Sponsors Link
     Sponsors Link

25 Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Mengatasinya Paling Mudah

Advertisement

Dewasa ini, segala sesuatu tentang jerawat memanglah sangat menyebalkan karena tentu saja anda akan mengalami dampak psikologis akibat jerawat, yaitu menurunnya tingkat kepercayaan diri anda dan juga timbulnya rasa minder dan inferior terhadap orang lain. Nah, mungkin anda sudah mengetahui penyebab timbulnya jerawat di wajah, penyebab jerawat di hidung, dan penyebab jerawat di punggung. Namun, tahukah anda penyebab jerawat di dagu anda? Jika belum, maka simak informasi mengenai penyebab jerawat di dagu berikut ini.

1. Pemakaian Kosmetik

Salah satu faktor yang menyebabkan jerawat di dagu adalah pemakaian kosmetik yang berlebihan atau bisa juga tidak cocok. Nah, memang setiap tipe kulit memiliki jenis-jenis kosmetik yang berbeda, karena pemakaian kosmetik memang tergantung sepenuhnya terhadap tipe kulit anda.

Mengapa pemakaian kosmetik menyebabkan jerawat di dagu?

Mungkin anda bertanya-tanya apa kaitan antara kosmetik dan jerawat di dagu. Nah, seringkali kita menjumpai produk kosmetik yang mengandung minyak. Jika produk kosmetik yang mengandung minyak ini bersentuhan dengan kulit dagu, maka minyak tersebut akan menyumbat pori-pori kulit. Jika memang kulit anda berminyak, maka gunakan daftar kosmetik untuk wajah berjerawat, seperti bedak yang cocok untuk kulit berjerawat atau foundation untuk kulit berjerawat.

Selain kosmetik yang mengandung minyak, hindari juga penggunaan kosmetik yang mengandung bahan-bahan yang keras. Kosmetik berbahan keras justru akan menyebabkan iritasi pada kulit, yang juga akan menimbulkan pembengkakan jerawat di dagu. Disamping make-up, hindari juga pemakaian lip-balm yang tidak jelas mutu dan kualitasnya, serta hindari juga penggunaan pasta gigi yang mengandung senyawa sulfat yang tinggi.

Baca Juga: Bahaya Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi

2. Malas Mandi

Malas mandi merupakan salah satu faktor utama mengapa jerawat di dagu bisa muncul. Tak bisa dipungkiri jika mandi merupakan suatu aktivitas yang sangat bermanfaat untuk menjaga kebersihan kulit kita, termasuk kulit di wajah dan dagu.

Mengapa malas mandi menyebabkan jerawat di dagu?

Ketika anda malas mandi, maka kulit anda tidak akan bersih. Nah, setelah anda beraktivitas dalam satu hari penuh, maka tidak bisa dihindari jika kotoran, debu menyebabkan jerawat, bakteri, polusi, dan zat-zat lainnya yang tidak terlihat akan menempel di kulit kita. Jika kita tidak membersihkannya dengan mandi, maka berbagai kontaminan tersebut akan tetap menempel di kulit dagu anda. Hasilnya, jika kontaminan tersebut berinteraksi dengan sebum, maka akan menjadi penyebab jerawat meradang di dagu.

Baca Juga: Cara Mengempeskan Jerawat Yang Meradang

3. Menstruasi

Faktor inilah yang biasanya juga menjadi faktor utama penyebab jerawat di dagu pada perempuan. Nah, bagi anda yang perempuan, jika diperhatikan pasti jerawat di dagu akan lebih sering muncul saat anda berada pada masa-masa menstruasi bukan?

Mengapa periode menstruasi menyebabkan jerawat di dagu?

Ketika anda mengalami masa-masa menstruasi, maka akan terjadi ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Nah, biasanya jenis hormon penyebab jerawat seperti hormon androgen dan estrogen akan mengalami peningkatan pada masa-masa menstruasi anda. Nah, ketidakseimbangan hormon yang terjadi ini akan menjadi pemicu ciri-ciri jerawat haid di dagu seiring semakin banyaknya produksi sebum yang diproduksi oleh kulit sebagai dampak adanya ketidakseimbangan hormon tersebut.

