna kadang ditambah dengan membalurkan badan keseluruh tubuh. Tidak jarang pembilasan sabun di bagian dada tidak begitu bersih sehingga hal inilah yang memicu timbulnya jerawat pada bagian dada. Ada baiknya Anda melakukan pembilasan dengan lembut dan bersih. Tidak perlu terburu – buru untuk segera selesai mandi.

Artikel terkait :

ads

4. Produk sabun yang tidak sesuai dengan kulit

Pada beberapa orang memiliki kulit yang sangat sensitif sekali di bagian dada. Akibatnya kesalahan memilih produk bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat di dada. Karena saat mandi seluruh badan tak terkecuali bagian dada di balurkan sabun keseluruh badan, jika sabun yang di balurkan tidak cocok maka jerawat bisa timbul. Ada baiknya untuk tidak serong mengganti – ganti sabun untuk mandi. Jika sudah cocok dengan sabun yang satu pertahankan terus untuk memakainya. Ini bertujuan untuk menjaga kulit dada Anda tetap mulus bebas dari jerawat.

Artikel terkait :

5. Keringat

Keringat ditubuh dikeluarkan setelah tubuh melakukan rangkaian aktifitas yang cukup lama seperti olahraga. Olahraga memang baik untuk tubuh karena dapat membantu melancarkan peredaran darah dan membuat tubuh menjadi sehat. Selain itu sebaiknya setelah berolahraga agar keringat yang menetes tidak menimbulkan jerawat. Anda tetap menyediakan handuk kecil yang di kalungkan dileher. Jadi saat bekeringat Anda bisa segera menghapusnya agar tidak merebes pada bagian dada. Karena bisa jagi ini menjadi penyebab munculnya jerawat di dada.

Artikel terkait :

6. Iritasi

Faktor penyebab jerawat di dada berikutnya adalah iritasi pada kulit. Kulit yang mengalami iritasi akan terasa gatal dan berwarna merah menyala. Penyebab iritasi bisa karena air yang tidak cocok saat dibilas dibagian badan. Selain itu gesekan benda seperti tas pada bagian dada dapat menyebabkan iritasi tubuh. Jadi baiknya untuk mencegah iritasi dengan tidak melakukan kegiatan yang memberikan gesekan dibagian dada dengan alat – alat tertentu. ( Baca juga : Cara menghilangkan jerawat akibat salah kosmetik )

7. Hormon

Seiring pertumbuhan dan pertambahan usia maka perubahan hormon didalam tubuh akan terjadi secara perlahan – lahan. Dampaknya bagi tubuh adalah perubahan fisik yang menonjol dan juga jerawat pada kulit. Ini karena perubahan hormon yang terjadi didalam tubuh membuat beberapa kinerja organ tubuh meningkat dan sebagian lainnya menjadi menurun. Untuk mejaga keseimbangan hormon biasanya akan terjadi dengan sendirinya secara alami seiring dengan pertambahan usia. ( Baca juga : Cara mengatasi jerawat di punggung dan di dada secara alami)

8. Genetik

Terakhir adalah penyebab timbulnya jerawat di dada yaitu faktor genetik. Faktor genetik berkaitan dengan riwayat orang tua dan keluarga tentang jerawat. Jika sebelumnya anggota keluarga pernah memiliki riwayat jerawat yang tumbuh di dada. Maka tidak menutup kemungkinan Anda juga akan mengalami hal yang serupa. Di sisi lain genetik memang mewarisi hampir 85% keadaan kepada keturunannya.

Artikel terkait :

Itulah beberapa ulasan mengenai penyebab timbulnya jerawat di bagian dada. Jadi untuk mengatasi jerawat tersebut ada baiknya Anda menghindari penyebab jerawat. Karena meskipun letaknya tersembunyi di balik pakaian namun jerawat didada juga kadang menimbulkan rasa tidak percaya diri dan risih dengan keberadaan dari jerawat itu sendiri.

Pengobatan Jerawat di Dada

Mencegah memang lebih baik dari mengobati namun jika jerawat di dada sudah terlanjur ada maka langkah sebaiknya yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengobatinya segera sebelum jumlah jerawat menjadi lebih banyak. Berikut ini cara untuk mengobati jerawat di dada :

1. Gunakan scrub

Scrub diperlukan oleh kulit untuk membantu mengangkat sel – sel kulit mati di bagian dada. Sehingga sel kulit mati dapat terbilas secara sempurna. Dengan melakukan scrub secara teratur yakni sebanyak dua kali dalam seminggu maka jerawat di dada Anda akan berkurang dengan sendirinya. Penggunaan scrub ini bisa Anda beli sendiri di minimarket karena sekarang sudah banya tempat – tempat untuk menjual perlengkapa mandi untuk kecantikan.

Sponsors Link

2. Lemon

Buah lemon mengandung asam yang baik untuk mematikan bakteri penyebab jerawat. Selain mematikan bakteri buah lemo juga dapat mengecilkan ukuran pori – pori pada dada. Sehingga tidak memudahkan kotoran menyumbat pori – pori. Cara untuk menjadikan lemo sebagai obat penghilang jerawat di dada adalah sebagai berikut :

  • Sediakan satu buah lemon kemudian belah menjadi dua dan peras airnya kedalam piring kecil.
  • Kemudian campurkan dengan air dan aduk hingga rata.
  • Oleskan pada bagian dada yang berjerawat dan tunggu hingga 30 menit.
  • Baru kemudian dilanjutkan dengan mandi untuk membilasnya.

Pemakaian perasan air lemon ini bisa dua kali seminggu dan baiknya waktu sore hari menjelang akan mandi.

Artikel terkait :

3. Kulit jeruk

Berikutnya bahan alami untuk mengatasi jerawat di bagian dada adalah kulit jeruk. Ternyata kulit jeruk ini baik untuk mengatasi jerawat. Jadi saat Anda mengonsumsi buahnya jangan buang kulitnya. Kulit jeruk tersebut bisa digiling hingga halus kemudian tambahkan susu dan aduk. Lalu tempelkan pada bagian jerawat yang ada di dada. Tunggu hingga 30 menit baru dibilas dengan air yang bersih. Pemakaiannya dilakukan dua kali seminggu.

Itulah beberapa cara untuk mengobati jerawat yang muncul di dada. Dengan pemakian rutin semoga jerawat segera sembuh.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 21st, December 2016 / 03:05 Oleh :
Kategori : Penyebab