Sponsors Link
     Sponsors Link

5 Penyebab Jerawat di Hidung dan Cara Mengatasinya

Advertisement

Kecantikan merupakan salah satu hal yang didambakan oleh setiap orang. Mempunyai wajah yang cantik serta kulit yang halus dan mulus menjadi kelebihan tersendiri, terlebih bagi seorang perempuan. Seorang perempuan yang mempunyai wajah cantik serta kulit sehat akan membuat dirinya menjadi percaya diri. Kecantikan ini merupakan anugerah yang indah bagi manusia.

Kecantikan ini ada berbagai aspek. Kecantikan ini bisa karena murni kecantikan wajah, atau bisa karena kecantikan kulit. Kecantikan kulit ini akhir-akhir ini menjadi sorotan, dan bahkan penampilan kulit secara natural dan tanpa make up menjadi hal yang lebih penting daripada kecantikan karena memakai make up. Trend yang sedang berkembang saat ini adalah kecantikan kulit ala Korea. Hal ini karena para artis Korea memiliki kulit yang putih, mulus, halus, kencang, sehingga terlihat awet muda. Hal seperti inilah yang menjadi incaran dan diburu oleh para wanita saat ini, sehingga rela memberikan perawatan ekstra pada kulit wajag meskipun harus merogoh kocek dalam- dalam.

Salah satu masalah yang seringkali menyerang kulit adalah jerawat. Jerawat merupakan tonjolan yang berwarna merah dan berisi dengan nanah atau darah. Penyebab timbulnya jerawat ini terkadang disertai rasa nyeri. Jerawat ini merupakan musuh bagi siapa saja, terlebih wanita. Jerawat pada umumnya timbul di daerah muka atau wajah.

Jerawat di Area Hidung

Hidung merupakan salah satu bagian yang menonjol dari wajah. Hidung ini menonjol karena mudah dilihat yang dikarenakan bentuknya yang menonjok keluar dan letaknya di depan. Hal ini tentu saja akan membuat hidung ini mudah sekali dilihat oleh siapa saja dan kapan saja. Tidak heran ada majas yang mengumpamakan batang hidung sebagai wakil dari keseluruhan badan.

Hidung, selain sebagai bagian yang menonjol di wajah, juga sebagai bagian yang sensitif di wajah. Dikatakan sensitif karena sifat kulit hidung ini berbeda dengan kulit lainnya yang ada di area wajah. Di hidung, keringat mudah sekali timbul. Jika kita melihat pada wajah kita setelah melakukan berbagai aktivitas fisik, maka kita akan melihat hidung kita sebagai bagian yang mengeluarkan keringat lebih dahulu. Karena mudahnya keringat muncul di hidung ini, maka menjadikan area hidung ini menjadi area yang sangat lembab. Area yang lembab mudah sekali diganggu oleh berbagai bakteri dan jamur. Sehingga hal ini menyebabkan hidung mudah sekali terkena penyait seperti jerawat dan penyebab komedo.

Jerawat sebagai bagian dari penyakit kulit yang kedatangannya tidak pernah di harapkan oleh siapapun, mudah sekali menyerang bagian hidung. Bila jerawat sudah menyerang hidung, maka kepercayaan diri penderitanya mdah sekali hilang karena penampilan terganggu. Oleh sebab itu, terkadang ditemukan produk kecantikan yang khusus merawat kulit area hidung. Sebenarnya, selain karena kulit hidung yang lembab, apa saja yang menyebabkan jerawat ini mudah muncul di hidung? Ada beberapa faktor penyebab jerawat di hidung mudah muncul, yaitu :

Sponsors Link

  1. Tertutupnya pori- pori kulit hidung

Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, kita tidak akan bisa berpisah dengan debu, polusi dan kotoran lainnya yang dapat menyebabkan kotornya kulit wajah. Hidung sebagai bagian yang menonjol pada wajah, menjadi bagian pertama yang mudah terkena kotoran ini. Akibatnya, debu, polusi, dan kotoran-kotoran ini akan menyumbat pori- pori kulit hidung dan menutupnya. Akibat dari tertutupnya pori-pori ini, kulit menjadi susah bernafas dan jerawat mudah sekali muncul.

  1. Kebersihan area hidung yang kurang terjaga

Bagi sebagian orang, menjaga kulit hidung ini menjadi perkara yang lebih sulit jika dibandingkan dengan menjaga kulit wajah di bagian lain. Hal ini juga berkaitan dengan pembersihan sisa make up yang kurang bersih di bagian hidung. Akibatnya, kulit di bagian hidung menjadi kurang bersih dan kurang terawat. Karena kurang terjaga kebersihannya ini menyebabkan jerawat mudah sekali menyerang area hidung. Bahkan bukan hanya jerawat saja, namun juga komedo hitam dan putih tumbuh subur di area hidung ini.

  1. Konsumsi jenis makanan yang memicu timbulnya jerawat

Makanan juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Pengonsumsian makanan harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Beberapa makanan akan memicu bertambahnya kelenjar minyak dan juga kadar gula yang ada di wajah kita, seperti gorengan, makanan siap saji atau junk food, dan juga makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Jika kita sehari- hari selalu mengonsumsi makanan yang demikian itu maka kadar lemak dan juga kadar gula yang ada di dalam tubuh menjadi menumpuk.

Ads

Kadar lemak dan juga kadar gula ini menjadi pemicu munculnya jerawat yang ada di wajah. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, perlu makan banyak sayur- sayuran dan juga buah- buahan. Hal ini karena sayuran dan juga buah- buahan banyak mengandung antiokdisan yang dapat menangkal radikal bebas.

  1. Stress

Tahukah Anda bahwa stress juga merupakan salah satu faktor pemicu timbulnya jerawat? Stress ini bisa muncul ketika kita terlalu banyak pikiran dan juga tekanan. Hal ini akan membuat otak kita berfikir lebih keras dan karena otak kita yang kita gunakan untuk berfikir keras, maka terkadang membuat otak kita panas sehingga menyebabkan stress.

Stress yang terjadi secara emosional dan juga fisik, menyebabkan hormon yang ada di dalam tubuh bekerja kurang optimal dan juga dapat terganggu. Hal ini akan menyebabkan tampilan fisik kita menjadi kurang oke dan memicu timbulnya jerawat- jerawat yang ada di wajah.

  1. Paparan sinar matahari yang terlalu sering dan lama

Sinar matahari juga merupakan salah satu musuh kulit dalam kaitannya dengan kecantikan. Sinar matahi yang memancar ke bumi mengandung ultraviolet yang bersifat negatif dan dapat merusak jaringan kulit. Sinar matahari ini juga akan memicu timbulnya keringat yang ada di hidung dan meningkatkan kadar minyak di hidung, sehingga akan memicu timbulnya jerawat di hidung.

Itulah beberapa faktor yang menjadi penyebab jerawat di hidung. Sebenarnya, munculnya jerawat di hidung ini bisa dicegah sejak dini. Bila diantisipasi sejak dini, maka kulit hidung Anda akan bisa tetap halus dan juga bersih. Cara untuk mencegah timbulnya jerawat di hidung ini dapat dilakukan dengan rutin mencuci muka secara teratur. Namun apabila jerawat di kulit hidup dirasa sudah terlalu parah, sehingga menimbulkan peradangan, maka sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter kulit.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 02nd, March 2016 / 04:26 Oleh :
Kategori : Penyebab