Baca Juga: Penyebab Jerawat Saat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

ads

4. Stress

Selain menstruasi, faktor stress juga akan menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat di dagu anda. Jika anda perhatikan, sewaktu anda mengalami kesedihan dan depresi yang berkepanjangan, atau merasa tertekan oleh beban pekerjaan, pasti jerawat di kulit wajah, termasuk di dagu akan merajalela bukan?

Mengapa stress dapat menyebabkan jerawat di dagu?

Sama seperti menstruasi, ketika anda mengalami stress atau depresi yang berkepanjangan, maka anda akan mengalami ketidakseimbangan hormon, salah satunya hormon androgen yang akan semakin meningkat jumlahnya. Nah, kondisi ini akan berdampak pada produksi sebum atau minyak di kulit wajah anda.

Hasilnya, jika kulit anda memiliki minyak yang berlebih, maka minyak ini akan menyumbat pori-pori yang akan menimbulkan jerawat di dagu di kemudian hari. Kondisi jerawat anda akan menjadi semakin parah jika kulit anda sudah ditempeli berbagai macam debu, kotoran, dan bakteri, yang dapat menjadi penyebab jerawat batu, penyebab bahaya infeksi jerawat, dan penyebab bahaya jerawat bernanah.

Baca Juga: Obat Jerawat Batu

 5. Keringat

Ketika anda baru saja beraktivitas dengan intens seperti berolahraga atau mengangkat barang-barang berat, atau mungkin anda beraktivitas di bawah teriknya sinar matahari, maka sudah pasti anda akan berkeringat. Nah, tahukah anda bahwa keringat yang dibiarkan tanpa dibersihkan di kulit wajah akan menyebabkan jerawat di dagu?

Mengapa keringat dapat menyebabkan jerawat di dagu?

Ketika kita berkeringat, maka keringat ini ketika bercampur dengan minyak tentu saja akan menyumbat pori-pori kulit dan merupakan tempat yang bagus untuk tumbuh bagi bakteri penyebab jerawat. Nah, penyumbatan pori-pori ditambah dengan adanya penumpukan kotoran dan bakteri penyebab jerawat ini akan memunculkan jerawat di bagian kulit wajah anda, termasuk di dagu. Maka tak heran jika keringat merupakan salah satu penyebab jerawat gatal.

Bahkan, bukan tidak mungkin jerawat akan sangat cepat mengalami peradangan. Oleh karena itu, ketika anda selesai berolahraga atau beraktivitas, jangan biarkan keringat terlalu lama menempel di kulit anda dan segera bersihkan atau seka keringat anda dengan menggunakan handuk yang bersih atau gunakan kertas tisu sebagai cara mencegah jerawat secara alami.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Caladine

6. Menyentuh Dagu Dengan Tangan

Apakah anda sering menyandarkan wajah anda dengan menggunakan tangan anda? Atau anda memiliki kebiasaan menyentuh dagu dengan tangan anda kerika sedang berpikir keras? Nah, jika hal tersebut merupakan kebiasaan yang sering anda lakukan, maka mulailah hentika kebiasaan tersebut karena hal tersebut akan memicu tumbuhnya jerawat di dagu dan juga dapat menyebabkan anda mengalami bahaya memencet jerawat.

Mengapa menyentuh dagu menggunakan tangan menyebabka jerawat di dagu?

Tak bisa dipungkiri lagi jika tangan anda merupakan sumber bakteri, kotoran, dan debu. Hal ini karena dalam aktivitas sehari-hari, tangan anda pasti sudah menyentuh berbagai benda yang mengandung bakteri dan kotoran tak kasat mata.

