Sponsors Link
     Sponsors Link

6 Penyebab Jerawat di Leher dan Cara Mengatasinya

Advertisement

Jerawat dapat muncul di beberapa bagian di tubuh dan tidak hanya muncul pada wajah saja. Bagian seperti leher dapat juga ditumbuhi oleh jerawat. Jerawat yang muncul di leher kadang membuat risih dan tidak percaya diri. Ini karena jerawat tersebut tidak dapat di tutupi berbeda dengan jerawat di pipi dan jerawat di punggung. Beberapa orang mencoba menutupi kehadiran jerawat ini dengan menggunakan kerah baju yang tinggi hanya saja justru membuat gerah dan otomatis penyembuhan jerawat menjadi sedikit sulit dan lama. Karena itu di bawah ini akan dijelaskan penyebab dari jerawat di leher berikut ulasannya :

1. Keringat

Biang keringat bisa jadi masalah faktor utama dari munculnya jerawat pada bagian leher. Terkadang saat aktifitas di luar ruangan ditambah dengan sinar matahari yang terik keringat yang dihasilkan oleh tubuh tercampur dengan debu yang menempel pada permukaan kulit. Kondisi ini dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat pada bagian leher. Terlebih anda termasuk tipe orang yang jarang mandi atau hanya mandi satu kali sehari. Karena itu penting untuk selalu menjaga kesehatan kulit terutama area leher. Meskipun leher merupakan bagian tubuh yang memiliki kulit yang sensitif di banding dengan kulit lainnya di permukaan tubuh kita. jika dibersihkan terus dengan cara yang benar justru akan membuat leher kita tampak bersih dan terawat. Serta leher menjadi lebih muda dan bebas dari kerutan.

2. Mencukur jenggot

Pada kaum pria yang telah dewasa umumnya akan muncul rambut – rambut halus disekitar dagu yang berfungsi untuk menyerap keringat yang turun dari dahi. Tapi saat anda melakukan pencukuran pada jenggot tersebut akibatnya tidak ada yang menahan keringat jatuh sampai ke leher. Keadaan ini akan membuat jerawat mudah muncul di daerah leher.

Oleh sebab itu perlu juga diperhatikan bahwa mencukur jenggot harus dengan cara yang aman dan tanpa menghilangkan keseluruhannya. Karena manfaat dari jenggot bagi kulit terutama area leher sangat penting. Harapannya adalah anda tetap bisa mencukur jenggot tanpa perlu mendapat akibat dari mencukur jenggot yaitu jerawat yang muncul pada leher. Tetap selalu mejaga kebersihan leher baik itu akibat jerawat maupun akibat dari keringat dan juga alergi karena menggunakan benda yang tidak steril kebersihannya.

ads

3. Kerah baju yang tidak longgar

Dalam hal mmenjaga penampilan terkadang kita melupakan kenyamanan dari baju yang dikenakan. Bisa saja baju tersebut memiliki kerah yang sempit dan kecil. Namun karena bentuknya yang bagus dan sesuai dengan acara yang ingin di hadiri. Sangat sayang sekali jika baju sebagus ini tidak dipakai namun di biarkan begitu saja tergantung di dalam lemari amar tidur. Akibat dari kebiasaan ini justru membuat leher kegerahan dan keringat tidak mengalir dengan sempurna.

Keringat terjebak di dalam dan pori-pori tidak mendapatkan udara untuk bisa bernafas. Sehingga ujung-ujungnya leher berada dalam kondisi yang sangat lembap. Dalam kondisi yang sama lama kelamaan justru menimbulkan jerawat. Karena itu ada baiknya anda memperhatikan ukuran dari kerah baju anda sendiri agar tidak terlalu sempit ataupun terlalu longgar demi menjaga penampilan dan juga menjaga kesehatan.

4. Bakteri

Penyebab jerawat di leher berikutnya adalah bakteri penyebab jerawat. Bakteri ini melekat pada permukaan kulit dan dapat menimbulkan jerawat. Jika jerawat sudah timbul pasti akan sangat sulit untuk mengobatinya terlebih jerawat pada leher dapat menganggu penampilan anda sehari – hari. Bakteri penyebab jerawat ini dapat dimatikan dengan memberikan bahan – bahan alami ataupun obatan kimia untuk mengurangi jumlah jerawat pada leher.

Jangan biarkan kedaan jerawat pada leher anda bertambah parah. Jika terdapat satu jerawat yang sedang meradang ada baiknya anda ke dokter spesialis untuk membantu mengobati jerawat pada leher yang meradang. Karena jika dibiarkan justru jumlah jerawat yang muncul di leher menjadi lebih banyak dari pada sebelumnya.