Nah, ketika anda memiliki kebiasaan untuk menyentuh dagu dengan tangan, maka sudah pasti bakteri maupun kotoran yang tak kasat mata tersebut akan berpindah ke kulit dagu anda. Hasilnya, jika bakteri ataupun kotoran tersebut berinteraksi dengan sebum atau minyak pada kulit, maka anda akn merasakan efek akibat jerawat dipencet, yaitu jerawat meradang  akan timbul di dagu anda. Oleh karena itu, ada baiknya anda memperhatikan cara menghilangkan bekas jerawat akibat dipencet untuk menanggulanginya.

 7. Alergi Makanan

Ketika anda selesai mengkonsumsi makanan tertentu, pernahkah anda merasakan bahwa terdapat jerawat tumbuh di dagu anda? Memang sulit untuk mengenalinya, namun para ahli medis sepakat bahwa salah satu penyebab jerawat parah di dagu adalah suatu pertanda bahwa anda memiliki alergi terhadap suatu makanan tertentu.

Mengapa alergi makanan dapat menyebabkan jerawat di dagu?

Menurut para ahli, jerawat yang terdapat pada setiap bagian wajah yang berbeda memiliki penyebabnya tersendiri. Nah, para dokter maupun ahli medis mengklaim bahwa ketika terdapat jerawat tumbuh di dagu anda, maka kemungkinan besar hal tersebut dikarenakan anda memiliki alergi terhadap suatu jenis makanan tertentu.

Hal ini dikarenakan jerawat yang muncul di dagu biasanya merupakan suatu pertanda ada masalah pada usus halus anda, dimana usus halus merupakan salah satu organ pada pencernaan anda yang pertama mengalami kontak dengan makanan yang anda konsumsi sebelum diteruskan ke usus besar. Ketika anda memiliki alergi, maka usus halus akan bereaksi terhadap makanan tersebut yang salah satunya akan menyebabkan timbulnya jerawat di dagu anda. Jika sudah begitu, lebih baik aplikasikan cara alami menghilangkan jerawat karena alergi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Jerawat Bernanah dan Gatal

8. Pola Makan Yang Buruk

Selain dikarenakan alergi terhadap suatu makanan, ternyata jerawat di dagu juga dapat terjadi karena pola makan anda yang buruk. Ketika anda terus menerus mengkonsumsi makanan penyebab jerawat di wajah muncul terus, maka tentu saja jerawat di dagu akan menghiasi kulit wajah anda.

Mengapa pola makan yang buruk dapat menyebabkan jerawat di dagu?

Ketika anda terus-terusan mengkonsumsi makanan seperti makanan yang mengandung gula yang tinggi, kemudian kacang-kacangan, junk-food, makanan pedas, makanan berminyak, atau makanan bersantan, maka jangan heran jika jerawat akan semakin sering menghiasi dagu anda. Nah, makanan-makanan tersebut akan merangsang kulit anda untuk memproduksi lebih banyak sebum atau minyak, yang berarti bahwa minyak berlebih akan muncul di kulit wajah anda. Nah, minyak berlebih inilah yang merupakan pemicu penyumbatan pori-pori  yang akan menimbulkan jerawat di dagu. Oleh karena itu, segera perhatikan dan perbaiki pola makan anda. Sebaiknya lebih banyak mengkonsumsi makanan penghilang jerawat seperti buah-buahan dan sayuran.

Baca Juga: Buah Penghilang Jerawat yang Alami dan Ampuh

9. Masker Wajah dan Helm Yang Tidak Steril

Salah satu faktor utama mengapa jerawat di dagu dapat muncul di kulit anda adalah karena kurang sterilnya benda-benda yang anda gunakan sebagai alat pelindung, seperti misalnya masker pada wajah dan juga helm yang anda kenakan.

Mengapa masker wajah dan helm yang tidak steril dapa menyebabkan jerawat di dagu?