Baca juga : Penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal

5. Makanan

Faktor penyebab berikutnya dari jerawat di leher adalah makanan yang di konsumsi sehari – hari. Makanan seperti kacang – kacangan, goreng – gorengan dan makanan siap saji mengandung minyak yang tinggi sehingga tidak baik untuk kesehatan kulit dan juga kulit leher. Umumnya makanan yang di goreng kurang sehat karena mengandung minyak sedangkan makanan yang sehat adalah makanan yang di rebus. Makanan yang direbus terhindar dari minyak ataupun bahan – bahan lainnya sebagai penyedap. Meskipun rasanya sedikit hambar anda dapat menambahkan garam untuk memberikan rasa yang lebih nikmat secukupnya saja.

Ada baiknya anda mencoba makanan yang di rebus dan  menghilangkan kebiasaan memakan makanan yang tidak sehat. Cukup selingi sesekali saja untuk memuaskan rasa anda terhadap makanan tersebut.Bagusnya tetap penuhi kebutuhan tubuh terhadap nutrisi vitamin – vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh yang terdapat pada manfaat dari sayuran dan manfaat dari buah – buahan untuk menjaga kesehatan kulit anda. Dalam memilih buah pilihlah buah yang masih segar dan tidak layu. Karena buah yang masih segar tentu memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca juga :

6. Pisau cukur

Dalam melakukan pencukuran terhadap jenggot penting juga untuk menggunakan pisau cukur yang steril dan sehat. Pisau cukur yang tidak bersih justru menjadi penyebab timbulnya jerawat pada leher. Karena itu setiap menggunakan pisau cukur langsung di bersihkan agar tidak menimbulkan efek yang tidak sehat untuk kulit wajah di leher. Penting untuk menjaga kesehatan kulit leher karena pisau cukur yang tidak bersih dapat menimbulka alergi pada kulit. Kulit yang alergi ditandai dengan rasa gatal – gatal dan kemerahan pada kulit. Biasanya jika sudah timbul rasa gatal maka beberapa hari kemudian akan muncul jerawat pada kulit leher satu per satu.

Baca juga :

Jadi itulah enam penyebab timbulnya jerawat pada leher. Usahakan untuk tetap menjaga kebersihan leher agar terhindar dari jerawat tersebut.

Cara Mengatasi Jerawat Pada Leher

Terdapat beberapa cara dengan menggunakan bahan alami untuk mengatasi jerawat pada leher agar lekas sembuh tanpa meninggalkan bekas dari jerawat tersebut, berikut ini ulasannya :

Ads

1. Jeruk nipis

Jeruk nipis sudah lama di gunakan untuk mengatasi jerawat yang terdapat pada leher. Ini karena jeruk nipis mengandung senyawan ctrid acid yang berfungsi untuk mematikan bakteri penyebab jerawat. Cara menggunakan jeruk nipis ini adalah belah dua jeruk nipi kemudia peras airnya. Perasan air jeruk nipis tersebut di campurkan dengan air mawan kemudia oleskan pada leher yang berjerawat secara teratur setiap hari. Maka perlahan – lahan jumlah jerawat akan berkurang dan menghilang tanpa meninggalkan bekas jerawatnya.

Baca juga :

2. Lidah buaya

Gel yang terkandung di dalam lidah buaya juga memiliki fungsi untuk mematikan bakteri penyebab jerawat di leher dan meregenerasi kulit leher yang berjerawat. Hanya saja gel dari lidah buaya tidak cocok untuk anda yang memiliki jenis kulit sensitif. Karena saat di ratakan di kulit akan menimbulkan rasa gatal yang sangat. Cara menggunakan lidah buaya ini sebagai gel adalan memilih lidah buaya yang ukurannya besar kemudian biarkan getahnya yang berwarna kuning keluar perlahan tunggu hingga sekitar 15 menit. Setelah itu kupas kulit lidah buaya dan disana anda akan menemukan daging dari tanaman ini beserta gelnya yang berguna untuk menghilangkan jerawat pada leher.

Baca juga :

3. Putih telur

Telur juga memiliki manfaat untuk menghilangkan jerawat. Namun bagian dari telur yang memiliki peranan tersebut adalah putih telur. Jadi caranya pecahkan telur kemudian pisahkan kuning telur dari putih telur. Karena yang akan anda gunakan adalah bagian yang putihnya saja. Oleskan pada leher yang berjerawat dan biarkan mengering baru kemudian di bilas. Baiknya di pakai menjelang mandi pada sore hari.

Baca juga :

Jadi itulah bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi jerawat yang terdapat pada leher.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 26th, August 2016 / 08:09 Oleh :
Kategori : Penyebab