  • Ketika anda beraktivitas sehari-hari, terutama ketika anda sedang mengendarai motor, maka penting hukumnya untuk mengenakan helm sebagai alat pelindung kepala anda. Biasanya, tali pada helm merupakan bagian pada helm yang jarang anda perhatikan kebersihannya dan sudah sering terkena keringat yang keluar pada kulit wajah anda. Nah, maka tak heran jika tali pada helm merupakan sumber bakteri maupun kotoran dan debu. Ketika anda mengenakan helm dan mengencangkan talinya, maka tali helm akan mengenai dagu anda dan bakteri serta debu dan kotoran pada tali akan berpindah ke dagu anda. Hasilnya, tentu saja jerawat di dagu akan muncul. Menjaga kebersihan helm merupakan cara menghilangkan jerawat di kepala.
  • Mengenakan masker wajah juga sangat penting untuk menangkal kotoran, debu, dan polusi saat anda berkendara dengan motor. Namun,kenyataannya masker ini seringkali menjadi kotor dan terkena tetesan keringat anda. Nah, ketika anda menggunakan masker wajah yang tidak steril, maka bakteri dan kotoran pada masker justru akan berpindah ke dagu anda, yang tentu saja akan menimbulkan jerawat di dagu.

Baca Juga: Cara Mengobati Jerawat Bernanah

10. Sindrom Ovarium Polikistik

Salah satu faktor penyebab jerawat di dagu yang cukup berbahaya adalah karena anda mengalami apa yang dinamakan dengan sindrom ovarium polikistik. Jadi, sindrom ovarium polikistik merupakan suatu keadaan dimana para wanita mengalami ketidakseimbangan hormon dan biasanya ditandai dengan adanya sejumlah kista kecil di pinggir ovarium.

Sindrom ini berbahaya karena dapat menyebabkan infertilitas di kalangan wanita. Sindrom ini akan menyebabkan ovulasi tidak akan terjadi karena sel telur tidak dapat dilepaskan oleh ovarium untuk dibuahi oleh sel sperma.

Mengapa sindrom ovarium polikistik dapat menyebabkan jerawat di dagu?

Seperti yang telah dijelaskan diatas, sindrom ini ditandai dengan terbentuknya kista di pinggir ovarium. Nah, kista ini akan terbentuk karena sel-sel telur memiliki kandungan sel folikel yang tidak matang, dan tidak matangnya folikel disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Karena adanya ketidakseimbangan hormon, maka hormon androgen akan meningkat. Meningkatnya jenis hormon penyebab jerawat seperti androgen akan menimbulkan berbagai tanda-tanda di berbagai bagian tubuh anda, salah satunya munculnya ciri-ciri jerawat karena hormon di wajah, terutama di bagian dagu anda.

Baca Juga: Penyebab Jerawat di Payudara pada Wanita

Sponsors Link

Cara Mengatasi Jerawat di Dagu

Setelah anda mengetahui berbagai penyebab mengapa jerawat di dagu dapat timbul, maka sekarang saatnya anda untuk mengetahui berbagai macam cara mengatasi jerawat di dagu. Nah, berikut ini adalah ulasannya untuk anda.

  1. Gunakan Masker Bawang Putih. Bawang putih memiliki senyawa sulfur yang akan mengeringkan dan mengempeskan jerawat di dagu dengan cepat. Nah, cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih sangat mudah, anda dapat menumbuk halus bawang, kemudian campurkan dengan air, kemudian oleskan bawang putih yang ditumbuk halus tadi ke area dagu anda yang terdapat di kulit anda. Setelah 20 menit, maka anda dapat mencuci kulit anda.
  2. Gunakan Masker Lemon. Manfaat lemon untuk jerawat adalah buah ini merupakan bleaching agent yang dapat mengempeskan jerawat dengan cepat, sehingga jerawta di dagu akan cepat menghilang. Nah, peras air lemon dan campurkan dengan sedikit air, kemudian oleskan air perasan lemon dan air ke dagu anda yang terkena jerawat. Setelah 20 menit, cuci dengan menggunakan air bersih.
  3. Gunakan Masker Timun. Manfaat timun bagi jerawat  sangat banyak karena timun merupakan bahan alami yang mengandung Vitamin E yang tinggi. Nah, Vitamin E merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan untuk mengobati jerawat di dagu karena kandungan antioksidannya yang akan menangkal radikal bebas. Iris timun tipis-tipis, kemudian tempelkan irisan timun ke area dagu yang terdapa jerawat. Segera angkat timun setelah 20 menit dan cuci kulit anda dengan bersih.
  4. Gunakan Antibiotik Oral. Abtibiotik oral akan sangat bermanfaat untuk membunuh segala bakteri penyebab jerawat yang menempel di dagu anda. Namun, untuk mendapatkan obat antibiotik oral, ada baiknya anda meminta resep dokter dahulu dan perhatikan dosis yang diberikan dokter agar anda tidak mengalami bahaya antibiotik jerawat.
  5. Gunakan Retinoid Topikal. Cara yang juga akan sangat ampuh untuk mengobati jerawat di dagu adalah dengan membeli obat jerawat batu yang ada di apotik, yaitu retinoid topikal. Hal ini karena obat retinoid memiliki kandungan Vitamin A yang akan menyingkirkan sel-sel kulit mati, debu, bakteri, kotoran yangmenyumbat pori-pori serta akan mendukung kinerja dari antibiotik oral yang anda konsumsi.
  6. Gunakan Spironolactone. Spiranolactone merupakan obat yang biasanya digunakan sebagai obat untuk tekanan darah tinggi atau biasanya digunakan sebagai penghambat hormon. Obat ini akan menekan produksi sebum di kulit anda sehingga meminimalkan resiko jerawat karena minyak berlebih. Selain itu, obat ini akan sangat mujarab sebagai cara mencegah jerawat saat menstruasi.

Cara Mencegah Jerawat di Dagu

Setelah anda mengetahui berbagai cara mengatasi jerawat di dagu, maka anda tentu saja juga ingin mengetahui cara mencegah jerawat di dagu bukan? Karena memang ada pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati. Berikut ini merupakan cara mencegah jerawat di dagu.

  1. Ubah Pola Makan. Mulai mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buahan merupakan langkah yang harus anda mulai sejak dini mengingat cara ini akan sangat ampuh untuk mencegah timbulnya jerawat di dagu. Batasi konsumsi makanan berminyak, makanan bersantan, makanan pedas, junk-food, atau kacang-kacangan. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Sayuran)
  2. Kendalikan Stress dan Istirahat Yang Cukup. Ini merupakan salah satu faktor penting juga. Pastikan bahwa sesibuk apapun anda, jangan lupa aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat. Temukan waktu yang berkualitas untuk anda memanjakan diri anda dengan melakukan hobi anda agar terhindar dari stress dan juga pastikan anda memiliki waktu istirahat yang cukup agar hormon di dalam tubuh anda tetap dalam kondisi yang stabil dan seimbang.
  3. Cuci Wajah Secara Rutin. Pastikan anda memliki waktu mencuci wajah yang rutin dalam sehari. Ketika anda selesai beraktivitas dan berolahraga, jangan biarkan debu, bakteri, kotoran, keringat, dan minyak berlebih menumpuk di kulit wajah anda dengan mengaplikasikan cara mencuci wajah yang benar untuk kulit berjerawat. Bersihkan kulit anda dengan menggunakan air bersih dan jangan lupa gunakan sabun wajah yang mengandung asam salisilat agar proses penyingkiran hal-hal tersebut menjadi lebih maksimal.
  4. Gunakan Make-Up yang Sesuai. Nah, kosmetik yang sesuai memiliki pengaruh yang besar bagi kulit anda. Ketika anda menggunakan kosmetik yang cocok dan sesuai dengan kulit anda, maka anda tidak perlu khawatir jerawat di dagu akan timbul. Jika memang ada jerawat di dagu, maka sebaiknya gunakan cara menghilangkan jerawat akibat salah kosmetik.

Baca Artikel Tentang Jerawat Lainnya:

Nah, sekarang anda telah mengetahui segala penyebab jerawat di dagu beserta cara mengatasi dan mencegahnya. Jangan lupa selalu aplikasikan cara hidup sehat agar terhindar dari jerawat dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 24th, July 2016 / 04:33 Oleh :
Kategori : Penyebab